Cara Menyusun Laporan Laba Rugi Perusahaan Jasa yang Benar dan Sistematis

Ingin tahu cara penyusunan laporan laba rugi perusahaan jasa? Bisa kamu lakukan dengan 2 cara, lho! Ini panduan lengkapnya, tinggal pilih. 

Kebutuhan terhadap laporan keuangan yang rapi dan sistematis sangatlah penting bagi setiap jenis perusahaan, termasuk perusahaan jasa. Termasuk di antaranya adalah kebutuhan yang berkaitan dengan pembuatan laporan laba rugi perusahaan jasa. Terlebih lagi, laporan ini mempunyai kaitan penting dalam mengetahui performa perusahaan dalam periode tertentu.

Mengingat pentingnya fungsi dan peran dari laporan laba rugi tersebut, kamu sebagai pelaku usaha jasa harus memahami cara pembuatannya dengan benar. Untuk membantu kamu dalam melakukan penyusunan laporan laba rugi perusahaan jasa dengan mudah, simak panduan lengkapnya sebagai berikut, ya. 

Baca juga: Panduan Cara Membuat Laporan Laba Rugi Perusahaan Manufaktur untuk Pemula!

Apa Itu Laporan Laba Rugi Perusahaan Jasa

Laporan laba rugi merupakan laporan keuangan yang perlu kamu susun dalam setiap periode akuntansi. Laporan ini secara khusus memuat informasi berkaitan dengan tingkat laba maupun rugi yang didapatkan oleh perusahaan. 

Bagi perusahaan jasa, laporan laba rugi dapat menjadi parameter dalam menilai tingkat keberhasilan operasional usaha jasa. Kamu bisa tahu jumlah keuntungan maupun kerugian yang dialami selama periode tertentu. 

Secara sederhana, perhitungan laba rugi dapat kamu lakukan dengan rumus sederhana sebagai berikut: 

Laba/Rugi = Total pendapatan – Total beban

Perusahaan bisa memperoleh laba atau untung ketika jumlah pendapatan lebih tinggi dibandingkan total beban. Sebaliknya, usaha jasa kamu akan mengalami kerugian kalau nilai beban ternyata lebih besar dibanding total pendapatan. 

Secara lebih mendalam, penyusunan laporan laba rugi perusahaan jasa harus kamu buat dengan mempertimbangkan beberapa unsur, yakni: 

  • Pendapatan usaha. Laporan laba rugi memuat keseluruhan pendapatan perusahaan selama periode yang ditentukan. Tidak hanya pendapatan dari operasional utama perusahaan, tetapi juga pendapatan dari sektor lain. 
  • Biaya pokok penjualan. Ada pula unsur yang berkaitan dengan biaya terkait aktivitas penyediaan jasa yang ditawarkan. Beberapa contohnya adalah gaji tenaga kerja langsung serta biaya bahan yang digunakan. 
  • Marjin kotor. Kamu perlu pula memperhitungkan marjin kotor dalam laporan laba rugi perusahaan jasa. Perhitungannya bisa kamu lakukan dengan mencari selisih pendapatan usaha dengan biaya pokok penjualan. 
  • Biaya operasional. Biaya ini mempunyai kaitan erat dengan berbagai jenis biaya yang menyangkut aktivitas operasional usaha. 
  • Laba operasional. Cara perhitungannya bisa kamu laksanakan dengan mengurangi marjin kotor dengan biaya operasional. 
  • Beban keuangan. Kamu perlu pula memasukkan unsur yang berupa beban keuangan. Contoh item yang termasuk dalam beban keuangan di antaranya adalah pembayaran utang serta bunga pinjaman. 
  • Laba sebelum pajak. Kamu dapat menghitungnya dengan mencari selisih laba operasional dengan beban keuangan. 
  • Beban pajak. Beban pengeluaran ini merupakan hasil perhitungan pajak penghasilan yang perlu disetorkan kepada negara. 
  • Laba bersih. Unsur ini merupakan hasil perhitungan akhir dari laporan laba rugi perusahaan jasa. Nilainya menunjukkan keuntungan maupun kerugian bersih perusahaan setelah memperhitungkan berbagai jenis beban serta pendapatan.

Cara Menyusun Laporan Laba Rugi Perusahaan Jasa

Setelah memahami unsur yang perlu kamu masukkan dalam laporan laba rugi, selanjutnya kamu perlu mengetahui cara penyusunannya. Ada 2 metode yang bisa kamu gunakan ketika ingin membuat laporan laba rugi, yakni: 

1. Metode Langsung

Pertama adalah metode langsung atau single step. Metode ini cocok bagi pemula karena gampang dibuat. Oleh karena itu, kamu dapat mempertimbangkan penggunaannya untuk usaha berskala kecil dan menengah. 

Laporan laba rugi dengan metode langsung bisa kamu buat tanpa perlu melakukan pemisahan jenis-jenis laba. Jadi, kamu bisa secara langsung memperoleh nilai laba keseluruhan dari usaha yang dijalankan.

Meski menawarkan kemudahan, laporan laba rugi dengan metode direct mempunyai kelemahan yang perlu menjadi perhatian. Saat menggunakan metode ini, hasil laporan yang diperoleh kurang detail. Alhasil, laporan tersebut kurang begitu akurat untuk bisa dijadikan acuan dalam menilai kinerja perusahaan.

2. Metode Tidak Langsung

Berikutnya, kamu dapat menggunakan metode tidak langsung atau multiple step dalam pembuatan laporan laba rugi perusahaan jasa. Metode ini mengharuskan kamu untuk mengelompokkan pendapatan serta beban. Ada 2 kelompok yang perlu kamu buat, yakni pendapatan serta beban dari aktivitas operasional serta nonoperasional. 

Dengan cara ini, kamu bisa menyampaikan informasi terkait laba ataupun rugi perusahaan secara lebih detail. Jadi, kamu bisa mengetahui secara lebih jelas tingkat kesehatan keuangan perusahaan.

Contoh Penyusunan Laporan Laba Rugi Perusahaan Jasa

Untuk semakin memberikan pemahaman terhadap laporan laba rugi, kamu bisa mengetahui contohnya sebagai berikut: 

1. Contoh Laporan Laba Rugi Perusahaan Jasa dengan Metode Langsung

Laporan Laba Rugi

Periode Agustus 2023

Pendapatan
Pendapatan jasaRp10.000.000
Pendapatan bungaRp500.000
Total pendapatanRp10.500.000
Beban
Gaji karyawanRp3.000.000
Tagihan listrik, air, dan internetRp300.000
Beban perlengkapanRp500.000
Total beban(Rp3.800.000)
Laba/Rugi bersihRp6.700.000

2. Contoh Laporan Laba Rugi Perusahaan Jasa dengan Metode Tidak Langsung

Laporan Laba Rugi

Periode Agustus 2023

Pendapatan usaha
Pendapatan jasa 1Rp15.000.000
Pendapatan jasa 2Rp10.000.000
Diskon penjualan(Rp2.000.000)
Pendapatan jasa bersihRp23.000.000
Beban usaha
Gaji karyawanRp3.000.000
Beban perlengkapanRp2.000.000
Beban penyusutanRp500.000
Tagihan listrik, air, dan internetRp500.000
Total beban usaha(Rp6.000.000)
Laba UsahaRp17.000.000
Pendapatan di luar usaha
Pendapatan bungaRp1.000.000
Beban di luar usaha
Beban bungaRp400.000
Beban kerusakan perlengkapanRp1.000.000
Total beban di luar usahaRp1.400.000
Laba/Rugi di luar usaha(Rp400.000)
Laba bersihRp16.600.000

Nah, itulah cara menyusun laporan laba rugi perusahaan jasa dengan dua metode, langsung dan tidak langsung, yang bisa kamu terapkan. Kamu bisa melihat secara jelas perbedaan dari kedua metode ini, kan? 

Selanjutnya, kamu pun dapat memutuskan untuk menggunakan metode yang cocok dengan kebutuhan masing-masing. Tak kalah penting, kamu perlu memiliki catatan transaksi keuangan yang lengkap untuk bisa membantu proses penyusunan laporan laba rugi secara detail dan lengkap. 

Ingin bisnis tetap relevan, terus beradaptasi dan bersaing di pasar yang semakin kompetitif? 

Ayo bergabung dengan DOKU, perusahaan fintech pembayaran yang sudah lebih dari 16 tahun pengalaman menyediakan solusi terima dan kelola pembayaran digital serta fitur lainnya yang bisa memperkaya bisnis sehingga dapat  tumbuh dan beradaptasi dengan tantangan bisnis zaman sekarang, sebut saja:

  1. Accept Payment / Payment GatewayDOKU menawarkan solusi proses terima dan kelola pembayaran yang lancar, dengan menghubungkan bisnismu ke lebih dari 45 metode pembayaran, analisis transaksi yang memberikan wawasan mendalam tentang transaksi bisnis hingga kemudahan pengintegrasian platform bisnis Anda, dari situs web, aplikasi seluler, hingga mesin pembayaran.
  2. Payouts: DOKU mempermudah manajemen pembayaran dengan otomatisasi yang efektif, mencakup gaji, pembayaran mitra bisnis, refund, dan dividen, semua dalam sistem yang lancar dan tanpa hambatan.
  3. Wallet as a Service: Sebuah Ekosistem di dalam ranah dompet digital yang dapat mendukung pertumbuhan bisnis Anda. DOKU menyediakan solusi dompet digital yang dapat membantu Anda dalam dua cara: pertama, dengan membuatkan dompet digital khusus untuk pelanggan Anda. Kedua, dengan mengoptimalkan dompet digital yang sudah Anda miliki dari sisi pengelolaan transaksi.
  4. Enhancements: Menjawab tantangan bisnis yang anda hadapi dengan beragam macam produk yang dapat menyempurnakan bisnis sehingga lebih efisien, rapi, aman dan menguntungkan

Jadilah pemenang di era baru bisnis digital. Bergabunglah bersama lebih dari 150 ribu merchant DOKU sekarang dan lihat bagaimana DOKU dapat membantu bisnis Anda tumbuh! Klik di sini untuk memulai dan klik di sini apabila butuh bantuan sales kami.