Payment Link: Pengertian, Cara Kerja, dan Manfaatnya bagi Bisnis

Payment link

Payment link adalah solusi untuk kamu pelaku bisnis yang melayani penjualan secara online, baik via e-commerce maupun tradisional seperti pemesanan via WhatsApp. Lewat payment link, kamu bisnis jadi terlihat lebih profesional sekaligus praktis dan nyaman untukmu dan pelanggan. 

Jadi, apa itu payment link dan bagaimana solusi ini bisa membantu perkembangan bisnis yang kamu jalankan? 

Apa Itu Payment Link? 

Secara harfiah, payment link adalah link pembayaran. Maksudnya, payment link merupakan cara yang memungkinkan pelanggan dapat langsung terarah ke situs atau halaman khusus pembayaran yang sudah dipersiapkan penjual untuk membayar transaksi yang sudah disepakati. 

Dalam halaman tersebut juga biasanya sudah dilengkapi dengan invoice. Dengan begitu, pelanggan dapat mengecek kembali transaksi yang akan dilakukan, khususnya detail produk (barang atau jasa) dan biaya yang harus dibayarkan. 

Selain itu, payment link juga kerap dipakai untuk bisnis yang menerima berbagai metode pembayaran maupun menggunakan payment gateway. Pelanggan pun bisa memilih cara pembayaran yang paling sesuai dengan preferensi masing-masing.

Kalau masih bingung memahami seperti apa itu payment link, simak ilustrasi sederhana berikut ini. 

Kamu membuka usaha bakery rumahan. Penjualan yang kamu lakukan saat ini masih cukup sederhana, yakni melalui Instagram dan WhatsApp. Mereka yang akan memesan produk kamu pun harus menghubungi via DM Instagram atau pesan WhatsApp. 

Nah, setelah mereka memilih pesanan dan terjadi kesepakatan sepakat, kamu pun mengirim sebuah link lewat balasan DM Instagram atau WhatsApp tersebut. Pelanggan yang mengklik link tersebut akan diarahkan ke sebuah laman baru. 

Halaman tersebut menampilkan detail produk apa saja yang dibeli dan berapa jumlah yang dibayarkan alias invoice. Setelah sesuai, pelanggan tinggal memencet tombol yang tersedia dan berlanjut ke halaman pembayaran dan menyelesaikan pembayaran sesuai metode yang ada.

Bagaimana Cara Kerja Payment Link?

Payment link pada dasarnya mempercepat kamu untuk mengirim tagihan kepada pelanggan sehingga pelanggan pun dapat lebih cepat dalam menyelesaikan transaksi. 

Untuk menggunakan ini, kamu hanya perlu akan memasukkan jumlah tagihan yang harus dibayarkan dan identifier pelanggan, seperti nomor pesanan, nomor invoice, dan lain sebagainya. Selain itu, jangan lupa untuk masukan detail kontak pelanggan seperti e-mail atau nomor hp.

Lalu, di mana kamu memasukkan data-data ini? Penyedia layanan payment link seperti DOKU memberikan portal sendiri untuk para merchant. Di portal inilah kamu bisa melengkapi data-data tersebut.

Setelah data-data dilengkapi, payment link akan terbuat dan terkirim secara instan ke pelanggan lewat channel yang dipilih, seperti via WhatsApp, SMS, e-mail, dan sebagainya. 

Beberapa penyedia layanan payment link juga memberikan fitur adanya expired date atau expired time atas pembayaran tersebut. Jika membayar tidak membayar dalam batas waktu yang ditentukan, maka transaksi pun dibatalkan.

Tenang saja, kamu tidak harus mengecek satu-satu apakah pelanggan telah melunasi pembayaran atau belum. Sistem yang sudah diintegrasikan dengan payment gateway akan memberi notifikasi kepadamu apakah pelanggan sudah melakukan pembayaran atau belum.

Manfaat Payment Link untuk Pelanggan

Pelanggan juga dapat menikmati dan merasakan berbagai benefit dari adanya payment link ini, antara lain sebagai berikut.

Tidak Perlu Tambahan Aplikasi Lain

Pelanggan tidak membutuhkan aplikasi merchant untuk melakukan pembayaran—bahkan tak perlu menginstal aplikasi lainnya. Cukup via WhatsApp, email, dan berbagai media sosial lainnya, pelanggan langsung memperoleh rincian tagihan dan dapat menyelesaikan pembayaran.

Pembayaran Lebih Cepat, Mudah, dan Nyaman

Seperti yang disebutkan sebelumnya, payment link biasanya sepaket pula dengan layanan payment gateway. Layanan payment gateway sendiri mampu menjadi gerbang untuk menerima pembayaran dari berbagai sumber, seperti rekening bank, kartu kredit, maupun e-wallet.

Dengan begitu, pelanggan bisa memilih metode pembayaran sesuai yang digunakannya sehingga mengurangi adanya biaya tambahan seperti biaya admin transaksi. 

Beberapa layanan finansial yang sudah terpasang di hp pelanggan juga biasanya dapat diintegrasikan. Dengan begitu, pelanggan bisa langsung membayar tanpa membuka lagi aplikasi untuk pembayaran secara manual.

Aman

Walau lebih praktis, bukan berarti pembayaran lewat payment link dan payment gateway minim dari sisi sekuritas. Layanan ini juga telah mengikuti dan tunduk pada aturan yang berlaku serta diawasi oleh lembaga atau badan berwenang.

Read more: Apa Itu QRIS? Intip Kepanjangan, Definisi, dan Manfaatnya, Yuk!

Manfaat Payment Link untuk Pemilik Bisnis

Tentunya, ada banyak keuntungan lain yang bisa diperoleh pemilik bisnis dengan menggunakan solusi payment link, antara lain sebagai berikut.

Meningkatkan Efisiensi Waktu

Sebagai pemilik bisnis, kamu pasti harus bisa cepat melakukan sesuatu untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Sayangnya, proses pembuatan invoice, pengecekan dana masuk, dan sebagainya yang dilakukan secara manual cukup menghabiskan banyak waktu.

Karena itu, payment link sangat membantumu melakukan segala sesuatu dengan lebih cepat. Pelanggan menjadi lebih puas dan kamu pun punya banyak waktu untuk melayani pelanggan lain atau melakukan hal-hal strategis lainnya.

Menghemat Biaya

Sebelumnya, membuat bisnis yang terlihat profesional memerlukan banyak biaya. Sekarang, kamu tidak perlu menggunakan dan berinvestasi pada sistem atau aplikasi POS maupun pihak ketiga lainnya.

Kamu bisa langsung menggunakan sistem payment link yang sederhana, tetapi memberi dampak positif besar bagi bisnis. Di samping itu, integrasi dengan layanan payment gateway makin mendukung penghematan biaya ini.

Pasalnya, kamu tidak perlu membuka banyak rekening bank atau e-wallet untuk bisa menyediakan berbagai macam metode pembayaran yang makin hari makin beragam dan digunakan oleh pelanggan. 

Selain pusing untuk mengelola banyak akun sekaligus, kamu juga masih dihadapkan pada biaya admin bulanan—berapa banyak yang harus kamu keluarkan jika mempunyai setidaknya lima akun bank?

Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Pelanggan yang merasa puas dan layanan yang kamu tawarkan cenderung melakukan pembelian ulang dan bahkan menjadi pelanggan tetap. Tak cuma itu, mereka biasanya juga tak segan untuk mempromosikan produk yang memuaskan tersebut kepada orang lainnya dengan cuma-cuma.

Tersedianya payment link dan payment gateway ini akan membantu meningkatkan kepuasan pelanggan lewat layanan dan transaksi yang lebih cepat dan seamless. Dalam kata lain, kamu pun membuka lebih besar peluang untuk kemajuan bisnis lewat solusi sederhana ini.

Payment link adalah inovasi “sederhana” yang bisa meningkatkan bisnismu dengan cukup efektif. Dengan proses yang cepat, mudah, dan aman, kamu selaku pemilik bisnis dan pelanggan masing-masing akan merasa lebih nyaman dalam bertransaksi.

Juragan DOKU Sebagai Solusi Pembayaran 

Kamu punya bisnis? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!