Program Loyalty; Strategi yang Bikin Pelanggan Jadi Setia, Pelajari Yuk!

program loyalty

Ingin bisnis berkembang dan memiliki banyak pelanggan setia? Supaya hal tersebut bisa terwujud, usahamu perlu didukung dengan adanya program loyalty.

Tidak bisa dimungkiri, tren bisnis terus berganti seiring berjalannya waktu. Oleh karena itu, usaha yang sanggup  bertahan lama di tengah gencarnya persaingan dan selera pasar yang berubah-ubah memang patut diacungi jempol. 

Salah satu hal penting yang membuat perusahaan bisa terus eksis adalah keberadaan pelanggan setia. Seperti kita tahu, pelanggan setia mendatangkan banyak keuntungan untuk perusahaan. 

Bahkan, banyak pelaku usaha yang tidak segan untuk mengalokasikan sejumlah dana agar konsumen tersebut tetap loyal. Nah, ingin bisnismu punya banyak pelanggan setia? Kamu harus mengenal program loyalty agar bisa merealisasikannya.

Read More: Sering Dianggap Sama, ini Dia 4 Perbedaan Pemasaran dan Penjualan

Apa itu Program Loyalty?

Masih asing dengan konsep ini? Pertama, mari kita ketahui dahulu artinya. 

Program ini adalah program yang dibuat oleh perusahaan untuk pelanggan dengan tujuan agar mereka tetap setia menggunakan produk dan layanan yang tersedia. Pada akhirnya, strategi tersebut akan membantu sebuah bisnis bertahan dari waktu ke waktu.

Sekarang ini, program loyalty sangatlah penting karena terdapat banyak pilihan produk dan layanan yang ada di pasaran. Jika tidak merasa puas, konsumen dapat dengan mudah beralih ke produk kompetitor. 

Jadi, kalau kamu tidak ingin bisnis kehilangan konsumen, memberikan pelayanan berkualitas dan menjaga hubungan baik harus jadi prioritas. 

Manfaat Program Loyalty untuk Kelangsungan Bisnis

Kepuasan pelanggan harus jadi perhatian para pelaku bisnis sejak awal menjalankan usaha. Mengapa demikian? Karena kepuasan tersebut punya peran dalam menjaga tingkat keuntungan yang diterima perusahaan. 

Kalau bisnismu konsisten meraup keuntungan, peluang untuk maju tentu makin terbuka. Lalu, apa saja sebenarnya manfaat yang bisa kita dapat dengan menjaga kepuasan konsumen melalui program loyalty? 

1. Menjalin hubungan baik dengan pelanggan

Manfaat yang paling utama dari adanya program loyalty adalah terciptanya hubungan baik antara perusahaan dengan konsumen. Karena merasa puas, konsumen akan memiliki emosi positif terhadap produk dan layanan perusahaan. 

Hubungan erat ini bahkan akan membuat kepuasan pelanggan makin bertambah di waktu mendatang.

2. Membuat bisnismu berbeda dari pesaing

Kamu harus menerapkan strategi loyalty secara serius. Di pasaran, ada banyak pesaing yang menawarkan produk dan layanan yang serupa. 

Salah satu cara agar terlihat menonjol dan berbeda adalah dengan menarik perhatian konsumen melalui program loyalty yang tentunya istimewa.

Jadi, menangkan persaingan dengan mengadakan penawaran spesial untuk pelanggan setiamu. Keistimewaan yang kamu tawarkan melalui program tersebut akan membuatnya berbeda dari pesaing sehingga mereka lebih memilih produkmu ketimbang yang lain. 

3. Membangun customer advocacy

Pernah dengar tentang customer advocacy? Dilansir dari laman Glints, istilah ini merujuk pada strategi marketing yang mengikutsertakan pelanggan untuk merekomendasikan produk dan layanan perusahaan pada orang lain. 

Nah, jika kamu berhasil membuat pelanggan puas, mereka akan otomatis melakukan marketing advocacy secara sukarela.

Hal ini tentu saja sangat menguntungkan perusahaan karena kamu bisa berhemat alias tidak perlu lagi mengeluarkan sejumlah biaya untuk aktivitas promosi. 

Tips Seputar Program Loyalty dalam Bisnis

Meskipun mendatangkan banyak manfaat, strategi bisnis ini harus dilakukan dengan penuh perhitungan. Hal ini bertujuan agar program yang kamu buat tidak meleset dan bisa mendatangkan keuntungan yang diharapkan. Berikut beberapa tips yang bisa kamu coba.

1. Mengenal pelanggan

Dikutip dari web BDC, tahap awal dalam melakukan program loyalty adalah dengan melakukan riset pelanggan. Kamu bisa mempelajari kondisi mereka dengan menjawab beberapa pertanyaan seperti:

  • Berapa jumlah yang dibelanjakan seorang pelanggan dalam setahun?
  • Produk apa yang dibeli dan seberapa sering pembeliannya?
  • Sudah berapa lama mereka menjadi customer?
  • Bisakah kita menawarkan mereka produk jenis lain?
  • Seberapa puas mereka dengan perusahaan kita?
  • Bagaimana kita bisa meningkatkan relasi bisnis?

Riset pelanggan juga bisa dilakukan melalui data yang kamu punya serta dengan melakukan survei. Jika memahami perilaku customer dengan baik, kamu bisa mengambil langkah yang tepat saat merancang loyalty program.

2. Melakukan persiapan

Sebelum membuat program, buatlah persiapan dengan memastikan tingkat kepuasan pelanggan misalnya melalui wawancara, survei, dan monitoring. Lalu, tentukan pelanggan yang sesuai untuk dimasukkan dalam program. 

Biasanya, perusahaan menargetkan mereka yang melakukan pembelian berulang dan masih memiliki potensi untuk menambah profit. 

Namun, program seperti ini tidak disarankan jika siklus pembeliannya terlalu lama, misalnya melewati jangka waktu tiga tahun.

3. Menentukan anggaran

Dalam menentukan anggaran, kamu harus memastikan bahwa budget sesuai dengan program yang dipilih. Jangan lupa untuk memisahkan anggaran untuk retensi dengan mendapatkan pelanggan baru.

4. Menentukan pelanggan yang ingin diikutsertakan dalam program

Tips selanjutnya adalah menentukan pelanggan yang akan dimasukkan dalam program loyalty. Caranya, buatlah daftar kategori berdasarkan kriteria tertentu yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Beberapa poin kriteria tersebut adalah:

  • Volume pembelian
  • Kemampuan untuk membeli lebih banyak produk dan layanan
  • Kecepatan pembayaran
  • Kemungkinan profit yang dihasilkan dari customer
  • Berapa lama mereka bersikap loyal terhadap produk

Contoh Loyalty Program dalam Bisnis

Setelah mengetahui definisi, manfaat, serta tips seputar strategi loyalty, mungkin kamu masih bertanya-tanya, seperti apa saja program untuk menjaga kesetiaan  pelanggan ini. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa contoh yang umum ditemui.

1. Membership atau keanggotaan

Dalam program seperti ini, perusahaan menawarkan pelanggan untuk bergabung menjadi member. Lalu, para customer yang menjadi member akan tergabung dalam sebuah komunitas. 

Member akan mendapatkan berbagai keuntungan misalnya potongan harga, harga promo, dan layanan istimewa lainnya yang tidak bisa dinikmati pembeli biasa.

2. Pengumpulan poin

Strategi selanjutnya adalah pengumpulan poin. Konsumen akan mendapatkan sejumlah poin setiap mencapai jumlah tertentu dalam transaksi. Poin yang telah dikumpulkan nantinya bisa ditukar dengan cashback, gift menarik, dan sebagainya.

Sekarang ini, banyak perusahaan yang memberi poin tidak hanya melalui transaksi. Konsumen bisa mendapatkannya dengan memberi ulasan, mengisi survei singkat, dan share konten.

3. Gelaran acara terbatas

Cara lainnya adalah mengadakan event terbatas. Dalam acara seperti ini, perusahaan biasanya memberikan keuntungan berupa harga promo, produk gratis, layanan spesial, dan lain-lain.

4. Partnership atau kemitraan

Loyalty program kemitraan yaitu pemberian kesempatan untuk pelanggan menjadi mitra dengan perusahaan. Keuntungan yang didapatkan bisa berupa harga spesial, produk gratis, maupun hadiah.

Salah satu bentuk partnership yang kini populer adalah endorsement. Perusahaan memanfaatkan popularitas orang yang berpengaruh untuk mempromosikan produk mereka sehingga bisa meningkatkan penjualan.

Ternyata tingkat kepuasan pelanggan itu penting sekali, bukan? Bila ingin bisnismu makin dicintai konsumen, segera terapkan program loyalty yang sesuai dengan anggaran dan kebutuhan usaha. Strategi yang tepat dapat membantu usaha makin maju dan siap bersaing.

Kamu punya bisnis? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!