Apa sih Keuntungan Memiliki Pelanggan yang Loyal? Salah Satunya Lebih Cuan!

keuntungan memiliki pelanggan yang loyal adalah

Keuntungan memiliki pelanggan yang loyal adalah kunci keberlangsungan usaha. Pelajari keuntungan lainnya serta tips meraih customer loyalty.

Memiliki pelanggan yang loyal adalah hal yang didambakan oleh setiap pemilik bisnis. Bagaimana tidak? Di era persaingan bisnis yang semakin ketat, memiliki pelanggan yang loyal bisa menjadi keuntungan yang sangat berharga bagi sebuah bisnis. 

Salah satu keuntungan memiliki pelanggan yang loyal adalah mereka selalu repeat order. Makin banyak pelanggan yang loyal, makin tinggi pula tingkat repeat order. Hal ini tentu berdampak positif pada keberlangsungan bisnis.

Lantas, apa saja dampak positif atau keuntungan memiliki pelanggan yang loyal? Dan cara apa saja yang bisa diupayakan agar pelanggan tetap setia pada produk yang kamu tawarkan? Simak uraiannya berikut ini!

Read More: 4 Contoh Segmentasi Pasar Agar Pemasaranmu Lebih Tertarget

Keuntungan memiliki Pelanggan yang Loyal

Memiliki pelanggan yang loyal dapat memberikan banyak keuntungan bagi sebuah perusahaan. Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa diperoleh jika memiliki pelanggan yang loyal:

1. Menjaga Kelangsungan Usaha

Yang pertama, keuntungan memiliki pelanggan yang loyal adalah keberlangsungan usaha. Pelanggan yang loyal cenderung membeli produk atau jasa secara teratur dan konsisten. Dampaknya, aliran pendapatan perusahaan pun lebih stabil.

Ditambah lagi, pelanggan yang loyal cenderung merasa puas dengan produk atau pelayanan yang diberikan, sehingga lebih sulit beralih ke pesaing. Maka, bisa dibilang bisnis yang memiliki pelanggan setia memiliki peluang lebih besar untuk menguasai pangsa pasar.

2. Meningkatkan Brand Value

Pelanggan yang loyal cenderung memberikan testimonial positif sehingga meningkatkan brand value. Bahkan, bukan tidak mungkin pelanggan setia akan merekomendasikan bisnismu kepada orang lain.

Ketika brand value membaik, citra perusahaan di mata konsumen pun akan semakin kuat. Dengan begitu, lama kelamaan bisnismu akan lebih menonjol dan berbeda di antara para pesaing.

3. Meningkatkan Performa Finansial

Selanjutnya, keuntungan memiliki pelanggan yang loyal adalah tingkat belanja yang konsisten. Pasalnya, pelanggan yang loyal cenderung membeli produk atau jasa secara teratur. Saking loyalnya, mereka enggan berpindah ke kompetitor.

Selain itu, pelanggan yang loyal cenderung membeli produk atau jasa dengan harga yang lebih tinggi. Alhasil, rata-rata penjualan per pelanggan pun meningkat. Tentunya, ini akan membantu meningkatkan penjualan sehingga performa finansial perusahaan pun ikut meningkat. 

Dalam jangka panjang, performa finansial perusahaan yang baik akan membantu perusahaan berkembang secara berkelanjutan.

4. Efisiensi Biaya Marketing

Berikutnya, keuntungan memiliki pelanggan yang loyal adalah menghemat biaya marketing. Tidak perlu keluar banyak uang untuk iklan, karena produk yang ditawarkan pasti akan diserbu pelanggan setia.

Sebaliknya, upaya menggaet pelanggan baru bisa memakan biaya yang cukup besar untuk iklan dan promosi di banyak media. Namun, lain halnya kalau perusahaan sudah memiliki pelanggan yang loyal.

Tanpa perlu diminta pun, pelanggan yang loyal cenderung merekomendasikan bisnis yang disukai kepada teman dan keluarga mereka. Promosi semacam ini disebut melalui word-of-mouth marketing dan tingkat konversinya terbilang tinggi.

Di samping itu, pelanggan yang loyal cenderung memahami produk atau jasa yang ditawarkan. Jadi, tidak perlu waktu atau biaya yang signifikan untuk edukasi produk. Hal ini dapat membantu meningkatkan efisiensi perusahaan dalam menawarkan produknya.

5. Cuan Lebih Besar 

Pelanggan yang loyal cenderung tidak terlalu mempermasalahkan harga. Hal ini karena mereka sudah percaya pada bisnis tersebut. Makin banyak pelanggan loyal yang membeli produk berbanderol mahal, tentunya profitabilitas perusahaan pun akan bertambah pesat.

Di samping itu, pelanggan yang loyal juga lebih terbuka untuk mencoba produk baru. Saat belanja, mereka juga tidak ragu untuk membeli produk tambahan. Alhasil, perusahaan pun bisa meraih cuan lebih besar dari cross-selling atau up-selling produk mereka.

Tips Agar Pelanggan Loyal

Bisnis mana sih yang tak mau punya pelanggan setia? Namun, mempertahankan dan mendapatkan pelanggan loyal tidaklah mudah. Sebagai pemilik bisnis, kamu harus memastikan bahwa pelanggan merasa puas.

Maka, untuk membangun pelanggan yang loyal, perusahaan perlu menempuh beberapa strategi. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu menambah loyalitas pelanggan:

1. Memberikan diskon dan voucer

Memberikan hadiah kepada pelanggan yang sering berbelanja bisa menjadi cara yang efektif untuk mempertahankan pelanggan loyal. Hadiah ini bisa berupa diskon, voucher, atau hadiah langsung untuk setiap pembelian dalam jumlah tertentu.

Contohnya, voucher gratis ongkir atau diskon khusus untuk pembelian dalam jumlah besar. Yang tak kalah menarik, berikan voucher potongan harga sekian persen di pembelian berikutnya, sehingga memicu pelanggan untuk berbelanja lagi di lain kesempatan.

2. Membuat loyalty program 

Keuntungan memiliki pelanggan yang loyal adalah sesuatu yang sayang untuk dilewatkan. Maka, buatlah loyalty program yang memberikan hadiah khusus kepada pelanggan setia. Dengan begitu, pelanggan yang loyal akan makin enggan beralih ke kompetitor.

Sebagai contoh, perusahaan bisa memberikan reward point kepada pelanggan yang untuk setiap transaksi yang dilakukan. Hal ini dapat memicu pelanggan untuk terus berbelanja dengan motivasi mengumpulkan reward point.

Tentunya pemberian reward point perlu dibarengi dengan tawaran hadiah menarik yang bisa didapat dengan menukarkan poin.

3. Bangun kepercayaan dan hubungan baik

Untuk membangun kepercayaan, perusahaan harus memberikan bukti kualitas dan pelayanan yang mumpuni. Misalnya seperti sertifikat, penghargaan atau testimoni dari pelanggan yang puas.

Selain itu, kepercayaan pelanggan juga bisa dibangun dengan komunikasi yang baik. Dalam hal ini, perusahaan dapat memanfaatkan berbagai saluran komunikasi seperti email, telepon, atau media sosial untuk berinteraksi dengan pelanggan. 

Kini kamu bisa memanfaatkan Instagram, TikTok, dan Facebook untuk memberikan konten yang menarik dan berguna. Yang tak kalah penting, pastikan memilih tim media sosial yang andal agar interaksi dengan pelanggan berjalan dengan baik.

Mengingat media sosial bisa diakses publik dengan jangkauan luas, siapa saja bisa melihat interaksi dengan pelanggan di medsos. 

Maka, pastikan tim media sosial selalu menggunakan gaya bahasa yang ramah dan santun sehingga pelanggan merasa dihargai. Ingatlah bahwa pelanggan yang merasa dihargai cenderung lebih loyal. 

4. Berikan pelayanan yang jauh melebihi ekspektasi pelanggan

Pelayanan yang baik menjadi kunci utama untuk mempertahankan pelanggan. Sebagai pemilik bisnis, kamu harus memastikan bahwa pelanggan mendapatkan pengalaman yang nyaman dan puas ketika.

Pastikan bahwa staf Customer Care memberikan pelayanan yang ramah, responsif, dan bantuan yang solutif jika ada masalah atau keluhan dari pelanggan. Pelayanan yang baik akan meningkatkan kepercayaan pelanggan, sehingga meningkatkan retensi loyalitas mereka.

5. Sediakan sistem pembayaran yang mudah

Kini belanja tidak harus dibayar tunai, tetapi bisa melalui transaksi digital, baik dengan transfer bank, scan QRIS, in-app payment, hingga e-wallet. Dengan banyaknya opsi pembayaran, tentunya pemilik bisnis harus menyediakan beragam metode pembayaran. 

Pasti akan merepotkan kalau calon pembeli gagal bertransaksi hanya gara-gara metode pembayaran tertentu tidak tersedia. Sebagai pemilik bisnis, kamu bakal rugi karena kehilangan pelanggan.

Sebaliknya, dengan sistem pembayaran yang mudah, pelanggan dapat melakukan pembayaran dengan cepat tanpa mengalami kendala teknis yang berarti. Jika mereka puas saat bertransaksi, kemungkinan repeat order pun makin tinggi.

Kamu punya bisnis? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini. Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!