7 Keuntungan Memulai Usaha Skincare & Kosmetik yang Menggiurkan

7 Keuntungan Memulai Usaha Skincare & Kosmetik yang Menggiurkan

Usaha skincare dan kosmetik adalah salah satu jenis usaha yang tak pernah ada matinya. Dari hari ke hari, konsumen makin sadar akan pentingnya meningkatkan penampilan melalui penggunaan skincare dan kosmetik. 

Terlebih lagi, saat ini industri kecantikan berkembang lebih pesat. Keberadaan internet dan media sosial mengubah preferensi dan cara konsumen dalam menemukan produk kecantikan baru. 

Di sisi lain, memulai bisnis skincare menawarkan keuntungan lebih banyak dibanding memulai jenis bisnis lain. Apa saja keuntungan tersebut?

read more: Harumkan Pemasukanmu! Mulai Usaha Parfum Dengan Cara Ini

Keuntungan dan Kemudahan Memulai Usaha Skincare

Selain terkenal memiliki potensi bertumbuh yang besar, banyak orang memulai bisnis ini bukan tanpa alasan. Berikut beberapa alasan membuka bisnis perawatan kulit dan kecantikan layak kamu pertimbangkan:

1. Skincare Sudah Menjadi Bagian dari Masyarakat

Produk skincare adalah salah satu produk yang sudah masyarakat kenal sejak zaman dahulu. Bahkan, target pasarnya juga cukup luas hingga mencakup berbagai usia dan generasi. 

Hampir 80% warga Indonesia rajin membeli produk skincare dan tren ini diperkirakan akan terus meningkat. Baik itu produk dari brand kecantikan ternama, brand lokal, maupun brand UMKM, masing-masing memiliki tempat tersendiri di hati penggunanya. 

Dengan pangsa pasar yang besar, tak heran usaha skincare jadi salah satu bisnis yang memiliki potensi besar. 

Walaupun begitu, kamu harus melakukan riset mendalam sebelum meluncurkan sebuah produk kecantikan. Tambahkan value produk kamu sehingga lebih menonjol dari kompetitor. 

Misalnya, menggunakan bahan skincare yang sedang tren tahun ini (seperti himalayan salt, charcoal, green tea, jojoba oil, shea butter, dll), menggunakan desain produk yang unik, dan sebagainya.

2. Keuntungan yang Besar

Keunggulan berikutnya dengan memulai usaha skincare dan kosmetik sendiri adalah  keuntungan besar yang bisa kamu dapatkan. 

Banyak produk ternama bahkan menguasai pasar dalam beberapa dekade terakhir. Akan tetapi, bukan tak mungkin beberapa produk baru bisa meramaikan industri dan memenangkan hati konsumen. 

Sebut saja brand Beauty Boss, Skin Junkie, Whitelab, Scarlett, Hale, Base, Skin by No Filter, Dew It, dan masih banyak lagi. Masing-masing menawarkan fitur uniknya tersendiri yang mampu memikat konsumen. Entah itu dari segi packaging, harga, manfaat, teknik pemasaran, dan lain-lain.

Nah, kamu juga bisa memulainya dengan menciptakan fitur unik produkmu sendiri. Tentunya melalui berbagai riset dan evaluasi agar sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pasar.

3. Tidak Membutuhkan Keahlian Khusus

Jika kamu memulai jenis usaha lain, mungkin akan menuntut kamu menguasai bidang pembuatan produk atau layanan tertentu. Misalnya usaha katering, kamu harus terampil memasak dan membuat resep. 

Akan tetapi, memulai usaha skincare tidak mengharuskan kamu menjadi ahli pembuat formula kosmetik dan skincare

Sebab, kamu bisa menggunakan jasa maklon skincare atau kosmetik. Mereka adalah produsen yang sudah ahli dalam memproduksi produk kecantikan yang aman dan legal.

Kamu tidak perlu lagi pusing soal pembuatan produk, pemilihan bahan, pengadaan alat produksi, uji kelayakan produk, perizinan edar, dll jika menggunakan jasa maklon skincare atau kosmetik berpengalaman.

Kamu bisa bekerja sama dengan produsen tersebut untuk menciptakan brand sendiri. Gunakan konsep baru dan strategi pemasaran yang lebih personal untuk memperlancar usaha skincare kamu.

Jadi, tidak harus memiliki pabrik sendiri atau membuat formula skincare sendiri, kamu bisa mengembangkan brand milikmu secara legal dan berstandar BPOM.

4. Mudah Memamerkan Hasil Akhir Produk

Tidak seperti beberapa bidang bisnis lainnya, industri kosmetik dan produk kecantikan adalah tentang bagaimana suatu produk terlihat dan bekerja pada kulit seseorang. 

Artinya, kamu bisa memamerkan hasil akhir produk untuk menarik minat banyak konsumen baru.

Terlebih lagi, dengan kemudahan teknologi seperti sekarang, kamu bisa lebih mudah memamerkan hasil dari produk skincare yang kamu pasarkan. 

Misalnya, kamu bisa menyertakan gambar sebelum dan sesudah penggunaan skincare lalu mencetaknya pada kemasan produk. Kamu juga bisa menunjukkan hasil atau manfaat dari penggunaan produkmu lewat testimoni pelanggan untuk kamu pamerkan di medsos dan website bisnismu.

Beda dari bisnis F&B yang harus pelanggan coba untuk tahu rasa produk sebenarnya, produk skincare bisa kamu pamerkan melalui gambar, video, dan tentunya testimonial dari penggunanya. 

Artinya, ada lebih banyak senjata dan media yang bisa bantu bisnis kamu berkembang dengan pesat!

5. Peluang Besar dalam Berbagai Opsi

Selain sudah dikenal masyarakat luas, usaha skincare juga memiliki peluang besar dalam berbagai opsi, baik itu dari segi strategi, model, maupun ceruk bisnis.

Dari segi strategi, bisnis skincare yang dijalankan melalui teknik pemasaran online maupun offline memiliki peluang yang sama besarnya. Entah itu dengan menjadi dropshipper, reseller, agen, mendirikan toko skincare, dll patut untuk dicoba.

Bisnis ini juga menawarkan banyak ceruk bisnis dan kamu bisa berfokus pada salah satunya atau membuat kombinasi, yaitu:

  • Perawatan wajah
  • Perawatan tubuh
  • Riasan 
  • Perawatan rambut
  • Produk perawatan kulit anak-anak
  • Perawatan kulit ibu hamil
  • Dan masih banyak lagi.

Dari berbagai ceruk dan area tersebut, kamu bisa sesuaikan dengan style, tipe produk, atau kegunaan produk saat memasarkan usaha skincare kamu. Lihat area mana yang memiliki tingkat persaingan lebih kecil.

6. Layanan Pelanggan yang Lebih Personal

Kemudahan dalam memberikan layanan pelanggan yang lebih personal adalah keuntungan lain dari memiliki usaha skincare sendiri. 

Misalnya, menjelaskan instruksi tentang cara menggunakan produk skincare, membantu pelanggan memilih produk skincare terbaik yang sesuai dengan jenis dan warna kulit mereka, dll

Dengan begitu, kamu bisa membangun loyalitas pelanggan dengan lebih baik. Sebab, layanan pelanggan yang dipersonalisasi ini memungkinkanmu menjalin hubungan pribadi yang positif dengan pelanggan.

Jika pelanggan puas dan merasakan sendiri manfaat dari produkmu, bukan hal yang mustahil terjadi pemasaran dari mulut ke mulut. 

Pelanggan akan dengan senang hati merekomendasikan produk skincare kamu kepada teman, rekan kerja, dan keluarga mereka.

7. Bantuan Teknologi Untuk Pengelolaan Bisnis

Keuntungan lain dari membuka usaha skincare adalah banyak bantuan teknologi yang bisa bantu pengelolaan bisnis. Entah itu untuk kebutuhan pemasaran, layanan pelanggan, atau pengelolaan keuangan.

Misalnya untuk pemasaran, ada berbagai platform sosial media serta fitur Ads (gratis & berbayar) yang bisa membantumu menjangkau target audiens yang lebih luas.

Nah, itulah beberapa keuntungan dan kemudahan yang bisa kamu dapatkan ketika memulai usaha skincare. Manfaatkan keunggulan tersebut sebagai kesempatan untuk memulai dan mengembangkan brand skincare atau kosmetikmu sendiri.

Pilih DOKU agar Bisnis Lebih Sukses

Kamu punya bisnis? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!