Tips Memilih Sketsa Kemasan Produk Unik yang Bisa Kamu Coba!

sketsa kemasan produk unik

Seperti apa sih cara memilih sketsa kemasan produk unik? Yuk, intip tips cara memilih kemasan/packaging unik di artikel berikut!

Saat ini, semakin banyak pebisnis yang mengemas produk yang mereka jual dalam berbagai packaging unik. Tujuan utamanya adalah untuk menarik minat calon pembeli agar membeli produk tersebut. 

Mungkin kamu juga tertarik untuk melakukan hal serupa. Akan tetapi, meski terdengar mudah, memilih kemasan produk yang unik dan bagus tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada berbagai hal penting yang perlu dipertimbangkan dalam rangka memilih sketsa kemasan produk unik

Penasaran bagaimana cara memilih kemasan produk yang unik? Kamu bisa mempelajari caranya di artikel berikut. 

Read More: 7 Ide Bisnis Tak Kenal Musim, Laris Sepanjang Tahun

Mengapa Perlu Membuat Packaging yang Unik?

Mengapa para pebisnis ingin mengemas produk mereka dengan packaging yang unik? Ada beberapa alasan yang mendasarinya, yaitu:

1. Menarik minat pembeli

Packaging yang unik bisa membuat ketertarikan seseorang terhadap suatu produk meningkat. Nah, ketertarikan ini pula yang membuat seseorang memutuskan untuk membeli suatu produk. 

Dilansir dari Pickfu, tiga dari empat konsumen di Amerika mengatakan bahwa packaging sebuah produk sangat memengaruhi keputusan belanja yang mereka buat. Biasanya, mereka akan memilih packaging yang tampak menarik di mata mereka.

2. Branding

Selain untuk menarik minat pembeli, packaging yang unik bisa membantu kamu mem-branding produk. Artinya, sketsa kemasan produk unik bisa membantu pembeli untuk mengasosiasikan brand kamu dengan tampilan unik tersebut.

Apakah ini hal yang baik? Tentu saja. Jika pembeli semakin mudah mengasosiasikan brand kita dengan packaging tertentu, maka ini berarti brand awareness sudah meningkat. Adanya brand awareness yang baik bisa membantu meningkatkan penjualan, lho.\

3. Sebagai pembeda dari produk lain

Packaging yang unik juga diperlukan untuk membantu pembeli membedakan produk yang satu dengan produk yang lain. Ini juga termasuk sebagai salah satu manfaat branding melalui pemilihan packaging produk yang unik. 

4. Membantu pembeli dalam membuat keputusan

Sebagaimana disebutkan, minat belanja pembeli bisa meningkat hanya karena kamu menggunakan packaging yang unik. Maka dari itu, dengan membuat packaging yang standout, kamu bisa membuat pembeli memilih produk dari brand-mu.

Bagaimana Cara Membuat Packaging yang Unik? 

Setelah mengetahui beragam manfaat menggunakan kemasan produk yang unik, mungkin kamu jadi penasaran. Bagaimana, sih, cara memilih sketsa kemasan produk unik? Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu terapkan.

1. Cari referensi dari produk lain 

Tidak ada salahnya mencari referensi kemasan produk dari produk lain yang ada di pasaran. Dengan cara ini, kamu bisa menilai kemasan seperti apa yang bisa menarik minat pembeli untuk berbelanja produk tersebut. 

Maka dari itu, perbanyaklah melihat referensi untuk mengetahui kemasan produk seperti apa yang bisa dicontoh. Dengan melihat banyak referensi, kamu bisa mengembangkan sketsa kemasan produk yang lebih unggul dibandingkan dengan sketsa kemasan produk yang sudah ada di pasaran.

2. Buat desain yang sederhana tapi menarik

Tidak jarang, orang-orang menyukai desain kemasan yang simpel tetapi terlihat bagus. Sketsa/desain  kemasan produk yang ribet justru kurang disukai karena membuat calon pembeli kesulitan mengenal produkmu. 

Maka dari itu, ada kalanya menerapkan prinsip ‘simple is better’ bisa membantumu dalam melakukan branding melalui pemilihan desain packaging barang yang baik. 

Kamu dapat menerapkan prinsip ini dengan cara menghindari memasukkan ornamen maupun objek-objek desain yang rumit ke dalam packaging produk. 

Cukup masukkan objek-objek yang penting ke dalam desain sehingga pembeli bisa dengan mudah membaca informasi yang ada pada kemasan. 

3. Pertimbangkan keamanan, tidak hanya estetika saja 

Tidak hanya indah secara estetika, packaging yang baik adalah packaging yang mampu menjaga agar produk tetap aman sampai ke tangan pembeli. 

Maka dari itu, penting untuk memastikan kemasan yang kamu pilih terbuat dari bahan yang kuat. ‘Kuat’ yang dimaksud di sini adalah kuat menampung produk yang dijual. 

Selain itu, perhatikan juga sisi ergonomisnya. Semakin ergonomis suatu packaging, maka semakin mudah produk tersebut dibawa oleh pembeli. 

Ini juga berkaitan dengan minat pembeli terhadap suatu barang juga, lho. Tak jarang orang jadi malas membeli suatu produk hanya karena produk tersebut susah dibawa.

4. Pilih warna yang tepat

Pemilihan warna yang tepat bisa membuat pembeli tertarik dengan produkmu. Biasanya, warna-warna cerah bisa membuat pembeli tertarik dengan suatu produk. Selain itu, memilih kemasan produk dengan warna yang sedang populer bisa membantu produkmu terlihat lebih menarik juga.

Opsi lainnya adalah dengan memilih warna yang masih senada dengan produk yang kamu jual. Misalnya, jika kamu menjual produk cookies, kamu bisa menggunakan warna kuning keemasan hingga coklat untuk membuat packaging yang lebih menarik. Kombinasikan juga dengan warna-warna cerah seperti merah agar kemasanmu lebih menarik minat pembeli. 

Tak lupa, gunakan foto yang menarik di kemasan. Memasang foto produk yang bagus bisa membantu meningkatkan ketertarikan pembeli terhadap produk yang kamu jual.

5. Pilih bahan yang tepat dengan jenis produk

Memilih sketsa kemasan produk unik saja tidak cukup. Agar produkmu memberikan kepuasan bagi pembeli, pastikan bahan kemasan yang dipilih tepat. Jangan sampai desain kemasannya bagus, tetapi gampang bocor, pecah, atau sobek karena tidak sanggup membawa produk.

Karena alasan inilah, penting sekali melakukan riset untuk mengetahui bahan pembungkus apa yang cocok dan aman (khususnya bagi kesehatan) untuk membungkus produk tersebut.  

Jangan sampai karena bahan tersebut mahal, kamu jadi enggan menggunakan bahan pembungkus yang cocok tersebut. Ini bisa berdampak buruk bagi penjualan produkmu.

6. Jangan lupa letakkan identitas brand kamu

Selain memilih desain yang sederhana tapi unik, bahan kemasan yang tepat, dan warna yang pas, menempatkan identitas brand merupakan step yang tidak boleh terlewatkan. 

Identitas brand ini penting, terutama ketika kamu masih baru mengawali bisnis. Dengan menempatkan identitas brand di kemasan, maka calon pembeli bisa mengenali brand-mu dengan mudah. Alhasil, meningkatkan brand awareness di mata publik bisa lebih mudah dilakukan.

7. Diskusikan dengan tim kamu

Karena kemasan merupakan salah satu bagian penting dari sebuah produk, penting sekali untuk memutuskan desain, ukuran, hingga bahan bersama dengan timmu. 

Bisa jadi kamu ingin bahan kemasan yang premium. Akan tetapi, jika budget tipis, maka hal ini juga jadi susah untuk dilakukan, bukan?

Maka dari itu, kamu perlu bekerja sama dengan tim untuk mengetahui packaging seperti apa yang tepat digunakan. Tidak hanya dari segi budget saja, kamu juga bisa menentukan desain apa yang akan diletakkan di kemasan agar pembeli tertarik untuk membeli produkmu.

Demikian beberapa tips mengenai cara memilih sketsa kemasan produk unik. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya.

Kamu punya bisnis? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!