Kenali Potensi Influencer Marketing untuk Meningkatkan Brand Awareness Bisnis UMKM

influencer marketing

Pemasaran digital saat ini menjadi strategi penting dalam menjalankan bisnis. Ada banyak pilihan teknik digital marketing yang bisa kamu praktikkan. Influencer marketing adalah salah satunya. Kalau menerapkannya dengan tepat, kamu bisa memperoleh manfaat yang besar dari teknik ini. 

Read More: Memahami Perbedaan B2B dan B2C, Lengkap Beserta Contohnya!

Apa Itu Influencer Marketing

Kalau kamu ingin melakukan aktivitas pemasaran online menggunakan media sosial, influencer marketing jadi salah satu solusi yang bisa dimanfaatkan. Pemanfaatan teknik ini memungkinkan kamu untuk menjangkau konsumen secara luas dengan biaya yang relatif terjangkau. 

Apa itu influencer marketing? Dalam pengertiannya, istilah ini merujuk pada pola pemasaran digital yang dapat kamu lakukan dengan kolaborasi bersama influencer. Lalu, siapa saja yang bisa disebut sebagai influencer? Jawabannya sederhana. Siapa saja bisa menjadi sosok influencer

Influencer merupakan tokoh yang memiliki pengaruh cukup besar di platform internet. Kemampuan mempengaruhi tersebut bisa mereka dapatkan dari jumlah follower yang dimiliki. Oleh karenanya, kamu bisa menjumpai influencer dengan berbagai latar belakang, mulai dari artis, tokoh terkenal, guru, dan bahkan orang biasa. 

Jenis-Jenis Influencer Marketing

Berkaitan dengan pemanfaatan tenaga influencer untuk keperluan pemasaran digital, kamu harus memahami jenis-jenisnya. Secara umum, kamu akan menemukan 4 kategori influencer yang terbagi berdasarkan jumlah follower-nya, yaitu: 

1. Mega Influencer

Kelompok pertama adalah mereka yang dikenal sebagai mega influencer. Mayoritas orang yang menyandang status sebagai mega influencer adalah para selebritis atau tokoh terkenal. Oleh karena itu, mereka tidak mengalami kesulitan untuk mendapatkan banyak follower

Berdasarkan jumlah follower, mega influencer adalah kelompok influencer yang mempunyai pengikut melebihi angka 1 juta. Karena follower yang sangat banyak tersebut, tak heran kalau mereka mampu menjangkau audiens dalam jumlah besar untuk setiap postingan-nya.  

Penggunaan jasa mega influencer memerlukan biaya besar. Oleh karena itu, tidak semua pelaku usaha mampu menggunakan layanan mereka. Namun, mereka memiliki keunggulan dalam kemampuannya yang dapat mendorong angka penjualan dalam jumlah signifikan. 

2. Macro Influencer

Selanjutnya, kamu bisa menemukan kategori macro influencer. Berbeda dengan mega influencer, macro influencer mempunyai latar belakang yang lebih variatif. Mereka bisa saja adalah seorang blogger, content creator, atau tenaga ahli dalam bidang tertentu. 

Jumlah follower macro influencer berkisar antara 100 ribu hingga 1 juta akun. Influencer marketing dengan memanfaatkan macro influencer cukup efektif dalam meningkatkan brand awareness. Apalagi, mereka relatif memerlukan biaya yang lebih terjangkau dibanding mega influencer. 

3. Micro Influencer

Selanjutnya, ada kelompok micro influencer. Mereka adalah orang-orang yang mempunyai follower tidak terlalu besar, berkisar antara 10 ribu hingga 100 ribu pengikut. Meski mempunyai follower yang relatif tak terlalu banyak, tetapi micro influencer punya keunggulan dari sisi interaksi. 

Tingkat interaksi atau engagement rate micro influencer berkisar antara 3% sampai 5%. Selain itu, mereka juga mempunyai keunggulan karena punya niche yang sangat spesifik. Pemanfaatannya sebagai pilihan influencer marketing dapat mendorong tingkat interaksi dengan brand

4. Nano Influencer

Terakhir adalah kelompok nano influencer, yang mempunyai jangkauan audiens paling kecil. Mereka memiliki jumlah follower sedikit, berkisar antara 1.000 hingga 10 ribu pengikut. Mayoritas nano influencer adalah orang biasa yang ‘kebetulan’ mempunyai banyak follower

Meski mempunyai jumlah follower yang minimal, tetapi nano influencer mempunyai kelebihan yang tak ada pada kelompok influencer lain. Keunggulan tersebut terletak pada tingkat interaksi yang tinggi dengan para follower. Secara rata-rata, nano influencer punya engagement rate antara 7%-10%. 

Tidak hanya mempunyai keunggulan dari sisi engagement rate, nano influencer juga memiliki kelebihan dari bentuk postingan-nya. Mereka mampu menghadirkan konten yang terlihat lebih natural dan autentik. 

Manfaat Influencer Marketing Bagi Bisnis

Setelah memahami berbagai jenis influencer, kamu mungkin berpikir, kenapa harus menggunakan jasa mereka? Apalagi, platform media sosial memungkinkan kamu untuk menjalankan promosi brand secara gratis. Kalaupun ingin menjangkau audiens lebih besar, kamu bisa memanfaatkan layanan iklan. 

Terkait hal yang satu ini, ada beberapa manfaat yang membuat banyak pebisnis online memilih untuk menggunakan influencer marketing. Manfaat tersebut meliputi: 

1. ROI yang Tinggi

Pemanfaatan jasa influencer di internet memang tidak gratis. Kamu perlu mengeluarkan biaya untuk setiap layanan yang mereka sediakan. Meski begitu, kamu perlu tahu kalau influence marketing memiliki return on investment (ROI) yang tinggi. 

Influencer Marketing Hub mengungkapkan, pebisnis mendapatkan ROI senilai US$5,2 untuk setiap US$1 yang mereka gunakan untuk penggunaan jasa influencer. Dengan tingkat ROI yang sangat tinggi tersebut, tak heran kalau angka penggunaan influencer terus meningkat. 

Sebagai pertimbangan, pencarian kata kunci “influencer marketing” di Google naik sebanyak 465% sejak tahun 2016. Selain itu, ada fakta menarik terkait penggunaan teknik pemasaran dengan jasa influencer yang mencapai angka US$16,4 miliar pada 2022. 

2. Meningkatkan Brand Awareness 

Platform media sosial saat ini menjadi sarana pemasaran penting bagi setiap pelaku usaha. Oleh karena itu, para pebisnis berlomba-lomba untuk membangun brand awareness dengan memanfaatkan media sosial. Influencer marketing bisa membantu Anda dalam melakukannya. 

Penggunaan tenaga influencer bisa membantu kamu dalam mendapatkan lebih banyak follower di media sosial. Selain itu, kamu bisa pula memperoleh manfaat berupa kesempatan berinteraksi secara lebih intensif. 

Salah satu buktinya adalah praktik influencer marketing oleh Athletic Greens di TikTok. Mereka memanfaatkan tenaga influencer untuk mengajak Gen Z memulai gaya hidup sehat. Hasilnya, hashtag  #athleticgreens and #athleticgreenspartner masing-masing mampu mencapai 90,6 juta dan 39,5 juta view. 

3. Meningkatkan Kredibilitas dan Rasa Percaya

Selanjutnya, kamu bisa memperoleh manfaat berupa peningkatan kredibilitas serta tingkat kepercayaan konsumen terhadap brand. Manfaat ini bisa kamu peroleh berkat pengaruh dari para influencer

Semakin banyak influencer yang membicarakan tentang brand kamu secara positif, audiens akan menaruh rasa percaya sedikit demi sedikit. Selanjutnya, mereka pun akan penasaran dengan brand, melakukan interaksi, dan bahkan membeli produk kamu. 

4. Mendorong Angka Penjualan dan Repeat Order

Dengan meningkatnya kredibilitas dan tingkat kepercayaan pelanggan, kamu bisa memperoleh manfaat berupa omzet yang meningkat. Peningkatan omzet tersebut tidak hanya datang dari pelanggan baru, tetapi juga karena pelanggan yang melakukan repeat order. 

5. Mengumpulkan Data Pelanggan

Terakhir, kamu berkesempatan untuk memanfaatkan influencer marketing dalam rangka memahami karakteristik pelanggan secara lebih baik. Upaya tersebut bisa kamu lakukan dengan mengumpulkan data mereka secara lengkap. 

Influencer mempunyai data yang komplet terkait hal yang satu ini. Mereka punya data berkaitan dengan demografis. Selain itu, ada pula informasi berkaitan dengan tingkat engagement, jangkauan, serta impresi. Data-data ini memiliki manfaat yang bisa membantu kamu untuk berinteraksi dengan audiens di masa mendatang. 

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai apa itu influencer marketing serta manfaat yang bisa kamu peroleh dari penggunaannya. Lalu, bagaimana cara pemanfaatan teknik ini secara tepat? 

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!