Strategi Sukses Memulai Usaha Perjalanan Wisata

usaha perjalanan wisata

Indonesia memiliki banyak tempat wisata indah yang tersebar di seluruh penjuru negeri. Hal tersebut tentunya dapat dijadikan peluang untuk memulai usaha perjalanan wisata.

Selain itu, keanekaragaman budaya yang ada di Indonesia, mulai dari Sabang sampai Merauke, juga dapat dijadikan daya tarik untuk para wisatawan, terutama mereka yang datang dari negara lain.

Beberapa wilayah seperti Bali, Papua, Nusa Tenggara, dan Yogyakarta sudah menjadi tujuan favorit para wisatawan dari seluruh dunia karena keindahan alam, budaya, serta sejarah menarik di masing-masing daerah tersebut.

Sangat disayangkan jika potensi pariwisata di Indonesia tidak dimanfaatkan dengan baik. Lalu, apa keuntungan dari mengambil peluang tersebut sebagai sumber penghasilan?

Keuntungan Usaha Perjalanan Wisata

Dengan berkembangnya teknologi di masa sekarang, tempat-tempat menarik di seluruh Indonesia makin dikenal orang. Banyak lokasi tersembunyi sudah mulai diketahui karena pengaruh media sosial yang membuat lokasi tersebut menjadi populer dengan cepat.

Hal itu menyebabkan bertumbuhnya jumlah wisatawan yang datang dari daerah atau negara lain. Meskipun pandemi Covid-19 sempat menghentikan kegiatan pariwisata, angka kedatangan para wisatawan berhasil bertambah kembali dengan cepat.

Jumlah wisatawan yang meningkat juga disebabkan oleh kesadaran masyarakat akan pentingnya berwisata. Kegiatan yang menyenangkan ini sudah menjadi salah satu kebutuhan sebagian orang untuk “kabur” dari tekanan pekerjaan sehari-hari.

Karena berwisata sudah menjadi kebutuhan, usaha perjalanan wisata merupakan salah satu bisnis yang tidak akan pernah mati. Wisatawan akan selalu mengandalkan jasa dari industri tersebut untuk memaksimalkan pengalaman berwisata mereka.

Ditambah lagi, menjelang musim liburan seperti tahun baru, permintaan jasa pariwisata akan meroket. Momen tersebut bisa dijadikan kesempatan untuk menawarkan paket yang unik dan menarik.

Kabar baiknya, bisnis ini bisa dilakukan oleh siapa saja. Kamu hanya memerlukan modal, pengetahuan tentang pariwisata dengan informasi yang selalu diperbarui, serta kemampuan pemasaran yang baik.

10 Langkah Memulai Bisnis Perjalanan Wisata

Menjalankan usaha perjalanan wisata bukan berarti hanya mengandalkan tempat wisata yang tersedia saja, tetapi ada aspek lain yang perlu dipertimbangkan. Berikut ini cara untuk memulai usaha tersebut dan menjadikanmu pengusaha yang sukses di bidang pariwisata.

Lakukan Riset Tentang Bisnis yang Dimulai

Tidak ada bisnis yang berjalan mulus jika pelaku usaha tidak memiliki pengetahuan yang mendalam tentang bisnis yang hendak dijalankannya. Maka dari itu, kamu harus mempelajari segala hal tentang bisnis pariwisata.

Selain sebagai dasar menjalankan bisnis, riset yang dilakukan melalui internet atau majalah pariwisata dapat dimanfaatkan untuk membandingkan bisnismu dengan para pesaing sehingga kamu bisa membuat bisnismu lebih unggul.

Tentukan Tujuan Wisata

Penentuan tujuan wisata diperlukan agar calon pelanggan mengetahui tempat wisata mana saja yang kamu tawarkan. Pilihan tujuan yang beragam juga dapat menjadi daya tarik dari usaha perjalanan wisata.

Untuk itu, sebaiknya tentukan lokasi yang kamu benar-benar kenali. Mulailah dari tempat-tempat di sekitar lokasi usaha atau tempat yang sering kamu kunjungi. Tidak ada salahnya untuk mempelajari tempat wisata lain sebagai destinasi baru.

Wawasan terkait tujuan wisata yang hendak ditawarkan sangatlah penting karena kamu harus memiliki data berupa harga tiket, kontak tempat wisata, serta keperluan surat-menyurat yang dibutuhkan jika hendak melakukan tur ke tempat tersebut. Kamu juga harus siap menjawab pertanyaan tentang tujuan yang dipilih.

Read More: Tips Menjalankan Usaha Konveksi Agar Cepat Sukses

Ciptakan Merek Terbaik

usaha-perjalanan-wisata

Ini mencakup nama, lambang, desain, tema warna, dan aspek lainnya yang digunakan sebagai identitas suatu usaha agar dapat dikenal dan berbeda dari kompetitor. Oleh karena itu, merek dari usaha perjalanan wisata milikmu harus dapat membuat calon konsumen tertarik. Hal itu dapat diwujudkan melalui beberapa faktor berikut ini. 

  • Nama

Nama yang digunakan harus menarik dan sesuai dengan bisnis yang dijalankan. Usahakan untuk menciptakan nama yang mudah diingat, tetapi tetap unik agar menarik.

  • Logo

Logo yang baik adalah logo yang dapat merepresentasikan sebuah bisnis dengan sempurna. Untuk urusan ini, penggunaan jasa profesional sangat disarankan agar hasil maksimal.

  • Tema Warna

Tema warna penting untuk diaplikasikan pada media promosi untuk pemasaran. Pemilihan warna harus disesuaikan dengan karakter bisnismu agar terlihat unik dan enak untuk dilihat.

  • Desain

Pemilihan simbol-simbol sebagai desain bisnis berguna agar pelanggan mengetahui jenis bisnismu. Contoh simbol untuk bisnis pariwisata yaitu pesawat, kereta, pantai, dan lain-lain.

Persiapkan Tempat Usaha

Tempat yang digunakan untuk usaha perjalanan wisata dapat berupa bangunan sebagai tempat fisik, serta situs web sebagai tempat usaha daring. Kedua jenis tempat usaha perlu dikombinasikan dan dipersiapkan dengan baik.

Ciptakan profil untuk mengenalkan bisnismu kepada calon pelanggan. Tulislah profil yang lengkap dengan keunggulan dari bisnismu agar calon pelanggan tidak menggunakan jasa dari tempat lain. Pastikan profil tersebut dapat terbaca dengan baik.

Jangan lupa untuk mencantumkan nama, logo, dan desain yang sudah dipersiapkan. Gunakan juga tema warna yang ditentukan untuk menghiasi tempat usaha, baik itu tempat fisik maupun tempat daring.

Perluas Relasi

Salah satu hal yang cukup diremehkan para pelaku usaha perjalanan wisata adalah masalah networking. Padahal nyatanya, bisnis yang kamu jalankan akan bisa maju dengan mudah jika kamu memiliki relasi yang luas.

Hal itu bisa terjadi jika kamu mau membantu pebisnis lainnya untuk sukses bersama. Di sisi lain, saling mendukung antara satu pebisnis dengannya lainnya merupakan hal yang positif dan wajar dilakukan di dunia bisnis saat ini.

Lakukan Pemasaran Dengan Promosi

Usaha perjalanan wisata merupakan bisnis yang sudah tersebar di mana-mana, sehingga kamu harus melakukan pemasaran dengan kuat agar usahamu lebih unggul dan menarik lebih banyak pelanggan.

Pemasaran dapat dilakukan dengan cara luring maupun daring, yang mana kedua metode tersebut dapat dikombinasikan untuk memperoleh hasil yang lebih maksimal. 

Pemasaran secara luring dapat dilakukan dengan penawaran promosi melalui brosur atau iklan-iklan menggunakan majalah, koran, atau baliho. Selanjutnya, media sosial dapat dimanfaatkan untuk pembuatan konten sebagai pemasaran secara daring.

Resmikan Merek Usahamu

Setelah merek usaha perjalanan wisata milikmu sudah matang, kamu perlu meresmikannya demi keamanan merek tersebut. Adapun badan yang bertanggung jawab terhadap keresmian sebuah merek adalah Hak Kekayaan Intelektual atau HKI.

Jika kamu tidak meresmikan merek bisnismu, merek tersebut bukanlah milikmu di mata hukum. Bila seperti itu kenyataannya, kamu tidak bisa melakukan apa-apa sewaktu ada yang menggunakan logo atau nama merek dari bisnismu.

usaha-perjalanan-wisata

Uruslah Izin Usaha

Akan tiba saatnya usaha yang kamu jalankan menjadi bisnis yang cukup besar. Pada saat itu, jangan sampai kamu memiliki masalah dengan hukum di Indonesia mengenai perizinan usaha. Solusinya yaitu dengan mengurus izin usaha sesuai dengan ketentuan.Setelah membaca keuntungan dan langkah-langkah memulai usaha perjalanan wisata di atas, kamu pasti akan lebih yakin dan percaya diri untuk terjun ke dunia pariwisata. Dengan niat yang kuat, kamu bisa memulai bisnismu sesegera mungkin.

Pilih DOKU Agar Bisnis Lebih Sukses

Kamu punya bisnis? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini. Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!