Tips Sukses Memulai Usaha Rumah Makan

usaha rumah makan

Beberapa tips yang bisa Kamu lakukan agar bisa sukses ketika memulai usaha rumah makan. 

Membuka usaha rumah makan merupakan salah satu ide bisnis yang menjanjikan keuntungan besar. Karena makanan merupakan kebutuhan utama manusia, maka tentu saja tetap dibutuhkan. Jika dikelola dengan baik, bisnis jenis ini tak pernah sepi peminat bahkan bisa membuka cabang di berbagai daerah. Modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha ini pun cukup terjangkau. Bagi Kamu yang tertarik, berikut beberapa tips yang bisa diterapkan untuk membuat suksesnya usaha. 

1. Lakukan Riset 

Sebelum memulai usaha rumah makan, wajib hukumnya bagi sang pemilik untuk melakukan riset mengenai usaha yang hendak digeluti. Cari informasi mengenai jenis makanan yang cepat terjual, supplier bahan baku yang terjangkau, hingga kondisi lingkungan tempat warung akan didirikan.  

Karena mudah dijalankan, Kamu dapat menemukan rumah makan di berbagai lokasi terutama yang dekat dengan jalan raya. Karena pesaing yang akan dihadapi cukup banyak, Kamu harus jeli melihat keadaan. 

Hasil riset akan membantu Kamu untuk membuat strategi usaha yang efektif dan mencari celah-celah yang bisa menambah pundi-pundi keuntungan. Dari riset, kamu bisa mendapatkan informasi mengenai jenis makanan yang belum atau jarang dijual di sekitar lokasi usahamu. 

2. Penentuan Lokasi  

usaha rumah makan

Tips berikutnya agar usaha rumah makan sukses adalah memilih lokasi usaha yang tepat. Lokasi yang strategis akan membuat rumah makan yang Kamu kelola mendapatkan banyak pengunjung. Data untuk lokasi bisa didapatkan saat melakukan riset. 

Kamu harus memahami calon lokasi yang akan dipilih. Lihat apakah ada potensi untuk mendapatkan keuntungan atau tidak. Analisis juga kebiasaan penduduk setempat ketika membeli makanan, apakah cukup banyak konsumen potensial ataukah tidak. Karena itu, pilih beberapa alternatif lokasi. 

Beberapa lokasi yang bisa Kamu pilih untuk mendirikan rumah makan seperti daerah sekitar sekolah, kampus, perkantoran, alun-alun dan rumah sakit. Di lokasi-lokasi tersebut, banyak orang yang beraktivitas sehingga peluang mendapatkan konsumen juga besar. 

3. Target Pelanggan

Mengetahui dengan tepat siapa target pelanggan yang hendak Kamu jangkau sangat membantu dalam mengembangkan usaha. Ketika tahu siapa calon pelanggan, Kamu bisa menyesuaikan menu yang akan disajikan, harga makanan dan minuman serta fasilitas penunjang seperti akses internet atau area parkir. 

Bila salah menentukan target pelanggan, usaha rumah makan yang Kamu jalankan bisa saja sepi dan tidak laki. Misalnya, Kamu membuka rumah makan di sekitar area sekolah. Namun Kamu menjual makanan berat dan mematok harga yang terlalu tinggi. Padahal, untuk anak sekolah sebaiknya jual makanan seperti bakso atau mie ayam, yang mengenyangkan tapi bisa dibeli dengan harga terjangkau. 

4. Menu makanan

usaha rumah makan

Setelah mengetahui target pelanggan rumah makan, saatnya menentukan menu makanan yang akan dijual. Kamu bisa memilih menjual satu jenis makanan dengan berbagai varian rasa atau menjual beragam makanan. Menjual satu jenis makanan saja akan membuat rumah makan yang Kamu miliki terlihat lebih spesial. Misalnya Kamu membuka rumah makan ikan bakar, dengan berbagai pilihan sambal seperti sambal tomat, sambal mangga hingga sambal terasi. 

Membuka rumah makan yang menjual berbagai macam makanan juga memiliki kelebihan. Pelanggan yang datang ke tempat usaha rumah makan yang Kamu miliki bisa mencoba bermacam-macam variasi makanan sehingga tidak cepat bosan dan penasaran untuk kembali. 

Apapun menu makanan yang akan Kamu sajikan, pastikan rasanya enak. Bila memungkinkan, hadirkan menu yang unik dan tidak banyak dijual di lokasi sekitar sehingga orang-orang akan tertarik datang ke usahamu. Tes beberapa resep dan mintalah kerabat dan teman untuk menilai apakah masakan yang Kamu buat, layak untuk dijual atau tidak. 

Soal harga, pastikan menu yang dijual, harganya tidak melampaui kantong konsumen yang disasar. Namun  harga jualnya harus mencakup seluruh bahan yang dihabiskan dalam satu porsi makanan tersebut ditambah dengan margin keuntungan yang ditargetkan. 

5. Kualitas bahan baku

Rasa sebuah makanan tak hanya tergantung pada resep yang dipakai. Salah satu hal penting yang berpengaruh pada rasa makanan adalah kualitas bahan baku yang digunakan. Semakin baik kualitas bahan bakunya, rasa makanannya pun akan semakin lezat. Daging ikan segar yang baru ditangkap tentu akan menciptakan cita rasa yang lebih gurih jika dibandingkan dengan daging ikan yang sudah diproses. 

Namun demikian, kualitas bahan baku akan sangat berpengaruh pada harga jual makanan. Semakin berkualitas sebuah bahan, tentu harganya akan sangat tinggi. Contohnya saja, steak yang dibuat dengan daging sapi lokal harga jualnya akan jauh lebih murah dibanding steak dari daging sapi impor. 

Karena itu, Kamu perlu menghitung berapa besar biaya yang dibutuhkan untuk membeli bahan-bahan pada untuk operasional usaha rumah makan. Jika dirasa terlalu mahal untuk konsumen yang disasar, modifikasi resep dan buatlah dengan bahan baku yang lebih murah. Pastikan seluruh bahan baku yang dibeli ada dalam jumlah cukup agar tidak kurang ketika sedang dibutuhkan.  

6. Akses Modal 

Modal adalah komponen penting lainnya yang harus Kamu siapkan ketika membuka usaha rumah makan. Buat rencana anggaran pengeluaran maksimal 3 bulan ke depan untuk mengetahui besar modal yang diperlukan. Hitunglah dengan cermat agar Kamu tidak kekurangan modal di tengah jalan. 

Jika Kamu mengalami kekurangan modal, jangan panik. Ada beberapa cara untuk mengatasinya seperti mencari pemberi modal yang dapat bekerja sama, meminjam dana ke koperasi atau meminjam uang melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR). Jangan tergoda menggunakan dana modal untuk kebutuhan rumah tangga lainnya agar usaha bisa tetap berjalan lancar. 

7. Lakukan promosi

Ketika usahamu sudah resmi dibuka, jangan lupa lakukan promosi. Manfaatkan media sosial untuk promosi yang lebih efektif. Dengan biaya minim, Kami bisa melakukan promosi di media sosial seperti Facebook dan Instagram. Mintalah teman atau keluargamu untuk mempromosikan iklan yang Kamu posting. Jika merasa masih kurang populer, Kami bisa menggunakan jasa influencer untuk mempromosikan usahamu. 

Demikanlah beberapa tips yang bisa Kamu terapkan untuk sukses membuka usaha rumah makan. 

Baca juga: Contoh Proposal Pengajuan Bantuan Modal Usaha untuk Perorangan

Bagi Kamu yang memiliki usaha rumah makan dan ingin menjangkau calon pelanggan lebih banyak?  Ayo segera bergabung dengan Juragan DOKU. Juragan DOKU merupakan sahabat berjualan yang bisa mendukung seluruh aktivitas jualan kamu. 

Jika bergabung, kamu dapat menikmati fitur seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, Instant Checkout untuk transaksi di Instagram atau Facebook bisnis Anda jadi otomatis, hingga QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR.

Untuk meningkatkan kemampuan di dunia bisnis, Juragan DOKU juga telah menyediakan sistem pelatihan yang dapat diakses secara online dan gratis. Setiap peserta akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Bagi yang tertarik menikmati semua fitur keren ini, segera bergabung dengan cara download aplikasi melalui smartphone atau daftarkan diri melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar,  Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!

Juragan DOKU