Patut Dicoba! 5 Sumber Modal Usaha Tanpa Utang

Modal merupakan napas dari bisnis. Memperoleh sumber modal usaha tanpa utang pun mungkin merupakan mimpi sebagian pengusaha. Hal itu sangat mungkin diwujudkan.

Modal terkadang menjadi kendala saat kamu ingin membuka usaha baru. Utang memang salah satu cara yang mungkin menggiurkan, tetapi utang bisa membawa beban tambahan di tengah usaha baru. Namun, mungkinkah mendapatkan tambahan sumber modal usaha selain utang? 

Read More: Ini Dia 10 Cara Implementasikan Konsep Kewirausahaan dalam Bisnis

Jenis-Jenis Modal Usaha

Sebelum menelusuri lebih jauh tentang sumber-sumber modal tanpa utang, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu berbagai macam modal usaha. Meski modal sering diidentikkan dengan uang, nyatanya modal tidak harus selalu berupa uang. Terdapat beberapa jenis modal yang bisa dikelompokkan menurut sumber modal usaha, pemilik, wujud, serta sifatnya. Berikut rinciannya.

1. Jenis-Jenis Modal Berdasarkan Sumber Modal

  • Modal Internal: Modal ini merupakan harta yang memang berasal dari dalam perusahaan. Modal internal bisa berasal dari modal pemegang saham, kekayaan pemilik usaha, atau sebagian laba perusahaan yang dialokasikan sebagai tambahan modal. Kendaraan, tanah, gedung, penjualan surat berharga, dan saham adalah beberapa contoh modal internal.
  • Modal Eksternal: Sebaliknya, modal eksternal berasal dari luar perusahaan. Di antara contoh modal eksternal yaitu hadiah, pinjaman, dan investasi dari investor.

2. Jenis-Jenis Modal ditinjau dari Pemilik

  • Modal Perseorangan: Modal perseorangan adalah modal yang dimiliki oleh seseorang dan berpengaruh langsung terhadap kelangsungan bisnisnya. Saham, kekayaan pribadi, dan kendaraan merupakan beberapa contoh sumber modal usaha perseorangan.
  • Modal Sosial: Sementara, modal sosial yaitu modal yang tidak benar-benar dimiliki oleh pemilik usaha, melainkan dimanfaatkan juga oleh masyarakat. Sebagai contoh, modal berupa jembatan, jalan raya, pasar, pelabuhan, dan lain-lain.

3. Jenis-Jenis Modal Menurut Wujudnya

  • Modal Aktif: Dilihat dari wujudnya, modal aktif merupakan modal yang terlihat secara nyata. Oleh karena itu, modal ini sering disebut juga modal konkret. Contohnya, uang, gedung, mesin, kendaraan, dan lain-lain.
  • Modal Pasif: Adapun, modal pasif tidak bisa terlihat jelas sehingga disebut juga sebagai modal abstrak. Walaupun demikian, modal pasif sangat penting eksistensinya untuk kelancaran bisnis dan usaha. Contoh dari modal pasif yaitu keahlian, ilmu pengetahuan, hak cipta, kemampuan manajerial, jaringan bisnis, dan lain-lain.

4. Jenis-Jenis Modal Sesuai Sifatnya

  • Modal Tetap: Modal ini merupakan modal yang bersifat tetap. Artinya, modal ini akan tetap ada meskipun sudah digunakan. Dengan kata lain, modal tetap bisa digunakan berkali-kali. Misalnya, mesin, gedung, kendaraan, dan lain-lain.
  • Modal Lancar: Sebaliknya, modal lancar bersifat cepat habis seiring dengan penggunaan. Contohnya, bahan baku, uang, bahan bakar, plastik kemasan, dan lain-lain.

Menghindari Utang sebagai Sumber Modal Usaha

Utang memang bukan sesuatu yang terlarang selama dilakukan dalam keadaan darurat dengan memenuhi syarat-syarat tertentu. Namun, bagaimanapun, menghindari utang tetap jauh lebih baik bukan? Hal ini berlaku dalam dunia bisnis maupun kehidupan personal. Lima alasan berikut ini merupakan dorongan yang bisa kamu pertimbangkan untuk menghindari utang:

1. Tanpa bunga

Meski terdapat pilihan utang tanpa bunga, sebagian pihak tetap memungut bunga untuk transaksi utang-piutang. Sering kali, besaran bunga terasa mencekik dan melebihi nilai pokok utang itu sendiri. Angsuran bertahun-tahun yang telah dibayarkan pun rupanya hanya memenuhi nilai bunga sehingga utang tak kunjung terbayarkan.

Keberadaan utang dan bunganya tentu menjadi beban perusahaan yang harus dipikirkan pembayarannya. Jika kamu memilih mencari sumber modal usaha tanpa utang, beban utang atau bunga pun otomatis tercoret dari daftar tanggunganmu.

2. Pengelolaan Arus Kas Lebih Mudah

Bisnis yang tidak terbebani oleh utang akan memiliki keuangan yang lebih stabil. Arus kas menjadi lebih sehat karena tidak terganggu oleh tanggungan pembayaran utang ataupun jatuh tempo. Dengan demikian, perputaran kas dapat difokuskan pada operasional dan pengembangan bisnis.

3. Terhindar dari Risiko Utang

Berutang memiliki risiko yang harus dihadapi, terutama jika pemberi utang ternyata melakukan praktik rentenir. Di antara risikonya yaitu pembebanan bunga atas utang, nilai suku bunga yang dapat berubah-ubah, risiko gagal bayar, hingga penarikan aset karena utang tak terbayar. Hal-hal tersebut tentu tidak akan dihadapi jika kamu tidak berutang.

4. Citra Usaha Lebih Kuat

Usaha yang dibangun tanpa bergantung pada utang akan memiliki citra yang lebih kuat. Mitra bisnis, investor, pemasok, hingga lawan bisnis pun akan lebih segan dan memiliki persepsi positif terhadap bisnismu. Hal ini pun memiliki dampak terhadap kepercayaan pelanggan terhadap bisnismu. 

5. Kelapangan Hati dalam Menjalankan Usaha

Ketika usaha dijalankan tanpa utang, hati akan terasa lebih lapang. Pikiran terasa tenang karena tidak memikirkan utang yang belum terbayar. Tanpa utang, tidak ada pula rasa sungkan ketika bertemu pihak pemberi utang.

5 Sumber Modal Usaha Tanpa Utang

Lantas, dari mana kiranya bisa memperoleh modal usaha tanpa harus berutang? Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan.

1. Tabungan Pribadi

Inilah sumber modal usaha tanpa utang yang paling aman dan gampang diambil. Dengan menabung secara teratur, kamu bisa mengumpulkan dana sampai cukup untuk memulai atau mengembangkan bisnis. Kamu hanya perlu bersabar mengumpulkan pundi-pundi rezeki dan tidak mudah tergiur dengan tawaran utang. 

2. Modal dari Hasil Penjualan

Selain tabungan pribadi, modal juga bisa diperoleh dari sebagian hasil penjualan. Setelah menyisihkan hasil penjualan untuk modal awal produksi, kamu bisa membagi keuntungan yang diperoleh menjadi setidaknya tiga bagian. Sebagian untuk kegiatan sosial, sekian bagian untuk tambahan modal, serta selebihnya untuk diperhitungkan sebagai laba bersih. 

3. Hibah dari Keluarga atau Teman

Lingkar pergaulan yang baik akan saling mendukung satu sama lain dalam mewujudkan kebaikan. Salah satunya, sahabat dan kerabat yang baik bisa memberikan dukungan terbaik untuk perkembangan usahamu, bahkan tanpa kamu minta.

Di antara yang mungkin terjadi, mereka dapat memberikan hibah atau hadiah yang dapat bermanfaat tanpa mengharapkan pengembalian, imbalan, atau jatah keuntungan. Dukungan ini bisa berupa dana, aset, hingga bantuan yang tak disangka saat bisnismu menghadapi rintangan. Ketika hal ini terjadi, kamu pun akan menyadari bahwa menjalin hubungan baik dengan kerabat dan sahabat memang benar-benar melancarkan rezeki.

4. Pendanaan dari Mitra atau Investor

Investor juga dapat menjadi pilihan sumber modal usaha tanpa utang. Mereka adalah pihak atau orang-orang yang tertarik dengan bisnismu. Selanjutnya, investor tertarik untuk turut menginvestasikan sebagian harta mereka untuk perkembangan bisnismu.

Hal ini tentu merupakan sesuatu yang harus disyukuri. Kamu pun harus menjaga kepercayaan ini sebaik-baiknya dengan cara mengelola investasi mereka dengan penuh tanggung jawab. Agar dapat menarik investor, yakinkanlah dahulu bahwa bisnismu memiliki prospek yang baik dan dikelola secara profesional, jujur, dan dapat dipercaya.

5. Modal dari Pemerintah atau Lembaga Lainnya

Kamu juga dapat memanfaatkan pemerintah atau lembaga lainnya yang peduli dengan perkembangan bisnis di masyarakat. Dalam hal ini, penuhilah dahulu persyaratan yang ditetapkan oleh penyedia dana. Selain itu, bersiaplah mempresentasikan keadaan usahamu untuk meyakinkan bahwa bisnismu memiliki prospek yang baik di masa depan. Artinya, bisnismu memang layak untuk memperoleh modal yang ditawarkan.

Kamu punya bisnis? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!