10 Usaha Sampingan Tanpa Modal yang Mudah Dilakukan

usaha sampingan tanpa modal

Kebutuhan dan keinginan yang tidak diimbangi dengan pemasukan membuat banyak orang berpikir untuk menjalankan usaha sampingan. Namun, menjalankan usaha bisa menjadi momok terbesar bagi banyak orang, terutama pemula.

Menjalankan usaha berarti merelakan sejumlah uang untuk diputar dan digandakan. Sebagaimana bisnis pada umumnya, usaha itu tidak selalu membuahkan hasil. Hal itulah yang membuat sebagian orang was-was untuk memulai bisnis.

Jangan putus asa! Di bawah ini ada 10 usaha sampingan tanpa modal yang bisa kamu coba. Usaha tanpa modal berarti tidak ada kemungkinan bisnis hilang modal atau rugi.

Read More: 10 Contoh Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga di Desa

Rekomendasi Usaha Sampingan Tanpa Modal

1. Menjadi Dropshipper

Di zaman sekarang, berjualan tidak lagi harus membuka toko dan menyetok barang. Tinggal mempromosikan barang yang dijual, menjawab pertanyaan, dan menerima pesanan lalu meneruskannya ke produsen, kamu sudah bisa berjualan.

Cara berjualan yang demikian disebut sebagai dropshipping. Sistem ini memungkinkanmu berjualan tanpa ribet dan bisa dilakukan sambil melakukan pekerjaan tetapmu.

Yang perlu kamu lakukan untuk menjalankan bisnis ini adalah mencari tahu barang yang ingin kamu jual. Pastikan barang itu memiliki banyak peminat dan kamu memahami seluk-beluknya agar dapat menjawab pertanyaan dengan mudah. 

Lalu, carilah produsen yang tepat. Produsen yang baik adalah yang tanggap dalam menjawab pertanyaan, menghasilkan produk berkualitas, dan memproses pesanan dengan cepat.

2. Jasa Desain

usaha-sampingan-tanpa-modal

Jangan sia-siakan kemampuan desainmu! Kamu boleh bekerja sebagai akuntan. Tetapi bukan berarti kamu tidak lagi bisa mengubah hobi desainmu menjadi pekerjaan. Jika hal itu terjadi, jasa desain bisa menjadi usaha sampingan tanpa modal yang cocok untukmu.

Dengan usaha ini, kamu tetap bisa bekerja sambil menjalankan usaha. Sebagai awal, mulailah mempromosikan jasamu ke rekan kerjamu dan cobalah untuk tidak mengambil terlalu banyak pekerjaan agar kehidupanmu tetap seimbang.

3. Usaha Clothing

Kamu bisa meningkatkan nilai guna kemampuan mendesainmu untuk membuka usaha clothing. Dengan kemampuan desain yang mumpuni, kamu hanya perlu mencari tempat cetak baju dan usaha pakaianmu pun jadi.

Yang perlu kamu lakukan hanyalah membuat beberapa desain baju, mengupload contoh produk ke media sosial atau marketplace, menerima pesanan, dan melakukan order ke percetakan.

Alurnya memang sedikit ribet karena percetakan harus mengirim barang pesanan ke alamatmu. Lalu, barulah kamu melakukan pengepakan pesanan untuk dikirim ke konsumen.

Seiring berjalannya waktu, keuntungan yang kamu peroleh bisa kamu tabung untuk membeli mesin cetak sendiri.

4. Jasa Endorse

Sering melihat selebgram memamerkan produk yang mereka pakai? Jika kamu melihat itu di media sosial atau platform lainnya, biasanya mereka sedang melakukan endorse.

Manfaatkan tingginya pengikut media sosialmu untuk menerima endorse. Endorse adalah promosi atau iklan menggunakan kepopuleran atau pengaruh selebriti atau influencer. Dalam hal ini, brand bisa menawarkan atau kamu yang mengajukan kerja sama.

Siapa saja bisa menjalankan bisnis ini asalkan memiliki basis pengikut yang tinggi. Semakin banyak pengikut, semakin besar brand yang bisa diajak bekerja sama.

Dalam melakukan pekerjaan ini, biasanya kamu akan dikirim produk. Lalu, kamu akan diminta untuk membuat konten tentangnya untuk diupload ke media sosialmu. 

Biasanya, mereka akan memberikan tenggat waktu upload dan detail lainnya. Kamu harus mengikuti semua ketentuannya agar tidak terkena sanksi. 

Membuka jasa endorse bisa dibilang usaha sampingan tanpa modal yang sangat menguntungkan karena kamu bisa mendapatkan barang gratis.

5. Freelance Model

Punya tubuh tinggi semampai dan wajah lumayan? Menjadi model bukan alternatif yang buruk. Sekarang, ada banyak agensi model yang menerima sistem kerja lepas. Nah, kamu bisa mengisi posisi itu jika tidak keberatan wajahmu terpampang di berbagai media.

usaha-sampingan-tanpa-modal

Tidak hanya model catwalk, kamu juga bisa menjadi model fotografi. Di dunia permodelan sendiri kadang agensi model mendapatkan permintaan khusus model yang memiliki tangan atau kaki yang bagus, misalnya untuk pemotretan jam tangan atau sepatu.

Kalau kamu merasa memiliki bagian tubuh yang cantik, tak ada salahnya mencoba peruntungan menjadi model lepas. Model lepas biasanya tidak memiliki banyak jadwal sehingga kamu bisa bekerja dan mengambil jadwal modelling khusus Sabtu dan Minggu.

6. Menulis di Platform Online

Bersamaan dengan pesatnya perkembangan internet, peralihan media offline ke online tidak dapat dimungkiri. Yang pertama kali tergerus oleh pengaruh internet adalah media cetak. Kini, platform streaming video pun bisa menggerus keberadaan televisi.

Pesatnya internet membuat menjamurnya media pemberitaan daring tidak dapat dihindari. Orang-orang media cetak yang tidak dapat mengikuti zaman lambat-laun akan tergerus oleh perubahan.

Hal ini membuat kesempatan menulis di media online menjadi semakin menjanjikan. Untuk memenuhi tingginya permintaan dan meningkatkan jumlah kunjungan, banyak media menawarkan komisi bagi siapa pun yang tulisannya berhasil dimuat di media mereka.

Manfaatkan kesempatan ini dengan menulis untuk media-media tersebut di waktu luang. Pastikan tulisanmu sesuai topik yang diminta.

7. Admin Media Sosial

Banyak brand yang membutuhkan admin media sosial. Kalau kamu bisa membuat konten menarik dan pekerjaanmu memungkinkanmu untuk sekadar membalas komentar atau menjawab pertanyaan, admin media sosial bisa menjadi usaha sampingan tanpa modal.

Sisihkan waktu luangmu sepulang kerja untuk meramu konten untuk keesokan harinya. Dengan begitu, kamu masih tetap bisa bekerja sambil menjalankan usaha sampinganmu itu.

8. Admin Toko Online

Berbeda dari admin media sosial, admin toko online bertugas mengupload barang yang dijual, menuliskan deskripsi produk, menjawab pertanyaan, dan mengurus pesanan yang masuk. Pekerjaan yang mudah dijalankan pegawai kantoran.

9. Menjual Barang Bekas

Punya barang-barang tak terpakai, tetapi masih bernilai? Jual saja! Beberapa barang seperti pemberian mantan, barang unik yang sudah kehilangan keunikannya, atau barang hobi yang sudah tidak pernah kamu pakai bisa dijadikan sumber uang berikutnya.

Berapa pun harganya, barang-barang itu masih bernilai, meskipun harganya jauh di bawah harga beli. Daripada tergeletak begitu saja, lebih baik jual rugi, kan? Selain bisa menjadi sumber pemasukan, tempat tinggalmu bisa terlihat lebih rapi dan bersih.

10. Menjadi Tutor Online

Jika pandai dalam mata pelajaran tertentu atau mahir dalam pekerjaanmu, cobalah menjadi tutor. Banyak siswa dan orang di luar sana yang membutuhkan bantuan dari orang-orang berilmu sepertimu.

Berbeda dari guru pada umumnya yang hanya memahami teori, orang yang sudah memiliki pengalaman di lapangan sepertimu memiliki lebih banyak hal untuk dibagikan. Jadi, jangan ragu untuk bergabung ke agen yang menyediakan wadah untukmu membuka kelas online.

Kamu hanya perlu membuat materi menarik yang berisi teori umum. Bagikan pula tip-tip yang kamu dapatkan selama berada di lapangan untuk meningkatkan nilai kelasmu. Tuliskan sedikit kisi-kisi tip itu agar ada banyak orang yang mendaftar ke kelasmu.

Itulah 10 usaha sampingan tanpa modal yang bisa dicoba.

Pilih DOKU Agar Bisnis Lebih Sukses

Kamu punya bisnis? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini. Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!