6 Tantangan dalam Bisnis dan Strateginya

tantangan dalam bisnis

Setiap hal pasti memiliki tantangan, begitu pula saat kita berbisnis. Tantangan dalam bisnis perlu diatasi, berikut ulasan beserta strategi menghadapinya.

Setiap hal yang ada di dunia ini pasti memiliki tantangan. Baik itu tantangan secara langsung maupun tidak. Begitu pula dengan bisnis. Setiap pengusaha pasti menghadapi beragam tantangan dalam bisnis.

Seiring berjalannya waktu, tantangan bisnis juga akan berkembang. Inilah mengapa sebagai pengusaha, kita diminta untuk siap setiap saat. Baik untuk mengatasi tantanga, maupun menemukan solusi terbaik.

Semakin besar tantangan yang dihadapi, semakin besar pula peluang untuk sukses. Jadi daripada menghindari, hadapi tantangan bisnis dengan tangan terbuka dan kepala dingin.

Hal tersebut tidak hanya menempa mental, tetapi juga mengasah skill. Bukan tidak mungkin berkat beragam tantangan yang berhasil diatasi, kita berkembang jadi pebisnis ulung yang andal.

Lalu, apa saja tantangan bisnis yang biasa dihadapi dan bagaimana strategi terbaik untuk mengatasinya secara efektif. Berikut ulasan lengkap tentang hal tersebut! 

Read More:  Bocoran Strategi Content Marketing, Biar Jualan Makin Laris

Tantangan Dalam Bisnis

Setidaknya ada enam tantangan bisnis yang secara umum akan dihadapi oleh pengusaha. Terutama jika bisnisnya tergolong baru dan mulai bersaing di era digital seperti saat ini. Di antaranya:

1. Kompetitor dan Rivalitas

Rivalitas bukan sesuatu yang bisa dihindari. Bahkan dalam skala terkecil seperti pedagang pasar, rivalitas akan terjadi. Inilah mengapa keberadaan kompetitor kerap digolongkan sebagai tantangan yang harus dihadapi dalam bisnis.

Biasanya, semakin populer sebuah bisnis semakin banyak pula kompetitor yang harus dihadapi. Banyaknya rival jangan sampai membuat kita patah semangat, justru hal ini harus menjadi motivasi untuk lebih inovatif dan kreatif.

Mengingat sebagai pengusaha, kita wajib menawarkan sesuatu yang unik untuk membuat konsumen tertarik. Jika kompetitor jadi tantangan ketika memulai sebuah bisnis, jangan ragu untuk melakukan analisa.

Meskipun begitu, memiliki rival tidak selamanya buruk. Kita bisa belajar banyak hal dari mereka, apalagi ketika kompetitor sudah lebih dulu terjun di bisnis yang sedang berjalan dan memiliki banyak pengalaman.

2. Perilaku Pasar

Dalam bisnis, perilaku pasar atau konsumen juga kerap menjadi tantangan tersendiri. Apalagi jika bisnis yang ditawarkan merupakan sebuah jasa. Kita akan menghadapi berbagai macam karakter yang mungkin menyulitkan.

Inilah mengapa dalam berbisnis kita perlu jeli melihat situasi dan kondisi. Respon kita terhadap konsumen, suka tidak suka, pasti berpengaruh terhadap keberlangsungan bisnis di masa mendatang.

Jadi pastikan untuk selalu menghadapi target pasar dengan pikiran terbuka dan terima segala kritik sebagai masukan. Selama permintaan mereka masuk akal, jadikan hal tersebut catatan untuk mendapat solusi terbaik.

3. Perkembangan Teknologi yang Terlalu Pesat

Tantangan dalam bisnis lainnya adalah, perkembangan teknologi yang begitu pesat. Bagi seseorang yang belum terbiasa dengan hal-hal digital, perkembangan ini bisa menjadi salah satu tantangan.

Inilah mengapa sebagai pebisnis, kita tidak boleh berhenti belajar. Jangan ragu mencoba teknologi terbaru selama hal tersebut dibutuhkan. Dengan memiliki pemahaman teknologi memadai, sepesat apapun perkembangan kita bisa mengikuti. 

Pastikan hal ini berlaku pula dengan SDM yang diberdayakan. Jangan sampai visi misi tentang penerapan teknologi pada bisnis tidak bisa terwujud karena karyawan kita kurang menguasai teknologi.

4. Keterbatasan Modal

Hal paling krusial dalam menjalankan sebuah bisnis adalah modal. Inilah mengapa modal juga tergolong salah satu tantangan dalam bisnis yang harus dihadapi dengan strategi yang tepat.

Apalagi tidak semua pebisnis cukup beruntung karena memiliki modal besar dan investor. Supaya bisnis terus berjalan, kita perlu memiliki kemampuan mengatur cash flow yang baik. 

Kemampuan ini harus diimbangi dengan penerapan strategi yang memadai. Jadi meskipun modal terbatas, kita bisa tetap menjalankan bisnis sesuai harapan secara maksimal.

5. Kurangnya Pengetahuan Tentang Bisnis

Percaya atau tidak, tantangan dalam bisnis ini ternyata banyak dihadapi pengusaha terutama mereka yang terlalu sering mengikuti tren. Patut digarisbawahi bahwa tren bukanlah modal utama bisnis bisa cuan.

Dibutuhkan pula pengetahuan memadai supaya kita bisa menerapkan kebijakan yang sesuai. Jadi sebelum memulai bisnis, pastikan memilih sesuatu yang benar-benar kamu kuasai dan pahami.

Pemahaman ini akan sangat membantu pengelolaan bisnis sehingga kinerjanya memuaskan. Selain itu, pemahaman memadai tentang bisnis juga akan meminimalisasi risiko kerugian.

6. Manajemen Keuangan Kurang Terstruktur

Tantangan terakhir dan kerap dihadapi pebisnis adalah kurangnya kemampuan dalam mengelola keuangan. Akibatnya keuangan perusahaan tidak punya struktur yang tepat dan terancam mengalami kerugian besar.

Apabila merasa kurang berpengalaman, jangan ragu untuk menggunakan jasa akuntan profesional. Mereka bisa membantu kita mengelola keuangan bisnis secara terstruktur dan memastikan bahwa bisnis bisa untung.

Jika keuangan mulai stabil, kamu bisa memperkerjakan SDM yang tepat untuk mengelola keuangan. Mengingat bagaimanapun juga, keuangan adalah jantung perusahaan yang pengelolaannya wajib dilakukan secara profesional.

Strategi Mengatasi Tantangan Bisnis

Setelah mengetahui apa saja tantangan umum yang biasanya muncul dalam suatu bisnis, selanjutnya mari kita bahas strategi yang bisa digunakan dalam mengatasi tantangan dalam bisnis.

1. Evaluasi

Untuk meminimalisasi timbulnya masalah akibat tantangan yang harus dihadapi, kita perlu melakukan evaluasi rutin. Pada praktik evaluasi, kita perlu melakukan pengecekan pada setiap lini dan divisi.

Dari proses pengecekan ini, kita bisa menganalisa tantangan apa saja yang menjadi kendala berkembangnya bisnis. Setelah dianalisa, biasanya kamu akan menemukan solusi terbaik untuk mengatasi tantangan tersebut.

Jadi sebaiknya, lakukan evaluasi secara rutin sehingga semua masalah bisa dicegah sebelum terlambat. Evaluasi juga penting dalam memahami masalah bisnis, sehingga kita bisa mengatasinya dengan cara terbaik yang bisa dilakukan.

2. Penerapan Strategi Khusus

Setiap tantangan pasti punya kesulitan masing-masing yang tidak bisa diatasi dengan satu macam strategi saja. Inilah mengapa dibutuhkan strategi khusus untuk memastikan bahwa tantangan tersebut bisa diatasi secara efektif.

Penerapan strategi tentu saja berdasarkan jenis tantangannya. Misal, tantangan bisnis yang sedang dihadapi adalah soal teknologi. Untuk mengatasinya, kita tidak bisa menggunakan strategi yang dipakai untuk masalah keuangan.

Kita perlu strategi yang mampu mengatasi masalah teknologi, seperti pelatihan SDM untuk meningkatkan skill digitalisasi bisnis. Begitu pulas sebaliknya. Untuk masalah keuangan, kita tidak bisa menerapkan strategi tentang teknologi.

3. Memiliki Cadangan Modal

Last but not least, strategi terbaik untuk mengatasi setiap tantangan yang ada adalah dana yang memadai. Untuk mewujudkan hal tersebut, kita perlu memiliki cadangan modal diluar modal utama.

Fungsinya untuk memastikan bahwa setiap strategi yang dibutuhkan dalam mengatasi tantangan bisa diwujudkan, tanpa mengganggu dana untuk operasioanl perusahaan.

Nah, itulah ulasan tentang tantangan dalam bisnis yang biasanya muncul. Pengetahuan ini penting supaya kita terhindar dan lebih siap dalam menghadapi segala risiko ketika mengelola suatu bisnis.

Termasuk ketika masalah yang dihadapi adalah soal penyediaan layanan pembayaran digital yang memadai. Dengan mengetahui akar masalah dan mengenalinya, kita akan menemukan solusi yang tepat.

Kamu punya bisnis? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!