Terima Pembayaran Bisnis via Kartu Kredit adalah Pilihan Cerdas, Kenapa?

kartu kredit

Menurut data dari Statistita & Katadata, 48% pebisnis masih menggunakan metode transfer bank untuk pembayaran. Yang menarik, e-wallet naik ke posisi dua, setelah sebelumnya diduduki oleh uang tunai menurut sumber yang sama.

Sisanya, ada debit & kredit yang menduduki posisi keempat dan kelima sebesar 7% dan 5%. Pengguna kartu kredit untuk pembayaran bisnis masih kecil, karena penetrasinya yang masih rendah di Indonesia. Padahal, ada banyak manfaat yang bisa didapat seperti: 

Keuntungan Menerima Pembayaran dengan Kartu Kredit

Seorang business owner yang jeli, akan menyediakan berbagai metode pembayaran. Alasannya, tentu agar buyer mereka lebih mudah dalam membayar. Ini sama saat kamu di restoran atau beli barang ritel, tentunya enak bukan? Sekaligus memberikan berbagai manfaat lainnya:

1. Memberikan Perpanjangan Tempo tanpa Ribet

Buyer biasanya meminta tambahan tempo saat mereka menghadapi masalah cash flow. Tak diragukan lagi, hal ini dapat berdampak pada supplier atau kamu sendiri. Untuk menyiasatinya, kartu kredit bisa menjadi alat yang memberikan tambahan tempo. Karena, buyer bisa membayar invoice sesuai tanggal cetak kartu kredit (25 s.d 45 hari dari tanggal jatuh tempo biasanya) tanpa perlu negosiasi alot ke supplier untuk tambahan tempo ini.

2. Meningkatkan Volume Penjualan Bisnis

Menurut Forrester, supplier yang menyediakan berbagai metode membuat buyer lebih nyaman bertransaksi. Ini memberikan efek ke peningkatan penjualan secara langsung, sehingga supplier perlu mempertimbangkan hal ini. 

3. Meningkatkan Credit Score

Transaksi bisnis dengan menggunakan kartu kredit tidak hanya memudahkan pengelolaan keuangan, tetapi juga dapat meningkatkan credit score bisnis jika dikelola dengan tepat. Melakukan pembayaran tepat waktu dan menjaga saldo utang di bawah batas kredit menunjukkan kepada pemberi pinjaman bahwa bisnis Anda dapat dipercaya dalam mengelola kredit. Hal ini secara bertahap akan meningkatkan skor kredit bisnis Anda, yang pada gilirannya membuka lebih banyak kesempatan untuk mendapatkan kondisi pinjaman yang lebih baik, seperti suku bunga yang lebih rendah dan limit kredit yang lebih tinggi, sehingga mendukung pertumbuhan dan ekspansi bisnis Anda di masa depan.

4. Meningkatkan Kepercayaan Buyer

Sebuah studi oleh J.D. Power menunjukkan bahwa kepuasan konsumen meningkat ketika mereka menggunakan kartu kredit karena persepsi keamanan dan manfaat yang terkait dengan penggunaannya. Dengan menyediakan opsi pembayaran ini, bisnis tidak hanya memudahkan transaksi tetapi juga menunjukkan komitmen mereka terhadap keamanan dan kenyamananbuyer, yang pada gilirannya dapat memperkuat kepercayaan dan loyalitas buyer terhadap merek atau bisnis tersebut.

Dengan beragam keuntungan yang ada, business owner bisa menyediakan kartu kredit sebagai salah satu metode yang bisa dicoba. Untuk menyediakannya, kamu bisa menggunakan Paper.id.

Dengan Paper.id, buyer bisa bayar dengan 30 metode pembayaran bisnis, termasuk kartu kredit. Tinggal download aplikasinya dan daftar secara gratis, setelah itu transaksi bisa langsung berjalan. Cek info selengkapnya di sini