Jago Desain? 7 Ide Usaha Modal Kecil Ini Dijamin Cocok!

usaha modal kecil

Manfaatkan keahlian desain kamu untuk membuka usaha modal kecil. Tujuh ide ini bisa menjadi inspirasi bisnis yang bisa kamu mulai dari rumah.

Punya keahlian khusus bisa menjadi inspirasi untuk membuat usaha modal kecil, lho! Kalau kamu jago desain, kerja di agensi bukan satu-satunya pilihan karier. Kamu bisa memulai usaha dari rumah atau memanfaatkan media sosial dan situs internet sebagai tempat kerja.

Keahlian desain membuka banyak jalan untuk membuka usaha. Tertarik? Inilah beberapa inspirasi usaha modal kecil yang bisa kamu coba dengan ilmu desain.

1. Desain Buku Anak

Ilustrasi dan desain merupakan bagian penting dari buku anak. Banyak orang ingin menulis buku anak (dan mereka punya idenya), tetapi tidak bisa membuat ilustrasi dan desainnya. Di sinilah kamu menjual keahlianmu.

Kamu bisa menawarkan portfoliomu secara online dan menunjukkan gaya gambarmu. Jika belum ada portfolio khusus buku anak, buat teks pendek dan padukan dengan ilustrasimu seolah itu buku anak.

Ketika sudah mendapat klien, kamu bekerja sama dengan mereka untuk membuat storyboard, atau deretan sketsa untuk adegan berbeda. Ingat, ada buku anak yang lebih condong ke ilustrasi, sementara yang lainnya punya lebih banyak teks.

2. Desain Print on Demand 

Print on demand mungkin salah satu ide usaha modal kecil paling populer. Dalam bisnis ini, kamu mencetak desainmu di benda-benda seperti gelas, topi, kaos, dan masih banyak lagi. Desainnya bisa ilustrasi asli, teks kreatif, hingga logo perusahaan.

Dulu, kamu bisa melihat usaha semacam ini di kios-kios kecil. Sekarang, banyak desainer menawarkan print on demand lewat lapak digital seperti Teespring dan Redbubble. Kamu juga bisa mencetak sendiri desainmu sebelum mengirim barangnya.

Mulailah dari benda-benda yang banyak peminatnya, misalnya kaos, tote bag, atau botol air minum. Kamu juga bisa membut variasi seperti washi tape, buku jurnal, hingga gantungan kunci. Buat beberapa versi cetak percobaan di awal sebelum mengirimkannya ke pembeli.

Read more Usaha Digital Printing : Prospek, Modal, dan Omzet

3. Desain Kemasan Produk

Kamu tidak perlu kerja di pabrik atau perusahaan besar untuk mendesain kemasan produk. Dengan jumlah wirausahawan yang semakin banyak, kamu bisa menawarkan jasa desain kemasan produk. Selain mendapat penghasilan, kamu bisa ikut mendukung UMKM.

Ketika merancang kemasan untuk produk tertentu, kamu membutuhkan beragam keahlian desain khusus. Mulai dari paduan warna, komposisi, hingga strategi branding dan psikologi pembeli, semua harus menjadi pertimbangan.

Kamu juga bisa memanfaatkan keahlian desain untuk membuat mock-up; model kemasan produk yang bisa ditempati merek apa saja. Paket mock-up digital ini bisa kamu buat dalam berbagai bentuk dan dijual di lapak daring.

Desain kemasan produk cukup rumit. Selain soal estetika, kamu harus mempertimbangkan biaya usaha, kultur lokal, daya tarik produk, dan demografinya. Jadi, jika kamu berhasil mendapat proyek ini, kamu bisa mendongkrak portfolio untuk mengundang banyak klien.

4. Jualan di Situs Microstock

Microstock adalah sebutan untuk situs yang menjual stok gambar untuk penggunaan bebas dengan harga tertentu. Kamu bisa membuat akun di situs semacam ini dan mengunggah foto atau ilustrasi karyamu. Orang yang mengunduhnya harus membayar sejumlah uang.

Situs microstock memiliki karakteristik berbeda-beda yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Contohnya adalah:

  • Canva, cocok untuk menjual desain vektor dan foto
  • Getty Images, cocok untuk meraih pasar konsumen luar negeri dan publikasi
  • Envato Elements, cocok untuk menjual desain template blog, situs, majalah, brosur, dan presentasi
  • Shutterstock, cocok untuk menjual foto berkualitas
  • Dreamstime, cocok untuk menjual foto dan ilustrasi dengan bayaran lumayan tinggi

Pilihan lainnya termasuk Adobe Stock, iStock, Depositphotos, Pond5, dan sebagainya. Situs semacam ini bisa memberimu penghasilan pasif sampingan, terutama jika karyamu sudah banyak.

5. Desain Materi Promosi untuk Bisnis

Pemilik bisnis membutuhkan banyak sarana promosi, dan bisnis yang baru berkembang atau UMKM adalah pasar empuk untukmu. Kamu bisa menawarkan desain materi promosi, baik untuk dicetak maupun dalam bentuk digital.

Misalnya, kamu bisa membuat desain mock-up kemasan produk, brosur cetak dan digital, dan desain logo. Kamu juga bisa membuat ilustrasi untuk kebutuhan promosi khusus seperti promosi Imlek, Natal, atau Tahun Baru.

6. Membuat Konten Tutorial atau Paket Kelas

Ide bisnis kecil ini cocok untuk desainer yang ingin berbagi ilmu. Kamu bisa membuat konten tutorial untuk membantu calon desainer lain. Jika kamu sudah banyak pengalaman, kamu bisa menciptakan materi yang padat dan bermutu.

Kamu bisa mendaftar sebagai tutor di platform kursus online seperti Udemy, Coursera, dan SkillAcademy. Atau, kamu bisa langsung membuat situs portfolio yang menawarkan kursus online.

Mempromosikan kursus online membutuhkan strategi khusus. Kamu harus bisa menawarkan nilai lebih yang akan membuat orang tertarik. Kamu juga bisa memberi kursus menggunakan gaya desainmu sehingga materimu bisa lebih terfokus.

7. Fotografi Kreatif

usaha modal kecil

Kalau kamu punya keahlian desain sekaligus fotografi, kamu bisa lho menawarkan jasa fotografi kreatif. Paduan kedua bidang ini menghasilkan ilustrasi atau foto unik dengan konsep artistik tertentu.

Selain menawarkan jasa fotografi, kamu juga bisa membuat sendiri rangkaian ilustrasi untuk dijual bebas. Situs microstock bisa menjadi solusi untuk mendapat uang cepat dari hasil fotografi kreatif ini.

Nilai Jual yang Bisa Ditawarkan Desainer

Sebagai desainer, kamu bisa mempromosikan bisnismu dengan mempromosikan beragam nilai jualmu. Contohnya adalah:

  • Menerjemahkan konsep, ide, dan pesan menjadi representasi visual yang menarik
  • Menciptakan identitas bisnis dalam berbagai elemen desain
  • Membantu pemilik usaha mempromosikan produk atau jasa mereka
  • Menciptakan karya visual yang artistik dan menarik serta bernilai seni
  • Membantu penulis dan penerbit untuk mempromosikan karya mereka secara visual
  • Memberi saran profesional tentang berbagai elemen visual yang mendukung bisnis
  • Bekerja sama dengan kaum profesional lain dalam satu tim untuk menyelesaikan proyek besar
  • Memberi edukasi tentang ilmu dan teknik desain

Jika kamu punya minat pada dunia digital, kamu bisa memadukan keahlian desain dengan teknologi. Misalnya, kamu bisa menawarkan jasa merancang UI untuk situs dan aplikasi. Ciptakan tampilan yang menarik sekaligus memudahkan pengunjungnya menjelajah.

Wujudkan Impian Buka Usaha dengan Juragan DOKU 

Setelah memikirkan semua aspek usaha, jangan lupa memilih platform transaksi digital. Platform seperti Juragan DOKU memudahkanmu untuk memulai usaha dan mengelola aspek keuangannya.

Juragan DOKU adalah platform transaksi digital yang dirancang khusus untuk pemilik usaha. Kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR, atau donwload Aplikasi Juragan DOKU yang bisa terima pembayaran dalam satu aplikasi. Tidak perlu keahlian teknis!

Keuntungan lainnya? Juragan DOKU menyediakan bahan belajar dan panduan membuka bisnis. Kamu bisa gabung dengan komunitas pebisnis online, mengakses berbagai materi belajar, hingga ikut seminar usaha.

Cara daftarnya gampang sekali! Bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu donwload via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini.  Cukup daftar dan kamu bisa mengakses semua layanan ini untuk kesuksesanmu!
Memiliki keahlian desain sangat menguntungkan dalam mencari ide usaha modal kecil. Pertimbangkan salah satu bisnis di atas, dan manfaatkan Juragan DOKU untuk mengelola keuangan serta belajar ilmu bisnis digital!