Inilah 8 Contoh Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing

contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing

Masih pemula dalam dunia usaha? Berikut beberapa contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing nan bisa kamu jalankan!

Apakah kamu masih pemula dalam dunia bisnis? Belum punya modal yang besar untuk membuka usaha? Khawatir memilih usaha yang persaingannya terlalu ketat?

Sebenarnya, hal-hal tersebut tak perlu kamu cemaskan, lo. Siapa pun bisa mulai berbisnis, sekalipun hanya pemula. Modal yang besar juga bukan faktor wajib yang menentukan kesuksesan suatu usaha. Soal persaingan, tinggal pilih bisnis yang tak memiliki banyak kompetitor.

Seperti apa contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing? Ayo, lihat poin-poin beserta penjelasannya berikut!

Read more: Tips & Contoh Profil Perusahaan yang Menarik agar Klien Melirik

1. Konsultan

Sebenarnya, banyak orang yang telah membuka jasa konsultan. Namun, bisnis jasa ini termasuk contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing karena tergantung bidang konsultasi yang akan kamu tawarkan.

Misalnya, jika kamu menguasai ilmu penataan busana dan belum banyak konsultan yang menyediakan jasa di bidang tersebut, tentu saja itu akan menjadi peluang bisnis yang bagus.

Pangsa pasarmu bahkan bisa makin luas kalau kamu membuka jasa untuk klien mancanegara!

2. Penitipan Anak

Bisnis penitipan anak masih jarang dibuka sehingga menjadi salah satu contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing.

Bisnis ini bisa dijalankan di rumah sendiri dan menargetkan para orang tua yang sibuk dan tak sempat mengurus anak selama mereka bekerja. Selain itu, profit yang dihasilkan bisnis ini pun relatif besar.

3. Produk Daur Ulang

Contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing berikutnya adalah bisnis produk daur ulang. Buat kamu yang peduli dengan lingkungan, usaha yang satu ini sangat menarik untuk dijalankan.

Belum banyak pengusaha yang membuka bisnis ini karena dianggap ribet. Nyatanya, usaha produk daur ulang bisa dimulai dengan modal yang minim.

Kamu bisa menekan bujet dengan memproduksi barang-barang yang mudah dibuat dan terbuat dari material yang terjangkau. Misalnya, kertas daur ulang, alat kemas daur ulang, dekorasi kaca daur ulang, pakaian daur ulang, atau limbah pertanian untuk pakan ternak.

4. Bumbu Instan

Rempah-rempah yang kaya selalu melengkapi kuliner-kuliner khas Indonesia, mulai dari kuliner soto, bakso, rawon, gulai, rendang, kari, satai, rujak, hingga gudeg. Tak heran, masakan Indonesia terasa lezat karena banyaknya jenis rempah yang dipakai.

Banyak orang yang menyukai kuliner khas Indonesia. Sayangnya, sebagian dari mereka tidak punya waktu untuk meracik bumbu rempah-rempah sendiri untuk setiap menu yang akan dimasak. Hal ini berlaku untuk orang pribadi maupun pebisnis makanan matang.

Nah, peluang seperti ini bisa kamu manfaatkan untuk membuka usaha bumbu instan. Belum banyak pengusaha yang menjalankan ide bisnis ini. Selain itu, modal yang dikeluarkan untuk memulainya pun tidak terlalu besar.

Kamu bisa meracik sendiri resep bumbu yang unik agar membedakan produkmu dari kompetitor. Kemudian, kemas dengan rapi dan berikan label yang tampak menarik.

Produk bumbu instan buatanmu dapat dipasarkan ke berbagai tempat, seperti pasar atau toserba. Kamu juga bisa memasarkan produk bumbu instan melalui media sosial dan menyertakan ulasan dari pelanggan agar menarik calon pembeli lainnya.

5. Bisnis Stok Foto

Bisnis stok foto adalah contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing berikutnya. Bisnis ini punya target pelanggan yang luas karena gencarnya media sosial dan tingginya kebutuhan konten visual.

Meski belum banyak kompetitor, pastinya kamu harus tetap membuat bisnismu menonjol. Cobalah sasar niche yang masih jarang ditargetkan pesaing, misalnya, stok foto bertema Asia, islami, atau acara liburan lokal.

6. Penitipan Hewan

Selain penitipan anak, penitipan hewan juga menjadi salah satu contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing.

Bisnis ini mencakup pangsa pasar yang luas, terutama di kota-kota besar yang terdapat banyak pemilik hewan piaraan, seperti Bandung, Medan, Jakarta, Malang, Surabaya, dan Yogyakarta.

Modal untuk menjalankan bisnis penitipan hewan tidak terlalu besar karena bisa dimulai dari skala kecil terlebih dahulu. Selain itu, persaingannya masih jarang karena belum banyak pengusaha yang mau menggeluti bidang ini.

7. Copywriter

Kalau punya minat atau keahlian di bidang kepenulisan, kamu bisa menjalankan bisnis sebagai copywriter. Contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing ini berbeda dengan penulis konten yang tujuan karyanya lebih mengarah ke edukasi.

Copywriter menggarap tulisan yang ditujukan untuk menjual suatu produk atau jasa. Tulisan-tulisan yang dimaksud dapat berupa slogan media sosial, pemasaran surel, iklan cetak, laman landas, brosur, billboard, konten web, atau surat penjualan.

Bisnis ini belum banyak kompetitor karena tidak semua orang memiliki keahlian untuk membuat tulisan yang “menjual”. Selain itu, copywriter juga bisa dijalankan hanya dengan modal perangkat komputer dan koneksi internet.

8. Makeup Artist (MUA)

Contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing nan terakhir dalam daftar kali ini adalah penata rias atau MUA.

Meski kamu sering melihat akun-akun MUA yang bertebaran di media sosial, jelas persaingannya tidak seketat usaha makanan yang sudah umum.

Modal yang dibutuhkan untuk menjadi MUA adalah keahlian dan kreativitas menata rias, alat rias, serta kosmetik. Kini sudah banyak alat rias dan kosmetik yang terjangkau.

Jadi, sebagai awalan, kamu bisa memakai peralatan dan kosmetik yang murah serta berkualitas lumayan sampai nantinya punya bujet untuk membeli yang lebih bagus dan awet.

Utamakan untuk mengasah kemampuan merias karena inilah yang akan membuatmu unggul dibanding kompetitor lain.

Itulah beberapa contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing. Di antara poin-poin di atas, adakah yang menginspirasimu?

Modal kecil bukanlah penghalang untuk menyukseskan bisnis. Di masa kini, kamu sudah bisa Go Digital untuk meningkatkan omzet dan memperluas target pasar.

Salah satu trik Go Digital jitu yang dapat kamu lakukan adalah bergabung dengan Juragan DOKU, Sahabat jualan persembahan DOKU yang bisa mendukung berbagai aktivitas perdagangan daring dengan fitur-fitur andalnya.

Sebut saja, Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsAppe-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, Instant Checkout untuk transaksi di Instagram atau Facebook bisnis Anda jadi otomatis, hingga QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR. Serta yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang andal!

Cara bergabungnya pun mudah. Kamu bisa registrasi melalui aplikasinya dan mengunduh Aplikasi Juragan DOKU melalui smartphone di sini atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini. 

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!