Jualan Apa yang Laku? Intip 20 Ide Usaha Ala Pemula Ini!

Tak dapat dimungkiri, banyak di antara pebisnis pemula yang sering bertanya mengenai jualan apa yang laku. Sebenarnya, hal ini wajar karena umumnya mereka mengalami kesulitan dalam menentukan produk yang ingin dijual.

Di pasaran memang banyak produk yang bisa menghasilkan uang. Namun, diperlukan proses panjang sebelum menentukan produk yang tepat. Kamu harus mengenali pasar, melakukan riset kebutuhan konsumen, menganalisis produk pesaing, serta mempertimbangkan rantai pasokan bahan baku dan harga jual. 

Baca juga: Ternyata Ini 7 Rahasia Jualan yang Laris, Pemula Wajib Tahu!

Jualan Apa yang Laku? 

Kendati sedikit rumit, kamu tak perlu ragu melangkah menjadi seorang pebisnis. Pasalnya, banyak ide jualan apa yang laku dengan modal relatif terjangkau. Kamu tak perlu menyediakan modal hingga ratusan juta. Cukup dengan uang Rp5 juta saja kamu sudah bisa memulai bisnis kecil-kecilan.

Tentunya makin besar modal yang kamu miliki, makin banyak dan lengkap produk yang bisa kamu jual. Harga jualnya pun bisa bersaing dengan kompetitor karena kamu bisa mendapatkan harga distributor. 

Ide Usaha Ala Pemula, Dijamin Laku! 

Untuk mempermudah kamu menentukan bisnis yang tepat, berikut sederet ide usaha cocok untuk pebisnis pemula dan dijamin laris manis. Penasaran? Simak uraian singkatnya berikut ini. 

1. Sembako 

Bisnis sembako termasuk usaha yang tak pernah mati dan pangsa pasarnya pun luas. Pasalnya, setiap orang memerlukan bahan pokok untuk memenuhi kebutuhan harian. Sekalipun banyak penjual serupa, rata-rata penjual sembako akan memiliki pelanggan tetap yang setia melakukan pembelian berulang. 

2. Warmindo 

Kalau kamu memiliki kecintaan di bidang kuliner, bisnis Warmindo bisa jadi pilihan. Bisnis ini sangat cocok dibangun di sekitar pusat belanja, kos-kosan, pabrik, atau area kampus. Maklum saja, warung yang menawarkan harga jual relatif terjangkau ini menjadi andalan bagi mahasiswa maupun pekerja. Terutama ketika memasuki tanggal tua. 

3. Es Teh Kekinian 

Beberapa bulan terakhir, popularitas bisnis es teh kekinian kian meroket. Bisnis ini tak hanya menjadi tren di kota besar, melainkan juga kota kecil, desa-desa, dan pelosok. Maklum saja, bisnis es teh sangat menjanjikan, proses pembuatan mudah, dan bahan bakunya tersedia di pasaran. Modalnya pun relatif murah. Namun, dengan catatan kamu mendirikan merek sendiri, bukan waralaba. 

4. Camilan Murmer 

Kalau kamu bertanya, jualan apa yang laku? Jawabannya, camilan murmer. Kamu bisa membeli camilan kiloan di pasar kemudian kemas ulang dengan berat sekitar 200 gram setiap jenisnya. 

Bisnis sederhana ini memiliki banyak penggemar. Pasalnya, rata-rata orang lebih menyukai membeli kemasan kecil daripada membeli kiloan yang menghabiskan lebih banyak uang.

5. Frozen Food 

Bisnis frozen food juga layak dicoba. Sebagai permulaan, kamu bisa menyediakan stok chicken nugget, sosis, bakso, kentang, atau beef dari berbagai merek. Kamu bisa menjual makanan beku dengan mengambil keuntungan sekitar Rp2.000 sampai Rp5.000 setiap produk. 

6. Jasa Desain 

Kalau kamu memiliki kemampuan desain yang mumpuni, jadikan hal ini sebagai peluang untuk meraup cuan. Di era modern, jasa desain mempunyai potensi yang besar. Maklum saja, jasa ini dibutuhkan untuk meningkatkan citra diri maupun membangun kesadaran merek.  

7. Jasa Titip Kendaraan 

Kalau kamu memiliki halaman luas, manfaatkan hal ini untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Caranya dengan membuka jasa titip kendaraan dengan biaya jasa sekitar Rp2.000 sampai Rp5.000. 

8. Pulsa dan Tagihan 

Di zaman serba canggih, pulsa menjadi kebutuhan wajib untuk membeli data maupun berkomunikasi. Meskipun tingkat persaingan relatif tinggi, bisnis ini masih memiliki peluang yang baik. Agar lebih lengkap, disarankan menambah bisnis pembayaran tagihan dengan biaya jasa Rp2.500 per invoice. 

9. Apotek 

Obat-obatan dan vitamin dibutuhkan oleh masyarakat untuk menyembuhkan penyakit dan menjaga daya tahan. Berbekal hal ini, kamu bisa memulai bisnis apotek kecil-kecilan secara online maupun offline. Cari pemasok obat dan pekerjakan apoteker agar bisnis lebih tepercaya dan profesional. 

10. Laundry Kiloan 

Bisnis laundry kiloan memang cukup menjamur. Namun, kamu juga bisa mengikuti ide ini untuk mendapatkan banyak cuan. Hasil yang bersih, rapi, dan amanah akan membuat kamu lebih unggul dari kompetitor.   

11. Tanaman Hias 

Tanaman hias masuk ke daftar jualan apa yang laku. Bisnis ini makin menjanjikan karena makin banyak orang yang ingin mempercantik hunian ataupun rumah menggunakan tanaman hias. 

12. Warteg 

Di kota besar, bisnis warteg bisa menjadikanmu sebagai jutawan. Maklum saja, rata-rata pekerja lebih memilih menikmati makanan di warteg dengan harga murah meriah dibandingkan kafe atau restoran. 

13. Pernak-Pernik KPOP 

Tak dapat dimungkiri bahwa penggemar KPOP sangat besar. Sebagian besar dari mereka adalah penggemar yang loyal dan tidak segan mengeluarkan uang untuk membeli pernak-pernik KPOP. Manfaatkan hal ini untuk menciptakan pundi-pundi rupiah. 

14. Perlengkapan Bayi 

Peluang usaha perlengkapan bayi tergolong menjanjikan karena permintaannya cenderung stabil. Selama kamu fokus pada kualitas produk, layanan, dan pemasaran efektif, kamu bisa bertahan di tengah persaingan.  

15. Kado dan Hampers 

Sering kali orang kebingungan ketika hendak memberi kado atau mengirim hampers sebagai hadiah. Di sinilah peran kamu sebagai penyedia layanan kado dan hampers dibutuhkan. Berbekal kreativitas desain kemasan, kualitas produk, dan layanan yang baik, bisnis ini bisa menjadi peluang menjanjikan. 

16. Aksesoris Anime 

Di Indonesia banyak pencinta anime atau disebut wibu yang loyal terhadap karakter anime favoritnya. Tak heran apabila barang dagangan berupa aksesoris anime, seperti bantal, mug, kaos, gantungan kunci, pin, hingga stiker laris manis diburu wibu. Gunakan kesempatan ini untuk meraup penghasilan tanpa batas.

17. Perlengkapan dan Makanan Hewan 

Beberapa tahun terakhir banyak berdiri pet shop yang menjual perlengkapan dan makanan hewan. Kalau kamu termasuk pencinta hewan atau sekadar ingin memulai bisnis rendah risiko, usaha ini bisa kamu jadikan pilihan. 

18. Alat Tulis dan Kantor 

Serupa dengan sembako, bisnis alat tulis dan kantor juga relatif stabil. Kebutuhan ini diperlukan untuk melancarkan kegiatan pribadi maupun di sekolah, kampus, kantor. Sebagai permulaan, kamu bisa menjual beberapa jenis alat tulis dan kantor yang paling dibutuhkan. Contohnya: pulpen, pensil, kertas HVS, materai, spidol, dan lainnya.

19. Aksesoris Sepak Bola 

Tak kalah loyal dengan wibu maupun penggemar KPOP, pencinta sepak bola juga tak segan membelanjakan uangnya untuk membeli aksesoris jagoannya. Alih-alih dilewatkan, kamu bisa mencoba peluang tersebut untuk memulai bisnis. 

20. Skincare 

Satu lagi jualan yang laris, yakni skincare. Makin banyak orang yang menyadari pentingnya merawat diri baik pria maupun wanita secara tidak langsung mendorong popularitas bisnis skincare. Tak harus menciptakan merek sendiri, kamu bisa memulainya dengan menjual merek orang lain lebih dulu. 

Itulah 20 ide usaha yang cocok untuk pemula. Bagi kamu yang berencana mempunyai bisnis dan ingin Go Digital serta menjangkau calon pelanggan lebih luas dan meningkatkan omzet, ayo gabung dengan Juragan DOKU!

Untuk mendukung bisnis, kamu wajib menyediakan metode pembayaran yang mendukung berbagai metode pembayaran, aman, dan praktis. Nikmati kemudahan kelola pembayaran bisnis dengan Payment Gateway DOKU untuk mendongkrak omzet bisnis.Bersama DOKU, mari ubah peluang menjadi uang! Jualan apa yang laris? Jualan apa saja asal bergabung dengan DOKU! Ayo, segera daftar Payment Gateway DOKU melalui Contact Sales atau website resmi!