15 Usaha Kuliner Modal Kecil yang Auto Cuan Tiap Hari

usaha kuliner modal kecil

Kuliner menjadi bidang usaha yang populer. Selain karena potensi keuntungannya yang besar, ada banyak pilihan usaha kuliner modal kecil yang bisa kamu jalankan. Bahkan, lewat usaha tersebut kamu bisa memperoleh penghasilan rutin jauh lebih besar daripada mereka yang bekerja di kantor. 

Ide Usaha Kuliner Modal Kecil yang Paling Laku dan Cocok untuk Pemula

Kalau kamu tertarik untuk terjun ke bisnis kuliner, ini 15 referensi ide usaha yang menarik untuk dijalankan: 

1. Catering Masakan Rumahan

Ide pertama adalah menjalankan usaha catering masakan rumahan. Usaha ini bisa kamu jalankan dengan menyediakan menu masakan harian kepada para pelanggan. Target konsumen yang bisa kamu sasar cukup luas, termasuk di antaranya adalah: 

  • Mahasiswa
  • Ibu rumah tangga
  • Pegawai kantor
  • Anak kos

Kunci utama dalam meraih kesuksesan usaha catering adalah kualitas makanan. Kamu tidak hanya perlu menyediakan menu yang variatif. Namun, perhatikan pula kualitas rasa. 

Lalu, bagaimana dengan modal? Untuk meringankan beban modal, kamu bisa meminta pembayaran terlebih dulu kepada para pelanggan. 

2. Silky Puding

Puding menjadi makanan yang disukai banyak orang dan bisa dikonsumsi kapan saja dan di mana saja. Apalagi, kalau puding yang kamu jual mempunyai tekstur sangat lembut. Dijamin, bakal banyak orang yang tertarik untuk membeli.

Silky puding bisa kamu jual dalam berbagai bentuk dan varian rasa. Biar semakin menarik, kamu dapat pula menyediakan ekstra topping. Hanya saja, kamu perlu menyiapkan tempat penyimpanan yang cukup dan dingin biar puding tidak cepat mencair.  

3. Keripik Pedas

Kamu pasti tahu kalau keripik adalah camilan favorit sebagian besar orang Indonesia. Oleh karena itu, tak ada salahnya kalau kamu menjalankan usaha kuliner modal kecil dengan menjual keripik. Namun, bukan keripik biasa, tetapi keripik pedas. 

Ide usaha keripik pedas dapat kamu lakukan dengan menggunakan berbagai jenis bahan. Sebagai contoh, keripik kentang, keripik singkong, keripik bawang, keripik buah, dan lain sebagainya. Selain itu, kamu dapat pula menawarkan keripik tersebut dalam tingkatan level berbeda dengan disertai kemasan menarik dan modern. 

4. Kedai Kopi

Referensi ide usaha kuliner modal kecil yang tak kalah menarik adalah mendirikan kedai kopi. Usaha ini mempunyai potensi tinggi seiring dengan meningkatnya daya tarik masyarakat terhadap kopi. Kamu pun bisa menyesuaikan kebutuhan modal dengan konsep kedai kopi yang ingin dibangun. 

Kalau ingin mendirikan kedai kopi sederhana, kamu bisa memilih untuk menggunakan areal di bangunan rumah. Dengan cara seperti itu, kamu bisa menghemat pemakaian modal. Namun, lain halnya kalau kamu ingin mengusung konsep kedai kopi kekinian. Kamu perlu mengalokasikan modal cukup besar untuk penyewaan tempat dan penataannya. 

5. Roti Bakar

Usaha roti bakar jadi pertimbangan selanjutnya. Kamu tidak akan mengalami kesulitan dalam menjalankan usaha ini. Biar usaha kamu laris, pertimbangkan untuk menyediakan variasi roti bakar  yang cukup banyak. Bukan hanya roti bakar manis, tetapi juga roti bakar dengan isian yang rasanya asin. 

6. Ramen

Kuliner mi cukup populer di tanah air. Oleh karena itu, kamu bisa memanfaatkan peluang tersebut dengan berjualan mi ramen khas Jepang. Ditambah lagi, mi ramen mempunyai cita rasa yang beda dengan kuliner mi lain. Selain itu, penggemar ramen di Indonesia sangat banyak, mengingat popularitas anime Jepang yang begitu tinggi. 

7. Frozen Food

Berikutnya ada ide usaha kuliner modal kecil dengan berjualan frozen food. Kuliner ini banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Selain karena rasanya yang enak, cara penyajiannya juga praktis. Oleh karenanya, banyak bisnis frozen food berkembang pesat seiring dengan banyaknya permintaan dari para konsumen. 

read more: 15 Ide Usaha Makanan Online Modal Kecil yang Laku setiap Hari

8. Warung Nasi

Kalau kamu mempunyai kemampuan memasak yang ciamik, memilih usaha warung nasi bisa jadi pertimbangan menarik. Dalam menjalankan usaha warung nasi, kamu tidak bisa hanya mengandalkan cita rasa masakan yang enak. Namun, jangan lupa pula untuk memperhatikan aspek lain, termasuk di antaranya adalah: 

  • Kebersihan tempat makan
  • Kualitas pelayanan
  • Ketersediaan bahan baku
  • Lokasi
  • Jam buka warung

9. Jus Buah

Indonesia merupakan negara tropis yang kaya akan berbagai jenis buah-buahan. Kekayaan tersebut membuka peluang usaha menarik bagi kamu dengan membuka bisnis jus buah. Usaha ini memang memiliki tingkat persaingan tinggi. Namun, target pemasarannya yang sangat luas bakal membuat kamu tidak mengalami kesulitan untuk mendapatkan pelanggan. 

10. Seblak

Seblak menjadi jajanan khas Bandung yang kini familier di lidah mayoritas orang Indonesia. Cara pembuatannya mudah. Selain itu, kamu bisa pula mencoba berkreasi dengan menambahkan berbagai tambahan bahan di dalamnya. Lewat kreasi tersebut, tak menutup kemungkinan seblak yang kamu buat bisa laris manis dan diburu banyak pelanggan. 

11. Singkong Keju

Berikutnya, ada peluang usaha kuliner modal kecil singkong keju. Kamu tidak akan mengalami kesulitan dalam menjalankan usaha ini. Apalagi, bahan-bahan yang dibutuhkan tidak terlalu banyak dan bisa kamu peroleh dengan mudah. Biar semakin menggugah selera, kamu bisa pula menyediakan singkong keju dengan berbagai opsi topping

12. Salad Buah

Rekomendasi usaha selanjutnya adalah menjual salad buah. Dalam menjalankan usaha ini, kamu punya banyak pilihan variasi buah yang bisa digunakan sebagai bahan untuk membuat salad. Terkait hal ini, ada 4 tips penting yang perlu kamu perhatikan, yakni: 

  • Pilih buah musiman. Alasannya, karena buah musiman mempunyai rasa serta tekstur yang lezat ketika memasuki waktu panen. 
  • Hindari buah dengan tekstur lembek. Buah dengan karakteristik ini biasanya tidak mampu bertahan lama. 
  • Susun buah dengan tepat. Pengaturan buah harus kamu lakukan dengan memperhatikan teksturnya. Buah bertekstur keras di bagian bawah. Sementara itu, bagian atas adalah buah yang teksturnya lunak. 
  • Tambahkan citrus. Penambahan elemen buah citrus seperti perasan lemon bisa menimbulkan rasa segar pada salad. Selain itu, citrus juga membuat tampilan salad terlihat lebih menarik. 

13. Sosis dan Kentang Goreng

Orang Indonesia suka dengan berbagai jenis camilan, termasuk di antaranya adalah sosis serta kentang goreng. Tak sulit untuk menjalankan usaha kuliner modal kecil ini secara beriringan. Apalagi, kamu bisa mendapatkan bahan baku siap goreng di pasaran dengan mudah. 

14. Telur Gulung

Kalau ingin usaha modal kecil yang menawarkan tingkat keuntungan besar, pertimbangkan untuk berjualan telur gulung. Bahan utama camilan yang satu ini adalah telur. Sebagai variasi, kamu bisa pula menawarkan telur gulung sosis, telur gulung mi, sosis telur, dan banyak lagi yang lain. 

15. Corndog

Terakhir, kamu bisa menjalankan usaha kuliner yang tengah booming dalam beberapa tahun terakhir, yakni corndog. Jajanan ini terbuat dari bahan utama tepung jagung. Untuk membuatnya semakin menarik, kamu perlu menyediakan berbagai pilihan isian, termasuk di antaranya adalah sosis dan keju mozarella. Sebagai pelengkap, sediakan pula variasi topping sesuai dengan selera konsumen. 

Nah, itulah berbagai pilihan ide usaha kuliner modal kecil yang dapat kamu jalankan. Untuk membantu kamu dalam mengoperasikan usaha kecil dengan lebih lancar, pertimbangkan untuk menyediakan solusi sistem pembayaran yang modern.

Pilih DOKU agar Bisnis Lebih Sukses

Kamu punya bisnis? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!