Ingin Memulai Usaha Petshop? Begini Peluang Bisnis dan 7 Cara Memulainya

usaha petshop

Usaha petshop menjadi salah satu ladang bisnis yang cukup menguntungkan. Ketahui peluang bisnis dan bagaimana cara memulainya berikut ini.

Ada banyak sekali peluang bisnis dengan modal minim yang bisa kamu coba untuk mendapatkan pemasukan tambahan. Salah satu yang menarik dan sedang banyak digeluti adalah usaha petshop. Bagi penyuka hewan peliharaan seperti kucing, anjing, kelinci, maupun marmut, bisnis ini tentu akan sangat menguntungkan. 

Namun, menilik pada objek bisnis yang melibatkan makhluk hidup, kamu harus membuat rencana dan konsep bisnis yang matang. Tentunya, ada beberapa regulasi dan standar usaha kebutuhan hewan peliharaan yang perlu kamu cermati. Tertarik untuk mencoba?  

Bagaimana Peluang Usaha Petshop?

Tak sebatas menjual aneka pakan dan aksesori menarik untuk hewan kesayangan, usaha petshop juga menawarkan layanan salon hewan peliharaan alias grooming, fasilitas penitipan, dan perawatan yang dibutuhkan. Tentu, bukan tanpa alasan kenapa bisnis petshop menawarkan profit yang menjanjikan.

Dewasa ini, tak sedikit orang memilih untuk memelihara hewan sebagai teman. Sebab, kehadiran hewan peliharaan dianggap dapat memberi ketenangan pada manusia. Bahkan, banyak pula orang yang memilih memelihara hewan untuk melepas stres dan rasa cemas yang mereka alami.

Guna memenuhi kebutuhan masyarakat akan pelayanan untuk hewan peliharaan, kamu bisa memilih untuk memulai usaha jual makanan, aksesori, dan kesehatan serta perawatan hewan peliharaan. 

Baca juga: Cari Peluang Bisnis Omset Besar? Berikut 10 Rekomendasinya!

Cara Memulai Usaha Petshop

Namun, tak berbeda dengan jenis bisnis lain, membuka usaha petshop tidak bisa kamu lakukan secara asal. Tentu saja, kamu perlu menerapkan strategi yang tepat sehingga bisnis yang kamu jalankan bisa memberikan keuntungan dan minim akan kerugian. Berikut cara memulai bisnis petshop yang bisa kamu ikuti: 

1. Lakukan riset dan tentukan target pasar

Pertama, lakukan riset dan tentukan target pasar. Perencanaan dan riset tidak boleh kamu abaikan supaya semua aktivitas bisnis dapat berlangsung sesuai target dan tidak melenceng dari apa yang menjadi tujuan awal membuka usaha. Selain itu, riset juga membantu kamu mendapatkan informasi yang ada hubungannya dengan kondisi dan kebutuhan pasar. 

Hasil riset ini bisa kamu pakai untuk menentukan target pasar. Contohnya, lingkungan bisnis sedang membutuhkan layanan untuk hewan eksotis. Kamu bisa membuka petshop dengan fasilitas dokter hewan profesional untuk kelompok hewan ini. Tak lupa, kamu juga harus menyediakan berbagai kebutuhan harian untuk hewan, misalnya makanan, bak pasir, tempat makan dan minum, hingga kandang. 

2. Cari lokasi yang strategis

Selanjutnya, tentukan lokasi yang tepat untuk bisnismu. Pilih area yang memiliki akses yang mudah dijangkau. Selain itu, pastikan pula lingkungan lokasi cukup kondusif, bersih, dan tidak jauh dari pemukiman warga. Namun, hindari lokasi yang dekat dengan pasar, perkantoran, dan tempat makan. 

Lokasi yang tepat tidak hanya membuat usaha petshop lebih mudah mendapatkan banyak pelanggan, tetapi juga membuat hewan adopsi menjadi lebih nyaman dan tidak merasa bising karena suara kendaraan dan bising.

3. Rekrut karyawan yang menyukai binatang

usaha petshop

Hal penting selanjutnya yang tidak boleh terlupa ketika kamu ingin memulai bisnis petshop adalah merekrut karyawan yang menyukai binatang. Tentunya, ini bukan tanpa alasan. Jika kamu mempekerjakan orang yang tidak senang dengan hewan, sudah pasti mereka tidak akan bisa memperlakukan hewan dengan baik. 

Tidak hanya mampu memberikan pelayanan yang mumpuni, karyawan yang kamu pekerjakan juga harus memiliki rasa kasih sayang dengan hewan. Alhasil, hewan peliharaan juga tidak akan stres dan kepercayaan pelanggan terhadap bisnismu pasti meningkat. 

4. Bekerja sama dengan dokter hewan maupun veteriner

usaha petshop

Di zaman yang sangat berkembang seperti sekarang ini, para pengusaha di bidang hewan peliharaan tak sebatas merekrut karyawan. Beberapa profesional termasuk perawat dan dokter hewan juga menjadi aspek penting yang tidak boleh terlewat kalau kamu ingin memulai usaha petshop. 

Sebab, hewan yang mereka terima untuk adopsi tidak hanya sekadar pajangan. Tenaga ahli juga bertanggung jawab merawat dan menjaga kesehatan hewan tersebut. Tak hanya itu, adanya tenaga ahli seperti dokter hewan juga dapat meningkatkan pengalaman pelanggan terhadap petshop yang kamu geluti. 

5. Pastikan kualitas produk yang ditawarkan

Biasanya, petshop memiliki fokus utama menawarkan produk pakan kucing, anjing, hamster, dan kelinci. Selain itu, ada pula aksesori berupa kalung, mainan, tempat makanan dan minum, hingga bak pasir, pilihan pasir, kebutuhan grooming, tas, dan kandang. Tak sedikit pula petshop yang menawarkan adopsi hewan peliharaan. 

Nah, kamu juga harus memastikan kalau semua produk yang kamu tawarkan mempunyai kualitas yang unggul. Terlebih, produk yang dikonsumsi seperti makanan, snack, maupun vitamin. Selain itu, perhatikan pula aspek keamanan produk. Kamu tidak boleh memberikan produk yang bisa berbahaya bagi hewan. 

Oleh karena itu, kamu juga sebaiknya mempunyai pengetahuan produk yang mumpuni. Jadi, kamu bisa memberikan pilihan produk yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan hewan para pelanggan. 

6. Lakukan promosi

Apapun jenis bisnisnya, termasuk usaha petshop tidak lepas dari promosi, meskipun kamu mempunyai toko fisik. Apa lagi dengan semakin canggih dan berkembangnya teknologi digital saat ini. Melakukan promosi secara daring dapat memberikan keuntungan tersendiri untuk bisnis yang sedang kamu jalankan.

Oleh karena itu, manfaatkan semua kanal sosial media untuk melakukan promosi bisnis. Mulai dari Facebook, Instagram, Twitter, TikTok, YouTube, bahkan hingga WhatsApp. Hal ini akan membantu meluaskan pasar dan meningkatkan kesadaran brand dari pelanggan akan bisnismu. 

Jika perlu, kamu bisa membuat akun media sosial khusus untuk bisnis sehingga informasinya terkumpul secara spesifik tanpa bercampur dengan akun media sosial pribadi. 

7. Jaga kepercayaan dan loyalitas pelanggan

Tips terakhir dalam membuka usaha petshop adalah menjaga kepercayaan dan loyalitas para pelanggan setia yang sudah sering berbelanja pada petshop milikmu. Berikan pelayanan yang terbaik, ramah, dan sopan sehingga pelanggan merasa nyaman dan memperoleh pengalaman belanja yang berkesan.

Selain itu, kamu juga harus menjaga para hewan peliharaan dari pelanggan dengan baik. Dengan begitu, pelanggan tidak lagi merasa ragu untuk menggunakan layanan petshop milikmu di lain kesempatan. Tak sebatas itu, pelanggan yang merasa puas akan pelayanan yang kamu berikan juga sangat mungkin untuk merekomendasikan bisnismu pada orang lain. 

Alhasil, pasar bisnismu akan semakin luas dan keuntungan yang kamu dapatkan bisa semakin meningkat. Kamu punya bisnis? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp. Ada pula e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, dan QRIS yang bisa menerima pembayaran cukup dengan satu kode QR. 

Tak boleh dilewatkan, kamu juga bisa mendapatkan pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal! Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphone, atau mendaftar melalui website ini.

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar,  Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!