Kembali Booming, Ini 7 Cara Memulai Usaha Photobox. Wajib Coba!

usaha photobox

Kamu sedang merintis usaha photobox yang sedang booming belakangan ini? Coba ikuti tujuh langkah berikut, pasti bakal sangat membantu!

Usaha photobox sempat mengalami masa kejayaan pada era 2000-an. Setelah itu, seiring berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi fotografi, usaha tersebut semakin meredup. Orang-orang mulai memiliki kamera sendiri, baik bawaan ponsel maupun kamera digital, sehingga kian melupakan photobox.

Walau demikian, bisnis ini sejatinya masih eksis dan terus berkembang. Bahkan, belakangan ini kembali booming dengan beragam inovasi yang ditawarkan. Nah, kalau kamu tertarik untuk menjajal terjun dalam usaha ini, kamu bisa memulainya dengan cara-cara berikut. Namun sebelum itu, simak dulu analisis peluang bisnis photobox saat ini.

Peluang Usaha Photobox

Perkembangan teknologi fotografi pada satu sisi memang membuat bisnis photobox terlupakan. Jika ingin mengambil foto diri, sekarang orang-orang bisa menggunakan fitur kamera di ponsel masing-masing yang kualitasnya sudah sangat mumpuni. 

Namun demikian, photobox memiliki nilai lebih yang tidak dimiliki oleh kamera ponsel. Di sana ada vibe kenangan yang tak bisa dilupakan. Menggunakan photobox di era sekarang akan membuat kita bernostalgia dengan masa lalu. Hal ini tentunya tidak akan diperoleh dari jepretan lensa di ponsel kita.

Di samping itu, orang-orang zaman sekarang juga cenderung menyukai hal-hal yang tampak estetis, sehingga keberadaan photobox bisa menjadi solusi untuk mewujudkannya—khususnya dalam urusan foto.

Dua hal tersebut tentunya sudah cukup untuk menunjukkan bahwa bisnis photobox masih memiliki peluang untuk dijalankan dan meraih kesuksesan. Bahkan, hal ini sudah banyak dibuktikan dengan kemunculan photobox-photobox berkonsep kekinian yang diminati banyak pelanggan.

Cara Memulai Usaha Photobox

Berikut ini adalah cara-cara terbaik untuk memulai bisnis photobox di zaman sekarang, agar diminati oleh pelanggan, mendatangkan banyak cuan, dan bisa terus berkembang.

1. Siapkan Tempat yang Cocok

usaha photobox

Salah satu faktor terpenting dalam menjalankan usaha adalah pemilihan tempat atau lokasi. Semakin strategis tempat yang dipilih, maka usaha yang dijalankan pun akan semakin mudah dijangkau pelanggan. Demikian halnya jika kamu ingin memulai usaha photobox, maka pemilihan lokasi juga harus diperhatikan.

Usaha ini sangat cocok dibuka di tempat-tempat yang selalu ramai oleh pengunjung. Misalnya di mall, tempat wisata, atau bahkan di lokasi suatu event digelar.

Selain itu, jika memang tidak mendapat tempat strategis akibat minimnya modal yang dimiliki, kamu bisa memanfaatkan space di rumah atau studio yang jauh dari keramaian. Hanya saja, hal ini tentunya menuntut effort yang lebih untuk melakukan promosi. 

2. Sediakan Peralatan Lengkap

usaha photobox

Selain tempat yang cocok, bisnis photobox juga harus dilengkapi dengan peralatan yang lengkap dan memadai. Dalam hal ini kamu bisa memanfaatkan photobox dalam berbagai ukuran.

Ada photobox mini, standar, hingga deluxe. Selanjutnya, lengkapi photobox ini dengan peralatan untuk memotret, mencetak hasilnya, sekaligus mengelola pembayaran secara otomatis (mesin photobox).

Di samping itu, jika tidak ingin menggunakan mesin photobox, kamu juga bisa menyiapkannya secara manual. Mulai dari membuat box (bilik) untuk tempat berfoto dari akrilik atau kayu, memodifikasi kamera dan printer hingga bisa digunakan untuk memotret serta mencetak hasilnya secara langsung, dan sebagainya.

Secara teknis memang lebih ribet, tetapi jika ingin lebih menghemat anggaran, upaya ini bisa menjadi pilihan.

3. Buat Konsep yang Menarik

Untuk memikat perhatian pelanggan, kamu bisa membuat konsep usaha photobox yang unik dan menarik. Salah satu caranya ialah dengan memberikan berbagai pilihan background pada box untuk berfoto.

Di samping itu, kamu juga bisa menambahkan beberapa properti, seperti topi-topi lucu, kacamata, mahkota, kostum tertentu, dan sebagainya. Semakin banyak konsep yang kamu siapkan, maka hal tersebut akan membuat photobox tampak menarik.

Intinya, di sini dibutuhkan kreativitas yang tinggi dari kamu sebagai pemilik usaha. Akan lebih baik, jika konsep yang kamu usung tersebut selalu diperbarui dari waktu ke waktu, menyesuaikan dengan tren yang sedang berkembang. Untuk itu, kamu bisa mencari inspirasi ide melalui media sosial, pengamatan lingkungan sekitar, ataupun yang lainnya.

4. Tawarkan Berbagai Promo

Saat sudah menjalankan usaha photobox, jangan lupa untuk membuat penawaran promo yang keren. Hal ini penting untuk menarik minat konsumen agar mau mencoba untuk berfoto di photobox kamu.

Sebagai contoh, berikan kupon dalam setiap kali kunjungan. Kelak, jika pengunjung sudah mengumpulkan lima kupon, maka bisa menggunakan photobox secara gratis. Selain itu, kamu juga bisa memberikan potongan harga bagi pengunjung yang sedang berulang tahun, atau berbagai promo tak biasa lainnya.

5. Lakukan Perawatan Rutin Peralatan

Hal ini tidak kalah penting untuk dilakukan saat kamu menjalankan usaha photobox. Perawatan rutin terhadap peralatan yang digunakan akan membuat alat-alat tersebut lebih awet/tahan lama. Jika tidak demikian, risiko kerusakan alat tentu akan jauh lebih tinggi.

Saat ada peralatan yang rusak, pastinya ada biaya yang harus dikeluarkan untuk memperbaikinya. Jumlahnya tentu akan jauh lebih besar daripada budget untuk perawatan.

6. Gencar Melakukan Promosi

Sekarang adalah zaman digital, sehingga kamu bisa memanfaatkan berbagai platform untuk mempromosikan usaha yang dijalankan. Misalnya, rajin membuat konten video, meme, tulisan, dan sebagainya untuk di-posting di akun media sosial atau website usaha.

Jika ingin yang lebih konvensional, untuk menjaring calon pelanggan dari lingkungan sekitar, kamu bisa membuat spanduk atau menyebarkan pamflet. Cara ini tentunya harus disertai dengan perencanaan anggaran yang matang agar pengeluaran tidak membengkak.

7. Sediakan Paket-Paket Menarik

Buka usaha photobox adalah hal yang sudah biasa. Untuk itu, berikan paket-paket menarik agar menjadikannya luar biasa dan berbeda dari pesaingnya. 

Misal, paket untuk pasangan kekasih. Nanti mendapat properti dan harga khusus. Kemudian ada paket sahabat, keluarga, anak-anak, dan lainnya. Semua ini tentunya akan mendapat layanan yang berbeda, baik dalam hal properti maupun harga. 

Baca juga: 7 Strategi Jitu Cara Membuat Promosi Produk, Laris Manis!

Perkiraan Modal dan Keuntungannya

Berikut adalah rincian perkiraan modal untuk memulai usaha photobox.

  • Photobox Mini: Rp300 ribu.
  • Photobox Standar: Rp800 ribu.
  • Photobox Deluxe: Rp1,5 juta.
  • Properti lain-lain: Rp200 ribu.
  • Biaya operasional: Rp500 ribu.
  • Promosi: Rp300 ribu.
  • Lain-lain: Rp300 ribu.
  • Total: Rp3,9 juta.

Dari modal awal tersebut, kamu bisa menawarkan paket photobox dengan harga rata-rata Rp20 ribu per 30 menit, dan jika ingin mencetak foto dikenakan biaya Rp10 ribu per lembar.

Maka, katakanlah dalam sehari kamu mendapat 10 klien dengan waktu foto masing-masing 30 menit, artinya penghasilan kamu sudah Rp200 ribu. Belum lagi jika masing-masing klien mencetak 5 lembar foto, maka penghasilanmu bertambah Rp500 ribu. 

Perhitungan kasar keuntungan usaha photobox ini bisa sangat menggiurkan. Jika lancar, omzet dalam sehari bisa mencapai jutaan rupiah. Namun demikian, tentunya ada banyak faktor yang memengaruhinya.

Nah, kalau saat ini kamu kebetulan sedang menjalankan bisnis photobox, atau punya keinginan untuk memulainya, kamu bisa bergabung dengan Juragan DOKU untuk mengoptimalkan usaha. Juragan DOKU sendiri ialah sahabat berjualan UMKM persembahan DOKU, pionir payment gateway pertama di Indonesia.

Setelah bergabung,  kamu bisa menikmati beragam fitur pembayaran digital, seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, Instant Checkout untuk transaksi di Instagram atau Facebook bisnis Anda jadi otomatis, hingga QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR. Serta yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang andal!

Cara bergabungnya pun mudah. Kamu bisa mengunduh Aplikasi Juragan DOKU melalui smartphone atau kamu juga bisa mendaftar melalui website ini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!