8 Jurus Sakti Membangun Usaha Antigagal dengan Modal Kecil

usaha yang tidak pernah sepi

Membangun usaha yang tidak pernah sepi adalah mimpi banyak orang. Cari tahu jurus-jurus untuk mewujudkannya di sini!

Banyak orang bermimpi menjadi pengusaha dan mengembangkan bisnis sendiri. Sayangnya, kebanyakan dari mereka merasa tidak memiliki modal besar untuk memulai mimpinya. Padahal, membangun usaha yang tidak pernah sepi tidak melulu soal modal; ini adalah soal pola pikir dan kepercayaan diri saja.

Apabila kamu adalah salah satu orang yang sedang mempertimbangkan untuk membuka usaha dengan modal seadanya, kamu mungkin sudah memiliki ide bisnis, tetapi belum punya keberanian untuk memulai.

Melalui artikel ini, kami akan memberikan panduan berisi 8 jurus ampuh membangun usaha antigagal untuk membantumu mengembangkan bisnis yang ramai dengan modal kecil. Baca terus sampai habis, ya!

Jurus 1 – Gali Lebih Dalam Ide Bisnis melalui Riset

Setelah mendapatkan ide usaha yang tidak pernah sepi, langkah pertama yang harus kamu pikirkan adalah melakukan riset pasar dan menganalisis para kompetitor. Ini akan membantumu mengetahui peluang mendapatkan pelanggan sekaligus memastikan ide bisnismu relevan dengan kebutuhan yang ada.

Melalui riset, kamu dapat menggali lebih dalam ide bisnis agar bisa merumuskan cara pengembangannya, baik dalam jangka panjang maupun pendek. Perhatikan apa saja kekurangan para kompetitor, lalu pelajari celah yang bisa kamu masuki untuk membuat produkmu tampil unggul. Catat harga produk yang dijual kompetitormu selama proses ini untuk mengetahui nominal yang dibelanjakan pelanggan saat ini untuk produk serupa.

Jurus 2 – Berinovasilah

usaha yang tidak pernah sepi

Setelah menggali lebih dalam ide bisnis, mulailah berinovasi sesuai dengan kebutuhan dan tren pasar saat ini. Inovasi yang dilakukan tidak mesti sesuatu yang besar; mulailah dari hal-hal kecil yang praktikal untuk bisnismu.

Sebagai contoh, jika kamu berbisnis kuliner nasi goreng, dan menyadari bahwa para kompetitor setempat hanya menyediakan metode pembayaran via uang tunai, kamu bisa berinovasi dengan menyediakan layanan pembayaran yang lebih lengkap, mulai dari QRIS, Doku, Dana, GoPay, dll.

Jurus 3 – Cari Tahu Siapa Target Pasarmu

Saat membangun usaha yang tidak pernah sepi, penting untuk menentukan siapa saja target pasar yang akan mendapatkan manfaat dari produkmu. Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan, mulai dari usia, lokasi, dan hingga status pernikahan.

Setelah mengetahui siapa targetnya, lakukan survei dan bicaralah dengan mereka secara langsung untuk mendapatkan banyak masukan. Jangan abaikan media sosial karena ini yang bisa menjadi tempat yang tepat untuk berinteraksi dengan calon pembeli.

Read more: 7 Cara Menentukan Target Pasar Untuk menarik Pelanggan

Jurus 4 – Teruslah Belajar

Kemauan untuk terus belajar dan mengembangkan kemampuan sangat penting bagi seorang pengusaha – bahkan mereka yang meraih puncak kesuksesan biasanya tetap gemar mempelajari hal-hal baru seputar bisnisnya agar dapat membuat keputusan yang tepat.

Selain bisa meningkatkan kualitas diri sebagai pengusaha, kamu juga bisa memanfaatkan ilmu yang didapat untuk melakukan efisiensi dari sisi operasional atau bahkan menggebrak pasar dengan inovasi dan produk baru yang membuat usahamu tampak jauh lebih menarik dibandingkan para kompetitor.

Jurus 5 – Bangun Networking 

Membangun networking harus dilakukan sejak awal kamu membuka bisnis. Selain bisa menggali ilmu dari orang-orang yang sudah berpengalaman dalam dunia bisnis, networking juga bisa membantumu dalam berbagai hal tidak terduga, seperti membuka peluang kerja sama dengan para pebisnis yang relevan, hingga menarik minat investor untuk menanamkan modal ke usahamu.

Saat ini, ada banyak cara untuk membangun networking sebagai pengusaha. Kamu bisa bergabung dengan komunitas-komunitas bisnis terdekat, mengambil program mentoring tepercaya, hingga mengikuti acara khusus networking yang diselenggarakan oleh pihak ketiga.

Jurus 6 – Jangan Takut Gagal 

Seperti yang dikatakan oleh Soichiro Honda, pendiri Honda Motor: “Kesuksesan hanya dapat dicapai melalui kegagalan dan introspeksi yang berulang. Faktanya, kesuksesan adalah 1% bagian dari pekerjaanmu yang 99%-nya gagal.”

Jika kita takut dengan kegagalan, kita tidak akan pernah menemukan kesuksesan. Kita akan menghindari kegagalan sehingga takut melangkah ke depan dan pada akhirnya tidak kunjung merasakan puncak keberhasilan. 

Tak hanya soal bisnis, dalam hidup, gagal adalah hal lumrah. Jadi, jangan tundukan kepala dan bersedih apabila kamu mengalami kesullitan saat mengembangkan usaha atau gagal mewujudkan visi tertentu. Bangkit dan beradaptasilah dengan keadaan untuk terus maju ke depan.

Jurus 7 – Tetapkan Target yang Jelas 

Sebagai pengusaha yang ingin memiliki bisnis yang ramai, kamu harus memiliki target yang jelas ke depan, baik untuk jangka panjang maupun pendek. Target yang dimaksud bisa berupa target produksi, penjualan, pendapatan, atau pengembangan usaha. 

Target yang jelas akan membuatmu memiliki tujuan sehingga tidak bingung saat hendak membuat keputusan tertentu. Hal ini juga akan membantumu melakukan evaluasi secara menyeluruh di semua lini. Jika target tidak terpenuhi, cari tahu di mana masalahnya dan selesaikan sesegera mungkin. Sementara itu, jika target ternyata terlampaui, cari tahu area mana yang berperan besar dalam hal tersebut dan gunakan sebagai bahan pertimbangan untuk proyek selanjutnya.

Jurus 8 – Pelajari Cara Mempertahankan Pembeli/Konsumen 

Kebanyakan pebisnis pemula hanya sibuk mencari pelanggan baru tanpa memperhatikan pentingnya mempertahankan pelanggan lama atau pelanggan yang sudah membeli. Padahal, customer retention adalah salah satu elemen terpenting dalam mengembangkan usaha yang tidak pernah sepi.

Mempertahankan pelanggan bukan hal mudah karena mereka cenderung sudah mengetahui kelebihan dan kekurangan produkmu. Inilah mengapa ada banyak bisnis yang menerapkan sistem poin atau rewards; semuanya dilakukan agar pelanggan mau kembali bertransaksi di masa mendatang.

Tentukan strategimu untuk mempertahankan pelanggan sejak awal. Hal ini patut menjadi bagian dari rencana jangka panjangmu karena pelanggan yang melakukan transaksi berulang adalah salah satu sumber revenue yang paling besar.

Penutup

Penting untuk diingat bahwa semua bisnis pada dasarnya membutuhkan sejumlah modal, meskipun jumlahnya tentu relatif. Kunci pengembangan usaha yang tidak pernah sepi sejatinya ada pada dirimu sebagai pemilik; apa strategi yang kamu gunakan untuk memanfaatkan modal sebaik mungkin?

Selain menerapkan semua jurus di atas, kamu juga harus menyiapkan jurusmu sendiri melalui perencanaan bisnis yang matang dan terukur.

Kamu punya bisnis? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR, atau donwload Aplikasi Juragan DOKU yang bisa terima pembayaran dalam satu aplikasi.

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu donwload via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar,  Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!