Strategi Marketing Ampuh: Pengertian dan Manfaat Word of Mouth Marketing 

word of mouth marketing

Word of mouth marketing mampu meningkatkan kepercayaan masyarakat akan suatu produk atau jasa, dan menjadi strategi pemasaran yang efektif serta tidak memakan biaya.

Dalam dunia pemasaran, ada beberapa strategi yang dinilai cukup efektif. Strategi yang banyak digunakan misalnya iklan berbayar, konten media sosial, pemasaran interaktif, dan Search Engine Optimization (SEO). 

Dari strategi-strategi tadi, word of mouth marketing juga dinilai sebagai strategi pemasaran yang sangat efektif. Word of mouth marketing sering disebut sebagai promosi dari mulut ke mulut. Maksudnya adalah seorang pelanggan yang membagikan pengalamannya mengenai suatu jasa atau produk ke orang lain.

Word of mouth marketing mampu meningkatkan nilai penjualan dan menjadi teknik branding yang wajib banget dicoba. Untuk tahu lebih jauh mengenai word of mouth marketing, cara kerja, manfaat, dan contohnya, berikut ini penjelasan lengkapnya.

Read More: Contoh Riset Pasar Produk Kerajinan, Pengarajin Perlu Tahu!

Apa Itu Word of Mouth Marketing?

Word of Mouth Marketing (WOMM) dikenal dengan istilah pemasaran dari mulut ke mulut atau pemasaran getok tular. Misalnya, seorang pelanggan sangat menyukai suatu produk tertentu. Pelanggan ini kemudian membagikan informasi dan memberikan rekomendasi produk tadi kepada orang lain.

Sederhananya, saat seorang pelanggan sangat menyukai suatu produk, dia akan terus menyebutkannya saat ada kesempatan. Contohnya saat kamu menyukai satu krim wajah yang sangat cocok dan membuat kulit wajahmu terlihat lebih sehat dan bercahaya.

Maka, kamu tidak akan ragu untuk merekomendasikannya kepada teman atau saudara dan mengajak mereka ikut menggunakan produk tadi. Strategi ini sangat efektif karena dibandingkan hanya melihat iklan di televisi atau media sosial, orang akan lebih percaya pada rekomendasi orang terdekat mereka.

Word of Mouth Sebagai Strategi Pemasaran yang Ampuh

Mengapa word of mouth marketing menjadi strategi yang ampuh? Penelitian menunjukkan sebagian besar orang akan lebih percaya kata-kata dari orang yang sudah mereka kenal dekat.

Kamu akan lebih percaya pada teman atau saudara yang merekomendasikan suatu produk atau merek karena yakin mereka berkata jujur, bersikap objektif, dan tidak memiliki motif tersembunyi. Hal ini tentu memberikan pengalaman yang berbeda dibandingkan mendengarkan marketer atau sales merekomendasikan produk.

Saat ini, strategi ini dibagi menjadi dua, yaitu cara tradisional dan cara modern. Secara tradisional, WOMM disebarkan dari satu orang ke orang lain. Secara modern, WOMM dilakukan dengan cara mengajak konsumen membagikan pengalaman dan kepuasan mereka.

Manfaat Word of Mouth Marketing

Apabila kamu masih ragu apakah strategi ini pantas untuk dicoba atau tidak, berikut ini daftar manfaat WOMM yang pastinya bakal bikin kamu tambah yakin.

1. Meningkatkan Kepercayaan

Keuntungan pertama dari WOMM adalah meningkatnya kepercayaan pelanggan pada suatu produk. Dengan semakin banyaknya orang yang menyarankan produk, maka akan semakin banyak pula orang yang penasaran dan percaya terhadap kualitas produk tersebut.

2. Meningkatkan Popularitas Branding

Word of mouth marketing secara otomatis akan meningkatkan popularitas brand atau produk kamu secara gratis. Hal ini karena semakin banyak orang yang pada akhirnya tahu tentang brand tadi.

3. Tidak Membutuhkan Biaya

Berbeda dengan strategi marketing lainnya seperti iklan berbayar, spanduk, atau banner, WOMM menjadi strategi pemasaran yang tidak memerlukan biaya. Dengan memanfaatkan pengalaman yang diperoleh pelanggan, maka proses promosi pun berjalan. 

Untuk meningkatkan kepuasaan pelanggan, kamu juga bisa memberikan penghargaan atau produk gratis untuk pelanggan setia.

4. Meningkatkan Penjualan

Dengan semakin meningkatnya popularitas brand, maka nilai penjualan pun akan meningkat pesat. Pelanggan setia tidak akan ragu membeli dengan jumlah yang lebih banyak untuk bisa mempromosikannya kepada teman atau saudara.

Contoh Sukses Word of Mouth Marketing

Entah disadari atau tidak, banyak orang yang secara tidak langsung telah melakukan word of mouth marketing. Walaupun mereka tidak berniat untuk melakukan promosi dan hanya membagikan pengalaman, hal tersebut menjadi bagian dari branding yang ternyata sangat efektif.

Beberapa contoh WOMM yang dilakukan banyak orang:

1. Menyebut brand atau produk di unggahan media sosial

Pernahkah kamu berkunjung ke suatu café dan menyukai nuansa serta beragam menu yang ada di sana, lantas mengunggahnya ke media sosial dengan kata-kata positif mengenai café yang kamu kunjungi? 

Dengan mem-posting hal seperti ini, café tersebut akan menarik perhatian orang lain yang melihat postingan kamu. Mereka akan mulai penasaran dan mengunjungi tempat yang sama.

2. Memberikan review positif

Misalnya kamu sedang mengalami masalah jerawat. Lantas, temanmu memberikan ulasan positif mengenai produk skin care yang sangat efektif untuk mengatasi masalah jerawat. 

Temanmu tidak secara langsung memintamu untuk mencoba produk serupa, hanya memberikan pengalaman positifnya mengenai skin care tadi. Sedikit banyak, kamu pun akan tertarik dan ingin mencobanya.

3. Merekomendasikan produk atau jasa kepada orang lain

Selain menceritakan pengalaman baik terhadap suatu jasa atau produk, kamu juga ingin teman atau saudaramu mencoba pengalaman yang sama. Hal ini tentu karena kamu merasa sangat terkesan akan suatu produk atau jasa.

Misalnya, ada butik di dekat rumahmu yang menjual banyak desain pakaian dengan harga terjangkau dan pelayananan yang ramah. Kamu tidak akan ragu meminta orang lain untuk mencoba berbelanja di sana.

Cara Menerapkan Word of Mouth Marketing

Nah, untuk bisa menerapkan strategi yang sama pada bisnismu, ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan. Berikut ini beberapa cara yang cukup ampuh untuk menjalankan word of mouth marketing:

1. Selalu meminta feedback dari pelanggan

Jangan pernah berhenti untuk terus meningkatkan pelayanan dan meminta feedback dari pelanggan. Langkah ini mampu membantu bisnis kamu semakin berkembang dengan mengetahui keunggulan dan hal-hal yang bisa kamu perbaiki atau tingkatkan. Pelanggan pun akan merasa senang karena pendapat mereka didengar dan merasa dilibatkan.

2. Mengadakan event yang melibatkan pelanggan

Buat event atau pameran dengan berbagai kegiatan menarik selama acara. Kamu bisa membuat undangan khusus untuk para pelanggan dan meminta mereka datang bersama teman. Hal ini sangat efektif mendatangkan banyak calon pelanggan baru. 

 3. Kumpulkan review dari para pelanggan

Seperti sudah disebut diatas, ulasan positif mampu membuat orang lain penasaran dan ingin merasakan pengalaman yang sama. Karena itu, kelola ulasan para pelanggan terhadap produk kamu. Kamu bisa bertanya langsung kepada pelanggan, mengirimkan email kepada mereka, atau menawarkan promo menarik atas kesan yang mereka berikan.

4. Gunakan jasa influencer

Karena saat ini banyak pengguna aktif media sosial, memanfaatkan jasa influencer akan memberikan dampak yang signifikan. Influencer memiliki ribuan bahkan jutaan follower. Dengan menggunakan jasa influencer, kemungkinan produk kamu dikenal banyak orang semakin tinggi. 

Itu tadi pengertian word of mouth marketing atau WOMM, manfaat, contoh, serta cara menerapkan strategi pemasaran ini. Agar strategi WOMM terwujud, tentu kamu harus mampu menciptakan jasa atau produk yang berkualitas dan senantiasa meningkatkan mutu. 

Kamu punya bisnis? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!