Gak Kepikiran, 10 Ide Bisnis Modal Kecil Ini Bisa Untung Besar

Salah satu langkah cerdas pengusaha masa kini adalah pandai melihat peluang untuk memulai usaha mandiri. Sayangnya, masih banyak yang harus gigit jari karena keuntungannya tak sebanding dengan modal besar yang telah dikeluarkan.

Tren pasar yang tak tentu, pada kenyataannya, menciptakan banyak peluang bisnis yang tak cuma menarik, tetapi juga tak menuntut modal banyak. Meski begitu, ternyata bisa menjadi cuan besar.

Penasaran? Dari sekian banyak pilihan, mari kerucutkan menjadi 10 ide bisnis modal kecil saja. Simak informasinya berikut ini!

Baca juga: 8 Jurus Sakti Membangun Usaha Antigagal dengan Modal Kecil

1. Jasa perawatan dan penitipan hewan perliharaan

Bagi pencinta binatang peliharaan seperti kucing dan anjing, membuka dua bisnis ini bisa jadi ide menyenangkan. Jasa perawatan atau grooming hewan peliharaan memang banyak diminati. Tentu saja, siapa yang tak bahagia bila hewan kesayangannya dirawat dengan baik?

Modal yang dibutuhkan adalah perlengkapan grooming seperti pengering rambut, pemotong kuku, dan shampoo. Kamu juga bisa menambah layanan obat kutu dan obat cacing. Tantangan terbesarnya adalah kamu harus menjaga mood kucing/anjing agar tidak stres saat dimandikan.

Sementara itu, untuk bisnis penitipan hewan peliharaan, modal yang diperlukan adalah kandang dan ruangan atau kamar kosong. Selain itu, kamu perlu menambahkan beberapa dekorasi khusus dan mainan kucing/anjing. Jangan lupa, selalu pastikan kandang dalam keadaan bersih dan makanan tersedia sesuai permintaan pemilik.

2. Bisnis reseller

Ide bisnis modal kecil yang satu ini menjamur di mana-mana. Modal yang diperlukan untuk menyetok barang tidak terlalu besar karena biasanya kamu akan mendapat harga spesial reseller dan tidak direpotkan dengan biaya produksi barang. Selain itu, untuk menghemat setengah modal, kamu bisa memberlakukan sistem pre-order dengan syarat pembayaran 50% di muka.

Selain reseller, ada juga dropshipper, yakni bisnis menjual produk tanpa harus menumpuk stok. Cukup rajin mem-posting dan promosi, sedangkan urusan packing dan pengiriman akan dilakukan oleh pihak supplier

3. Jasa pengiriman dan kurir

Bisa dikatakan, zaman now adalah era e-commerce, di mana konsumen sudah terlanjur nyaman berbelanja online. Apalagi dengan godaan diskon dan bermacam-macam program diskon, reward, dan bebas ongkir (ongkos kirim).

Kenapa tidak memanfaatkan momentum ini untuk memulai bisnis jasa pengiriman dan kurir? Modalnya adalah software ekspedisi dan kendaraan, bisa motor ataupun mobil kecil. Kamu juga bisa sekaligus menyediakan jasa titip (jastip), loh.

4. Bisnis tanaman

Bagi yang hobi berkebun, kamu bisa menjual berbagai macam jenis tanaman. Misalnya, tanaman buah, tanaman hias, tanaman herbal, dan sayur-sayuran. Modal yang diperlukan adalah lahan atau kebun kecil di belakang rumah. Produk yang dijual dapat berupa bibit, benih, ataupun tanaman di dalam pot. Selain tanaman, sediakan juga produk lain seperti pupuk, media tanam, pot, dsb.

5. Bisnis paket sayur

Kamu tak pernah tahu, sudah berapa banyak anak kos dan ibu rumah tangga yang dimudahkan oleh keberadaan bisnis ini. Ya, usaha paket sayur ini membuat pekerjaan mereka menjadi lebih praktis dan hemat.

Modalnya adalah sayur-sayuran, bumbu dapur, dan plastik kemasan. Susun beberapa jenis sayur yang bisa kamu jual bahannya sebagai paket. Misalnya, paket sayur sop, paket sayur asem, dan lain-lain. Pastikan isinya pas untuk sekali masak, ya.

6. Bisnis makanan sehat

Satu lagi ide bisnis modal kecil yang punya potensi omzet tinggi, yakni bisnis membuat makanan sehat. Ada banyak pilihan, di antaranya katering diet, cake sehat, makanan bayi sehat, dan lain-lain.

Modal yang dibutuhkan adalah bahan-bahan masakan dan peralatan memasak. Untuk urusan promosi, andalkan media sosial dan strategi WoM (word of mouth) alias promosi dari mulut ke mulut. 

Bila ingin lebih profesional lagi, konsultasikan menu yang kamu rancang dengan seorang ahli gizi. Jangan salah, banyak yang tak segan membayar mahal demi bisa menikmati makanan sehat yang rasanya enak dan tidak plain alias hambar.

7. Jasa Titip

Kian diminati, bisnis jasa titip atau lebih beken dengan sebutan jastip, bisa dipilih sebagai bisnis baru-mu. Umumnya, barang yang dititip-belikan berasal dari toko di luar negeri. Namun, ada juga yang dari kota-kota besar Tanah Air. Macam-macam barangnya antara lain pakaian, furniture, kosmetik, makanan, dan mainan anak.

Modal utama menjalankan bisnis ini adalah kemampuan meyakinkan calon pembeli bahwa kamu bisa dipercaya sepenuhnya. Tidak hanya itu, strategi promosi yang efisien juga sangat krusial. Terutama bila target pasarmu adalah barang-barang branded.

8. Jualan frozen food

Produk variatif dan tanggal kedaluwarsa yang cukup lama adalah dua alasan utama menjalankan bisnis menjual frozen food. Bila ingin lebih hemat, kamu dapat membuat sendiri produknya. Modal yang dibutuhkan antara lain:

  • Bahan-bahan makanan
  • Freezer
  • Alat press kemasan
  • Kemasan kedap udara
  • Alat vakum kemasan
  • Biaya operasional dan promosi

Namun, bila kamu lebih suka menjadi reseller, lakukan survey harga untuk menemukan supplier dengan harga paling kompetitif. Selain itu, selalu ingat untuk melakukan double check tanggal kedaluwarsa produk. 

Tips tambahan: demi menjaga kualitas produk, terapkan sistem FIFO atau first in first out pada stok barangmu. Jadi, produk yang duluan masuk akan dikeluarkan untuk dijual terlebih dahulu. 

9. Toko sembako

Siapkan modal untuk menyetok produk kebutuhan pokok seperti beras, gula, minyak goreng, telur, dan lain-lain. Bagaimana cara memulainya? Pertama, sempatkan untuk riset harga jual setiap bahan/produk, tentukan lokasinya, pilih produk berkualitas, dan gunakan strategi pelayanan dan penjualan yang baik.

Terpikir untuk membuat bisnis toko sembako yang kekinian? Kamu bisa membuat paket hemat. Misalnya, satu paket sudah berisi 4 atau 5 produk. Selain itu, kamu juga bisa sekaligus menawarkan jasa pesan-antar sembako.

10. Freelance kreatif

Ide bisnis modal kecil ini bisa mendatangkan keuntungan melimpah bila ditekuni. Peluang menjadi freelance atau pekerja lepas di industri kreatif itu sangat tinggi, terutama bagi yang telah memiliki portofolio.

Pekerja kreatif sendiri, melansir Law Insider, dikategorikan sebagai artisan, artist, penulis, dan desainer. Baik dikerjakan secara perseorangan/independen maupun dengan status karyawan.

Lalu, bisnis apa saja yang bisa diandalkan di industri kreatif khususnya bagi freelancer? Ada desain grafis, juru wara, penulis artikel, jurnalisme, proofreading, editor, hingga digital marketing.

Kamu sudah sampai di daftar terakhir 10 ide bisnis modal kecil. Ternyata berbisnis juga bisa dilakukan meski modal kamu pas-pasan, bukan? Bila bisnismu sudah mulai jalan, pastikan untuk konsisten memberikan pelayanan yang baik, ya. Salah satunya adalah dengan menyediakan transaksi yang aman dan mudah.

Dengan menjadi Juragan DOKU, jualan jadi makin praktis karena ada fitur-fitur keren seperti e-katalog, e-invoice, QRIS, checkout instan, dan payment gateway super lengkap! Lebih oke lagi, proses pendaftaran cukup 5 menit, banyak promo dan reward, juga akses gratis ke webinar!

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah Juragan-DOKU-1024x536.jpeg

Mau sampai kapan menunggu di situ? Buruan gabung jadi Juragan DOKU. Download aplikasinya di App Store atau Play Store sekarang!