Apa Itu Model Bisnis? Simak Manfaat, Jenis & Contohnya

apa itu model bisnis

Pebisnis wajib tahu apa itu model bisnis. Pengetahuan ini bisa membantu kamu dalam menjalankan bisnis jadi lebih efektif dan efisien, lho!

Menjalankan bisnis tidak sekadar menciptakan sebuah produk atau melakukan aktivitas pemasaran. Kamu juga harus memahami apa itu model bisnis dan menerapkannya dengan benar. Pemahaman tentang model bisnis bisa membantu kamu dalam mengoperasikan bisnis secara lebih lancar dan efektif. 

Read More: Digitalisasi Adalah Kebutuhan Penting dalam Bisnis, Ini Beragam Manfaatnya!

Apa Itu Model Bisnis

Dalam pengertiannya, model bisnis merupakan konsep yang menjadi gambaran sebuah bisnis. Setiap pelaku bisnis perlu membangun model bisnis secara berbeda. Alasannya, karena setiap bisnis mempunyai desain produk serta strategi pemasaran yang berbeda-beda. 

Ketika membangun sebuah model bisnis, jangan hanya terpaku pada produk. Namun, pastikan pula untuk memperhatikan value yang kamu berikan kepada para pelanggan. Dengan begitu, konsumen akan mempunyai ketertarikan tinggi terhadap bisnis kamu. 

apa-itu-model-bisnis

Manfaat Model Bisnis

Lewat  implementasi model bisnis secara tepat, kamu bisa memperoleh banyak manfaat, termasuk di antaranya adalah: 

1. Meningkatkan Daya Saing Bisnis

Keuntungan pertama yang bisa kamu dapatkan dari pemahaman apa itu model bisnis adalah daya saing bisnis  yang meningkat. Kamu bisa mendorong bisnis kamu secara lebih maju dan unggul dibandingkan para kompetitor. 

Manfaat ini bisa kamu dapatkan karena kamu mempunyai pengetahuan yang mendalam tentang tingkat kompetisi pasar. Di situ, kamu dapat melakukan analisis terhadap para kompetitor dan menawarkan value lebih yang membuat bisnis terlihat menarik dan unik di mata konsumen.

2. Mendorong Daya Tarik Bisnis di Mata Investor

Investor mempunyai pemahaman yang mendalam tentang tingkat kegagalan sebuah bisnis. Oleh karena itu, mereka dapat mengetahui dengan mudah apakah kamu mempunyai rencana untuk mendapatkan keuntungan bisnis atau tidak. 

Keberadaan model bisnis bisa membantu kamu dalam menjabarkan perencanaan tersebut. Di samping itu, model bisnis juga membantu kamu dalam memberi penjelasan terkait value perusahaan dan keuntungan yang dimiliki dibanding kompetitor.

3. Meningkatkan Efisiensi Manajemen Keuangan Bisnis

Pelaku usaha dengan model bisnis yang solid akan memperoleh manfaat berkaitan dengan tingkat ketahanan finansial perusahaan. Keberadaan model bisnis tersebut membantu perusahaan untuk bertahan dalam situasi berat seperti apa saja. 

Ada banyak pelaku usaha yang harus secara terpaksa menutup bisnis. Alasannya klasik, karena manajemen keuangan yang buruk. Situasinya bakal berbeda ketika kamu menerapkan model bisnis secara tepat. Adanya model bisnis memaksa kamu untuk mencapai target yang telah ditetapkan dengan ketat. 

4. Rencana Pengembangan Bisnis yang Jelas

Ketika terjun ke dunia bisnis, kamu jangan hanya berpikir untuk mempertahankan bisnis. Namun, kamu harus mempunyai pemikiran untuk mengembangkannya jadi lebih besar. Lewat perancangan model bisnis, kamu mempunyai gambaran jelas dalam melakukan pengembangan bisnis. 

Bisnis model yang solid bisa membantu kamu dalam meraih keuntungan secara konsisten. Dengan begitu, kamu akan mempunyai kemampuan finansial untuk mengembangkan usaha. Kamu bisa menggunakannya untuk investasi, merambah bisnis baru, atau mengembangkan produk baru.

Jenis-Jenis Model Bisnis

apa-itu-model-bisnis

Seperti yang telah disebutkan, setiap pelaku bisnis dapat menerapkan model bisnis secara berbeda dengan perusahaan lain. Kamu pun bisa mengimplementasikan berbagai jenis model bisnis sesuai dengan bisnis yang dijalankan. Sebagai referensi, berikut ini adalah beberapa jenis model bisnis yang perlu kamu ketahui: 

1. Franchise atau Waralaba

Kamu tentu sering mendengar istilah waralaba atau franchise. Kalau memahami apa itu model bisnis, maka kamu tahu kalau franchise adalah salah satu jenisnya. Konsep model bisnis ini sangat populer dalam industri makanan. Namun, kamu bisa pula menemukannya pada sektor bisnis lain, termasuk jasa. 

Dalam model bisnis ini, kamu menawarkan lisensi dari pemakaian brand tertentu dalam menjalankan bisnis. Sebagai gantinya, pemilik brand akan mendapatkan pemasukan dari para pelaku usaha yang menggunakan lisensi waralaba.

2. Marketplace

Selanjutnya, ada model bisnis marketplace yang membantu pebisnis untuk bertemu dengan konsumen secara online. Pertemuan tersebut bisa berlangsung dengan menggunakan website atau aplikasi. Kamu pun bisa memperoleh pemasukan berdasarkan tingkat popularitas penggunaan marketplace

Skema pemasukan yang bisa kamu peroleh dari model bisnis ini sangat beragam. Kamu bisa menerapkan sistem iklan yang bisa dimanfaatkan oleh para merchant. Selain itu, ada pula sektor pemasukan berdasarkan aktivitas transaksi yang berlangsung di platform marketplace

3. Dropship

Ada pula sistem dropship. Skema model bisnis ini dapat kamu jalankan dengan mempunyai jaringan pelaku usaha yang luas. Kamu bisa menjual produk secara grosir kepada pebisnis lain dan sekaligus menangani pengiriman produk ke konsumen. 

Dalam sistem dropship, kamu perlu menekan margin keuntungan biar produk bisa dijual kembali dengan harga kompetitif. Meski margin keuntungannya minim, tetapi kamu bisa meraih keuntungan besar dari kuantitas penjualan. 

4. Manufaktur

Selanjutnya, kamu perlu mengenal apa itu model bisnis manufaktur. Skema bisnis ini berjalan dengan adanya proses produksi dari bahan mentah menjadi barang jadi. Selanjutnya, pelaku usaha manufaktur perlu pula melakukan pemasaran produk sehingga barang bisa sampai ke tangan konsumen.

5. Freemium

Di era digital seperti sekarang, kamu bisa menemukan banyak perusahaan yang menyediakan layanan secara gratis. Sebagai gantinya, perusahaan menyediakan opsi fasilitas ekstra yang sifatnya premium atau berbayar kepada pelanggan. Inilah yang disebut sebagai konsep bisnis freemium.

6. Bundling Model

Praktik bisnis dengan model bundling berlangsung dengan cara menawarkan barang dalam bentuk paket. Biasanya, barang-barang tersebut mempunyai kaitan atau saling melengkapi satu sama lain. Untuk menarik perhatian konsumen, penjualan paket bundling sengaja dibuat mempunyai harga lebih murah dibanding membelinya secara terpisah.

7. Subscription

Terakhir, kamu bisa pula mengetahui apa itu model bisnis subscription. Dalam model bisnis ini, para pelanggan dapat menggunakan layanan atau produk sebuah perusahaan dengan terlebih dulu membayar biaya berlangganan. Biasanya, skema pembayaran biaya berlangganan berlangsung secara bulanan. 

Contoh Model Bisnis

Setelah memahami apa itu model bisnis, kamu akan dapat mengenali jenis model bisnis yang digunakan oleh sebuah perusahaan. Salah satu contohnya adalah ketika kamu mengamati skema bisnis Tokopedia. 

Tokopedia tidak menjual barang secara khusus. Sebagai gantinya, Tokopedia menjalankan bisnisnya dengan konsep marketplace. Mereka menyediakan tempat bagi para pedagang untuk menggelar dagangannya secara online

Selanjutnya, Tokopedia mendapatkan pemasukan dari berbagai sektor. Mereka memberlakukan biaya transaksi untuk setiap pembelian yang berlangsung via aplikasi atau website. Selain itu, mereka juga menerapkan skema iklan untuk promosi produk. 

Itulah penjelasan lengkap mengenai apa itu model bisnis yang perlu kamu ketahui ketika ingin terjun menjadi pelaku usaha. Dalam penerapan setiap model bisnis, jangan lupa untuk memberi kemudahan dalam melakukan transaksi dengan para pelanggan. 

Kamu punya bisnis? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!