Apa Itu Manajemen Bisnis, Komponen, & Fungsinya dalam Perusahaan

apa itu manajemen bisnis

Pemahaman tentang apa itu manajemen bisnis jadi aspek penting dalam meraih kesuksesan sebagai entrepreneur. Simak pembahasan lengkapnya di sini!

Pencapaian target merupakan aspek penting dalam setiap bisnis. Keberhasilan dalam mencapai target merupakan bukti bahwa bisnis kamu punya daya saing tinggi dan prospek cerah. Untuk bisa melakukannya, kamu perlu memahami apa itu manajemen bisnis dengan benar dan sekaligus menerapkannya. 

Dengan memperhatikan manfaatnya yang sangat besar, kamu perlu mempunyai pemahaman manajemen bisnis. Dengan begitu, kamu bisa menerapkannya dengan benar dan bisa membantu meraih kesuksesan bisnis. 

Read more: Mengenal Apa Itu Administrasi Bisnis dan Manfaatnya Bagi Perusahaan

apa-itu-manajemen-bisnis

Apa Itu Manajemen Bisnis

Istilah manajemen bisnis tentu sudah sering kamu dengar. Namun, apakah kamu memahami dengan benar apa itu manajemen bisnis? Dalam pengertian secara umum, istilah ini merujuk pada beragam aktivitas dalam bisnis, termasuk di antaranya adalah perencanaan, pengerjaan, serta pengawasan. 

Dalam praktiknya, manajemen bisnis dapat secara langsung mempunyai kaitan erat dengan tingkat kesuksesan sebuah bisnis. Implementasi manajemen bisnis yang baik dalam sebuah perusahaan bisa membantu dalam mendorong efisiensi dan efektivitas bisnis. Kamu pun bisa menilai keberhasilan bisnis dari implementasi sistem manajemen bisnis. 

Sebagai contoh, perusahaan dengan sistem manajemen yang buruk biasanya memerlukan adanya pengawasan secara intensif. Tanpa adanya pengawasan secara ketat, aktivitas bisnis perusahaan tidak berjalan dengan optimal. 

Lain halnya ketika perusahaan mampu mengimplementasikan manajemen dengan baik. Berkat sistem manajemen yang optimal, perusahaan mampu menjalankan operasional bisnis dengan lancar dan efektif meski tanpa ada pengawasan secara menyeluruh. 

Fungsi Manajemen Bisnis dalam Perusahaan

Keberadaan sistem administrasi yang baik dalam bisnis mempunyai 5 fungsi penting, yaitu: 

1. Perencanaan

Pemahaman tentang apa itu manajemen bisnis bisa membantu perusahaan dalam melakukan perencanaan bisnis. Dalam menjalankan sebuah bisnis, fungsi perencanaan merupakan aspek penting yang tak boleh kamu lewatkan. Keberadaannya bisa menjadi patokan dalam pengelolaan bisnis di masa mendatang. 

Dalam praktiknya, proses perencanaan bisnis tidak hanya berlangsung saat awal-awal pendirian usaha. Namun, tahapan perencanaan tersebut merupakan proses yang terus berulang. Oleh karena itu, perusahaan kerap menyiapkan perencanaan dalam jangka pendek dan jangka panjang. 

2. Pengorganisasian

Selanjutnya, kamu perlu memahami fungsi manajemen bisnis berkaitan dengan aktivitas pengorganisasian. Pemahaman terhadap apa itu manajemen bisnis membantu kamu dalam melakukan pembagian tugas dengan baik. Proses pembagian tugas dapat kamu lakukan dengan memperhatikan kompetensi karyawan. 

Dengan adanya pengorganisasian yang baik, kamu bisa menjalankan bisnis secara lebih efektif dan efisien. Di waktu yang sama, fungsi manajemen bisnis berkaitan dengan pengorganisasian dapat membantu proses pengembangan bisnis secara positif. 

3. Pengelolaan Sumber daya

Fungsi yang tak kalah penting dari manajemen bisnis berkaitan erat dengan proses pengelolaan sumber daya. Dalam menjalankan aktivitas bisnis, perusahaan mempunyai dukungan berbagai jenis sumber daya, termasuk di antaranya adalah mesin pabrik, para karyawan, bahan baku, dan lain sebagainya.

Untuk memperoleh performa bisnis yang optimal, perusahaan perlu memanfaatkan segala jenis sumber daya yang dimiliki dengan efektif dan efisien. Kamu bisa melakukan pemanfaatan dengan baik dengan memahami apa itu manajemen bisnis dan mengimplementasikannya secara benar. 

Lewat fungsi pengelolaan sumber daya, kamu bisa menghindarkan risiko kerugian akibat pengelolaan sumber daya yang serampangan.  Salah satu contohnya adalah ketika kamu melakukan pemakaian sumber daya melebihi kebutuhan. Pada keadaan tersebut, perusahaan bakal memerlukan pemakaian modal lebih besar.

4. Pengarahan

Selanjutnya, kamu dapat menjumpai fungsi manajemen bisnis berkaitan dengan pengarahan atau directing. Fungsi ini membantu kamu sebagai pimpinan dalam menjaga arah kebijakan perusahaan agar tetap selaras dengan perencanaan yang sudah dibuat. 

Dalam prosesnya, kamu bakal memerlukan kemampuan dalam mendorong motivasi kerja para karyawan biar tetap bersemangat. Dengan begitu, para karyawan tetap bisa bekerja secara giat dan mencapai target serta rencana yang telah ditetapkan. 

Fungsi pengarahan dalam praktik bisnis sangat penting. Fungsi ini berguna untuk memastikan bahwa setiap elemen di perusahaan mempunyai kepatuhan pada perencanaan kerja. Dengan begitu, perencanaan yang telah dibuat tidak sia-sia dan perusahaan bisa mencapai target. 

5. Pengendalian

Terakhir adalah fungsi pengendalian dari manajemen bisnis. Adanya fungsi pengendalian perusahaan bisa memastikan sistem kerja berjalan dengan baik. Dengan begitu, kamu bisa melakukan penilaian terkait performa operasional bisnis perusahaan secara objektif. 

Tak sekadar melakukan pengendalian, kamu juga harus melengkapinya dengan proses evaluasi. Tahapan evaluasi memiliki peran penting agar perusahaan bisa melakukan perbaikan terhadap berbagai kekurangan yang ada. 

Komponen Penting Manajemen Bisnis

apa-itu-manajemen-bisnis

Setelah memahami berbagai fungsi tersebut, kamu bisa menyadari pentingnya implementasi manajemen bisnis dalam perusahaan. Terdapat beberapa komponen yang perlu kamu perhatikan dalam proses implementasi tersebut, di antaranya: 

1. Deskripsi Bisnis

Komponen pertama adalah informasi terkait bisnis yang tersedia secara jelas. Kamu bisa menjabarkan informasi tersebut lewat adanya deskripsi bisnis. Dengan begitu, setiap orang dalam perusahaan mempunyai pemahaman secara jelas tentang bisnis yang dijalankan. 

Lalu, deskripsi bisnis seperti apa yang mampu memaparkan informasi secara jelas. Kamu bisa membuatnya dengan memasukkan beberapa elemen seperti, jenis produk, untung rugi, biaya operasional, harga jual produk, target pasar, keunggulan produk, lokasi bisnis, serta konsep bisnis. 

2. Analisis Kompetitor

Elemen selanjutnya adalah adanya data kompetitor secara lengkap. Dari situ, kamu bisa melaksanakan analisis kompetitor. Dari hasil analisis, kamu bisa menyusun strategi secara tepat biar bisnis meraih kesuksesan.

3. Strategi Pemasaran

Selanjutnya, kamu perlu mempunyai strategi pemasaran. Dalam praktiknya, kamu bisa menyusun strategi marketing dengan beberapa tahapan seperti: 

  • Penentuan target pemasaran. Kamu bisa menentukan target pasar melalui proses riset terlebih dulu. Dari situ, kamu dapat memperoleh karakteristik target pemasaran secara spesifik. 
  • Analisis SWOT. Proses analisis SWOT menjadi tahapan penting untuk memahami kekuatan serta peluang yang bisa dimanfaatkan perusahaan. Di waktu yang sama, kamu juga bisa mengetahui kelemahan serta ancaman terhadap bisnis. 
  • Penentuan tujuan kegiatan pemasaran. Strategi pemasaran bisa mempunyai beragam tujuan, termasuk di antaranya adalah brand awareness, meningkatkan angka penjualan, dan lain sebagainya. Pilih jenis tujuan yang sesuai dengan kebutuhan. 
  • Menyusun strategi pemasaran. Dengan memperoleh semua informasi yang telah dikumpulkan, kamu bisa melakukan penyusunan strategi pemasaran. 
  • Evaluasi. Proses penyusunan strategi pemasaran berlangsung secara terus-menerus. Oleh karena itu, kamu perlu melakukan evaluasi untuk melakukan perbaikan terhadap strategi yang diterapkan. 

4. Laporan Keuangan

Keberadaan laporan keuangan menjadi komponen penting selanjutnya dalam manajemen bisnis. Dari adanya laporan keuangan, kamu bisa melakukan pengelolaan anggaran dengan benar. 

5. Konsistensi Kualitas Produk dan Layanan

Terakhir, kamu harus memperhatikan komponen yang berkaitan dengan kualitas produk. Pastikan bahwa perusahaan mempunyai konsistensi dalam menjaga kualitas produk atau layanan. Dengan begitu, perusahaan bisa mendorong tingkat kepuasan pelanggan. 

Ada beragam cara yang bisa kamu lakukan dalam menjaga kualitas produk dan layanan. Sebagai contoh, dengan memperhatikan kualitas bahan baku, mengecek mesin-mesin produksi, melakukan perawatan mesin secara rutin, dan lain sebagainya. 

Kamu pemilik bisnis? Ingin proses pembayaran pelanggan makin otomatis dan bisnis maju pesat ?

Yuk bermitra dengan DOKU, perusahaan teknologi pembayaran yang juga pionir payment gateway di Indonesia. Berdiri sejak tahun 2007, DOKU sudah mengawal ratusan ribu transaksi sukses dari berbagai perusahaan besar hingga UMKM. Cukup sekali daftar, bisnis langsung terkoneksi ke beragam metode pembayaran. Terima pembayaran bisnis makin mudah dan pelanggan pun lebih nyaman bertransaksi. 

Pilih solusi pembayaran sesuai kebutuhan Anda, seperti:

  • Solusi Perusahaan: Apapun jenis bisnisnya, kelola pembayaran pelanggan jadi mudah pakai DOKU
  •  Solusi UMKM: Tidak Perlu Paham Teknis, Bisnis Bisa Go Digital

Pastikan untuk ubah setiap peluang menjadi uang! Gunakan DOKU sekarang!