Apa Itu Brand Ambassador dan Apa Fungsinya untuk Bisnis? Cek di Sini!

apa itu brand ambassador

Apa itu brand ambassador? Sederhananya, mereka adalah orang yang bertugas untuk mempromosikan brand agar lebih dikenal target pasar.

Apa yang terbesit di benakmu saat mendengar istilah brand ambassador (BA)? Key Opinion Leader atau influencer? Well, mereka adalah orang-orang yang memainkan peran penting dalam strategi pemasaran suatu perusahaan. Lantas, apa itu brand ambassador sebenarnya? 

Read More: Strategi Brand Makanan Lokal yang Sering Dianggap Punya Luar, Ternyata Sengaja!

Pengertian Brand Ambassador

Secara harfiah, brand ambassador berarti duta merek. Secara garis besar, brand ambassador adalah orang yang direkrut perusahaan untuk menjadi promotor brand perusahaan terkait.

Sementara melansir laman EveryoneSocial, brand ambassador bisa diartikan sebagai orang yang bertugas mempromosikan brand beserta produknya ke target pasar mereka. Tujuannya untuk meningkatkan citra merek, memperluas jaringan pasar, dan mendorong penjualan.

Lantas, mengapa perusahaan merekrut brand ambassador? Jika diperhatikan, banyak konsumen melihat ulasan dari orang yang mereka ikuti di media sosial sebelum membeli produk. Sebab itu, perusahaan menggunakan brand ambassador dalam strategi pemasaran mereka.

Perusahaan juga tidak boleh sembarangan memilih brand ambassador. Terkenal saja tidak cukup, tapi juga harus memiliki kemampuan tertentu dalam menyampaikan semua yang terkait dengan brand. Biasanya yang dipilih adalah publik figur, seperti musisi, aktor, YouTuber, dan influencer.

Tugas Brand Ambassador

Ada sejumlah tugas dan tanggung jawab yang perlu diemban oleh seorang duta merek. Melansir dari berbagai sumber, seperti Indeed, berikut itu adalah tugas brand ambassador.

  • Mengetahui dan memahami secara mendalam visi dan misi perusahaan.
  • Mampu merepresentasikan brand perusahaan secara positif dalam bentuk apa pun.
  • Aktif berpartisipasi dalam kegiatan pemasaran perusahaan.
  • Membantu proses pembuatan konten pemasaran, seperti menulis caption untuk media sosial, ulasan, dan artikel blog.
  • Aktif berkolaborasi dengan tim marketing dan sales dalam penyusunan strategi pemasaran.
  • Membangun dan mempertahankan persepsi positif masyarakat mengenai brand.
  • Membangun dan meningkatkan brand awareness menggunakan strategi pemasaran word of mouth, yakni melalui lisan dan tulisan di media sosial.

Itulah sejumlah tugas dan tanggung jawab duta merek. Umumnya, tugas yang diemban berbeda-beda untuk setiap perusahaan. Meski demikian, tetap saja brand ambassador bukanlah pekerjaan yang mudah karena mereka adalah “wajah” suatu brand”.

Jadi, para duta merek harus mampu menjaga diri demi merepresentasikan seluruh nilai yang diterapkan oleh brand yang mereka wakili. Bila dilihat dari rentetan tugas dan tanggung jawabnya, ada beberapa skills yang wajib dimiliki calon BA, di antaranya:

  • Memiliki pengetahuan dasar mengenai pemasaran.
  • Memiliki jiwa kepemimpinan karena kompetensi ini berguna saat seorang brand ambassador harus menyuarakan pendapat.
  • Mempunyai eksistensi di media sosial dan memiliki pengaruh yang cukup besar.
  • Mampu memberikan ulasan positif secara objektif.
  • Mempunyai jiwa orisinalitas dan kreativitas yang tinggi untuk menciptakan konten pemasaran yang fresh.

Fungsi Brand Ambassador untuk Perusahaan

Jika dilihat dari tugasnya, mungkin kamu sudah bisa menebak fungsi brand ambassador untuk bisnis. Agar tidak penasaran, berikut adalah sejumlah peran penting seorang BA untuk perusahaan yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Meningkatkan reputasi

Suatu brand memiliki reputasi yang terkadang naik dan terkadang turun drastis, tergantung kondisi yang dialami. Sebagai contoh, bila netizen ramai-ramai memberitakan hal buruk tentang brand milikmu, maka reputasi bisnismu juga akan terkena dampaknya.

Dengan merekrut orang yang andal untuk menjadi brand ambassador, reputasi bisnis kamu bisa pulih kembali. Terlebih bila orang yang kamu pilih adalah publik figur dengan personal branding yang solid dan memiliki banyak pengikut.

2. Menjadi penghubung antara brand dan konsumen

Setiap perusahaan tentunya sudah memiliki strategi pemasaran untuk memperkenalkan brand pada target pasar. Penerapannya di lapangan jelas tidak mudah. Nah, di sinilah peran brand ambassador dibutuhkan.

Brand ambassador berperan jembatan antara brand dan target pasar yang sudah ditentukan. Mengapa harus brand ambassador? Melansir laman Keyhole, sekitar 63 persen orang mudah percaya dengan apa yang disampaikan oleh seorang BA atau influencer.

3. Penopang pertumbuhan perusahaan

Seorang duta merek dituntut untuk bisa memberikan ulasan atas produk dari brand yang merekrut mereka. Bukan ulasan biasa atau bahkan terlalu subjektif. Namun ulasan yang bersifat objektif, jujur, dan positif.

Tujuan dari pemberian ulasan yang objektif adalah agar pengikut brand ambassador tersebut tertarik untuk mendalami brand yang mereka wakili. Meski tak selalu berujung pada penjualan, ulasan positif dan tidak bias bisa mendorong engagement antara brand dan target pasar.

Jenis-Jenis Brand Ambassador

Brand ambassador dikategorikan ke dalam beberapa jenis. Berikut ini adalah tiga jenis BA yang umum digunakan dalam kegiatan pemasaran suatu brand.

1. Informal brand ambassador

Jenis brand ambassador satu ini bisa dilakukan oleh siapa saja. Biasanya adalah mereka yang menjadi pengguna setia produk suatu brand dan merasa puas dengan produk tersebut. Secara sadar mereka mempromosikannya ke orang lain melalui media sosial atau secara langsung.

Meski tidak secara resmi menjadi duta merek, informal brand ambassador melakukan promosi secara sukarela. Lantas, mengapa mereka mau kalau tidak mendapatkan bayaran? Sebab, mereka adalah konsumen setia yang antusias dengan produk-produk suatu brand.

Umumnya, ulasan yang mereka berikan juga jujur dan tidak terlalu subjektif. Contoh dari informal brand ambassador adalah para content creator yang kontennya soal mereview jenis produk tertentu, misal kosmetik.

2. Influencer brand ambassador

Sesuai namanya, perusahaan merekrut influencer untuk menjadi duta merek brand mereka. Seperti yang diketahui, influencer memiliki pengaruh cukup kuat di zaman serba digital seperti sekarang ini. Orang umumnya tertarik membeli suatu produk yang dipromosikan influencer.

Biasanya, perusahaan menjalin kerja sama dengan influencer selama periode tertentu. Tugas influencer tentunya adalah mempromosikan produk dari brand terkait. Imbalannya bisa berupa pendapatan dan juga produk gratis untuk kepentingan promosi.

Perusahaan juga tidak sembarangan memilih influencer. Orang yang dipilih adalah mereka yang memiliki personal branding positif dan banyak didengar oleh publik. Contohnya adalah influencer di Instagram, TikToker, dan YouTuber.

3. Affiliate brand ambassador

Brand ambassador satu ini merupakan promotor yang menerapkan sistem afiliasi. Tujuannya agar kedua belah pihak sama-sama mendapatkan keuntungan dari pemasaran. Biasanya, perusahaan merekrut orang dengan pengaruh yang besar, seperti influencer.

Dalam prosesnya, affiliate brand ambassador ditugaskan untuk mempromosikan produk dengan cara menyebarkan link penjualan. Bila ada orang yang melakukan pembelian dengan mengklik link tersebut, affiliate BA akan mendapatkan komisi.

Program brand ambassador ini dianggap sebagai metode terbaik untuk mendorong penjualan. Sebab, perusahaan hanya perlu mengeluarkan dana untuk membayar komisi jika brand ambassador berhasil melakukan penjualan.

Itu tadi ulasan seputar apa itu brand ambassador. Bisa disimpulkan bahwa brand ambassador adalah mereka yang bertugas mempromosikan suatu brand dengan tujuan meningkatkan penjualan dan brand awareness

Kamu punya bisnis? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!