Apa Itu Brand Equity? Ini Manfaat dan Cara Membangunnya

apa itu brand equity

Apa itu brand equity? Brand equity merupakan nilai brand suatu perusahaan yang bisa memengaruhi pertumbuhan perusahaan terkait.

Apple merupakan raksasa teknologi yang terkenal dengan produk-produknya yang selangit. Meski mahal, nyatanya banyak orang rela antre setiap peluncuran produk baru. Alasan dari fenomena ini adalah brand equity. Apa itu brand equity? Simak selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Brand Equity

Secara harfiah, brand equity berarti ekuitas merek. Sementara, Investopedia menjelaskan bahwa brand equity adalah nilai perusahaan yang melebihi nilai brand kompetitor. Nilai tersebut muncul karena brand lebih mudah dikenal dibanding merek lain.

Dengan kata lain, merek dengan brand equity yang tinggi cenderung lebih mudah dikenal dan diingat oleh konsumen. Tak hanya itu, umumnya produk yang ditawarkan juga unggul dalam segi kualitas.

Jadi, tak heran bila konsumen rela mengantre berjam-jam dan bahkan membayar lebih untuk bisa mendapatkan produk dari brand ternama. Sekalipun ada merek lain dengan harga yang lebih rendah, orang tetap memilih merek dengan brand equity yang solid.

Sebagai contoh, produk-produk Apple selalu dibanderol dengan harga fantastis. Pun begitu dengan produk Samsung yang mana kualitasnya tak kalah dengan Apple. Hanya saja, antrean brand asal Korea tersebut tak pernah sebanding dengan Apple.

Ini menunjukkan bahwa Apple adalah brand dengan ekuitas merek yang tinggi. Nilai ekuitas ini ditentukan oleh pengalaman dan persepsi konsumen dalam menggunakan produk dari brand terkait. 

Read More: 7 Ide Bisnis Tak Kenal Musim, Laris Sepanjang Tahun

Manfaat Brand Equity untuk Bisnis

Memiliki brand equity yang kuat tak melulu soal meraup banyak keuntungan. Namun lebih ke soal membangun dan menjaga relasi jangka panjang dengan para pelanggan. Untuk lebih lengkapnya, di bawah ini adalah sejumlah manfaat brand equity untuk perusahaan.

1. Bisa melakukan diferensiasi

Perusahaan besar selalu bisa mengalahkan kompetitornya. Tahu alasannya kenapa? Hal ini karena mereka memiliki ekuitas merek yang tinggi. Dengan begitu, mereka tak takut melakukan diferensiasi produk. Apa itu diferensiasi produk?

Sederhananya, diferensiasi produk adalah kegiatan di mana perusahaan meluncurkan produk-produk yang berbeda dengan kompetitor. Diferensiasi dilakukan ketika konsumen sudah percaya dengan brand atau dengan kata lain brand memiliki ekuitas merek yang baik.

Dengan adanya diferensiasi, nama brand akan semakin kuat sehingga bisa selalu unggul dari pesaingnya. Misalnya, brand mi instan A rutin meluncurkan variasi rasa khas nusantara untuk memenangkan hati konsumen setianya.

2. Produk tetap laku meski harga dinaikkan

Perusahaan yang memiliki brand equity tinggi memiliki konsumen loyal yang cenderung tidak memikirkan harga. Mereka loyal karena mereka percaya terhadap brand value suatu perusahaan. Sehingga, mereka tidak heran bila perusahaan memasang harga tinggi.

Konsumen loyal yakin bahwa harga yang tinggi berbanding lurus dengan kualitas produk yang ditawarkan. Sebagai contoh, iPhone X produk dari Apple yang dibanderol 14 juta rupiah pada tahun 2017, ludes kurang dari 10 menit setelah pre-order dibuka.

Dengan harga sefantastis itu, konsumen setia Apple tak butuh berpikir dua kali untuk membeli produk teranyar Apple. Nah, inilah pentingnya memiliki brand equity yang kuat.

3. Meningkatkan loyalitas konsumen

Ekuitas merek perlu digencar oleh perusahaan karena bisa membantu meningkatkan kesetiaan konsumen terhadap brand. Sebagai contoh, kamu mungkin punya teman yang setia memakai smartphone dari merek A. Padahal, banyak merek baru dengan kualitas yang sebanding.

Mengapa demikian? Alasan utamanya karena mereka sudah percaya dengan brand yang mereka pilih. Melansir laman Invesp, sekitar 59 persen orang cenderung memilih produk yang sudah lama mereka percaya. Ini menunjukkan bahwa perusahaan memiliki customer value yang baik.

Berkat adanya konsumen yang loyal, eksistensi perusahaan juga semakin kuat. Kegiatan operasional perusahaan juga tentunya akan merasakan dampak yang positif.

Cara Membangun Brand Equity

Brand equity merupakan suatu aspek yang perlu diupayakan oleh setiap pebisnis. Tanpa adanya usaha, mustahil perusahaan memiliki ekuitas merek yang baik. Berikut adalah cara membangunnya.

1. Ciptakan brand awareness

Cara pertama untuk meningkatkan brand equity adalah dengan menciptakan brand awareness. Maksudnya adalah perusahaan harus bisa memperkenalkan brand ke target pasar. Dengan begitu, pasar bisa mengenali brand saat mereka membutuhkan produk tertentu.

Untuk bisa menciptakan brand awareness, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan oleh tim pemasaran, di antaranya:

  • menciptakan customer service yang responsif dan membantu
  • membuat konten-konten yang bersifat storytelling
  • selalu menjaga relasi dengan konsumen melalui newsletter
  • memaksimalkan penggunaan elemen-elemen visual brand perusahaan pada semua konten yang dibuat

2. Melakukan uji coba produk

Setiap akan meluncurkan produk baru, ada baiknya perusahaan melakukan uji coba terlebih dahulu. Uji coba harus dilakukan ke target pasar agar perusahaan bisa mengetahui kemungkinan munculnya masalah dan menciptakan solusi yang tepat.

Uji coba juga bisa diterapkan untuk memperoleh ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan produk. Di samping itu, uji coba dapat menjadi cara untuk menunjukkan bahwa perusahaan peduli dengan konsumennya. Hasilnya, loyalitas konsumen dapat meningkat.

3. Sampaikan visi dan misi perusahaan

Selanjutnya adalah dengan menyampaikan visi dan misi perusahaan. Mengapa? Sebab, inisiatif baik ini bisa membantu brand menciptakan persepsi positif di benak konsumen. Hanya saja, menyampaikan visi dan misi saja tidak cukup.

Perusahaan juga wajib mengomunikasikan manfaat dari penggunaan produk yang mereka tawarkan ke calon konsumen. Dengan begitu, konsumen akan merasa terdorong untuk lebih memprioritaskan produk dari perusahaan tersebut dibanding milik kompetitor.

4. Tingkatkan pengalaman konsumen

Pengalaman konsumen atau istilah kerennya customer experience adalah aspek yang harus ditingkatkan untuk menciptakan brand equity yang bagus. Hal-hal yang termasuk dalam pengalaman konsumen adalah kualitas produk dan pelayanan dari customer service brand terkait.

Sebagai contoh, brand Apple menciptakan customer experience yang bagus dengan menerapkan lima prinsip pelayanan pelanggan yang disebut APPLE. Prinsip ini bisa dijumpai saat konsumen datang ke Apple Store. Berikut kelima prinsip tersebut:

  • A untuk Approach: Mendekati konsumen dengan sikap terbuka dan hangat.
  • P untuk Probe: Mencari tahu apa yang dibutuhkan konsumen dengan sikap sopan.
  • P untuk Present: Mampu memberikan solusi yang solutif untuk konsumen.
  • L untuk Listen: Mampu mendengarkan dan memberikan solusi atas keluhan maupun kekhawatiran konsumen mengenai produk yang mereka butuhkan.
  • E untuk End: Mengakhiri percakapan dengan baik.

Kelima prinsip di atas juga bisa diterapkan ke bisnis yang kamu kelola. Dengan begitu, customer experience perusahaan kamu bisa meningkat dan ekuitas merek pun juga akan terjaga. Terlebih bila mendapatkan ulasan positif, dijamin pasti brand kamu akan semakin dipercaya.

Itu tadi ulasan mengenai apa itu brand equity. Bila disimpulkan, brand equity adalah nilai brand yang mampu melampaui brand kompetitor. Brand equity merupakan aspek yang perlu diupayakan menggunakan berbagai cara di atas.

Kamu punya bisnis? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!