Apa Itu Employer Branding dan Kenapa Penting Untuk Jangka Panjang Bisnis

apa itu employer branding

Kualitas karyawan jadi aspek penting dalam menunjang keberhasilan bisnis perusahaan. Kehadiran karyawan berkualitas, bisa membantu kinerja perusahaan jadi lebih baik. Oleh karena itu, Anda perlu memahami dulu apa itu employer branding

Pemahaman yang benar tentang employer branding bisa sangat membantu perusahaan dalam menjalankan bisnis. Tak hanya membuat karyawan betah dan loyal. Namun, kamu juga bisa memperoleh deretan manfaat lain yang tidak kalah besar. 

Read More: Apa Itu Brand Ambassador dan Apa Fungsinya untuk Bisnis? Cek di Sini!

Apa Itu Employer Branding

Dalam pengertiannya, employer branding merupakan upaya perusahaan dalam melakukan komunikasi terkait identitas bisnis kepada para karyawan. Lewat komunikasi yang baik, perusahaan bisa memperoleh citra sebagai tempat kerja yang positif. 

Citra perusahaan sebagai tempat kerja yang positif dan menyenangkan sangat penting. Hal ini mempunyai keterkaitan sangat erat dalam kemudahan perusahaan dalam mencari tenaga kerja baru yang berkualitas. 

Ini Alasan Kenapa Perusahaan Perlu Tahu Apa Itu Employer Branding

Banyak orang mungkin beranggapan kalau pemahaman tentang apa itu employer branding tidak memberi banyak manfaat bagi bisnis. Padahal, perusahaan bisa mendapatkan berbagai keuntungan kalau mempunyai employer branding positif. 

Beberapa manfaat yang menjadi alasan kenapa perusahaan perlu membangun employer branding di antaranya adalah: 

1. Kemudahan dalam merekrut karyawan baru

Perusahaan yang mempunyai employer branding baik akan memperoleh kemudahan dalam melakukan perekrutan karyawan baru. Bahkan, kamu bisa mendatangkan karyawan baru bertalenta tinggi secara lebih mudah. 

Betterteam menyebutkan kalau perusahaan dengan employer brand positif akan memperoleh surat lamaran kerja dengan jumlah sangat banyak. Di sisi lain, pelaku bisnis yang memiliki employer brand buruk akan sulit mencari karyawan baru. 

Untuk menarik minat para kandidat tenaga kerja, perusahaan dengan reputasi buruk berupaya untuk menawarkan gaji tinggi. Meski begitu, para pencari kerja punya rasa enggan ketika memperoleh penawaran tersebut. 

2. Menekan biaya iklan

Proses perekrutan karyawan baru di sebuah perusahaan tidaklah mudah. Kamu perlu menjalani tahapan yang cukup kompleks. Selain itu, kamu juga harus mengeluarkan biaya untuk setiap perekrutan karyawan. 

Ada beberapa fakta menarik berkaitan dengan biaya perekrutan karyawan yang perlu kamu ketahui, yaitu: 

  • Society for Human Resource Management (SHRM) menyebutkan, rata-rata cost per hire adalah sekitar US$4.700 atau setara Rp72 juta
  • Edie Goldberg founder perusahaan talent management E.L. Goldberg & Associates menyebutkan biaya perekrutan bisa mencapai 3 sampai 4 kali gaji

Perhitungan biaya perekrutan karyawan tersebut mencakup berbagai komponen. Beberapa komponen tersebut meliputi, pemakaian software dan hardware, gaji tenaga perekrut, biaya tes psikologi, iklan lowongan kerja, ataupun ongkos perjalanan. 

Dengan pengeluaran yang sangat besar tersebut, perusahaan harus harus benar-benar cermat dalam proses perekrutan. Di waktu yang sama, employer branding sangat membantu karyawan dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses perekrutan. 

Perusahaan bisa menekan biaya perekrutan secara signifikan berkat employer branding yang positif. Tanpa harus memasang iklan terlalu banyak, pelamar akan datang dengan sendirinya. 

3. Membuat karyawan jadi lebih loyal

Pemahaman dan sekaligus penerapan tentang apa itu brand employer secara tepat dapat pula membantu perusahaan dalam mempertahankan talenta terbaik. Brand employer positif membuat karyawan jadi betah untuk tetap bekerja di tempat kamu. 

Perusahaan dengan brand loyalty yang positif mampu memperlakukan para karyawannya dengan dengan baik. Karena perlakuan yang baik tersebut, karyawan jadi enggan berpaling ke perusahaan lain meski memperoleh penawaran dengan gaji lebih tinggi. 

4. Meningkatkan produktivitas karyawan

Manfaat yang tidak kalah penting dari employer branding adalah peningkatan kualitas kerja para karyawan. Karyawan tidak hanya merasa nyaman berada di tempat kerja, tetapi mereka juga memiliki produktivitas yang meningkat. 

Ada beberapa faktor yang dapat mendorong peningkatan produktivitas karyawan berkaitan dengan employer branding, termasuk di antaranya adalah: 

  • Rasa memiliki. Karyawan yang loyal terhadap perusahaan mempunyai ikatan batin yang kuat. Oleh karena itu, tidak heran kalau mereka giat bekerja demi mencapai tujuan bisnis perusahaan.
  • Motivasi tinggi. Ada pula faktor yang berkaitan dengan motivasi bekerja. Apalagi, ketika perusahaan menjanjikan benefit tertentu ketika karyawan telah mencapai target yang ditentukan. Benefit itu bisa bermacam-macam, termasuk di antaranya adalah kenaikan pangkat, gaji, ataupun tunjangan.

Cara Membangun Employer Branding

Setelah memahami apa itu employer branding dan manfaatnya, kamu tentu bertanya-tanya, bagaimana cara meningkatkannya? Ada berbagai upaya yang bisa kamu lakukan untuk mendorong peningkatan employer branding. Upaya tersebut meliputi: 

1. Pahami karakteristik karyawan seperti halnya kamu mengenali konsumen

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan memiliki pengetahuan secara komprehensif tentang karakteristik karyawan. Lakukan pendekatan seperti halnya ketika kamu ingin mengenali kepribadian dari para pelanggan. 

Informasi seperti ini sangat penting, berkaitan secara langsung dengan strategi kamu dalam meningkatkan employer branding. Dengan begitu, kamu dapat menyusun strategi yang sesuai dengan karakteristik karyawan. 

2. Tata proses perekrutan karyawan secara teratur

Selanjutnya, kamu perlu pula memperhatikan pola perekrutan karyawan. Jangan lakukan secara serampangan, tetapi harus melalui pola tertata. Dengan cara ini, kamu bisa merekrut karyawan terbaik sesuai dengan kebutuhan perusahaan. 

3. Dorong lingkungan kerja yang mengedepankan work-life balance

Gaji bukanlah satu-satunya faktor yang membuat karyawan betah. Selain gaji, kamu juga harus memperhatikan reward bagi mereka. Terkait hal yang satu ini, kamu perlu memperhatikan waktu istirahat para karyawan. 

Insentif secara finansial memang penting bagi karyawan. Namun, kamu harus tahu kalau ada hal lain yang lebih mereka inginkan, yaitu work-life balance. Keberadaan waktu istirahat membuat karyawan bisa beraktivitas dengan keluarga tanpa gangguan. 

4. Dorong karyawan terlibat dalam upaya employer branding

Dalam penerapan strategi meningkatkan employer branding, kamu harus melibatkan karyawan secara langsung. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menerapkannya, antara lain adalah: 

  • Mendorong para karyawan untuk menyuarakan pengalaman dan uneg-uneg
  • Mengabadikan aktivitas kerja para karyawan
  • Mengajak karyawan untuk bercerita tentang budaya kerja yang ada di perusahaan

5. Manfaatkan akses internet

Publikasi menjadi aspek penting dalam upaya membangun employer branding. Oleh karena itu, kamu perlu memanfaatkan sarana internet sebagai publikasi. Kamu bisa menggunakan website ataupun akun media sosial resmi perusahaan. 

6. Pelajari cara bijak dalam menolak pelamar kerja

Dalam sebuah proses perekrutan, tidak semua pelamar bisa kamu terima. Namun, bukan berarti kamu harus mengacuhkan mereka yang ditolak. Berikan balasan untuk setiap pelamar. Cara seperti ini, membuat kandidat merasa dihargai oleh perusahaan. 

7. Cari tahu apa yang membuat perusahaan kamu beda dan menarik dibanding tempat kerja lain

Terakhir, kamu harus memahami secara pasti faktor yang membuat perusahaan tempat bekerja, terlihat unik dibanding tempat kerja lain. Kelebihan tersebut bisa bermacam-macam, termasuk di antaranya adalah: 

  • Lingkungan kerja yang positif
  • Sistem kerja fleksibel, bisa secara remote atau jarak jauh
  • Skema kenaikan gaji dan jabatan yang transparan

Itulah panduan lengkap yang bisa kamu ketahui terkait apa itu employer branding dan cara meningkatkannya. Dengan penerapan secara tepat, employer branding bisa membantu bisnis kamu semakin melejit!

Kamu punya bisnis? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!