Brand Activation Adalah Upaya Mendekatkan Diri kepada Pelanggan, Ini Caranya!

brand activation adalah

Ingin melakukan interaksi secara lebih dekat dengan pelanggan? Brand activation adalah jawabannya. Ini cara melakukannya!

Hubungan dekat antara pelanggan dengan pelaku usaha merupakan salah satu faktor penting yang berpengaruh pada tingkat kesuksesan bisnis. Brand activation adalah salah satu upaya yang bisa kamu lakukan untuk mendekatkan diri dengan para pelanggan. Ingin tahu caranya? Baca artikel ini sampai selesai, yuk!

Read More: Apa Itu Brand Loyalty? Ini Manfaat dan Cara Meningkatkannya

Pengertian Brand Activation

Pengertian brand activation sangat sederhana. Istilah ini merujuk pada bagaimana upaya kamu dalam menarik perhatian konsumen ke sebuah brand. Dengan begitu, brand kamu bisa lebih dikenal oleh konsumen. Dengan begitu, brand kamu dapat melakukan interaksi dengan konsumen secara lebih dekat. 

Kamu dapat melakukan berbagai cara dalam strategi brand activation. Dalam praktiknya, banyak pelaku usaha berupaya melaksanakan kampanye brand activation dengan cara yang unik dan kreatif. Dengan begitu, mereka bisa menarik perhatian konsumen dan mengajak mereka untuk berinteraksi. 

Strategi Dalam Melaksanakan Brand Activation

Pendekatan yang biasa-bisa saja tidak akan efektif dalam kampanye brand activation. Dalam menjalankannya, kamu perlu menyusun strategi yang tepat biar mencapai tujuan yang diinginkan. Oleh karena itu, kamu harus menyiapkan strategi dalam pelaksanaan kampanye brand activation.

Ada 5 langkah penting yang perlu kamu perhatikan dalam strategi pelaksanaan brand activation, yaitu: 

1. Kenali Brand Kamu

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menentukan bagaimana konsumen memandang brand bisnis kamu. Untuk itu, pahami value dari brand kamu. Dengan begitu, kamu dapat menyampaikan brand message secara jelas kepada para pelanggan. 

2. Tetapkan Target Kampanye

Menjalankan kampanye brand activation tanpa terlebih dahulu menetapkan target audiens bakal sangat merugikan. Kamu harus mengetahui kriteria target pemasaran secara jelas. Survei oleh Smart HQ memperlihatkan, 72% konsumen lebih memiliki ketertarikan pada aktivitas pemasaran yang dirancang sesuai dengan minat mereka. 

3. Lakukan Analisis SWOT

Persiapan dalam bentuk analisis SWOT juga tidak kalah penting. Lewat analisis ini, kamu jadi tahu kekuatan, kelemahan, peluang, serta faktor yang menjadi ancaman bisnis. 

4. Eksplorasi Cara Pendekatan yang Efektif Kepada Pelanggan

Ada banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk menarik perhatian dari para konsumen. Kamu jangan terpaku pada metode yang itu-itu saja. Cobalah untuk berpikir kreatif dengan tetap mempertimbangkan tujuan dari kampanye brand activation yang kamu jalankan. 

5. Terapkan Sistem Manajemen yang Baik 

Hal yang tak kalah penting, kamu perlu memperhatikan sistem manajemen pengelolaan kegiatan dengan baik. Lakukan pembagian tugas sesuai dengan keahlian dari masing-masing anggota tim. Dengan begitu, pelaksanaan kampanye bisa efektif dan efisien. 

Teknik Pelaksanaan Brand Activation

Brand activation adalah kampanye pemasaran produk yang dapat kamu lakukan dalam berbagai metode. Sebagai referensi, terdapat 7 jenis kampanye pemasaran brand activation yang cukup populer, yaitu: 

1. Direct Marketing Activation

Metode ini bisa kamu lakukan dengan melakukan interaksi secara langsung dengan konsumen. Kamu bisa menerapkannya dengan berbagai cara, termasuk di antaranya adalah membagikan sample barang secara gratis, menyelenggarakan event atau bagi-bagi hadiah di dalam toko (in-store brand activation), ataupun wawancara. 

2. Social Media Activation

Brand activation adalah kampanye pemasaran yang dapat kamu lakukan lewat berbagai media. Bahkan, kamu dapat pula memanfaatkan platform internet dengan melaksanakan kampanye social media activation. 

Kampanye pemasaran ini dapat kamu selenggarakan dengan melakukan interaksi secara online lewat media sosial. Contoh penerapannya adalah kampanye pemasaran menggunakan Instagram, Facebook, TikTok, ataupun WhatsApp. 

3. Marketing Event Activation

Kampanye pemasaran brand activation yang bisa kamu coba selanjutnya adalah dengan menyelenggarakan event. Kegiatan pemasaran seperti ini bertujuan untuk mengajak konsumen untuk menggunakan produk brand secara personal. 

Dalam pelaksanaannya, event marketing activation kerap berlangsung dengan mengajak konsumen berinteraksi dengan tenaga ahli. Selain itu, kamu dapat pula menyediakan berbagai jenis permainan untuk mendekatkan diri kepada konsumen. 

4. Sponsorship Activation

Selanjutnya, ada metode sponsorship activation. Dalam metode ini, kamu menjadi sponsor oleh sebuah kegiatan dari pihak ketiga. Sebagai salah satu pendana, kamu akan memperoleh ruang atau segmen secara khusus dari panitia untuk melakukan interaksi dengan konsumen. 

5. Promotion Activation

Kamu dapat pula memilih untuk menjalankan kampanye promotion activation. Kegiatan ini bisa kamu selenggarakan dengan menawarkan promo tertentu. Contohnya adalah promo pembukaan cabang baru, promo ulang tahun, ataupun promo akhir bulan. 

Contoh Pelaksanaan Brand Activation

Sampai di sini, kamu sudah tahu brand activation adalah cara yang efektif untuk mendorong interaksi dengan pelanggan. Selanjutnya, kamu bisa berkreasi dalam menyusun kampanye kegiatan pemasaran yang menarik dan unik. 

Sebagai referensi, berikut ini adalah beberapa contoh kegiatan brand activation yang sukses dan berhasil menarik perhatian konsumen: 

1. HP Anti-Gravity Printer

Contoh pertama kampanye pemasaran yang menarik adalah iklan HP printer antigravitasi dari HP. Perusahaan teknologi dunia itu memperkenalkan printer yang bisa dioperasikan di luar angkasa. Keberadaan printer tersebut pun menarik perhatian dan menjadi salah satu kampanye iklan yang mudah diingat. 

2. Jump Store Adidas

Adidas terkenal sebagai produsen peralatan olahraga terkenal dunia, terutama baju serta sepatu olahraga. Dalam sebuah peluncuran produk terbarunya, Adidas menyelenggarakan permainan yang mengajak peserta untuk melompat dan mengambil produk dari ketinggian 10 meter dalam kurun 24 detik. 

Dalam kesempatan tersebut, setiap peserta berkesempatan untuk mencoba berbagai peralatan yang tersedia. Kampanye pemasaran ini terbukti sangat efektif dan banyak orang yang berpartisipasi di dalamnya. Apalagi, pelaksanaannya berlangsung dengan partisipasi dari para pemain basket dari Chicago Bulls. 

3. Pengalaman Menginap Secara Virtual di Hotel oleh Stella Artois

Pada masa pandemi COVID-19, brand bir asal Belgia yakni Stella Artois memiliki ide brand activation menarik. Mereka mengajak para pelanggan untuk merasakan pengalaman menginap secara virtual di hotel bintang 5 dengan para selebritis dunia. 

Pelanggan yang terpilih akan berkesempatan memperoleh wake-up call dari aktor Liev Schreiber. Tidak hanya itu, konsumen beruntung juga bisa melakukan chat secara langsung dengan Andy Cohen dan akan memperoleh pelayanan menikmati makanan bersama dengan Eva Longoria. 

4. Misting Station Vitaminwater

Selanjutnya, ada kampanye marketing menarik oleh Vitaminwater dalam ajang WayHome Music Festival. Acara tersebut berlangsung di tengah teriknya musim panas. Untuk menghilangkan rasa gerah dan panas tersebut, Vitaminwater membangun “misting station”. 

Misting station tersebut menjadi sorotan yang menarik bagi para pengunjung konser. Di situ, mereka bisa mendinginkan tubuh sejenak dan selanjutnya dapat kembali menikmati keseruan mendengarkan musik. 

Nah, itulah pembahasan lengkap mengenai brand activation yang perlu kamu pahami. Sekarang, kamu jadi paham kalau brand activation adalah upaya penting yang dapat berpengaruh pada kesuksesan sebuah bisnis, kan? 

Untuk mendukung kesuksesan bisnis, kamu jangan hanya berfokus pada kampanye pemasaran. Namun, perhatikan pula kualitas pelayanan kepada para pelanggan, khususnya berkaitan dengan pembayaran. Alih-alih cara pembayaran konvensional, kamu perlu menggunakan sistem pembayaran digital.  Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!