Sifat Sifat Seorang Wirausaha Yang Harus Dimiliki, Apa Saja?

berikut sifat yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha yaitu

Dewasa ini, kata wirausaha adalah salah satu kata yang populer kita dengar. Bahkan dalam banyak modul pelajaran di sekolah, materi kewirausahaan mulai banyak diselipkan. Tapi apa sebenarnya yang dimaksud dengan seorang wirausaha berikut sifat yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha yaitu? Temukan jawabannya dalam ulasan berikut.

Read more: Penting Untuk Bisnis, Contoh Testimoni yang Baik

wirausaha

Apa yang Dimaksud dengan Seorang Wirausaha?

Seorang ahli ekonomi dari Perancis, J.B Says, berkata bahwa wirausaha adalah seorang pengusaha yang mampu melakukan pengelolaan sumber daya yang dimilikinya dengan ekonomis sehingga meningkatkan produktivitas.

Sederhananya, seseorang bisa disebut sebagai wirausaha ketika dia menciptakan sebuah bisnis atau usaha dengan menanggung semua resiko berikut keuntungannya. Seorang wirausaha senantiasa terlibat dalam semua proses dalam bisnisnya, dimulai dari proses perancangan produk, proses produksi serta promosi dan pemasarannya. Seluruh proses ini disebut sebagai kewirausahaan atau entrepreneurship.

4 Tipe Wirausahawan

Sebelum menjawab pertanyaan sifat yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha, mari kita berkenalan dulu dengan 4 tipe wirausahawan. Berdasarkan karakternya, ada 4 tipe wirausahawan, yaitu tipe Builder, Opportunist, Innovator, dan Specialist.

  1. Builder

Tipe Builder biasanya berkeinginan membangun bisnis yang terukur dalam rentang  waktu singkat. Tipe ini akan membangun infrastruktur yang kuat dengan mempekerjakan karyawan berkualitas dan mencari investor terbaik. 

  1. Opportunist 

Wirausahawan Opportunist adalah para penguasaha optimis dengan keahlian menemukan kesempatan finansial yang menguntungkan. Mereka bisa mendapatkan momen yang pas, bertahan pada masa bertumbuh, dan keluar ketika bisnis mencapai puncaknya. Mereka bisa menjadi individu yang impulsif juga. 

  1. Innovator

Tipe inovator adalah individu-individu yang memiliki ide atau produk baru yang tidak pernah dipikirkan orang sebelumnya. Mereka sangat peduli tentang pengaruh produk atau layanan  yang mereka buat pada masyarakat. 

Tipe Innovators seringkali tidak memiliki kemampuan terbaik dalam menjalankan bisnis. Mereka lebih sering melimpahkan tanggung jawab menjalankan operasional pada orang yang lebih kompeten.

  1. Specialist

Wirausahawan spesialis merupakan orang-orang yang analitis dan cenderung menghindari risiko. Mereka punya keahlian yang khusus dalam bidang yang spesifik yang didapatkan dari jenjang pendidikan atau magang.

Para Specialist ini membangun bisnis mereka dengan mengandalkan jaringan dan koleganya. Hal ini berdampak pada pertumbuhan yang lebih lambat dibanding para Builder. Mereka seringkali memulai bisnis setelah mencoba bekerja di bawah orang lain.

4 Tipe Wirausahawan Berdasarkan Bidang Bisnis

Selain melihat tipe wirausaha dari berbagai karakter, ada lagi 3 tipe wirausaha yang dilihat berdasarkan bidang bisnis yang ditekuni:

  1. Intrapreneur
    Tipe wirausaha ini lingkupnya ada di dalam perusahaan. Seorang Intrapreneur bekerja secara maksimal dengan memberikan ide kreatif demi memajukan perusahaan. Intrapreneur tidak memiliki kebebasan penuh seperti entrepreneur sehingga resiko yang ditanggung juga lebih kecil.
  2. Sociopreneur
    Sociopreneur memusatkan fokus bisnisnya kepada masalah sosial dengan aktivitas yang bernilai ekonomi. Biasanya kegiatan mereka juga menjadi upaya untuk mengatasi masalah-masalah lingkungan dan sosial dengan harapan untuk masa depan yang lebih baik. Misalnya pengelolaan limbah sampah, kerajinan tangan dengan bahan-bahan daur ulang, bimbingan belajar untuk anak-anak usia sekolah, pelayanan kesehatan yang terjangkau.
  3. Technopreneur
    Tipe technopreneur mengutamakan teknologi sebagai penggerak utama bisnisnya. Proses produksi, jual-beli, hingga peningkatan pelayanan kepada konsumen, semuanya  menggunakan komputer dan internet.
  4. Ecopreneur
    Ecopreneur
    mirip dengan Sociopreneur, namun fokusnya bukan hanya mementingkan keuntungan (profit). Seorang Ecopreneur sangat mempertimbangkan masalah sumber daya yang digunakannya; apakah ramah lingkungan? Apakah bisnisnya bisa memberikan keberlangsungan yang bermanfaat? Semua proses kewirausahaan di sini benar-benar memanfaatkan sumber daya yang ramah lingkungan serta efisien.

10 Sifat yang Harus Dimiliki oleh Seorang Wirausaha

Nah, kamu sudah tahu mengenai makna wirausahawan dan juga tipe-tipenya. Bagaimana dengan sifat-sifat yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha untuk mendukung kesuksesan bisnisnya?

Berikut sifat yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha yaitu:

  1. Punya Komitmen

Menjalankan sebuah usaha membutuhkan komitmen jangka panjang. Sehingga punya komitmen yang tinggi adalah sebuah keharusan untuk menjadi seorang wirausahawan yang sukses. Komitmen ini akan tercermin dari sikap ataupun perkataan yang akan kamu pertanggungjawabkan nanti.

  1. Disiplin

Disiplin yang tinggi tidak hanya diperlukan dalam kehidupan sehari-hari tetapi juga untuk menjalankan usaha yang sukses. Karakter wirausahawan yang disiplin akan nampak dari keteraturannya dalam menjalankan usaha.

Seorang wirausaha yang disiplin akan bisa memotivasi dirinya dan mengobarkan semangat menuju tujuan yang dimilikinya. Disiplin dapat kamu mulai dari hal-hal yang  berhubungan dengan diri sendiri seperti manajemen waktu dan bagaimana mengatur pekerjaan-pekerjaan yang menjadi tanggung jawabmu.

  1. Percaya Diri

Untuk bisa membuat dan menjalankan sebuah bisnis diperlukan kepercayaan diri. Karena kamu tidak akan lagi bergantung pada arahan atasan dan pendapatan yang sudah pasti setiap bulannya. Makanya untuk memulai perjalanan sebagai seorang wirausahawan sifat percaya diri mutlak diperlukan.

Sifat percaya diri ini juga akan sangat berguna ketika bisnis yang akan kamu mulai adalah sesuatu yang belum pernah dibuat orang lain sebelumnya. 

  1. Tidak Gampang Menyerah

Tidak banyak orang yang langsung sukses besar saat baru memulai bisnis pertamanya. Jatuh bangun, kerugian, kesalahan, adalah hal-hal yang lumrah terjadi pada saat baru belajar memulai usaha. Sehingga salah satu sifat yang dibutuhkan seorang pengusaha tentunya adalah tidak gampang menyerah.

  1. Punya Daya Kreativitas

Dalam KBBI, kreativitas dapat diartikan sebagai daya cipta. Memiliki kemampuan untuk menciptakan sesuatu dan berinovasi adalah modal yang dibutuhkan seorang wirausahawan agar sukses dalam bisnisnya.

  1. Jujur

Kepercayaan adalah modal penting dalam menjalankan bisnis apapun. Pengusaha yang memiliki sifat jujur akan lebih mudah menjalin dan mengembangkan kemitraan dengan berbagai pihak dan juga mendapatkan loyalitas pelanggannya. 

  1. Tidak Takut Mengambil Risiko

Dalam berbisnis, akan selalu ada momen-momen di mana seorang pemilik bisnis harus mengambil keputusan yang akan membawa keuntungan sekaligus memiliki risiko kerugian. Pada saat itu, karakter tidak takut mengambil risiko akan dibutuhkan untuk mengembangkan bisnis.

Walau begitu, keberanian dalam mengambil risiko juga harus dibarengi dengan kemampuan untuk menentukan langkah mitigasinya. Seorang pengusaha harus bisa menganalisa dan mengambil keputusan terkait risiko vs keuntungan yang akan didapatnya.

  1. Pekerja Keras dan Cerdas

Semua wirausahawan sukses adalah orang-orang yang bekerja keras sepanjang hidup mereka. Walau begitu tidak cukup hanya dengan memiliki sifat pekerja keras, kamu juga harus bisa bekerja secara cerdas. 

  1. Bisa Bekerja dalam Tim

Kamu tidak akan bisa mengembangkan usahamu jika hanya mengandalkan kemampuan diri sendiri. Kamu akan butuh tim yang solid dan kompeten. Maka dari itu penting untuk memiliki kemampuan untuk bisa bekerja dalam tim.

  1. Visioner dan Berorientasi pada Masa Depan

Menjadi seorang wirausahawan, kamu harus mampu untuk menganalisa apa yang mungkin terjadi di masa depan. Mampu untuk berpikir visioner dan menentukan langkah apa yang harus diambil pada masa kini untuk mendapatkan keuntungan di masa depan.

Untuk mengambil langkah yang tepat, kamu bisa menggunakan data di masa lalu dan melakukan penyesuaian langkah di masa kini setelah memahami prediksi di masa yang akan datang.

Bagaimana, sudah mendapatkan jawaban berikut sifat yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha yaitu? Siap untuk memulai jadi wirausaha? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat? Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung,  kamu bisa menikmati beragam fitur pembayaran digital, seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsAppe-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, Instant Checkout untuk transaksi di Instagram atau Facebook bisnis Anda jadi otomatis, hingga QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR. Serta yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang andal!

Cara bergabungnya pun mudah. Kamu bisa registrasi melalui aplikasinya dan mengunduh Aplikasi Juragan DOKU melalui smartphone di sini atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini. 

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!