Mudah, Simak Cara Daftar Aplikasi QRIS Ini!

Aplikasi QRIS

QRIS atau Quick Response Code Indonesian Standard merupakan penyatuan berbagai macam kode QR dari beragam kanal pembayaran. Sistem ini merupakan inovasi yang dikembangkan oleh Bank Indonesia dan Industri Sistem Pembayaran.

Tujuan inovasi QRIS adalah untuk menyederhanakan sistem pembayaran online. Jadi dengan pindai satu QR code saja, pembayaran bisa dilakukan dari platform digital payment manapun secara otomatis.

Untuk bisa menggunakan QRIS sebagai salah satu metode pembayaran di bisnis, pemilik usaha harus mendaftar terlebih dahulu. Lalu, bagaimana cara daftar aplikasi QRIS? Berikut ulasannya.

Read more: 7 Metode Pembayaran Online Kekinian dan Plus-Minusnya

Cara Daftar Aplikasi QRIS

Meskipun dikembangkan oleh Bank Indonesia, QRIS merupakan salah satu produk keuangan yang bisa digunakan siapapun dengan lisensi resmi. Jadi pilihan ada pada kita, platform mana yang tepat untuk dipilih sehingga QRIS bisa jadi salah satu metode pembayaran di bisnis.

Pemegang lisensi resmi QRIS bisa dipastikan kompeten karena produk ini termasuk salah satu layanan keuangan yang diawasi Bank Indonesia dan OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Jadi soal keamanan kita tidak perlu khawatir. Jika sudah menemukan platform yang tepat, selanjutnya lakukan proses registrasi supaya QR code bisnis kita bisa dikeluarkan dan dicetak.

Hal ini penting karena nantinya, kode QR itu akan kita letakkan di toko fisik, e-commerce, atau struk agar bisa dipindai oleh pembeli. Inilah mengapa sebisa mungkin proses ini tidak boleh dilewati.

Jika ada platform yang menawari layanan QRIS tanpa proses registrasi, sebaiknya hindari. Karena platform dengan lisensi resmi pasti akan meminta pemilik bisnis untuk registrasi terlebih dulu agar tidak ada kesalahan pada QR code yang dicetak.

Salah satu platform yang cukup tepercaya adalah DOKU. DOKU sendiri merupakan jasa payment gateway yang menyediakan berbagai macam channel pembayaran termasuk QRIS. DOKU termasuk salah satu jasa pembayaran yang memiliki lisensi QRIS, jadi pendaftaran melalui DOKU bisa dipastikan keamanannya.

Selanjutnya, mari kita bahas dua cara daftar aplikasi QRIS, yaitu melalui situs resminya dan melalui aplikasi Juragan DOKU. 

1. Lewat Situs Resmi QRIS

Situs resmi QRIS bisa diakses melalui qris.id Sebelum memulai registrasi, pahami dulu bahwa QRIS punya sistem pencairan dana dan pertanggungan biaya yang harus diketahui.

Informasi tentang ini bisa kita lihat di situs resmi begitu kita klik menu “pendaftaran” di halaman pertama. Setelah paham, siapkan dulu foto dokumen identitas  yang nantinya akan diunggah.

Pastikan foto tersebut jelas, asli, dan dapat dibaca. Dokumen tersebut sebaiknya berupa E-KTP. Namun jika tidak ada, kamu bisa gunakan SIM atau Paspor. Jangan gunakan KTA (kartu Tanda Anak) atau KIPEM (Kartu Tanda Penduduk Musiman).

Pengunggahan dokumen ini diperlukan sebagai langlah verifikasi untuk memastikan bahwa identitas kita benar-benar sesuai dan valid. Selanjutnya, isi formulir pendaftaran yang tampil pada halaman registrasi di situs resmi.

Informasi yang diperlukan untuk pendaftaran adalah jenis usaha, nama pemilik usaha, nomor hp dan WhatsApp yang bisa dihubungi dan alamat email. Pastikan kamu mengisi semua informasi dengan benar sebelum klik “Lanjut.”

Proses registrasi QRIS biasanya butuh waktu beberapa hari untuk proses verifikasi data dan keaslian usaha. Jika disetujui, kode QR akan dirilis dan bisa dicetak untuk keperluan pembayaran.

2. Lewat Aplikasi Juragan DOKU

Jika melalui aplikasi Juragan DOKU, ada 3 langkah yang perlu dilewati untuk mendapatkan QRIS, yaitu:

1. Daftar

Untuk proses ini, kita akan diminta menghubungi tim sales DOKU yang akan menjelaskan sistem pembayaran QRIS, biaya yang nantinya dibebankan pada pebisnis, dan sistem MDR.

Informasi ini penting supaya pengguna DOKU tidak merasa dicurangi. Setelah kita paham, pihak DOKU akan mengarahkan pada proses pendaftaran selanjutnya. Pada proses pendaftaran ini, siapkan dokumen yang dibutuhkan.

2. Verifikasi

Jika dokumen sudah lengkap dan semua informasi yang dibutuhkan telah diisi. Selanjutnya pihak DOKU akan menyerahkan data kamu ke PTEN untuk proses pendaftaran bisnis.

Dalam proses ini, DOKU dan PTEN juga akan melakukan verifikasi kevalidan data. Jika data dirasa valid dan semua syarat terpenuhi, proses registrasi akan lanjut ke tahapan selanjutnya.

3. QRIS Terbit

Tahapan terakhir adalah penerbitan kode QR. Kode ini nantinya bisa diletakkan di toko fisik atau struk pembayaran. Sebaiknya cetak kode dengan kualitas terbaik agar proses pindai yang dilakukan pembeli tidak menemukan kendala.

Di toko fisik kertas bertuliskan kode QR biasanya dilapisi dengan tempat khusus sehingga mudah terlihat. QRIS pun kini jadi salah satu metode pembayaran yang dilayani oleh bisnis kamu.

Bagaimana, mudah bukan? Baik melalui situs resmi atau aplikasi Juragan DOKU, proses daftar aplikasi QRIS memang butuh waktu. Jadi sebaiknya kita tidak ingin semuanya selesai cepat supaya hasilnya memuaskan.

Manfaat Menggunakan QRIS

Setelah membahas tentang bagaimana cara mendaftar QRIS, selanjutnya pahami manfaat sistem pembayaran ini untuk bisnis online zaman now. Berikut keuntungan menggunakan QRIS:

1. Transaksi Menjadi Lebih Cepat

Proses transaksi QRIS membuat penjual tidak perlu lagi menyiapkan kembalian, dan pembeli tidak perlu membawa uang tunai. Jadi transaksi bisa dilakukan dengan cepat. Cukup dengan pindai kode QRIS, belanjaan akan langsung terbayar secara otomatis.

Selama ada koneksi internet dan smartphone, transaksi melalui QRIS adalah pilihan bijak bagi bisnis dengan pengunjung yang ramai. Tidak ada risiko penumpukan pembeli di meja kasir sehingga pengunjung pun merasa nyaman.

2. Proses Jual Beli Lebih Mudah

Selain cepat, QRIS juga menawarkan kemudahan. Cukup dengan satu kali daftar dan satu kode QR, penjual bisa menawarkan layanan berbagai metode pembayaran pada pembeli.

Baik itu menggunakan e-wallet, e-money, atau banking app, cukup dengan satu kali pindai saja transaksi jual beli bisa diselesaikan dengan mudah. Penggunaan QRIS juag akan membuat meja kasir terlihat rapi.

Cukup dengan menempelkan satu kode QR saja, pembeli bisa melakukan transaksi pembayaran. Lain halnya jika kita tidak menggunakan QRIS. Bisa dibayangkan ada berapa kode QR tertempel di meja kasir menyesuaikan sejumlah platform pembayaran yang digunakan.

3. Mencegah Peredaran Uang Palsu

UMKM atau warung kecil kerap jadi sasaran peredaran uang palsu karena minimnya sistem verifikasi uang asli yang dimiliki. Dengan menggunakan QRIS hal ini bisa dihindari.

Sistem pembayaran nontunai yang diterapkan QRIS akan melindungi kita dari oknum nakan yang berusaha membayar dengan uang palsu. Mereka juga tidak bisa memalsukan bukti pembayaran lewat QRIS.

Sistem otomatis membuat penjual pasti mendapatkan notifikasi setiap ada transaksi yang masuk. Jadi walaupun oknum tersebut mengaku sudha membayar, sistem akan menolak klaim mereka dan kita terhindar dari penipuan.

4. Jaminan Keamanan Transaksi

Selain yang telah disebutkan sebelumnya, QRIS termasuk salah satu metode pembayaran yang aman. Jadi setiap transaksi yang dilakukan melalui QRIS sudah terjamin keamanannya.

Bagaimana, tertarik menggunakan QRIS? dan Ingin Go Digital agar bisa jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!