Pembayaran Nontunai dengan QRIS? Ini Cara Menggunakannya!

Cara menggunakan QRIS

Kemajuan teknologi membuat metode pembayaran nontunai semakin beragam. Salah satu yang belakangan sedang digalakkan pemerintah adalah QRIS (dibaca: kris).

Lalu, apa itu QRIS, bagaimana cara menggunakan QRIS, dan kelebihan apa yang dimiliki QRIS sehingga metode ini berbeda dengan layanan pembayaran nontunai lainnya?

Read more: Apa Itu QRIS? Intip Kepanjangan, Definisi, dan Manfaatnya, Yuk!

Mengenal QRIS

Mengutip dari situs resmi BI (Bank Indonesia), QRIS atau Quick Response Code Indonesian Standard merupakan sebuah sistem yang menyatukan berbagai macam kode QR dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP). 

Sistem QRIS adalah hasil kerja sama antara industri sistem pembayaran dengan Bank Indonesia. Jadi soal regulasi, perizinan, dan sistem keamanan, QRIS punya dasar hukum kuat.

Tujuan utama pemberlakuan QRIS dalam sistem pembayaran di Indonesia adalah untuk meningkatkan efisiensi, mempercepat arus keuangan, dan memanjukan UMKM sehingga pertumbuhan ekonomi bisa ikut terdorong. 

Keberadaan QRIS juga diharapkan membuat sistem pembayaran nontunai lebih praktis. Jika dulu kita harus memasang berbagai aplikasi bertransaksi di e-commerce, dan marketplace tertentu, dengan adanya QRIS hal ini lebih disederhanakan. 

Tanpa perlu Top Up saldo kita bisa langsung melakukan pembayaran melalui rekening dengan cara scan code QRIS menggunakan smartphone. Tidak hanya di Indonesia, sistem pembayaran semacam QRIS ternyata sudah lebih dulu dipraktikkan di banyak negara termasuk India, Thailand, Malaysia, dan Singapura. 

Hal ini membuktikan bahwa sistem QRIS diterima masyarakat internasional sehingga bukan tidak mungkin jika nantinya QRIS bisa digunakan untuk melakukan pembayaran transaksi antar negara. 

Cara Menggunakan QRIS

Demi terwujudnya Gerakan Membayar Non TunaiNontunai (GMNT) yang diberlakukan beberapa tahun belakangan, Bank Indonesia mengeluarkan lisensi untuk penggunaan sistem QRIS. 

Jadi berbagai jasa sistem pembayaran bisa memanfaatkan QRIS untuk memberikan layanan terbaik kepada pengguna. Salah satu jasa sistem pembayaran yang memiliki lisensi resmi QRIS adalah DOKU. 

DOKU merupakan perusahaan platform pembayaran sekaligus pionir payment gateway di Indonesia. DOKU telah melayani banyak pebisnis mulai dari skala kecil (UMKM) hingga perusahaan besar.

Sejak QRIS diberlakukan, DOKU mengambil lisensi sistem ini dan menjadikannya salah satu fitur pembayaran yang tidak membutuhkan integrasi. Supaya pelanggan bisa menggunakan QRIS, pemilik bisnis diharuskan untuk registrasi dulu.

Untuk pendaftaran, kamu bisa menghubungi nomor tim sales DOKU dan akan mendapatkan penjelasan singkat tentang QRIS. Nantinya, pihak DOKU akan mengarahkan untuk mengisi data dan melengkapi dokumen. 

Guna dokumen itu adalah untuk berkoordinasi dengan PTEN dan mendaftarkan bisnis. Biasanya tidak lama kita akan memperoleh QRIS dan sistem ini pun bisa jadi salah satu pilihan pembayaran di bisnis.

Nah, untuk cara menggunakan QRIS sendiri sebenarnya tidak terlalu sulit. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi pembayaran yang akan digunakan, bisa banking app atau e-wallet
  • Pilih menu pembayaran QR
  • Pindai kode QR yang sudah disediakan di kasir, struk pembelian, atau toko online
  • Masukkan PIN untuk konfirmasi
  • Pembayaran pun selesai dilakukan

Bagaimana, mudah bukan? Selain tidak perlu repot menghitung uang yang diterima atau harus mencari kembalian, pemilik bisnis sudah bisa menerima pembayaran dalam waktu singkat.

Uang yang dibayarkan pun langsung masuk ke rekening toko sehingga lebih aman. Bagi UMKM, fitur QRIS yang tidak membutuhkan integrasi ini jelas sangat membantu. Sementara itu bagi pelanggan, QRIS membuat mereka tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar kesana kemari. 

Mengingat hampir semua orang saat ini memiliki smartphone terutama di kota-kota besar, pembayaran melalui QRIS sama sekali bukan sesuatu yang sulit bahkan cenderung memudahkan.

Kelebihan Menggunakan QRIS

Secara tidak langsung kita sudah membahas beberapa kelebihan menggunakan QRIS baik untuk pembeli maupun pemilik bisnis di atas. Namun untuk lebih memahami, berikut ulasan lengkap kelebihan QRIS yang membuat sistem pembayaran ini unggul:

1. Mendukung Beragam Aplikasi Pembayaran

Tidak seperti sistem pembayaran virtual account, transfer, dan debit yang eksklusif, QRIS dapat menerima pembayaran dari aplikasi apapun. Jadi jika ingin membayar, pelanggan tidak perlu repot install aplikasi tertentu dulu.

Cukup dengan menggunakan aplikasi yang ada dan memindai QRIS dari penjual, pembeli sudah bisa melakukan pembayaran dengan mudah. Fleksibilitas semacam ini tentu memikat pelanggan.

Mereka akan dengan senang hati kembali berbelanja di tempat kita karena tidak perlu repot soal pembayaran. Penjual juga pastinya lebih untung karena QRIS bisa jadi salah satu faktor yang membuat pelanggan loyal.

2. Mudah dan Praktis

Selain itu, proses pembayaran dengan QRIS juga sangat mudah. Kita tidak perlu menyiapkan kartu, memasang aplikasi khusus, atau harus melakukan registrasi terlebih dahulu. 

Cukup dengan smartphone dan aplikasi yang ada, kita bisa melakukan pembayaran melalui QRIS. Pastikan kondisi barcode reader HP dalam kondisi baik, ya. Supaya dengan satu kali pindai saja, pembayaran melalui QRIS sudah bisa dilakukan.

3. Proses Cepat

Pembayaran melalui QRIS bukan hanya cepat, tetapi real time. Jadi begitu kode QR dipindai dan pin dimasukkan, secara otomatis uang pembayaran langsung berpindah ke rekening pemilik bisnis.

Proses cepat ini tentu membuat semua pihak senang. Pembeli bisa langsung membawa barang yang dibeli, penjual juga tidak perlu mengecek apa uang sudah masuk atau belum karena dari notifikasi semuanya sudah bisa dilihat.

4. Efisien

Efisien merupakan salah satu ciri teknologi yang berkembang di era digital ini. QRIS bisa dibilang termasuk dalam kategori ini. Bagaimana tidak, satu QR code pada QRIS dibuat untuk semua aplikasi.

Selain itu uang yang dibayarkan akan langsung masuk ke rekening merchant atau pemilik bisnis. Hal ini tentu membuat segala sesuatunya lebih efisien. Pembayaran juga minim risiko dimanipulasi.

Semua transaksi melalui QRIS memiliki bukti digital untuk pelanggan ataupun pemilik bisnis. Jadi baik pembeli maupun penjual sama-sama merasa aman, diuntungkan, dan tidak ada yang dirugikan.

5. Bisa Digunakan Siapa Saja

Diakui atau tidak, belum semua teknologi terutama teknologi pembayaran cukup user friendly. Beberapa membutuhkan proses verifikasi ganda yang cukup aman, tetapi mempersulit beberapa pihak.

Bagi yang melek teknologi, sistem pembayaran semacam itu mungkin bukan hal sulit. Namun bagaimana dengan yang tidak terlalu paham soal teknologi? Nah, keberadaan QRIS merupakan solusi atas permasalahan ini.

Bermodalkan smartphone, aplikasi pembayaran, dan memindai QR code saja, semua orang bisa menyelesaikan transaksi mereka. Kelebihan ini membuat QRIS menjadi salah satu sistem pembayaran yang user friendly.

Siapapun bisa menggunakan sistem pembayaran ini termasuk mereka yang tidak terlalu paham soal teknologi, atau lansia yang jarang bersinggungan dengan teknologi pembayaran digital.

Itulah ulasan tentang cara menggunakan QRIS serta beberapa kelebihan yang ditawarkan sistem pembayaran ini baik kepada pemilik bisnis maupun pembeli. Bagaimana, tertarik menggunakan QRIS pada bisnis? 

Sebagai platform pembayaran pertama di Indonesia, kamu bisa menggunakan DOKU untuk berbagai transaksi pembayaran–termasuk juga pembayaran QRIS. Cara pakainya mudah dan transaksimu pastinya aman. Untuk para pelaku usaha, Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!