14 Cara Follow up Customer Agar Kamu Bisa Closing

cara follow up customer

Melakukan follow up jadi hal mendasar yang perlu dilakukan setiap usaha guna menarik pelanggan, berikut cara follow up customer agar mudah closing.

Cara terbaik untuk mempertahankan angka penjualan yang tinggi dan memastikan konsumen melakukan repeat order adalah dengan melakukan follow up. Follow up dilakukan setelah konsumen melakukan pembelian untuk pertama kalinya.

Setiap bisnis tentunya memiliki cara follow up customer tersendiri. Setiap metode follow up biasanya juga akan disesuaikan dengan bentuk dan tujuan bisnisnya. Meskipun setiap bisnis memiliki caranya sendiri, di bawah ini ada 15 cara melakukan follow up untuk memastikan kamu bisa mudah melakukan closing.

Read More: After Sales Service: Pengertian, Penerapan, Contoh, dan Tip

1. Manfaatkan Auto-reply untuk Meningkatkan Efisiensi

Mengeluarkan sedikit dana untuk menggunakan platform auto-reply dapat membantu meningkatkan efisiensi. Dengan menggunakan akun berbayar dari berbagai layanan auto-reply, kamu bisa menjadwalkan pesan dari jauh hari sebelumnya. Salah satu penyedia auto-reply terbaik di Indonesia adalah Mekari Qontak. 

Dengan adanya fitur pengingat dan penyimpan data, serta integrasi dengan berbagai aplikasi populer, auto-reply Qontak dapat membantumu merespons pesan pelanggan dari berbagai kanal komunikasi secara otomatis.

2. Tindak Lanjuti dengan Cepat dan Tidak Terlalu Sering

Setiap orang mempunyai kesibukannya masing-masing dan dapat melupakan kamu dengan mudah. Oleh karena itu, jangan pernah menunda follow up. Ini adalah cara follow up customer terbaik agar kamu tetap terhubung dengan pelanggan. Namun, tidak perlu melakukan follow up setiap hari pada klien yang sama karena dapat membuat mereka risih. Berikan jeda selama dua hari atau seminggu, paling lambat.

3. Manfaatkan Auto Responder dengan Baik

Jika sudah menggunakan tools auto responder, pastikan kamu memanfaatkannya semaksimal mungkin. Ciptakan berbagai kampanye dan cara follow up yang berbeda untuk pelanggan dan kontak yang berbeda. Dari melakukan upsell produk hingga memberikan voucher gratis, kamu dapat membuat pesan yang menarik untuk pelanggan.

4. Siapkan Jadwal Follow up Secara Terencana

Mempersiapkan materi follow up jauh-jauh hari dapat membantumu menghemat waktu dalam melakukan follow up pelanggan. Persiapkan beberapa hal, seperti email atau kartu ucapan terima kasih, sebelum mengetahui untuk siapa materi tersebut akan dikirim. Kemudian, tinggal menyesuaikan nama-nama orang tersebut saat kamu sudah mengetahuinya. Hal ini sangat bermanfaat jika kamu tidak menggunakan auto responder.

5. Sampaikan Tujuan Follow up dengan Jelas

Pastikan kamu memiliki tujuan yang jelas dalam melakukan follow up. Apakah kamu ingin menanyakan informasi keputusan klien, meminta pertemuan, mengucapkan terima kasih, atau hanya menanyakan apakah klien mengalami kendala tertentu dengan produkmu.

6. Bujuk Pelanggan dengan Demo Gratis

Bujuk pelanggan untuk mencoba demo atau konsultasi gratis sebelum menjual produkmu. Berikan pengalaman yang berkesan dan positif untuk pelanggan saat mencoba produk. Hal ini dapat mendorong pelanggan untuk membeli produkmu jika mereka merasa puas dengan pelayanan yang kamu berikan.

7. Singkat, Padat, dan Jelas

Pastikan pesan follow up yang kamu kirimkan singkat, padat, dan jelas agar mudah dipahami. Pasalnya, setiap orang memiliki kesibukan masing-masing dan tidak semua orang memiliki waktu, bahkan untuk sekadar mendengarkan kalimatmu.

Namun, selalu awali follow up dengan salam sebelum mengutarakan tujuanmu menghubungi mereka. Jika dilakukan melalui telepon, gunakan nada yang sopan dan halus.

8. Ucapkan Terima Kasih

Mengucapkan terima kasih setiap kali pelanggan membeli produk kita adalah salah satu cara follow up customer. Jika pembelian dilakukan secara online, kamu bisa mengirimkan ucapan terima kasih melalui platform atau email. Meskipun terkesan sepele, tindakan ini dapat membuat pelanggan merasa dihargai.

9. Meminta Feedback

Metode tindak lanjut lainnya adalah dengan meminta feedback dari pelanggan. Kamu bisa mengirimkan survei yang berisi beberapa pertanyaan dan pilihan atau memberi mereka formulir bebas untuk diisi. Selain membantu menjaga kontak dengan pelanggan, feedback dapat memberi ide pada konsumen untuk melakukan repeat order.

11. Memastikan Tidak Ada Masalah

Sebelum mengakhiri interaksi dengan pelanggan, pastikan untuk menanyakan apakah ada keluhan terhadap layanan atau produkmu. Jika ada, dengarkan keluhan mereka dan berikan solusi terbaik. Namun, jika pelanggan tidak memiliki keluhan, beri tahu mereka untuk segera menghubungimu jika ada yang perlu diperbaiki. Hal ini akan meninggalkan kesan positif di mata pelanggan.

11. Informasikan Fitur Baru

Memberi tahu pelanggan tentang fitur baru yang dirilis adalah tindakan proaktif yang dapat membantu mereka mendapatkan hasil maksimal dari produk atau layanan kita. Mengirim pesan berkala untuk memberitahukan fitur baru juga dapat membuat pelanggan merasa dihargai, terutama jika fitur tersebut adalah permintaan mereka sebelumnya.

12. Lakukan Follow Up pada Semua Pelanggan

Jangan hanya melakukan follow up dengan pelanggan baru, tetapi juga dengan pelanggan yang sudah lama berinteraksi dengan bisnis. Kirimkan pesan yang berisi informasi produk kita dalam bentuk konten, panduan, atau bahkan informasi webinar jika ada. Cara follow up customer ini dapat mengingatkan pelanggan untuk tetap loyal terhadap brand-mu.

13. Kirim Newsletter yang Bermanfaat

Kirimkan newsletter yang mungkin bermanfaat bagi pelanggan. Berikan informasi berguna tentang cara memaksimalkan penggunaan produkmu. Jika pelanggan telah menyatakan keprihatinan atau minat dalam menggunakan beberapa bagian dari produk kita, kirimkan artikel atau informasi yang dapat membantu mereka. Kamu juga bisa mengirimkan pesan otomatis di waktu yang tepat saat konsumen membutuhkan bantuan menggunakan produk atau menjelajahi situs.

14. Berikan Tawaran Khusus

Terakhir, berikan penawaran khusus untuk pelanggan setia kita seperti potongan harga atau produk gratis. Program referral marketing juga bisa ditawarkan agar pelanggan tertarik untuk merekomendasikan produk kita ke orang lain dengan harapan bisa mendapatkan diskon lebih besar. Tindakan ini dapat membuat pelanggan merasa dihargai dan membantu mempertahankan hubungan baik dengan mereka.

Itulah 14 cara follow up customer agar kamu mudah melakukan closing dengan pelanggan baru sekaligus menjaga loyalitas pelanggan lama.

Kamu punya bisnis? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!