Kenali Tipe dan Cara Mencari Investor Untuk Kemajuan Bisnis

cara mencari investor

Bagaimana cara mencari investor untuk mengembangkan bisnis? Yuk, kenali dan cari tahu caranya di sini!

Investor merupakan salah satu pihak yang kerap dicari oleh pengusaha untuk mendapatkan modal bisnis tambahan. Sebenarnya, cara mencari investor cukup bervariasi. Kamu bisa memilih salah satu cara tersebut untuk mendapatkan investor potensial.

Berkat kehadiran investor, kamu bisa mengembangkan dan memperluas cakupan bisnis yang telah berjalan. Makin banyak modal yang kamu dapatkan, makin besar peluang untuk memaksimalkan potensi bisnis.

Read More: Mengenal Brand Positioning dalam Strategi Branding

Memahami Tipe Investor Untuk Kemajuan Bisnis

Sebelum mencari investor, ada baiknya untuk memahami tipe investor. Hal ini dilakukan supaya kamu bisa menemukan jenis investor yang tepat untuk kemajuan bisnis. Adapun tipe investor menurut Forbes, antara lain:

Teman dan Keluarga

Jenis investor ini lebih mudah didekati karena memiliki hubungan keluarga maupun pertemanan. Meskipun tidak memberikan banyak modal, uang yang terkumpul dari jenis investor ini bisa digunakan untuk mendorong bisnismu. Selain pendanaan, teman dan keluarga juga bisa memberikan masukan berupa ide bisnis.

Bank dan Lembaga Keuangan

Kendati bukan investor sejati, bank dan lembaga keuangan merupakan sumber modal paling banyak dilirik oleh pengusaha. Untuk mendapatkan modal, kamu harus memenuhi sejumlah syarat yang berlaku.

Angel Investor

Merupakan individu yang bersedia memberikan dana serta kekayaannya untuk mendukung bisnis baru yang potensial. Angel investor lebih fleksibel karena bisa didekati secara langsung melalui kenalan atau live pitch.

Angel Group

Merupakan kelompok orang yang bersatu untuk memberikan modal pada start up. Lantaran terdiri dari beberapa orang, jenis investor ini lebih terorganisisasi dengan pemberian modal yang relatif besar.

Perusahaan Modal Ventura

Jenis investor ini merupakan yang paling populer di kalangan pebisnis. Hampir sebagian besar kesuksesan start up tak lepas dari dana modal ventura. Modal yang diberikan berbentuk tunai dengan jangka waktu tertentu sesuai kesepakatan. Mengingat seleksi perusahaan modal ventura sangat ketat, pastikan kamu mempersiapkan proposal bisnis yang menarik dan memenuhi seluruh persyaratan yang diberikan.

Bagaimana Cara Mencari Investor Bisnis?

Sebagaimana kamu pahami, modal merupakan faktor yang memengaruhi kelangsungan suatu bisnis. Ketika kekurangan modal, bisnis berisiko mengalami kendala. Bahkan, gulung tikar. Kamu perlu mencari investor untuk mendapatkan dukungan berupa modal usaha sekaligus meminimalisasi risiko kegagalan bisnis. Adapun cara mencari investor, antara lain:

1. Platform Peer To Peer Lending

Beberapa tahun terakhir, platform peer to peer lending makin dilirik oleh para pebisnis. Utamanya, pebisnis yang memerlukan modal tambahan untuk mengembangkan usahanya. Proses pengajuan P2P Lending sama dengan pinjaman online lainnya. Kamu harus mengisi data diri secara jelas serta akurat.

Pendanaan dilakukan secara hitam di atas putih untuk memastikan bahwa perjanjian antara kreditur dan debitur adalah legal. Platform P2P Lending ini biasanya menawarkan pinjaman dengan tenor yang disesuaikan jumlah pendanaan. Makin besar dana yang dibutuhkan, makin lama tenor yang tersedia.

2. Platform Crowdfunding

Selain P2P Lending, kamu bisa mempertimbangkan platform crowdfunding. Platform ini berisikan kumpulan orang-orang yang tertarik menginvestasikan dananya untuk menghasilkan keuntungan. Biasanya, pinjaman yang diberikan pendana ditujukan bagi pelaku UMKM atau pebisnis yang ingin mengembangkan usahanya.

Untuk mendapatkan pendanaan, kamu harus membuat proposal bisnis yang detail dan menarik. Nantinya, pendana akan menilai apakah proposal bisnismu layak dibantu atau tidak. Investor tak segan memberikan dana besar pada bisnis yang dianggap potensial dan menguntungkan dalam jangka panjang.  

Setiap pengajuan pendanaan seorang debitur bisa didanai oleh beberapa investor. Hal inilah yang memungkinkan kamu dapat mengajukan jumlah modal yang besar. Tenor pengembalian akan disesuaikan dengan waktu yang disepakati.

3. Acara Galang Dana

Acara galang dana merupakan salah satu tempat terbaik untuk menemukan calon investor yang tepat bagi bisnismu. Beberapa hari sebelum acara digelar, sangat dianjurkan untuk menggali informasi mengenai daftar tamu yang akan hadir. Apabila di antara deretan tamu terdapat beberapa nama investor terkenal, jangan ragu untuk menghadiri acara tersebut.

Mulailah dengan memperkenalkan diri kemudian beralih ke pembicaraan bisnis. Presentasikan bisnismu dengan cara yang unik sehingga membuat calon investor tertarik dan menaruh minat untuk memberikan pendanaan. Selain acara galang dana, pertimbangkan juga mencari investor di acara festival film, pekan olahraga, atau di atas kapal pesiar.

3. Memanfaatkan Media Sosial

Kamu juga bisa memanfaatkan media sosial untuk menemukan dan menjangkau lebih banyak calon investor. Kamu dapat mengambil pendekatan secara personal dengan mengepos pembaruan atau mengirim pesan pada calon investor.

Beberapa media sosial yang bisa kamu manfaatkan, antara lain:

  • LinkedIn: untuk mencari calon investor berkualitas. Media sosial ini bisa digunakan untuk memberikan bukti sosial pada investor Modal Ventura. Agar lebih profesional, Kamu bisa meningkatkan layanan akun LinkedIn untuk membuka kunci fitur tertentu.
  • Facebook: untuk menjalin hubungan yang bermakna setelah bertemu dengan calon investor potensial. Membangun hubungan sangat penting untuk meningkatkan kepercayaan calon investor.
  • Twitter: untuk memulai percakapan yang lebih intens dan memberikan informasi relevan pada calon investor.

5. Blog

Membuat blog adalah salah satu metode yang bisa kamu coba untuk menarik perhatian calon investor. Melalui blog, kamu bisa menceritakan kisah dan berbagi pemikiran mengenai bisnis. Hal ini efektif mendorong calon investor untuk mengetahui bisnismu lebih jauh. Apabila dirasa menguntungkan, mereka akan menghubungimu dan menawarkan pendanaan bisnis.

Selain cara di atas, kamu juga bisa mengunjungi blog investor yang menjadi target sebagai opsi lain. Tinggalkan komentar bijaksana untuk menarik perhatian mereka. Meskipun tampak sepele, hal ini bisa membangun hubungan baik dan kepercayaan dengan calon investor.

6. Email

Email sederhana terbukti mampu menarik perhatian Angel Investor, Angel Group, dan Modal Ventura terkemuka. Untuk memulainya, pelajari template email terbaik dan lakukan penyesuaian kalimat dengan bisnis yang kamu geluti.

Adapun hal yang perlu kamu perhatikan dalam penulisan email untuk calon investor, antara lain:

  • Hindari kalimat yang bertele-tele, pastikan tulisanmu jelas dan lugas.
  • Cek ejaan dan tata bahasa.
  • Hindari salah tulis dan jargon bisnis yang berlebihan.
  • Apabila kamu menyertakan perkiraan pendapatan, berikan dalam jangka waktu satu tahun saja.
  •  Lampirkan informasi mengenai rencana bisnismu di masa depan.

7. Berbagi Produk

Berbagilah produk milikmu pada acara penggalangan dana untuk menarik kepercayaan publik, terutama calon investor potensial. Cara ini juga akan membuat kamu mengetahui tanggapan publik mengenai bisnis yang dijalankan. Bukan mustahil kamu akan mendapatkan ide menarik untuk meningkatkan level bisnis dan mencetak lebih banyak keuntungan.

Anda pemilik bisnis? Ingin proses pembayaran pelanggan makin otomatis dan bisnis maju pesat ?

Yuk bermitra dengan DOKU, perusahaan teknologi pembayaran yang juga pionir payment gateway di Indonesia. Berdiri sejak tahun 2007, DOKU sudah mengawal ratusan ribu transaksi sukses dari berbagai perusahaan besar hingga UMKM. Cukup sekali daftar, bisnis langsung terkoneksi ke beragam metode pembayaran. Terima pembayaran bisnis makin mudah dan pelanggan pun lebih nyaman bertransaksi. 

Pilih solusi pembayaran sesuai kebutuhan Anda, seperti:

  • Solusi Perusahaan: Apapun jenis bisnisnya, kelola pembayaran pelanggan jadi mudah pakai DOKU
  •  Solusi UMKM: Tidak Perlu Paham Teknis, Bisnis Bisa Go Digital

Pastikan untuk ubah setiap peluang menjadi uang! Gunakan DOKU sekarang!