Langkah Tepat Dalam Berbisnis: Tahu Cara Mengatur Keuangan Usaha yang Efektif

cara mengatur keuangan usaha

Mengatur keuangan usaha dengan tepat dapat membantu bisnis Anda tumbuh dan menghindari kerugian. Pelajari cara mengatur keuangan usaha yang efektif di sini!

Banyak strategi yang bisa dilakukan seorang pebisnis jika ingin mencapai kesuksesan. Salah satu strateginya adalah dengan mengatur keuangan usaha dengan baik. Tanpa ketrampilan ini, keuangan bisa berantakan dan berpengaruh pada kelangsungan bisnis. 

Untuk membantumu, berikut kami bagikan beberapa cara mengatur keuangan usaha yang tepat. 

Read More: Dear Pemula, Ini 7 Tips Memulai Usaha Kuliner

Lakukan Perencanaan Keuangan

Hal pertama yang harus Anda lakukan setelah menjadi seorang  pebisnis adalah melakukan perencanaan keuangan yang matang. Mulai dari kebutuhan modal, besar dana yang harus dikeluarkan untuk operasional serta target pendapatan yang ingin dicapai.

Untuk kebutuhan modal, kamu harus mengetahui dengan tepat berapa besar dana yang dibutuhkan. Hitung semua kebutuhan untuk pembukaan usaha mulai dari bahan baku hingga biaya sewa tempat usaha. 

Tentukan dari mana sumber modal tersebut harus didapatkan. Misalnya apakah ingin mendapatkan pinjaman dari bank atau mendapatkan dana dari investor. Siapkan seluruh dokumen yang dibutuhkan. 

Untuk  biaya operasional, catat pengeluaran rutin setiap harinya ketika ada operasional di perusahaan. Pengeluaran tersebut termasuk biaya bahan baku, biaya bahan bakar, hingga transportasi. 

Selain itu, jangan lupakan biaya operasional yang dibayarkan secara bulanan atau tahunan. Seperti harga sewa tempat, biaya tagihan listrik serta biaya layanan internet. 

Selanjutnya, target pendapatan juga sangat penting untuk ditentukan sejak dini. Hal ini dilakukan agar diketahui berapa banyak waktu yang dibutuhkan untuk menutupi modal yang akan dikeluarkan. 

Buatlah target yang realistis secara berjenjang misalnya satu bulan, tiga bulan dan enam bulan. Dengan mengetahui target, kamu bisa memperkirakan mana sumber pemasukan dalam bisnismu yang harus dioptimalkan. 

Punya Rekening Perusahaan

Jangan mencampuradukan penggunaan rekening pribadi untuk keperluan perusahaan. Banyak pebisnis yang melupakan tahap ini memulai usahanya tanpa membuat rekening perusahaan sendiri. 

Padahal, pembukaan rekening perusahaan sangat penting dilakukan. Selain bisa membuat usaha terlihat lebih profesional, rekening perusahaan merupakan syarat yang harus dipenuhi jika ingin perusahaanmu memiliki badan hukum.

Adanya rekening perusahaan juga membuatmu mengetahui apakah bisnis yang dijalankan mengalami keuntungan atau kerugian. Pemisahan rekening juga sangat memudahkan perhitungan pajak dan serta membantumu melacak catatan keuangan dengan akurat.

Karena itu, sebelum mengurus mengenai sewa tempat dan hal-hal operasional lainnya, sempatkan diri untuk membuat rekening perusahaan. 

Untuk membuka rekening perusahaan, kamu wajib memiliki beberapa dokumen penting seperti akta pendirian perusahaan, surat kuasa penunjukan pengelolaan rekening serta dokumen pribadi lainnya. 

Rutin mencatat arus kas

Untuk mengetahui perkembangan keuangan perusahaan, kamu harus rutin mencatat arus kasus bisnis (cashflow). Catatan arus kas yang dibuat harus termasuk keuntungan, pengeluaran operasional, hingga cicilan pinjaman yang harus dilunasi. 

Jika memiliki pembukuan yang rapi, maka kamu bisa dengan mudah mengetahui  mana saja pos anggaran yang harus ditambahkan, dikurangi atau bahkan dieliminasi. Ini wajib dilakukan agar dana yang tersedia bisa dimanfaatkan dengan lebih efektif. 

Melakukan pembukuan rutin juga membantu kamu selaku pemilik bisnis untuk menghindari risiko denda keterlambatan pembayaran cicilan serta mengetahui berapa cicilan utang yang masih tersisa. 

Pertimbangkan untuk menggunakan aplikasi pencatatan keuangan digital. Penggunaan aplikasi akan membuat kamu menghemat waktu terutama saat melacak informasi penting termasuk soal tanggal pemasukan dan pengeluaran dana. 

Sewa jasa akuntan profesional

Apapun jenis yang kamu jalankan, urusan pajak dapat menjadi sangat rumit terutama bagi para pebisnis pemula. Karena itu, sebaiknya kamu memanfaatkan jasa seorang akuntan profesional. 

Kehadiran akuntan ini bisa membantu kamu dalam memperkirakan besar pajak yang harus dibayar sehingga kamu bisa terbebas dari denda. Seorang akuntan profesional juga akan membantumu membayar pajak dalam jumlah yang berlebihan.

Mintalah referensi kepada rekan bisnis yang sudah lebih senior mengenai jasa akuntan terbaik yang dapat disewa. Kamu juga bisa mencari informasi di media sosial atau di komunitas pebisnis lokal.  

Jangan Lupakan Utang 

Cara mengatur keuangan usaha berikutnya adalah membayar utang sesuai dengan tenggat waktu yang telah disepakati. Misalnya, bila ada kesepakatan dengan supplier untuk membayar tagihan setiap minggu, maka harus ditepati. 

Salah satu keuntungan jika membayar utang usaha tepat waktu adalah terjaganya relasi baik dengan pihak-pihak terkait. Karena itu, buat catatan rinci mengenai tanggal pembayaran tagihan. 

Bila perusahaanmu memiliki utang berupa pinjaman modal usaha di bank, maka bayarlah sebelum jatuh tempo demi menghindari denda. Kamu juga harus menjaga skor kredit yang bagus bila ingin mengakses pinjaman dengan jumlah lebih besar. 

Kembangkan Usaha dari Laba 

Dalam mengelola bisnis, jangan lupa manfaatkan laba atau keuntungan yang didapatkan untuk mengembangkan usaha menjadi lebih besar. Ingat, tujuan utama ketika sebuah bisnis didirikan adalah demi mendapatkan laba. 

Laba yang didapatkan tersebut tak hanya bisa digunakan untuk keperluan pribadi pebisnis namun juga demi pengembangan usaha. Namun sebaiknya, alokasikan dana yang lebih besar untuk pengembangan usaha. 

Jika keuangan perusahaan sudah lebih stabil, kamu bisa menggunakan lebih banyak dana demi memenuhi kebutuhan pribadi. Namun saat masih awal, sebaiknya jangan lakukan hal tersebut. 

Beberapa cara pengembangan usaha yang bisa dilakukan misalnya menambah jumlah outlet, menambah jumlah karyawan atau menambah variasi produk. Tentukan mana hal yang menjadi prioritas untuk dikembangkan. 

Namun, bukanlah cara yang gampang untuk mencetak laba. Butuh waktu dan strategi pengelolaan bisnis yang tepat. Karena itu, teruslah konsisten untuk menciptakan peluang keuntungan. 

Terus kembangkan diri

Demi mencapai kesuksesan dalam usahanya, setiap pebisnis harus terus belajar dan mengembangkan diri. Salah satu caranya adalah berkonsultasi dengan mentor atau seseorang yang lebih berpengalaman. 

Kamu bisa berkonsultasi mengenai cara untuk menghemat pengeluaran operasional atau bagaimana cara menentukan harga produk secara tepat. Bila belum memiliki mentor, kamu bisa mengikuti berbagai seminar bisnis. 

Bergabunglah dalam komunitas  pebisnis lokal di daerahmu. Selain bisa mendapatkan ilmu baru, kamu juga bisa menggunakan wadah tersebut untuk memperluas networking. Jangan lupa perkaya diri dengan bacaan tentang tren bisnis terkini. 

Setelah mengetahui bagaimana cara mengatur keuangan usaha, jangan lupa untuk membuat bisnismu Go Digital demi menjangkau lebih banyak calon pelanggan dan mendapatkan omzet yang lebih besar. 

Kamu punya bisnis? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!