Hidup Praktis dan Aman Berkat Cashless Society, Yuk Kenali Lebih Dekat!

cashless society

Apa yang dimaksud dengan cashless society? Apa manfaatnya? Yuk, cari informasi selengkapnya di sini!

Tak dapat dimungkiri bahwa fenomena cashless society telah berkembang pesat di tengah masyarakat. Hampir sebagian besar masyarakat mulai beralih ke transaksi digital. Perubahan kebiasaan masyarakat dalam bertransaksi tunai ke digital tak lepas dari pesatnya perkembangan teknologi. 

Dibandingkan tunai, transaksi digital menawarkan lebih banyak keuntungan. Bahkan, tak sedikit lembaga keuangan yang memberikan promo menarik untuk meningkatkan pengguna transaksi digital.

Read More: Pahami Pengertian, Kelebihan, dan Jenis Usaha Perseorangan

Apa yang Dimaksud Cashless Society? 

cashless-society

Cashless society adalah istilah untuk menggambarkan kehidupan masyarakat yang tidak lagi menggunakan uang tunai dalam aktivitas ekonominya. Hal tersebut bukan disebabkan oleh penghentian peredaran uang, melainkan penggunaan uang fisik yang mulai dikurangi dan diganti oleh uang digital. Singkatnya, seluruh transaksi akan dilakukan secara elektronik.

Tanpa uang tunai, pembayaran dilakukan secara elektronik. Alih-alih menggunakan uang kertas dan koin untuk menukar nilai, kamu bisa melakukan pembayaran melalui internet banking, mobile banking, atau saluran pembayaran digital lainnya. Ketika melakukan pembelian secara offline, kamu bisa memanfaatkan kartu kredit, debit, atau dompet digital sebagai alat pembayaran.

Mengingat masyarakat tanpa uang tunai mengandalkan pembayaran digital, kebutuhan akan perangkat seluler tidak dapat dihindari lagi. Hanya berbekal perangkat seluler, kamu bisa melakukan pembelian dan pembayaran di seluruh dunia. 

Sebenarnya, sudah banyak negara yang mulai mengaplikasikan masyarakat tanpa uang. Namun, negara tersebut belum sepenuhnya menghilangkan keberadaan uang. Di sebagian negara, pengaplikasian pembayaran nontunai telah difasilitasi oleh pemerintah yang bekerja sama dengan bank sentral. 

Untuk menggantikan atau melengkapi uang kertas dan koin, bank sentral memperkenalkan mata uang digital sebagai pembayaran sah. Tren menuju pembayaran nontunai makin berkembang seiring peningkatan digitalisasi ekonomi dan preferensi konsumen yang lebih menyukai penggunaan perangkat seluler. 

Di Indonesia, Bank Indonesia (BI) sudah mencanangkan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) sejak 2014. Gerakan ini bertujuan untuk menciptakan sistem pembayaran yang lebih efisien dan aman. GNNT diharapkan mampu mendorong sistem keuangan nontunai berjalan efektif. 

Faktor Penyebab Munculnya Cashless Society 

Terdapat beberapa faktor penyebab munculnya fenomena cashless society, yakni:

Kemajuan Teknologi

Secara tidak langsung, kehidupan modern yang dipenuhi dengan berbagai teknologi canggih mendorong cashless society. Kemunculan marketplace yang bervariasi mempercepat proses peralihan kebiasaan masyarakat dari pembayaran tunai ke nontunai. Pembayaran digital memberikan kenyamanan bagi masyarakat. Mereka bisa belanja tanpa harus keluar rumah dan membayar tanpa perlu membawa uang tunai.

Gejala Fear of Missing Out

Cashless society juga terjadi karena gejala Fear of Missing Out (FOMO). FOMO mengindikasikan ketakutan seseorang terhadap tren terbaru, berita terkini, atau kecanggihan zaman. Lantaran takut tertinggal, banyak di antara masyarakat yang kemudian berlomba-lomba untuk mengikuti tren yang ada. Salah satunya mempelajari beragam teknologi pembayaran nontunai.

Masyarakat Menyukai Kemudahan

Alasan lain cashless society makin berkembang tak lepas dari kebiasaan masyarakat yang menyukai kemudahan. Salah satunya dalam bertransaksi. Lantaran pembayaran digital sangat praktis, orang-orang akan cenderung untuk menggunakannya lebih sering. Tak hanya itu saja, kamu bisa melakukan transaksi kapan pun dan di mana pun hanya dengan perangkat seluler. 

Pandemi COVID-19

Selain itu, pandemi COVID-19 juga berdampak besar terhadap kebiasaan masyarakat saat ini. Ketika pemerintah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), kontak fisik sangat dibatasi. Hal ini dilakukan untuk mencegah penularan melalui kontak langsung.

Alhasil, pemenuhan kebutuhan sehari-hari lebih banyak dilakukan secara online melalui aplikasi maupun marketplace. Meskipun larangan PPKM telah dicabut secara resmi oleh pemerintah, kebiasaan tersebut masih terus dilakukan. 

Fasilitas Pembayaran Online Kian Merata

Tersedianya fasilitas pembayaran online di pusat perbelanjaan, restoran, kafe, transportasi umum, hingga toko UMKM turut mendorong popularitas pembayaran nontunai. Bahkan, di kota kecil kamu bisa menemukan papan barcode untuk pembayaran via dompet digital.

cashless-society

Keuntungan Cashless Society 

Cashless society menawarkan banyak keuntungan yang dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat. Adapun keuntungan tersebut, antara lain:

Nyaman dan Praktis

Dahulu, tidak membawa uang tunai merupakan masalah besar. Namun, di era modern tanpa uang tunai kamu masih bisa bepergian atau berbelanja. Perbedaan besar tersebut membuat segalanya lebih praktis. Tentunya juga menimbulkan rasa nyaman bagi sebagian orang. Pasalnya, selama kamu membawa ponsel, kamu bisa mengakses keuangan kapan saja dan di mana saja. 

Lebih Aman Dari Ancaman Kejahatan

Membawa uang tunai dalam jumlah kecil maupun besar rentan menjadi sasaran para oknum yang hendak berbuat jahat. Uang yang sudah hilang akan sulit dilacak. Kerugian materi mungkin tidak seberapa dibandingkan risiko lain yang lebih berat akibat aksi kejahatan, seperti terluka atau hilang nyawa.

Ketika kamu memanfaatkan kecanggihan teknologi dan mengikuti tren pembayaran terkini, kamu tidak perlu takut bepergian. Kamu akan merasa lebih aman. Seandainya terjadi kehilangan perangkat seluler atau kartu debit dan kredit, kamu bisa dengan mudah melakukan blokir dengan menghubungi pihak bank. 

Beberapa ponsel pintar juga telah dibekali fitur pencarian GPS atau blokir jarak jauh. Fitur ini memastikan keamanan data kamu terjaga sekalipun perangkat jatuh ke tangan orang tidak bertanggung jawab.

Keamanan tersebut juga dirasakan pemilik bisnis. Pasalnya, pembayaran nontunai meminimalisasi risiko salah hitung maupun penggelapan dana yang dilakukan oleh karyawan. 

Jejak Otomatis

Transaksi ilegal, seperti judi, pencucian uang, atau hasil penggelapan dana kerap menggunakan uang tunai sehingga sulit dilacak. Namun, keuangan digital dirancang untuk memberikan keamanan transaksi. Ketika melakukan transfer atau menerima transfer, jejak histori akan terekam secara otomatis. Lantaran fitur keuangan digital sangat canggih, kasus transaksi ilegal maupun tindak kejahatan keuangan lainnya lebih mudah terungkap.

Efisien Waktu dan Biaya Pengelolaan Bisnis 

Selain nyaman, pembayaran nontunai lebih hemat anggaran untuk mencetak uang kertas dan koin. Keakuratan transaksi elektronik juga dinilai membantu proses perencanaan ekonomi dan meningkatkan sirkulasi uang pada perekonomian negara.

Tak hanya itu saja, pembayaran elektronik juga menghemat biaya pengelolaan bisnis. Pasalnya, pembayaran digital bisa digunakan untuk beragam jenis transaksi tanpa harus memiliki semua rekening bank tujuan. 

Pembayaran nontunai juga menurunkan risiko bottleneck, yakni kemacetan yang terjadi pada satu titik transaksi. Penerapan cashless mempercepat proses penyelesaian transaksi sehingga tidak menciptakan antrean panjang. 

Pembayaran Internasional Lebih Mudah

Cashless society juga memudahkan kamu melakukan pembayaran internasional. Ketika berada di luar negeri, kamu tidak perlu menukar mata uang lokal secara langsung. Gunakan ponsel pintar untuk mendapatkan saldo berupa uang lokal negara tersebut. Saldo ini bisa dipakai untuk membayar biaya penginapan, konsumsi, transportasi, dan lainnya.  

Demikianlah informasi singkat mengenai cashless society yang perlu kamu ketahui. Kalau kamu ingin hidup lebih praktis dan aman, jadikan DOKU sebagai mitra pembayaran. Yuk bermitra dengan DOKU, perusahaan teknologi pembayaran yang juga pionir payment gateway di Indonesia.  Berdiri sejak tahun 2007, DOKU sudah mengawal ratusan ribu transaksi sukses dari berbagai perusahaan besar hingga UMKM. Cukup sekali daftar, bisnis langsung terkoneksi ke beragam metode pembayaran. Terima pembayaran bisnis makin mudah dan pelanggan pun lebih nyaman bertransaksi. 

Pilih solusi pembayaran sesuai kebutuhan Anda, seperti:

  • Solusi Perusahaan: Apapun jenis bisnisnya, kelola pembayaran pelanggan jadi mudah pakai DOKU
  •  Solusi UMKM: Tidak Perlu Paham Teknis, Bisnis Bisa Go Digital

Pastikan untuk ubah setiap peluang menjadi uang! Gunakan DOKU sekarang!