Marketing Campaign: Manfaat, Contoh & Cara Buat

marketing campaign

Marketing campaign atau kampanye pemasaran merupakan salah satu faktor pendorong kesuksesan bisnis. Kampanye pemasaran biasanya dirancang sesuai tujuan dan kebutuhan perusahaan. Dalam pelaksanaannya, kampanye pemasaran dilakukan dengan membuat konten iklan dan cara kreatif lainnya melalui media online maupun konvensional. 

Tertarik mempelajari marketing campaign lebih jauh? Yuk, simak pembahasan singkat berikut ini.

Read More: 9 Cara Membuat Bisnis Plan, No Ribet!

Pengertian Marketing Campaign 

Sebagaimana diketahui, marketing adalah kegiatan memperkenalkan produk atau jasa agar diketahui khalayak sekaligus mendorong minat beli masyarakat. Campaign merupakan cara promosi yang dilakukan melalui berbagai media dengan tujuan untuk memperkenalkan produk tersebut ke masyarakat. 

Marketing campaign adalah strategi pemasaran yang digunakan untuk mempromosikan bisnis atas nama perusahaan, individu, atau merek tertentu. Kampanye pemasaran kerap digunakan untuk menjangkau calon konsumen potensial yang dikemas dengan cara kreatif. Komponen umum dari kampanye pemasaran terdiri dari promosi, periklanan, distribusi, merchandising, dan harga. 

Kampanye pemasaran melibatkan media konvensional maupun digital, seperti televisi, radio, media sosial, iklan cetak, dan pemasaran email. Tujuan umum kampanye pemasaran adalah untuk meningkatkan brand awareness, mendatangkan konsumen baru, dan memperoleh ulasan dari pelanggan. 

Banyak perusahaan yang mengandalkan kampanye pemasaran untuk meningkatkan penjualan dan tumbuh sebagai organisasi. Agar kampanye pemasaran mendapatkan hasil terbaik dan sesuai tujuan yang ditetapkan, disarankan untuk konsisten dan fokus pada satu ide atau tema.  

marketing-campaign

Manfaat Marketing Campaign 

Adapun manfaat kampanye pemasaran untuk bisnis, di antaranya:

1. Membangun Brand Image

Kampanye pemasaran akan membuat merek bisnis kamu lebih dikenal luas oleh masyarakat. Utamanya, calon konsumen yang menjadi target bisnismu. Kampanye pemasaran yang tepat sasaran akan membangun brand image yang kuat. 

Secara tidak langsung, hal tersebut akan meningkatkan kepercayaan masyarakat. Alhasil, calon konsumen akan lebih mudah tertarik mencoba produk yang kamu tawarkan. 

2. Mendatangkan Leads

Makin dikenal luas, makin tinggi pula keingintahuan masyarakat mengenai produk yang kamu jual. Jangan terkejut apabila mereka akan mencari informasi terkait produk melalui saluran yang kamu miliki. 

Sebelum merancang kampanye pemasaran, pastikan untuk mempersiapkan konsep, materi, dan bahan konten sosial media maupun website sebaik mungkin. Disarankan untuk membuat materi yang eye catching agar konsumen langsung tertarik sesaat setelah melihat produkmu. 

3. Meningkatkan Penjualan

Tak hanya meningkatkan lead, kampanye pemasaran juga berdampak baik pada penjualan. Kamu tak perlu cemas apabila peningkatan penjualan berjalan agak lambat. Hal ini sering dialami oleh pebisnis yang baru mempromosikan produknya. Setelah dikenal dan dipercaya publik, penjualan akan meningkat secara signifikan.

4. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Kampanye pemasaran juga bermanfaat untuk menumbuhkan dan meningkatkan loyalitas pelanggan. Pelanggan yang setia akan selalu mendukung bisnis kamu dengan melakukan pembelian jangka panjang. Ketika kamu mengeluarkan produk baru, pelanggan setia tidak akan melewatkannya.  

Jenis Marketing Campaign 

Berikut jenis marketing campaign yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan bisnis organisasi.

a. Kampanye Media Tradisional

Sesuai namanya, jenis kampanye ini mengandalkan media tradisional untuk meningkatkan brand awareness. Outlet media yang kerap digunakan pada jenis kampanye ini, meliputi iklan cetak, iklan TV, surat langsung, dan radio. 

b. Kampanye Brand Awareness

Kampanye brand awareness berfokus untuk membangun atau memperkuat kesadaran merek suatu perusahaan. Penerapan kampanye jenis ini membantu calon konsumen mengenal produk maupun merek yang hendak dibangun. Lantaran efektif mempertahankan popularitas merek, disarankan untuk melakukan kampanye ini secara rutin. 

c. Kampanye Peluncuran Produk

Sesuai namanya, kampanye pemasaran ini ditujukan untuk memperkenalkan produk baru. Selain memberikan informasi produk ke pelanggan, kampanye ini juga menjadi strategi untuk menarik konsumen membeli produk. Kamu bisa menawakan harga khusus pre-order barang untuk mencetak lebih banyak penjualan.

d. Kampanye Peluncuran Merek

Kampanye pemasaran ini ditujukan untuk meluncurkan merek baru. Strategi ini efektif meningkatkan kesadaran merek dalam waktu relatif singkat.

e. Kampanye Dorongan Musiman

Kampanye ini digunakan untuk mempromosikan produk, layanan, atau penjualan musiman. Jenis kampanye ini biasanya digunakan oleh perusahaan ritel maupun restoran yang mengalami gelombang bisnis musiman. Misalnya, restoran menyediakan menu khusus selama musim dingin berlangsung. 

f. Kampanye Rebranding

Rebranding merupakan proses mengubah citra produk atau merek bisnis. Kampanye ini digunakan untuk mempromosikan perubahan, seperti nama atau merek baru, logo, atau informasi mengenai merger dengan organisasi lain. 

Kampanye pemasaran jenis ini juga dimanfaatkan perusahaan yang ingin kembali ke industri atau tidak disukai target bisnis. Meskipun tidak mudah, rebranding bisa memberikan citra atau wajah baru yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. 

g. Kampanye Pemasaran Kontes

Jenis marketing campaign ini bisa mendorong lalu lintas website organik baru sekaligus meningkatkan kesadaran merek. Kampanye ini juga dapat digunakan untuk mempromosikan produk baru dengan cara yang menarik.

h. Kampanye Pemasaran Email

Kampanye jenis ini sering digunakan perusahaan untuk menjaga hubungan dengan pelanggan. Melalui email, pelanggan akan mendapatkan informasi mengenai produk terbaru, diskon, ataupun penjualan khusus. 

i. Kampanye User-Generated Content (UGC)

Kampanye ini merupakan strategi pemasaran dengan menggunakan berbagai jenis konten, seperti tulisan, foto, video, ulasan, dan lainnya. Sumber materi kampanye ini berasal dari penilaian pelanggan yang telah menggunakan produkmu.

marketing-campaign

Contoh dan Cara Membuatnya 

Cukup banyak contoh kampanye pemasaran yang sukses di pasaran. Beberapa di antaranya viral dan dikenal luas oleh masyarakat. Hal ini menunjukkan bahwa strategi tersebut berhasil dan sesuai ekspektasi yang diharapkan. Adapun contoh kampanye pemasaran yang sukses:

Shot on iPhone – Apple

Berbekal konsep yang terbilang sangat sederhana, kampanye pemasaran ini mengajak seluruh pengguna iPhone mengunggah foto di media sosial dengan menyertakan tagar #ShotoniPhone. Untuk menarik pengguna setianya, Apple menayangkan iklan televisi yang dibintangi Lady Gaga dan Selena Gomez.

Just Do It – Nike 

Di akhir 1980-an, tagline “Just Do It” berhasil membawa Nike memenangkan persaingan sepatu lari dengan Reebok. 

BTS Meal McDonald

Kampanye pemasaran BTS meal oleh McDonald Indonesia berhasil mencetak angka penjualan fantastis. Bahkan, tak sedikit konsumen yang gagal mendapatkan edisi terbatas tersebut. 

Slogan Teh Botol Sosro

Kampanye pemasaran Sosro dengan slogan “Apa pun makanannya, minumnya teh botol Sosro” dianggap sukses membangun kesadaran merek yang mengakar kuat hingga kini. Slogan tersebut juga mendongkrak penjualan produk. 

Bagi kamu yang ingin membuat kampanye pemasaran, mulailah dengan menetapkan tujuan dan target konsumen. Lakukan riset untuk menentukan target konsumen secara tepat sasaran. Agar kamu lebih cepat mendapatkan ide dan inspirasi, pelajari contoh kampanye pemasaran yang sukses.

Setelah mendapatkan formula tepat, buat kampanye pemasaran. Lakukan evaluasi secara berkala. Cek bagian mana yang masih perlu diperbaiki, ditambah, atau dikurangi. 

Demikianlah sekilas informasi mengenai marketing campaign yang perlu kamu pahami. Kamu pemilik bisnis? Ingin proses pembayaran pelanggan makin otomatis dan bisnis maju pesat ?

Yuk bermitra dengan DOKU, perusahaan teknologi pembayaran yang juga pionir payment gateway di Indonesia. Berdiri sejak tahun 2007, DOKU sudah mengawal ratusan ribu transaksi sukses dari berbagai perusahaan besar hingga UMKM. Cukup sekali daftar, bisnis langsung terkoneksi ke beragam metode pembayaran. Terima pembayaran bisnis makin mudah dan pelanggan pun lebih nyaman bertransaksi. 

Pilih solusi pembayaran sesuai kebutuhan Anda, seperti:

  • Solusi Perusahaan: Apapun jenis bisnisnya, kelola pembayaran pelanggan jadi mudah pakai DOKU
  •  Solusi UMKM: Tidak Perlu Paham Teknis, Bisnis Bisa Go Digital

Pastikan untuk ubah setiap peluang menjadi uang! Gunakan DOKU sekarang!