CEO Adalah Kunci Sukses Perusahaan: Ketahui Fungsi dan Perannya


Dilansir dari Investopedia, CEO adalah seseorang yang menempati posisi tertinggi dalam perusahaan dan memiliki tanggung jawab paling besar dibanding jabatan lainnya. CEO atau Chief Executive Officer merupakan jabatan paling komplek di perusahaan karena memegang hampir semua area manajerial perusahaan.

CEO seringkali disejajarkan dengan direktur utama atau presiden direktur. Padahal keduanya memiliki posisi dan tanggung jawab berbeda. Lantas, bagaimana posisi CEO di dalam organisasi perusahaan? Apa  saja tugas utama seorang CEO? Simak informasi lengkapnya berikut ini!

Tugas dan Kedudukan CEO dalam Organisasi

Seorang CEO memiliki peran besar terhadap perkembangan perusahaan. Dengan perannya tersebut, berikut kedudukan CEO dalam organisasi perusahaan:

1. Perancang Tujuan Perusahaan

CEO merancang rencana bisnis dan tujuan perusahaan, serta mengawasi kinerja tiap departemen untuk memastikan mereka bekerja sesuai dengan visi dan misi perusahaan. Contoh: CEO perusahaan teknologi merencanakan transisi ke energi terbarukan​

2. Sebagai wakil perusahaan

CEO adalah wajah utama perusahaan, memiliki dampak besar pada persepsi publik terhadap produk dan citra perusahaan. Contoh: CEO perusahaan otomotif menghadiri pameran mobil untuk memperkenalkan model terbaru

3. Jembatan direksi dan karyawan

CEO menjembatani direksi dan karyawan untuk membentuk tim kerja yang solid dan lingkungan kerja yang nyaman. Contoh: CEO mengadakan pertemuan rutin dengan berbagai departemen untuk mendengarkan masukan dan memecahkan masalah.

4. Pengelola anggaran belanja perusahaan

CEO bertanggung jawab atas alokasi dan manajemen anggaran belanja perusahaan. Contoh: CEO menyetujui penggunaan dana untuk proyek riset dan pengembangan baru​

5. Membangun Budaya Kerja yang Positif

CEO menciptakan lingkungan kerja yang mendukung dan kondusif, berdampak positif pada kinerja karyawan. Contoh: CEO menginisiasi program kesejahteraan karyawan untuk meningkatkan produktivitas dan kepuasan kerja​

Keahlian yang Wajib Dimiliki CEO

Perjalanan menjadi seorang CEO bukanlah hal yang mudah. Kamu perlu punya 7 keahlian ini jika ingin menjadi seorang Chief Executive Officer:

Leadership (Kepemimpinan)

Seorang CEO harus punya jiwa kepemimpinan karena dialah yang akan memimpin sebuah perusahaan. Jiwa kepemimpinan seorang CEO ini dapat dilihat dari caranya mengambil keputusan dan dalam menangani konflik. Dua hal ini akan berpengaruh pada kepercayaan karyawan yang dipimpin dan para stakeholder.

Tegas dan cepat dalam mengambil keputusan

Dikutip dari Harvard Business Review, yang membuat seorang CEO terlihat menonjol bukanlah karena banyaknya keputusan besar yang diambil, tetapi ketegasannya dalam mengambil keputusan. Selain itu, seorang CEO juga dituntut untuk bisa berpikir cepat dalam mengambil keputusan di segala situasi dan siap menanggung risiko atas keputusan yang diambil.

Kemampuan komunikasi yang baik

Dalam kesehariannya, seorang CEO akan bertemu banyak orang dari berbagai lapisan pekerjaan dan masyarakat. Oleh karena itu, dia harus punya kemampuan komunikasi yang baik dan dapat beradaptasi dengan konteks pembicaraan maupun lawan bicaranya. Dengan demikian, lawan bicaranya dapat memahami dengan baik maksud dari sang CEO.

Kreatif dan inovatif

Seorang CEO punya tanggung jawab untuk menyusun rencana atau strategi bisnis. Oleh karena itu, dia harus kreatif dan inovatif agar mampu beradaptasi dengan tren. Dengan demikian, strategi dan rencana bisnis yang dijalankan sejalan dengan kebutuhan pasar.

Pola pikir CEO yang kreatif dan inovatif ini juga bermanfaat dalam menjalin kolaborasi atau kerja sama dengan pihak lain. CEO yang kreatif juga bisa menginspirasi bawahannya untuk menjadi memunculkan ide-ide baru bagi kemajuan perusahaan.

Kritis dan berpikiran terbuka

Dalam menjalankan rencana atau strategi bisnis, tidak bisa dipungkiri jika akan ada hambatan maupun kegagalan yang dihadapi. Oleh karena itu, seorang.

CEO harus bisa berpikir kritis untuk mencari penyebab kegagalan tersebut. Selain itu, seorang CEO juga harus punya sikap berlapang dada terhadap kritikan atau masukan dari orang lain, bahkan jika yang berasal dari bawahannya sekalipun.

Punya etika

Seorang CEO adalah wajah perusahaan. Oleh karena itu, dia harus punya etika untuk menjaga citra dirinya maupun perusahaan. Selain itu, CEO juga harus mengedepankan kejujuran dan memiliki tanggung jawab yang tinggi atas perusahaan.

Transparan

Dilansir dari forbes.com, sikap transparan atau terbuka seorang CEO akan berpengaruh pada kepercayaan para eksekutif dan karyawan di bawahnya. Ketika karyawan mendapati ada hal yang ditutupi, maka mereka akan mempertanyakan keputusan yang dibuat oleh CEO.

Perbedaan CEO dari Pimpinan Organisasi Lainnya (COB, CFO, COO, Chairperson, Founder, Owner, Director)

Apakah CEO sama dengan COB, CFO, COO, Chairperson, Founder, Owner, dan Director? Tentu saja berbeda. Jika CEO adalah pemimpin tertinggi organisasi perusahaan, maka berikut pengertian dari masing-masing pimpinan organisasi lainnya:

  • COB atau Chair of the Board, adalah pemegang kekuasaan dan wewenang tertinggi dalam dewan direksi. COB memiliki kuasa untuk memberikan kepemimpinan ke pada eksekutif perusahaan, termasuk menunjuk seseorang yang pantas menduduki kursi CEO.
  • CFO atau Chief Financial Officer, merupakan pimpinan yang bertanggung jawab terhadap keuangan perusahaan. CFO juga bisa disebut sebagai Direktur Keuangan.
  • COO atau Chief Operating Officer, merupakan pimpinan kedua setelah CEO yang bertanggung jawab pada pembuatan keputusan operasional dan administrasi perusahaan.
  • Chairperson, adalah orang yang bertanggungjawab memimpin rapat dan memastikan prosedur diikuti oleh semua peserta. Seorang chairperson juga bertugas meringkas semua argumen dalam rapat dan mengatur kepemimpinan ke komite.
  • Founder, adalah pendiri atau penemu atau pelopor suatu perusahaan, bisnis, atau organisasi. Seorang founder belum tentu bisa berperan sebagai CEO.
  • Owner, adalah pemilik bisnis atau pemegang saham dalam sebuah bisnis mau pun perusahaan. Seorang owner juga tidak selalu bisa bertindak sebagai CEO.
  • Director atau direktur, adalah kepala departemen yang membawahi manajer dan karyawan. Seorang direktur biasanya bertanggung jawab langsung ke pada CEO.

Nah, demikian posisi dan tanggung jawab CEO dalam perusahaan. Dari ulasan di atas, dapat disimpulkan bahwa CEO adalah pemimpin tertinggi yang bertanggung jawab penuh terhadap keberlangsungan perusahaan. Dengan tanggung jawab ini, maka seorang CEO harus pandai dalam mengatus strategi perusahaan, salah satunya menempatkan Payment Gateway DOKU untuk memfasilitasi kebutuhan terima dan pengelolaan pembayaran dalam bisnis.

Payment Gateway DOKU ini memungkinkan konsumen perusahaan membayar dengan berbagai metode pembayaran sehingga memudahkan kosumen dalam bertransaksi. Dengan demikian, konsumen lebih nyaman dalam berbelanja dan mau order kembali sehingga omzet bisnis meningkat. Yuk, langsung daftar di website DOKU atau menghubungi sales DOKU sekarang juga untuk menggunakan payment gateway!