Pasti Cuan! Ini 10 Ide Jualan Takjil Ramadan, Modal Kecil Untung Besar!

Ide jualan takjil memberikan inspirasi bagi kamu yang tertarik berjualan di bulan Ramadan. Takjil merupakan makanan ringan yang biasanya disantap untuk membatalkan puasa. Menu takjil sangat beragam dengan harga jual relatif murah, yakni mulai dari Rp1.000 hingga Rp5.000. 

Harga yang bersahabat membuat takjib diburu oleh pembeli yang ingin beramal saleh selama Ramadan. Tak hanya untuk diri sendiri, takjil justru lebih banyak diberikan pada orang-orang untuk berbuka baik secara langsung maupun melalui pengurus musala dan masjid.

Baca juga: 15 Ide Usaha yang Jarang Rugi dan Bisa Dijalankan dengan Modal Kecil

Ide Jualan Takjil Untung Besar di Bulan Ramadan! 

Kalau kamu ingin mencoba peruntungan dengan berjualan, bulan Ramadan menjadi pilihan tepat. Di bulan ini, hampir seluruh penjual makanan dan minuman mendapatkan omzet lebih besar dibandingkan hari biasa. 

Sebagai pemula, momen bulan Ramadan sangat pas untuk mempromosikan bisnis di bidang kuliner. Maklum saja, di waktu ini orang-orang cenderung berani mencoba berbagai jenis takjil untuk berbuka puasa. 

Menarik, bukan? Nah, supaya kamu lebih mudah memulai bisnis, berikut sejumlah ide jualan takjil yang bisa menghasilkan keuntungan besar di bulan Ramadan. 

1. Piscok 

Pisang cokelat menjadi salah satu favorit masyarakat. Makanan ini terbuat dari bahan dasar pisang yang digulung menggunakan kulit lumpia siap pakai. Alih-alih menggunakan taburan gula, piscok justru menggunakan meses cokelat yang akan mencair ketika digoreng.

Piscok dapat dijual dengan variasi rasa lain, seperti pisang cokelat nangka atau pisang cokelat keju. Makanan ini lezat disantap ketika hangat. Namun, rasanya masih tetap nikmat sekalipun dingin.

Selain mudah dibuat, harga jual piscok juga murah, hanya seribuan saja. Nah, kalau begini kamu bisa menjual piscok di bulan Ramadan dan bersiap mendapatkan banyak pelanggan baru! 

2. Risol 

Siapa pun tahu bahwa risol merupakan makanan favorit. Dulu, risol hanya tersedia dalam varian ragout sayur saja. Lambat laun, risol mengalami inovasi dengan menawarkan beragam isian yang menggoda selera dan dijamin lezat. 

Beberapa varian yang dimaksud adalah risol mayo, daging kebab, smoked beef, ayam pedas, ayam keju, dan creamy ragout. Rata-rata, risol dengan isian tersebut dijual dengan harga mulai dari Rp2.000 sampai Rp5.000 per buah. 

Sebagai pemula, ada baiknya membanderol risol dengan harga jual antara Rp2.000 sampai Rp3.000. Bagaimana bisa mendapatkan keuntungan? Kamu bisa menjual risol dengan ukuran lebih kecil atau bisa juga dengan mengurangi sedikit isiannya. 

3. Kolak 

Kolak menjadi menu takjil yang wajib ada di bulan Ramadan. Pembuatannya sedikit memakan waktu sehingga banyak orang memilih untuk membeli daripada membuatnya sendiri. Gunakan kesempatan ini sebagai peluang dan langkah awalmu terjun ke dunia bisnis.

Umumnya, kolak berisikan pisang, kolang-kaling, singkong, dan labu kuning. Namun, terdapat beberapa variasi kolak yang juga banyak disukai masyarakat. Variasi tersebut, antara lain kolak pisang mutiara, kolak biji salak, kolak candil ubi, dan kolak pisang nangka.

Rata-rata harga jual seporsi kolak dibanderol mulai dari Rp3.000 sampai Rp5.000 per cup ukuran 10 atau 12 oz. Utamakan rasa dan pilih bahan baku terbaik sehingga kualitas takjil yang kamu jual terjaga.

4. Aneka Bubur 

Sebagaimana diketahui, berbuka disunahkan dengan yang manis. Kamu bisa menjual aneka bubur sebagai menu takjil. Untuk menekan harga jual, gunakan cup ukuran 10 atau 12 oz. Ukuran ini dirasa cukup mengenyangkan. 

Beberapa menu bubur yang bisa menjadi inspirasi adalah bubur sumsum, bubur lemu, bubur candil, bubur kacang hijau, bubur ketan hitam, bubur kampium, bubur jewawut, dan bubur mutiara. Rasa manis berpadu gurih akan membuat energi yang hilang selama puasa terisi kembali. 

5. Puding Buah 

Ide jualan takjil yang mudah dibuat adalah puding buah. Dalam proses pembuatannya, kamu hanya perlu mempersiapkan bahan baku berupa agar-agar atau bubuk puding siap pakai. 

Untuk isian buahnya bebas, sesuai selera. Misalnya: apel, jeruk, mangga, stroberi, kiwi, buah naga, atau anggur. Namun, disarankan menggunakan buah yang murah supaya harga jual puding dapat bersaing dengan kompetitor.

6. Gorengan 

Selain makanan manis, tak sedikit orang menyukai gorengan sebagai takjil berbuka puasa. Gorengan ini terdiri dari beragam jenis, seperti singkong, ketela, sukun, bakwan, pisang, tahu, tempe, atau cireng. Harga gorengan bervariasi, mulai dari Rp1.000 hingga Rp3.000. 

Kamu bisa menyediakan gorengan dengan ukuran lebih kecil agar harga jualnya bersaing. Biasanya orang-orang cenderung memilih penjual gorengan yang menawarkan harga murah. Harga ini memungkinkan mereka membeli dalam jumlah banyak.  

7. Es Buah 

Setelah menahan haus dan lapar, sebagian orang ingin menikmati kesegaran es buah. Takjil ini menawarkan perpaduan buah-buahan yang dicampur dengan es batu, gula, susu, dan sirup. Biasanya, es buah ini dijual menggunakan cup 16 oz. 

Harga jualnya sekitar Rp8.000 hingga Rp15.000 tergantung buah yang digunakan. Makin lengkap, harga es buah makin mahal. Biasanya, penjual memberikan harga khusus untuk es buah yang akan diberikan sebagai sedekah takjil dengan ukuran cup lebih kecil. 

8. Es Kelapa Muda 

Es kelapa muda bisa dijadikan sebagai ide jualan takjil yang murah, minim risiko, dan pasti laris. Pasalnya, es kelapa muda banyak dicari tak hanya untuk pelepas dahaga, tetapi juga dijadikan sebagai isian es campur. 

Harga jual seporsi es kelapa muda berkisar antara Rp7.000 hingga Rp12.000 tergantung variasi. Jika hanya es kelapa muda saja tanpa tambahan gula dan susu, harganya tentu lebih murah. Bisnis es kelapa muda menjanjikan lantaran menyegarkan dan memiliki banyak khasiat yang baik untuk kesehatan.

9. Es Campur 

Selain es buah dan es kelapa muda, bisnis es campur juga tak kalah menjanjikan. Sesuai namanya, es ini memungkinkan kamu mencampurkan berbagai bahan untuk mendapatkan rasa yang lezat dan nikmat. Misalnya: mutiara, biji selasih, buah nangka, melon, parutan es, gula, sirup, dan susu kental manis.  

10. Takjil Box 

Mengingat pahala bersedekah di bulan Ramadan sangat besar, banyak orang yang mencari penjual takjil box. Kamu bisa menjualnya dengan isian yang bervariasi. Alangkah baik apabila menyediakan beberapa paket box agar pembeli bisa menyesuaikan dengan bujet. 

Contohnya: 

  • Box A berisikan air mineral cup dan 2 buah kurma.
  • Box B berisikan bolu gulung, risol mayo, dan teh manis cup.
  • Box C berisikan bubur sumsum, pastel ayam, dan bolu kukus.
  • Box D berisikan nasi telur, perkedel, dan air mineral 330 ml.

Kamu bisa memberikan harga lebih murah dengan syarat pembelian minimal. Misalnya paket B harga normal Rp7.000 dijual dengan harga Rp6.000 dengan pembelian minimal 50 box. Tidak hanya menguntungkan pembeli karena bisa menghemat anggarannya, kamu juga diuntungkan karena peluang mendapatkan pelanggan tetap makin besar.  

Tentunya ide jualan takjil selama Ramadan tersebut akan lebih lancar apabila kamu menyediakan metode pembayaran QRIS. QRIS memungkinkan pembayaran dilakukan tanpa perlu membawa uang tunai sehingga lebih aman dan kamu pun tak perlu menyediakan kembalian. 

QRIS juga bisa memudahkan kamu merekap data transaksi penjualan. Kamu bisa menggunakan layanan pembayaran QRIS dengan mengunduh aplikasi Juragan DOKU atau mendaftar via website!