Kolaborasi DOKU & UPH: Wujudkan Wirausaha Muda Sukses bagi Mahasiswa & Alumni

DOKU UPH Wujudkan Wirausaha Muda

Bidang pendidikan semakin berkembang seiring dengan perkembangan teknologi. Digitalisasi dalam dunia pendidikan dirasakan juga dalam hal digitalisasi pembayaran, dimana metode pembayaran sudah tidak lagi menggunakan uang tunai, melainkan cashless. Melalui digitalisasi pembayaran dalam dunia pendidikan ini diharapkan bisa mendukung sistem operasional sekolah maupun perguruan tinggi menjadi lebih baik dan efisien.

Bisa dibayangkan jika sebuah institusi masih menggunakan sistem pembayaran manual. Maka, dengan jumlah siswa atau mahasiswa yang banyak, pembayaran uang sekolah dengan sistem manual bisa memberatkan pihak administrasi. Tidak hanya itu, peluang terjadinya human error juga lebih besar, dimana pihak administrasi sekolah harus dengan jeli dan cepat mengurus semua pembayaran. Untuk itulah digitalisasi pembayaran dalam sektor pendidikan ini bisa mengurangi kesalahan human error dalam pencatatan dan pelaporan keuangan. 

Kolaborasi DOKU X UPH: Digitalisasi Pembayaran

Selain digitalisasi pembayaran yang mampu mendukung sistem pembayaran sebuah institusi pendidikan, teknologi go digital juga perlu menjadi bagian dari pengembangan sebuah bisnis. Salah satu perusahaan teknologi pembayaran terkemuka di Indonesia, DOKU mendukung digitalisasi pembayaran dalam bidang pendidikan dan telah bekerjasama dengan Universitas Pelita Harapan (UPH). Pada 14 Juni 2023, DOKU dan Universitas Pelita Harapan (UPH) resmi melakukan penandatangan Memorandum of Understanding (MOU) antara CEO DOKU, Chris Yeo dan Dr (Hon.) Jonathan L. Parapak, M.Eng.Sc. selaku Rektor Universitas Pelita Harapan (UPH). Penandatangan MOU ini diharapkan memperkuat kolaborasi diantara DOKU dan UPH untuk mendukung ekosistem kewirausahaan dan pendidikan di Indonesia.

Untuk diketahui, sejak 2020, DOKU telah menjadi mitra payment gateway bagi UPH sehingga memungkinkan mahasiswa dan calon mahasiswa untuk melakukan pembayaran akademik seperti SPP, uang pangkal, uang kegiatan, dll dengan menggunakan metode pembayaran digital yang beragam. Dimana sebuah data menunjukkan bahwa tingkat kesadaran mahasiswa terhadap layanan digital relatif tinggi yakni 93,27%. Maka, digitalisasi pembayaran dalam bidang pendidikan ini adalah hal yang saling mendukung antara institusi dan mahasiswa. Lebih dari itu, DOKU juga membantu tim finance UPH agar bisa merekap pencatatan transaksi yang efisien dan transparan. Hal ini dilakukan untuk mengurangi resiko kesalahan dalam pencatatan laporan keuangan.

Read More: Apa Manfaat Menjadi Seorang Wirausaha? Simak Penjelasannya!

Dukungan Juragan App bagi Calon Wirausaha Muda dari Sparks Labs & Kampus Merdeka

Tak hanya digitalisasi pembayaran, DOKU dan UPH juga semakin memperkuat kerjasamanya pada bidang pendidikan dan pelatihan bagi wirausaha muda. Dengan visi bersama untuk mendorong semangat kewirausahaan bagi para mahasiswa dan alumni UPH, DOKU berperan sebagai mentor teknologi pembayaran yang mendukung gerakan kewirausahaan UPH. Melalui kerjasama ini, DOKU juga membuka peluang bagi mahasiswa UPH yang tertarik yang tertarik untuk mendapatkan pengalaman bekerja di bidang teknologi pembayaran untuk mengikuti program magang (internship) di DOKU.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Rektor Bidang Pemasaran dan Pengembangan UPH, Binsar Pandiangan mengatakan, “Kami menyambut baik komitmen berkelanjutan yang dinyatakan oleh DOKU sebagai mitra teknologi UPH. Dengan semangat mendorong implementasi nyata dari ilmu kewirausahaan dalam dunia kerja untuk para mahasiswa dan alumni UPH, kami percaya kolaborasi ini akan membawa manfaat bagi kedua belah pihak dan membawa daya tarik tersendiri. Kami berharap kerjasama ini akan memberikan manfaat yang besar bagi perkembangan kewirausahaan dan pendidikan di Indonesia.”

Dengan kehadiran DOKU menjadi mitra teknologi pembayaran UPH, diharapkan bisa mendukung program inkubasi Sparks Lab dan Kampus Merdeka. Melalui kolaborasi berkelanjutan pada kedua program ini, diharapkan dapat menjembatani hubungan antara dunia pendidikan dan industri kewirausahaan melalui implementasi kuliah kerja nyata yang berdampak untuk masa depan para mahasiswa dan alumni UPH.