15 Ide Jualan Makanan Modal Kecil, Banyak Peminat dan Pasti Laku!

Kuliner adalah salah satu industri yang hampir tak ada matinya. Alasannya sederhana, yakni karena makanan adalah kebutuhan paling mendasar setiap manusia. Mulai dari bisnis makanan kaki lima hingga gourmet di restoran-restoran high-end, pasti bisnis-bisnis ini selalu ada peminatnya. Nah, buat kamu yang kebetulan sedang mencari ide jualan makanan modal kecil untuk mencari kesibukan atau menambah pemasukan, kami punya rekomendasinya.

Baca juga: 20 Ide Menu Bazar Paling Laris, Ayo Coba!

15 Ide Jualan Makanan Modal Kecil yang Pasti Laku

Sebagai catatan, besar kecilnya modal merupakan hal yang relatif. Namun secara keseluruhan, rekomendasi ide jualan makanan berikut ini bisa dimulai dengan anggaran awal kurang dari Rp10 juta. Berikut 15 ide jualan makanan dengan modal kecil yang banyak peminatnya.

1. Bakso 

Bakso merupakan makanan Indonesia yang memiliki daya tarik tinggi dan pasti laku setiap hari. Mulai dari bakso harga Rp5 ribuan hingga di atas Rp20 ribu, pasti ada saja yang minat untuk beli. Kamu pun bisa menjadikan makanan khas Nusantara ini sebagai ide jualan dengan modal kecil. Kamu bisa menjualnya secara frozen atau mungkin siap makan seperti bakso keliling atau yang ada di warung.

2. Nasi uduk

Berjualan nasi uduk adalah opsi usaha murah meriah yang cukup menjanjikan. Makanan ini sering menjadi pilihan menu sarapan banyak masyarakat Indonesia. Biasanya, nasi uduk dijual dengan beragam pilihan lauk, seperti bihun goreng, telur, orek atau kering tempe, dan gorengan. Kamu bisa menjualnya di pagi hari karena banyak orang yang sering kali tidak sempat membuat sarapan sendiri.

3. Roti bakar

Ide jualan makanan modal kecil yang berikutnya adalah roti bakar. Makanan yang biasanya dijual pada malam hari ini banyak peminatnya dan bukan jenis makanan musiman. Agar pembeli bisa menjadi langganan, tawarkan varian rasa yang sebanyak-banyaknya, mulai dari yang bercita rasa manis hingga gurih. Ini agar kamu bisa memikat konsumen yang umumnya memiliki selera beragam.

4. Ayam geprek

Ayam geprek, hidangan berat khas Indonesia dengan cita rasa gurih dan varian sambal yang bermacam-macam. Makanan ini hampir selalu menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia bila bingung mau makan apa. Meskipun sudah banyak yang berjualan ayam geprek, tingkat persaingannya tidak begitu ketat. Alasannya karena setiap penjual menawarkan cita rasa dan harga yang berbeda-beda. Jadi, jangan ragu bila kamu ingin menggeluti usaha ayam geprek.

5. Piscok

Pisang cokelat atau piscok merupakan salah satu camilan yang murah meriah dan diminati banyak kalangan, khususnya anak muda. Perpaduan rasa gurih dan manis pisang serta krim cokelat yang meleleh menjadikannya favorit banyak orang. Proses pembuatannya mudah dan bahannya relatif murah serta mudah untuk didapatkan sehingga cocok sebagai pilihan ide jualan murah meriah.

6. Tahu walik

Tahu walik bisa kamu jadikan ide jualan makanan modal kecil. Jajanan kekinian asli dari Banyuwangi ini tidak membutuhkan modal yang besar. Ini lantaran bahan-bahannya hanya terdiri dari tahu pong, tapioka, bumbu-bumbu, dan tentu saja minyak untuk menggoreng. Rasanya gurih dengan tekstur kriuk, menjadikan makanan ini favorit banyak kalangan masyarakat Indonesia yang notabenenya penggemar gorengan.

7. Telur gulung

Telur gulung, jajanan SD yang tak hanya digemari anak-anak sekolah, tetapi juga orang dewasa. Kepraktisan, kelezatan, dan harganya yang terjangkau membuat telur gulung menjadi camilan favorit yang laris dijual setiap hari. Di samping itu, bahan bakunya juga murah meriah dan mudah didapat. Memang perlu sedikit keterampilan untuk bisa menggulung adonan telur dengan sempurna, tetapi bisa dipelajari dengan cepat.

8. Mie ayam

Selain bakso, mie ayam adalah makanan yang selalu dicari oleh semua kalangan masyarakat. Mulai dari yang gerobakan hingga di warung, mie ayam tak pernah membosankan. Sebab itu, sajian satu ini banyak dijadikan usaha yang berkelanjutan. Bahan-bahannya selalu tersedia di pasar dan cara membuatnya juga mudah. Namun cita rasa lah yang pada dasarnya menjadi salah satu penentu utama laku tidaknya bisnis mie ayam.

9. Gorengan

Gorengan bisa dibilang sebagai makanan nasional Indonesia. Makanan ini selalu dicari setiap hari, baik untuk lauk makan ataupun camilan. Cita rasanya beragam, ada yang manis, gurih, dan bahkan pedas. Namun yang membuat gorengan selalu laku adalah tekstur kriuknya yang begitu memanjakan lidah. Bahan dasarnya juga terjangkau dan harga jualnya juga cukup murah sehingga cocok untuk dijadikan ide jualan dengan modal kecil.

10. Seblak

Seblak adalah hidangan khas Jawa Barat yang beberapa tahun terakhir sedang viral. Saking viralnya, banyak masyarakat yang menjadikan seblak sebagai ide usaha. Cita rasanya yang gurih dan pedas membuat makanan ini digandrungi oleh banyak konsumen dari berbagai kalangan, khususnya anak muda. Bahan-bahannya relatif mudah didapat dan cara membuatnya juga mudah sehingga bisa dijadikan usaha.

11. Siomay dan batagor

Siomay dan batagor merupakan jajan khas Indonesia yang banyak dijadikan ide usaha. Makanan satu ini banyak peminatnya, mulai dari anak-anak SD hingga orang dewasa. Ada yang hanya menjual siomay atau batagor, ada juga yang keduanya. Semuanya sama-sama enak dan banyak yang menyukainya sehingga cocok untuk dijadikan usaha.

12. Cilok

Siapa sih yang tidak kenal dengan jajanan berbahan dasar kanji satu ini? Cilok merupakan jajanan yang cocok untuk dijadikan bisnis kuliner dengan modal kecil. Selain itu, peminatnya juga banyak karena harganya relatif murah dan cita rasanya gurih dengan bertekstur kenyal. Dengan sedikit inovasi pada isian dan saus, cilok bisa menjadi usaha yang mendatangkan banyak keuntungan.

13. Bakso aci

Bakso aci termasuk makanan viral yang masih eksis hingga sekarang. Sesuai namanya, bakso aci dibuat menggunakan bahan dasar tapioka yang di dalamnya bisa diisi dengan daging ayam atau lemak. Makanan bisa dijual dalam bentuk kemasan siap masak atau siap makan. Biasanya, pelaku usaha rumahan menjajakan bakso aci dalam bentuk kemasan siap masak karena relatif awet di freezer bila tidak cepat laku.

14. Risol mayo

Ide jualan makanan yang satu ini tak hanya minim modal, tetapi juga mudah dibuat. Risol mayo merupakan camilan bercita rasa gurih dan creamy karena saus mayo di dalamnya. Dengan lapisan kulit yang renyah, risol mayo menjadi salah satu kudapan yang banyak dicari sebagai camilan atau bahkan sajian pada acara-acara tertentu, seperti arisan. Jadi, potensinya besar sekali bila dijual.

15. Sosis bakar

Rekomendasi ide jualan yang terakhir adalah sosis bakar. Modalnya ringan, cara membuatnya mudah, dan pastinya banyak peminatnya, terutama bila dijual pada event-event makanan. Kunci utamanya agar laku terletak pada jenis sosis yang digunakan, makin enak jenis sosisnya, makin banyak pula pembeli.

Kamu punya bisnis? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR, atau donwload Aplikasi Juragan DOKU yang bisa terima pembayaran dalam satu aplikasi.

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu donwload via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, gabung dengan DOKU, Sekarang!