15 Ide Jualan Online Makanan, Laris dan Ramah Pemula

ide jualan online makanan

Ide Jualan Online Makanan – Membicarakan bisnis kuliner seakan tak ada habisnya. Menurut data Badan Pusat Statistik atau BPS (Juni 2022), di tahun 2020 saja ada 11.223 usaha makanan dan minuman tersebar di seluruh Nusantara. Angka itu pun dipastikan akan terus naik, apalagi dengan terbuka luasnya peluang bisnis kuliner online.

Bagi yang sedang mencari inspirasi bisnis makanan dan minuman online, berikut beberapa ide jualan online makanan yang sudah terbukti laris dan cocok dijalankan bahkan oleh pemula. Jangan lupa, sesuaikan dengan bujet, passion, dan perkembangan tren, ya.

Read More: 5 Bisnis Online Menjanjikan untuk Pemula: Peluang untuk Memulai Bisnis Online yang Menguntungkan

Ide Jualan Online Makanan

1. Frozen Food

Peminat produk makanan beku alias frozen food tidak sedikit. Selain pengolahan yang praktis, rasa, kualitas, hingga variasinya, cukup kompetitif dengan makanan yang dijual di restoran. Apa yang membuat ide jualan online makanan yang satu ini begitu disukai?

  • Praktis; Cukup keluarkan dari freezer, diamkan sebentar di suhu ruang, lalu goreng atau kukus sesuai kebutuhan.
  • Nutrisi terjaga; Faktanya, makanan beku yang disiapkan dengan benar memiliki kandungan nutrisi yang baik, termasuk mineral dan vitamin (sumber: The Academy of Nutrition and Dietetics).
  • Meski lebih tahan lama daripada produk makanan lainnya, banyak produk frozen food yang tidak menggunakan bahan kimia sebagai pengawet.

2. Bahan Makanan Siap Masak

Ide jualan online makanan ini punya pelanggan potensial yang cukup banyak, lo. Kamu bisa menjual bahan siap masak seperti paket sayur siap masak, paket ayam ungkep siap goreng, dan lain sebagainya.

Misalnya, kamu ingin menjual paket sayur sop ayam siap masak, maka kamu hanya harus menyiapkan bahan-bahan segar yang sudah dipotong, lengkap dengan bumbunya. Andalkan ojek online untuk urusan pengantaran dan pastikan kamu hanya menerima pesanan H-1 agar semua bahan selalu fresh.

3. Sambal Rumahan

Makan tanpa sambal layaknya malam tak berbintang, alias serasa tak lengkap. Sambal juga bisa menaikkan nafsu makan. Namun, menyiapkan sambal bisa jadi urusan yang merepotkan bagi sebagian orang. Nah, sambal rumahan dalam kemasan bisa menjadi salah satu peluang bisnis menjanjikan.

Pakai bahan baku berkualitas dan pastikan proses pembuatan hingga pengemasannya higienis, ya. Kamu juga bisa berinovasi dengan menyediakan varian sambal unik untuk menarik lebih banyak pelanggan.

4. Dessert Box

Seperti kuliner pedas, kuliner manis juga punya banyak penggemar. Salah satu produk yang sedang naik daun adalah dessert box. Ide jualan online makanan yang satu ini bisa mendatangkan untung semanis rasanya.

Ada banyak video tutorial cara membuat dessert box yang bisa kamu coba. Beberapa di antaranya bahkan hanya membutuhkan bahan-bahan yang terjangkau. Meski demikian, bila ini kali pertama kamu membuat dessert box, pastikan untuk melakukan trial dulu sebelum memasarkannya.

5. Salad Buah

Ide jualan online ini tidak butuh modal banyak, tetapi bisa laris manis. Ya, salad buah yang segar bisa dikonsumsi oleh semua kalangan, termasuk orang-orang yang sedang diet atau sedang menjalani pola hidup sehat.

Membuat salad buah cukup praktis, tanpa terlalu banyak peralatan. Kamu juga bisa mendapatkan bahan-bahannya dengan mudah; buah-buahan, yogurt, mayones, bubuk agar-agar, susu, atau keju rendah lemak. 

6. Rice Box

Rice box atau rice bowl adalah ide jualan online makanan kekinian yang laris, tetutama di kalangan anak muda. Konsepnya yang sederhana dan simpel bisa jadi ide jualan yang menguntungkan bagi pemula.

Menu rice bowl ataupun rice box bisa variatif, berisi nasi, sayur, dan daging. Kamu bisa mengadaptasi menu-menu sederhana seperti ayam geprek, udang teriyaki, ayam lada hitam, dan lain-lain.

7. Hampers Kue Kering

Khusus kamu yang hobi memasak kue, menjual hampers kue kering adalah peluang bisnis yang tepat. Tidak perlu menunggu momen spesial seperti Hari Raya untuk menjalankan bisnis ini. Kamu hanya perlu menjaga kualitas rasa, berinovasi dengan tren, dan memilih kemasan eye catching.

Beberapa jenis kue kering yang populer adalah kue abon, palm cheese, nastar, kue kacang, cookies cokelat, putri salju, pastel kering, lidah kucing, kastengel, kue semprit, dan lain-lain.

8. Bumbu Jadi

Dengan bumbu jadi, orang yang baru belajar atau belum pandai memasak pun bisa menghasilkan masakan yang sedap nan lezat. Varian bumbu jadi yang bisa kamu jual adalah bumbu untuk marinasi, bumbu merah, bumbu kuning, bumbu semur, bumbu tongseng, bumbu opor, bumbu kare, bumbu rendang, dan lain-lain.

9. Keripik

Manis ataupun asin, renyahnya keripik bisa mendatangkan omset dengan modal yang tidak terlalu besar. Apalagi, kini keripik tak terbatas pada keripik kentang, keripik pisang, atau keripik singkong saja. Kamu bisa menjual keripik beraneka rasa, mulai dari rasa sayur-sayuran hingga buah-buahan.

Bila tidak bisa membuat sendiri, kamu bisa menjadi reseller. Kamu juga bisa membeli dari supplier, menambahkan bumbu atau rasa, lalu mengemas ulang dengan brand milik kamu.

10. Pudding

Mudah dibuat, sehat, dan disukai oleh semua orang—pudding adalah ide jualan online makanan yang tidak pernah sepi pembeli. Beberapa contoh ide pudding yang dapat kamu coba adalah silky pudding, pudding cake, money pudding, dan lain-lain. 

11. Pizza Homemade

Harga murah dengan kualitas rasa yang tak kalah dari restoran khusus pizza, adalah alasan utama bisnis kuliner yang satu ini disukai oleh banyak orang. Kamu bisa mengadaptasi resep pizza ala restoran dengan bahan-bahan yang lebih ekonomis.

Kreasikan pizza homemade kamu dengan berbagai topping seperti paprika, sosis, jamur kancing, keju, dan lain sebagainya. Sementara untuk urusan pengantaran, kamu bisa mengandalkan ojek online.

12. Minuman Kekinian

Apakah di daerah tempat tinggalmu ada minuman cokelat kekinian yang sedang viral? Nah, ini adalah salah satu contoh ide jualan online makanan dan minuman dengan cara memanfaatkan perkembangan tren. Ada banyak jenis minuman yang bisa kamu jual. Misalnya aneka susu kocok, aneka soda, jus, boba, dan lainnya.

13. Lauk Olahan Kering

Lauk olahan kering adalah pilihan praktis yang hemat waktu, tahan lama, dan tak jarang dijadikan sebagai oleh-oleh. Contoh lauk olahan kering yang laris adalah kremes ayam, serundeng, dan abon. Kamu bisa menjual produk ini melalui toko online maupun marketplace, tanpa perlu was-was makanan akan basi meski harus dikirim ke luar daerah.

14. Camilan Sehat

Ciri utama camilan sehat adalah berbahan organik, banyak mengandung sayur dan buah, serta tidak digoreng dengan minyak, melainkan menggunakan teknik food drying. Beberapa contohnya adalah oatmeal cookies, popcorn, atau carrot pastry.

15. Aneka Roti

Roti unyil, roti bakar Bandung, toast isi kebab, roti john, roti kukus, atau roti goreng. Bisnis jualan aneka roti ini adalah ide jualan online makanan yang tak lekang oleh waktu, karena disukai oleh semua kalangan. Kamu bisa berinovasi dengan berbagai isi dan topping

Itulah 15 ide jualan online makanan laris yang mudah, ramah modal, dan ramah pemula. Dari berbagai ide di atas, mana yang paling sesuai dengan passion kamu? Nah, agar tidak boncos, pastikan kamu mengelola bisnis dengan tepat. Salah satu rekomendasi adalah dengan gabung Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!