Jualan Apa yang Laku di Kampung? Ini 15 Daftarnya

Tak hanya di pemukiman urban, peluang usaha juga bisa diciptakan di kawasan pedesaan dan perkampungan. Sebab, sukses tidaknya bisnis tak hanya dilihat dari lokasinya, melainkan bagaimana pemilik usaha tersebut bisa melihat potensi dan menciptakan peluang. Jadi, buat kamu yang bertanya-tanya jualan apa yang laku di kampung, kami punya rekomendasinya di bawah ini. Jadi, simak sampai habis, ya.

Baca juga: Siap Dapat Uang Tambahan? Ini 5 Ide Jualan Makanan Ringan dan Simulasinya

15 Ide Jualan yang Laku di Kampung

Buat kamu yang sedang mencari ide jualan di kampung, berikut beberapa peluang usaha yang sekiranya bisa laku.

1. Jualan token listrik

Penjual token listrik sangat dibutuhkan di kampung karena mayoritas rumah tangga sudah menggunakan listrik token. Di sisi lain, masih sedikit dari penduduk kampung yang memiliki akses keuangan digital. Jadi, peluang berjualan token listrik di pedesaan atau kampung sangat besar. Modalnya pun tak begitu banyak, kamu hanya memerlukan biaya untuk mengisi saldo dan membuat plakat yang menunjukkan bahwa kamu menjual token listrik.

2. Jualan pulsa dan paket data

Pulsa dan paket data sudah menjadi kebutuhan pokok semua kalangan masyarakat. Hal ini juga bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan setiap hari, termasuk di kampung. Penggunannya bervariasi, mulai dari komunikasi hingga bekerja. Kendati tak sedikit penduduk kampung yang membeli pulsa atau paket data lewat platform online, masih banyak kok yang membeli lewat konter. Jadi, ide jualan ini tetap akan dibutuhkan di mana dan kapan saja.

3. Buka warung sembako

Di tengah gempuran industri retail, warung sembako tetap eksis di masyarakat. Kamu pun bisa menggelutinya sebagai pekerjaan utama atau sampingan di kampung. Dijamin, warung kamu tetap akan laku. Terlebih bila barang yang kamu tawarkan selalu ada, seperti kebutuhan pokok, mandi cuci kakus, obat-obatan yang dijual bebas, camilan, peralatan tulis, hingga air galon dan gas LPG. Makin komplet barang yang kamu jual, makin besar pula peluang usaha warung sembako kamu laku terus.

4. Jualan makanan pagi

Kalau kamu bertanya jualan apa yang laku di kampung tetapi modalnya kecil, mungkin ide satu ini bisa dijadikan pertimbangan. Kamu bisa menjual menu makanan pagi seperti bubur, nasi uduk, atau nasi kuning. Agar modalnya tidak membengkak, pilih salah satu jenis sarapan. Meskipun yang kamu jual hanya satu menu, tetapi untungnya lumayan loh. 

5. Jasa pangkas rambut

Usaha potong rambut di kampung menawarkan peluang bisnis yang menjanjikan. Sebab, warga kampung tak perlu jauh-jauh harus ke kota hanya untuk potong rambut. Namun memulai usaha satu ini membutuhkan keahlian khusus. Jadi, kamu harus ikut pelatihan potong rambut terlebih dahulu sebelum memulai usaha ini.

6. Menjadi agen gas LPG

Agen gas LPG merupakan pihak yang memiliki izin resmi untuk mendistribusikan gas LPG ke masyarakat. Kamu pun bisa menggelutinya sebagai usaha yang menguntungkan di kampung. Meskipun persyaratan administrasinya sedikit merepotkan, kamu bisa meraup banyak keuntungan begitu kamu sudah mendapatkan izin. Namun pastikan kamu memiliki modal yang cukup, ya.

7. Usaha tanaman hidroponik

Hidroponik merupakan metode menanam dengan media air. Metode tanam ini bisa kamu jadikan usaha di kampung. Masyarakat seda sudah terbiasa dengan teknik pertanian, jadi akan mudah untuk mempelajari dan menjalankan usaha tanaman hidroponik. Potensi keuntungannya cukup menjanjikan. Bukan hanya dari penjualan hasil panen, melainkan juga dari penjualan media tanam atau struktur hidroponik.

8. Jualan aneka bibit tanaman

Jualan apa yang laku di kampung dan potensinya besar? Salah satu jawabannya adalah jualan aneka bibit tanaman. Potensi untungnya memang besar karena lingkungan kampung, seperti pedesaan, cukup mendukung untuk membudidayakan tanaman. Pemasarannya pun makin terbuka berkat adanya internet. Tinggal pilih saja tanaman apa yang mau kamu jual bibitnya, bisa buah-buahan, sayuran lokal, hingga sayuran impor.

9. Ternak dan jual unggas

Bisnis ternak dan jual unggas di kampung bisa menjadi pilihan usaha yang menguntungkan. Terlebih bila kamu memiliki lahan luas dan lingkungan yang mendukung untuk membudidayakan hewan unggas. Modalnya juga relatif kecil bila dibandingkan dengan hewan ternak besar seperti sapi atau kambing. Pilihan unggas yang bisa diternakkan pun beragam, bisa ayam, bebek, atau burung.

10. SPBU mini

Ide usaha selanjutnya yang dijamin bakal laku di kampung adalah mendirikan SPBU mini. Modalnya memang tidak kecil, tetapi SPBU mini yang bermitra dengan pihak Pertamina bisa menjadi bisnis yang potensial di kawasan pinggiran. Dengan pasokan secara berkala dan harga setara dengan SPBU besar, usaha ini bisa mendatangkan banyak keuntungan. Sebab, penduduk kampung tak perlu jauh-jauh ke SPBU pusat untuk mengisi bahan bakar.

11. Jualan pakaian

Pakaian adalah kebutuhan pokok manusia dan akan selalu diperlukan kapan saja. Menjual pakaian di kampung bisa menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan. Tak hanya dijual secara offline, tetapi juga online melalui media sosial atau mungkin marketplace. Bila baru mau merintis, pilih jenis-jenis pakaian yang target pasarnya ada di kampung kamu. Baru setelah itu dikembangkan dengan menjualnya secara online.

12. Jualan telur bebek

Ide jualan berikutnya yang laku di kampung adalah jualan telur bebek, bisa yang masih mentah atau sudah matang. Ide ini menarik lantaran kawasan kampung atau desa biasanya memiliki lahan pertanian yang luas. Dengan modal untuk membeli bebek dan makanannya, kamu sudah bisa membangun usaha jual beli telur bebek. Harga telur bebek mentah per biji berkisar dari Rp3.000, sementara dalam 100 ekor bebek, kamu bisa mendapatkan 30-50 butir telur.

13. Jualan air minum isi ulang

Jualan apa yang laku di kampung tetapi tidak membutuhkan keahlian khusus? Salah satu jawabannya adalah jualan air minum isi ulang. Bisnis ini bisa sangat cuan loh, khususnya di daerah-daerah yang kekurangan sumber air bersih. Contohnya adalah kawasan perkampungan di sekitar daerah penyangga kota yang kerap mengalami krisis air bersih. Kamu hanya memerlukan modal dana dan ruang secukupnya di rumah untuk memulai bisnis ini.

14. Jual onderdil motor

Mayoritas penduduk di kampung atau desa sudah memiliki motor. Dengan kata lain, mereka akan membutuhkan jasa servis motor sekaligus yang menjual onderdil. Mereka tentunya akan memilih jasa servis terdekat dibanding harus jauh-jauh ke kota. Ini bisa kamu jadikan ide usaha yang menarik meskipun membutuhkan keahlian khusus dan modalnya memang tak bisa dibilang kecil.

15. Jualan produk reseller

Desa atau kampung telah menjadi salah satu sasaran pemasaran berbagai merek lokal maupun internasional di berbagai sektor. Oleh sebab itu, menjadi reseller dari suatu merek bisa dijadikan peluang usaha yang menjanjikan meskipun jauh dari kota. Pilih produk dari suatu merek yang memang sedang dicari banyak masyarakat agar mudah menarik pembeli.

Bagaimana, sudah terjawab kan pertanyaan jualan apa yang laku di kampung? Ide-ide di atas bisa kamu jadikan pertimbangan sebagai usaha. Meskipun berjualan di kampung, bukan berarti kamu tidak bisa mengembangkan usaha kamu. Ada banyak cara yang bisa kamu terapkan agar usaha kamu tetap eksis hingga bertahun-tahun, salah satunya dengan bergabung bersama Juragan DOKU.

Kamu punya bisnis? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR, atau donwload Aplikasi Juragan DOKU yang bisa terima pembayaran dalam satu aplikasi.

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu donwload via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, gabung dengan DOKU, Sekarang!