7 Tips Kata-kata Promosi Jualan Online, Tinggal Tiru dan Modifikasi 

kata kata promosi jualan online

Kata-kata Promosi Jualan Online – Promosi merupakan cara jitu membangun brand awareness yang pada akhirnya bisa meyakinkan calon pembeli untuk membeli suatu produk. Di balik kesuksesan sebuah promosi yang menguntungkan, ada perencanaan dan pertimbangan matang. Keseluruhan proses ini mencakup pemilihan media promosi, platform yang dipakai, hingga pemilihan kata yang tepat.

Elemen terpenting dalam promosi adalah kata-kata. Merangkai kata untuk promosi online itu bisa dibilang gampang-gampang susah. Bagaimana kamu bisa meyakinkan pelanggan potensial melalui kalimat-kalimat persuasif? Nah, bila kamu sedang mencari ide untuk membuat kata-kata promosi jualan online, simak tips berikut ini.

Read More: Kiat Sukses Usaha Jus Buah di Rumah: Cara Menentukan Pelanggan, Estimasi Modal, dan Strategi Promosi

Kata-kata Promosi Jualan Online

1. Sertakan Data

Membuat kata-kata promosi jualan online bisa jadi tantangan besar, karena kamu sedang menghadapi calon pelanggan dengan kebiasaan yang berbeda-beda. Ada beberapa tipe konsumen yang mudah percaya dengan sekali membaca, tetapi ada pula yang butuh diyakinkan menggunakan data dan fakta.

Sekarang, perhatikan dua kalimat promosi berikut:

  1. Jasa Cleaning Service Terbaik.
  2. 1800+ Perusahaan Puas Menggunakan Jasa Cleaning Service A.

Kalimat nomor dua punya potensi lebih untuk meyakinkan calon pelanggan, karena menyertakan data. Ingat, data yang kamu pakai dalam kalimat promosi harus sesuai dengan fakta, ya!

Berikut adalah beberapa contoh lain yang bisa kamu jadikan inspirasi:

  • Ini Ayam Bakar yang Terjual Lebih dari 100 PCS Setiap Harinya!
  • 9 dari 10 Orang Setuju, Rasa Es Dawet Kami Lebih Enak!
  • Produk kita memiliki rating 5,0 di marketplace C dengan responden lebih dari 2000 pembeli.
  • Menurut data dari X, Spirulina dapat membantu meningkatkan sistem imun.
  • Ayo gabung kelas percakapan bahasa Inggris bareng 3.799 member lainnya!

2. Hindari Overclaim

Meski penting untuk menunjukkan keunggulan dari produk atau bisnis kamu, kata-kata promosi jualan online yang overclaim bisa memberi kesan berlebihan. Ujung-ujungnya justru membuat calon pembeli ilfil dan berpaling. 

Beberapa contoh kalimat promosi yang overclaim seperti di bawah ini sebaiknya kamu hindari:

  • “Dijamin, kamu auto berlimpah cuan kayak sultan kalau belajar FB Ads di sini!”
  • Cuma butuh 1 jam, kulitmu akan putih seperti selebriti.
  • GARANSI kaya mendadak setelah ikutan webinar ini!

Sebagai perbandingan, kamu bisa menggunakan kalimat promosi “25 video pembelajaran FB Ads ini membantu kamu lancar beriklan dan menghasilkan cuan.”

3. Pakai Kata Berpotensi/Membantu

Tips satu ini masih berkaitan dengan cara membuat kata-kata promosi jualan online sebelumnya. Demi menghindari overclaim, kamu bisa menggunakan kata ‘berpotensi’ atau ‘membantu’ untuk diselipkan dalam kalimat promosi.

Misalnya, daripada membuat promosi dengan kalimat “Kami jamin jerawat kamu hilang setelah memakai skincare C kami”, kamu bisa menulis “Kandungan tea tree oil dan ekstrak daun kelor dalam skincare C dapat membantu menghilangkan jerawatmu.” 

Beberapa contoh lainnya adalah:

  • Meminum produk ini berpotensi menurunkan rasa lapar hingga 75%, sangat direkomendasikan buat kamu yang baru mulai diet.
  • Metode belajar XYZ membantu Anda menghafal kosakata bahasa Inggris dengan cepat!
  • Bangun tidur dengan wajah segar adalah idaman banyak wanita. Kandungan alami produk ini bisa membantu merawat kulit wajah saat kalian sedang terlelap.

4. Alternatif Kata “Yuk”

“Yuk, kunjungi booth Ayam Goreng kami!” Seberapa sering kamu membaca kalimat promosi seperti ini? Biasanya, kalimat dengan awalan ‘yuk’ digunakan sebagai penutup atau CTA (call to action) dalam copywriting

Agar CTA kamu tidak monoton, kamu bisa mengikuti tips menulis kata-kata promosi jualan online berikut:

  • Gunakan sinonimnya, contohnya mari, silakan, dan ayo.
  • Tunjukkan urgensi, misalnya: Langsung/Segera ambil promo diskonnya sekarang!
  • Gunakan kata aksi, seperti “Dapatkan voucher VIP ini sekarang!” atau “Pastikan kamu mengklaim voucher VIP ini sekarang!”

5. Pakai Jurus Storytelling

Storytelling - Kata-kata promosi jualan online

Apakah kamu kesulitan membuat promosi menarik yang singkat dan to the point? Apakah target market kamu adalah orang-orang yang mudah melakukan aksi setelah tersentuh sisi emosionalnya? Apakah konten kamu kerap dilewati dan tak dilirik sama sekali? Bila iya, kamu perlu mempelajari jurus storytelling alias promosi dengan cara bercerita.

Storytelling juga merupakan alternatif bila teknik promosi/iklan hard selling tak lagi efektif. Perhatikan contoh kata-kata promosi jualan online dengan teknik hard selling di bawah ini:

  • Beli 5 pcs baju di Butik Cantik dapat diskon langsung 50% per item!
  • Mouse wireless ABC import kualitas grade A harga promo!
  • Sedia bebek peking panggang dengan sambal tradisional.

Kalimat promosi di atas bisa jadi tidak efektif, karena audiens telah terlalu sering melihat iklan dengan kalimat serupa. Lantas, bagaimana cara menulis promosi storytelling agar audiens mau berhenti dan membaca iklan kamu? Ini tipsnya:

  • Buat cerita yang berpotensi memainkan emosi audiens.
  • Buat cerita menarik yang ringan dan tetap relevan dengan fakta sehari-hari.
  • Buat cerita yang relevan dengan produk atau brand kamu, tetapi jadikan audiens sebagai objek utamanya.
  • Awali dengan start false alias kesalahan atau kegagalan.

Ini beberapa contoh promosi dengan metode bercerita:

  • Orang-orang kenapa sih. Aku sudah bilang, roti buayaku ini PO tapi tetap minta buru-buru dikirim. Pasti efek kontenku yang viral kemarin deh.
  • “Duh, kayaknya aku nggak akan kuat kalau harus diet”, iya ini yang sering aku katakan sebelum kenal produk X ini …
  • Minta pendapat dong, menurut kalian kalau mau ketemu calon mertua enaknya bawa apa ya? Martabak asin atau martabak manis? Kalau aku sih …

6. Alternatif Kata Diskon

Siapa sih yang tak suka dengan diskon? Promosi dengan trik diskon memang selalu berhasil memikat calon pelanggan. Namun, agar kata-kata promosi jualan online kamu lebih meyakinkan sekaligus tampil beda, kamu bisa menggunakan alternatif kata diskon. Simak alternatif cara menulis promo “Dapatkan diskon 66% cuma hari ini saja!” berikut ini:

  • Menggunakan harga coret, contohnya: Rp1.324.897 Rp399.999 saja!
  • Gunakan kata ‘potongan’, contohnya: Dapatkan potongan harga Rp399.999 cuma untuk hari ini!
  • Gunakan kata “harga spesial X”, contohnya: Dapatkan harga spesial Ultah Toko kami! Cuma Rp399.999 saja!

7. Pakai Rumus 3P

Pastikan iklan atau promosi kamu memiliki judul yang menarik. Ada trik rumus menulis judul promosi yang bisa diterapkan untuk menarik audiens membaca iklan kamu. Di antaranya adalah pertanyaan, pernyataan, dan perintah. Bagaimana contohnya? Simak di bawah ini:

Pertanyaan

  • Kamu Pernah Nyobain Donat Lembut yang Lumer di Mulut?
  • Kamu Sudah Praktik Copywriting, Tapi Jualanmu Belum Closing?

Pernyataan

  • Ini Dia Seblak Viral Kesukaan Artis.
  • Tingkatkan Omzet Penjualan Kamu dengan Website Toko Online.

Perintah

  • Yuk, Pakai Sunscreen Vitamin C Ini!
  • Ayo, Gabung Kelas Memasak Camilan Tiga Bahan Sekarang!

Itulah beberapa tips cara membuat kata-kata promosi jualan online yang bisa kamu coba. Jangan lupa, kunci keberhasilan kamu adalah jangan takut untuk mencoba dan berinovasi. 

Kamu punya bisnis? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini. Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!