7 Cara Jualan Online untuk Pemula, Dari Nol Jadi Cuan!

cara jualan online untuk pemula

Cara Jualan Online untuk Pemula – Tahukah kamu, 60% orang akan lebih dulu mencari produk yang ingin mereka beli melalui mesin pencari alias secara online? Hal ini dinilai sangat praktis dan memudahkan konsumen untuk melakukan semuanya dari mana saja dan kapan saja. 

Berbisnis online, di lain sisi, kini juga makin disukai. Salah satu kelebihannya adalah toko online bisa buka 24 jam, bisa diakses siapa saja, bahkan beberapa di antaranya bisa dijalani tanpa modal. Kamu tertarik jualan online, tetapi masih bingung memulai dari mana? Yuk simak cara jualan online untuk pemula berikut ini!

Cara Jualan Online untuk Pemula

1. Memahami Nilai Jual Produk

Apa manfaat atau keunggulan dari produk kamu? Bisa jadi, jawabannya adalah pertama di kelasnya, kualitas super, atau jaminan harga terjangkau. Namun, bagaimana bila pertanyaannya diubah menjadi apa kelebihan produk kamu yang tak dimiliki oleh kompetitor?

Nah, cara jualan online untuk pemula yang pertama adalah mempelajari dan memahami tentang USP (unique selling point) atau nilai jual produk. Bila kamu bisa menyebutkan lebih dari satu kelebihan produk, kamu membutuhkan cukup satu poin untuk menentukan USP. Poin itu adalah poin kunci yang membedakan bisnis dan produk kamu dari pesaing.

Sebagai inspirasi, ini beberapa contoh USP yang dimiliki produk-produk populer di dunia:

  • FedEx: jaminan paket kamu sampai dalam waktu semalam.
  • Starbucks: varian menu kopi berkualitas premium.
  • Domino’s pizza: gratis bila tak sampai dalam waktu 30 menit.

Jangan lupa, sesuaikan nilai jual produk kamu dengan perkembangan tren dan target market.

2. Strategi Marketing Konten

Strategi marketing atau pemasaran konten adalah cara jualan online untuk pemula yang efektif dan efisien. Ini adalah sebuah metode promosi yang fokus pada pembuatan konten yang relevan, bermanfaat, bersifat penting, dan bisa menarik pelanggan untuk jangka panjang.

Makin bermanfaat konten yang dibuat, makin tinggi pula potensi bisnis kamu dikenal dan ditemukan oleh calon pelanggan. Hal ini juga berbanding lurus dengan keuntungan yang bisa diraih lewat strategi pemasaran konten. Ini adalah beberapa manfaat melakukan pemasaran konten:

  • Membuat brand kamu makin dikenal.
  • Menciptakan kesan profesional.
  • Menghasilkan trafik toko online yang tinggi.
  • Meningkatkan konversi.
  • Meluaskan jaringan, sehingga memudahkan ekspansi bisnis.

Salah satu contoh content marketing yang bisa dijadikan investasi jangka panjang adalah membuat blog. Kamu bisa sekaligus mengumpulkan data pelanggan, membangun engagement dengan konsumen, serta membantu meningkatkan reputasi bisnis.

Selain itu, kamu juga bisa mencoba beberapa strategi lain seperti membuat desain infografik menarik, membuat e-book, membuat video, atau melakukan kerjasama dengan influencer.

3. Aktif di Media Sosial

Orang-orang kini tak bisa dipisahkan dari media sosial. Jadi, jangan pernah melupakan media sosial sebagai salah satu alat dan pintu utama mengenalkan brand kamu ke calon pelanggan.

Demi menciptakan keterlibatan audiens, buatlah konten yang relevan dan sesekali mengikuti tren. Mendapatkan follower atau like mungkin terasa sulit di awal. Namun, bila kamu konsisten dalam posting konten setiap hari, kamu bisa mencapai target yang kamu buat sebelumnya.

Beberapa tips cara jualan online untuk pemula melalui media sosial adalah sebagai berikut:

  • Mengikuti tren dan memodifikasinya menjadi konten yang segar, tetapi tetap relevan.
  • Manfaatkan konten video seperti reels di Instagram atau melalui platform TikTok untuk menarik lebih banyak view.
  • Riset dan gunakan hashtag yang relevan agar produk kamu lebih mudah ditemukan oleh target market.
  • Bekerjasama dengan influencer.

4. Membuat Website Toko Online

Sebenarnya, ada banyak sekali marketplace yang bisa dimanfaatkan untuk memasarkan dan menjual produk kamu. Namun, memiliki website toko online bisa memberi lebih banyak manfaat dan keuntungan untuk bisnis yang baru kamu rintis.

Alasan utamanya adalah kamu punya kendali penuh untuk melakukan pengaturan atas toko tersebut seperti menentukan desain dan fiturnya. Selain itu, transaksi yang terjadi tidak akan membebani kamu dengan potongan biaya admin seperti yang diberlakukan oleh marketplace.

Sebagai salah satu cara jualan online untuk pemula, membuat toko online kini tidak harus memiliki skill coding. Ada banyak jasa pembuatan website yang bisa ditemui di internet. Pastikan toko online kamu dilengkapi fitur wajib seperti customer login, halaman promo, detail produk, keranjang belanja, info produk terbaru, dan payment gateway yang ramah pengguna.

5. Mempelajari dan Memahami Data

Salah satu hal utama dalam bisnis, terutama berjualan online, adalah data, terutama yang berkaitan dengan promosi dan penjualan. Memahami data adalah salah satu cara jualan online untuk pemula yang penting untuk dipelajari dan ditekuni. Data-data tersebut biasanya didapat melalui fitur laporan CMS yang kamu pakai.

Dalam data yang berhubungan dengan pemasaran dan promosi misalnya, kamu bisa mengetahui siapa saja calon konsumen potensial dan halaman website toko online yang mana yang paling sering diakses.

Sementara itu, dalam data penjualan, kamu bisa mengetahui produk apa yang paling laris, produk seperti apa yang lebih disukai, kapan penjualan turun, dan kapan penjualan naik. Selanjutnya, kamu dapat melakukan riset lebih lanjut dan membuat produk baru.

6. Belajar Membaca Peluang dari Tren

Cara jualan online untuk pemula selanjutnya adalah membaca peluang dari tren. Dari sini, kamu bisa mengetahui kebutuhan pasar sambil fokus menciptakan produk-produk baru. Lantas, bagaimana caranya? Lakukan riset, pastikan kamu tidak menjalani bisnis yang sifatnya hanya musiman—viral lalu menghilang.

Kamu bisa mempelajari tren melalui media sosial, komunitas atau forum, atau pun membuat survei. Namun, perlu diingat, jangan asal ikut tren. Kamu perlu menemukan peluang tren yang bisa disesuaikan dengan bujet, brand, dan target market. 

7. Belajar Copywriting

Mempelajari teknik copywriting merupakan cara jualan online untuk pemula yang tak boleh dianggap sepele. Pada dasarnya, teknik copywriting bertujuan meyakinkan dan mendorong audiens melakukan tindakan. Entah itu mengunjungi toko online, membeli produk, melakukan klik pada suatu link, menghubungi kontak kamu, mendaftarkan diri, dan lain sebagainya.

Bentuknya bisa bermacam-macam, mulai dari audio, visual, tertulis, maupun secara verbal. Contoh-contoh copywriting adalah tagline perusahaan, iklan di baliho, naskah video, podcast, brosur, email marketing, hingga caption media sosial. Salah satu contohnya adalah deskripsi produk yang singkat tetapi menarik.

Kelihatannya mudah, tetapi copywriting perlu latihan intens. Apalagi dalam penerapannya ada beberapa jenis copywriting yang harus disesuaikan dengan kebutuhan bisnis. Di antaranya:

  • SEO copywriting: untuk mengoptimalkan konten dengan teknik SEO.
  • Sales copywriting: biasanya berupa teks pada kategori produk, deskripsi produk, atau iklan.
  • Technical copywriting: diperlukan dalam menulis user manual.
  • Web copywriting: biasanya berupa artikel, blog, atau konten yang panjang.
  • PR copywriting: banyak dijumpai pada pernyataan perusahaan atau siaran pers.
  • Creative copywriting: yang kerap ditemui di iklan radio atau televisi, berupa tagline, jingle, atau kalimat singkat yang bisa memikat emosional audiens.

Nah, itulah beberapa tips cara jualan online untuk pemula yang bisa kamu tekuni dari nol hingga nanti bisa mendulang cuan.

Kamu punya bisnis? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini. Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!