Memang Bisa Jualan Online Tanpa Modal? 3 Ide Jualan Online Tanpa Modal

jualan online tanpa modal

Jualan Online Tanpa Modal – Berjualan online adalah satu alternatif pilihan penghasilan tambahan di era digital. Bahkan, jika ditekuni lebih serius, jualan online bisa menjadi sumber pendapatan utama.

Cukup bermodalkan smartphone dan kuota internet, kamu sudah bisa membuka toko online sendiri. Modal yang dibutuhkan pun relatif lebih kecil dibandingkan dengan toko offline. Beberapa orang bahkan mengaku merintis usaha jualan online tanpa modal. Memang bisa ya?

Read More: 7 Cara Jualan Online di Facebook yang Pas, Laris Manis Tanjung Kimpul

Kelebihan Jualan Online

Tidak bisa dipungkiri jika jualan online memiliki kelebihan dibandingkan dengan jualan offline. Berikut beberapa kelebihan yang akan kamu nikmati dari berjualan online.

1. Mudah Dijalankan

Beberapa tahun lalu, ketika penggunaan internet belum semasif sekarang, kamu harus membuat website atau blog sendiri untuk berjualan online. Sekarang, dengan banyaknya pilihan marketplace, kamu bisa dengan mudah membuka toko online.

Ditambah lagi, media sosial juga bisa digunakan untuk membangun toko online. Cukup buat akun, unggah foto dan deskripsi produk, lalu promosikan produk melalui postingan-postingan di sosial media.

2. Modal Kecil

Berjualan secara online tidak mengharuskan kamu memiliki toko fisik. Cukup gunakan smartphone dan kuota internet, kamu sudah bisa berjualan online di marketplace atau media sosial.

Bahkan, kalau kamu berjualan sebagai reseller atau dropshipper, kamu tidak perlu modal untuk memproduksi barang daganganmu. Cukup beli produk dari produsen atau supplier dan jual kembali dengan harga yang sedikit lebih tinggi sebagai margin profitmu.

3. Tidak Butuh Tempat Khusus

Seperti sudah disebutkan, kamu tidak memerlukan tempat khusus untuk berjualan secara online. Kamu tidak perlu menyewa toko, kamu tidak perlu menyewa gudang, tidak perlu membuat kantor–semua bisa kamu lakukan dari rumah.

Bahkan, saat kamu sedang bepergian pun kamu tetap bisa mengontrol atau melakukan kegiatan usaha toko onlinemu. Selama smartphone-mu aktif dan kamu memiliki akses internet, kamu bisa menjalankan usahamu dari mana saja.

4. Jangkauan Lebih Luas

Inilah salah satu kekuatan terbesar dari berjualan secara online: jangkauan. Jarak bukan lagi menjadi halangan untuk menawarkan barang daganganmu. Kamu bisa saja berdomisili di Kota Medan sedangkan pelangganmu berdomisili di Kota Makassar.

Bahkan, jangkauan yang kamu dapatkan dari berjualan online tidak sekedar di dalam negeri saja. Banyak contoh pegiat UMKM yang mendapatkan pelanggan atau reseller dari luar negeri lewat promosi di media sosial.

5. Fleksibel

Toko online juga menawarkan segi fleksibilitas dari segi waktu atau jam buka toko. Memang, idealnya adalah kita memberlakukan jam layanan atau jam operasional toko online kita. Namun, detil penetapannya seperti apa benar-benar bisa kita atur sendiri.

Dari sisi pembeli pun, jika toko online berada di marketplace, bisa dengan mudah memasukkan pesanan meskipun sudah lewat jam operasional toko. Ketika toko sudah beroperasi kembali, kita sebagai pemilik toko tinggal melakukan konfirmasi dan menyiapkan pesanan untuk dikirim ke pembeli.

Kekurangan Jualan Online

Dengan segala kelebihannya, membangun bisnis atau berjualan secara online tetap memiliki resikonya sendiri. Berikut adalah beberapa kekurangan jualan online yang harus kamu perhatikan.

1. Persaingan

Dengan semakin mudah, murah, dan meratanya akses internet hingga ke daerah pedesaan, akan semakin banyak pula orang yang akan mencoba merintis usaha jualan online. Hal ini akan berdampak pada tenggelamnya unggahan produk kita di internet.

Untuk mengatasi hal ini, tidak ada salahnya kamu mempelajari lebih jauh tentang digital marketing dan Search Engine Optimization (SEO). Kamu juga bisa menyewa jasa spesialis SEO untuk memastikan produk, website, atau toko onlinemu muncul di halaman pertama mesin pencarian seperti Google.

2. Konektivitas

Memang, akses internet kini sudah jauh lebih merata dan terjangkau jika dibandingkan dengan beberapa tahun lalu. Akan tetapi, harus kita akui kualitas koneksi internet Indonesia masih kalah jauh dari negara tetangga.

Karena sangat bergantung pada kecepatan internet, banyak toko online yang tidak mampu bertahan dalam persaingan akibat koneksi internet yang lambat. Perbedaan konektivitas yang sepintas terlihat kecil bisa memiliki dampak yang sangat besar pada usaha kamu.

Contohnya, jika situs toko online milikmu butuh waktu 20 detik hanya untuk memuat halaman muka akibat koneksi internet server yang lambat, konsumen akan beralih ke toko lain yang memiliki waktu loading yang lebih cepat. 

3. Kepercayaan Masyarakat Rendah

Masyarakat pedesaan pada umumnya masih terbiasa dengan transaksi jual-beli konvensional di mana pembeli bisa melihat langsung barang yang ditawarkan sebelum memutuskan untuk bertransaksi. Sekedar foto dan deskripsi produk mungkin tidak cukup untuk membuat mereka tertarik membeli barang daganganmu.

Di sisi lain, maraknya berita penipuan dengan modus toko online juga membuat kredibilitas toko online semakin turun di mata masyarakat.

4. Risiko Pengiriman Tinggi

Salah satu ciri khas dari jualan barang secara online adalah barang yang dikirim ke konsumen melalui jasa kurir, ekspedisi, atau kargo. Masalahnya, baik penjual maupun konsumen tidak bisa mengontrol keamanan barang selama dikirim oleh pihak ekspedisi.

Kasus yang sering terjadi adalah kerusakan barang seperti pecah, sobek, penyok, dan sebagainya. Risiko barang hilang atau dicuri oleh kurir ekspedisi juga bisa saja terjadi, meskipun kemungkinannya sangat kecil.

Jualan Online Tanpa Modal

Menekuni bisnis online memang membutuhkan modal yang relatif lebih sedikit dibandingkan toko offline. Bahkan, tidak sedikit ada pedagang online yang mengaku tidak mengeluarkan modal sama sekali.

Untuk bisa jualan online tanpa modal, kamu bisa menjalankan bisnis sebagai dropshipper. Singkatnya, kamu hanya bertindak sebagai perantara antara konsumen produk dengan produsen.

Kamu tidak harus menyetok barang; kamu cukup meneruskan pesanan dari pelanggan ke konsumen. Keuntungan yang kamu dapat berasal dari selisih antara harga jual yang kamu berikan ke konsumen dengan harga barang dari produsen. Pihak produsen juga yang akan mengirimkan barang atas nama kamu ke konsumen.

Ide Jualan Online Tanpa Modal

Tertarik mencoba? Berikut beberapa ide produk jualan online yang bisa kamu pertimbangkan:

1. Fashion Item

Salah satu jenis barang yang sering dijual oleh produsen atau pemasok melalui jasa dropshipper adalah fashion item seperti pakaian, sepatu, tas, hijab, dan aksesoris. Pastikan kamu punya link supplier yang memiliki program reseller atau dropshipper agar kamu mendapat potongan harga untuk memaksimalkan profit. Pastikan juga barang yang kamu jual bukan barang KW.

2. Action Figure

Action figure juga komoditas yang sering diperjualbelikan melalui dropshipper. Biasanya, yang harus kamu hubungi adalah importir mengingat sangat jarang action figure dari waralaba besar seperti Marvel, DC Comics, dan Gundam yang diproduksi di Indonesia.

3. Mobil Bekas

Anggapan bahwa bisnis mobil bekas membutuhkan modal besar itu sudah kuno. Kamu cukup menjadi perantara antara penjual mobil dengan calon pembeli. Jika transaksi antara penjual dan pembeli yang kamu tengahi sudah deal, kamu berhak mendapatkan komisi dari nilai penjualan mobil. Jangan lupa diskusikan berapa nilai komisinya dengan pihak penjual.

Internet dan media sosial menjadi lahan cuan baru bagi orang-orang yang memiliki modal minim–bahkan tanpa modal sekalipun–untuk merintis usahanya sendiri. Cukup bermodalkan smartphone dan kuota internet, kamu sudah bisa merintis usaha jualan online tanpa modal.

Setelah mengetahui ide usaha tanpa modal, tertarik untuk mencoba? Pastikan kamu memiliki dukungan pembayaran terbaik dalam bisnismu. Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!