Ingin Merintis Bisnis Cemilan? Ini Strategi dan Ide Memilih Nama Usaha yang Tepat

ide nama usaha cemilan

Bisnis makanan ringan memang nggak ada matinya. Berikut ide nama usaha cemilan dan hal penting yang harus diperhatikan.

Bisa dibilang, kuliner adalah bidang bisnis yang cukup menjanjikan. Pasalnya, semua orang pasti butuh makan sehingga bisnis jenis ini tidak akan pernah redup atau ditinggalkan. Salah satu yang bisa dicoba adalah bisnis makanan ringan atau yang juga lazim disebut cemilan (snack). 

Bisnis ini terbilang sangat potensial karena memiliki banyak peminat. Hampir semua orang menyukai makanan ringan untuk disantap ketika bersantai atau sebagai teman saat belajar/bekerja. Bisnis ini juga cukup fleksibel dari segi modal sehingga cocok untuk pebisnis pemula. 

Potensi Bisnis Cemilan

Terdapat beberapa alasan mengapa bisnis cemilan atau makanan ringan ini dianggap sangat potensial. Berikut beberapa di antaranya;

1. Pangsa Pasar Cukup Besar dan Luas

Sebagaimana telah disinggung sebelumnya bahwa hampir semua orang menyukai cemilan. Tak hanya golongan anak remaja yang notabenenya suka njajan, orang tua dan anak kecil pun kerap menjadikan makanan ini sebagai selingan atau teman bersantai. Selain itu, makanan ringan juga seringkali menjadi opsi hidangan ketika berkumpul atau ada acara. 

2. Modal Cukup Fleksibel

Untuk memulai bisnis cemilan, modal yang dibutuhkan tergolong cukup fleksibel. Dalam artian, besar kecilnya bisnis bisa disesuaikan dengan kondisi keuangan. Bagi kamu yang memiliki sedikit modal, bisa memulainya dengan usaha rumahan, entah itu menjual cemilan hasil kreasi sendiri atau repack. Sedangkan jika modal yang tersedia cukup besar, bisnis cemilan dengan konsep food truck, kedai, atau bahkan toko bisa dicoba. 

3. Ide Bisnis sangat Variatif

Tersedia berbagai macam pilihan ide nama usaha cemilan yang bisa kamu coba. Bagi kamu yang ingin memulai usaha dengan cara repack, cukup beli berbagai jenis makanan ringan yang tersedia di pasaran dalam jumlah besar dan kemas kembali menjadi lebih kecil. Sedangkan jika kamu ingin membuatnya sendiri, manfaatkan bahan baku yang tersedia dan mulai berkreasi. kamu bisa membuat dalam versi makanan siap saji, cemilan kering, atau dalam bentuk frozen. 

Strategi Memulai Bisnis Cemilan dari Rumah

Agar usaha bisa berjalan lancar, tentu dibutuhkan strategi dan perencanaan yang matang. Ada banyak hal yang harus dipersiapkan, mulai dari ide bisnis, modal, analisis pasar, dan lainnya. Berikut informasi lengkapnya;

1. Siapkan Modal

Meski bisnis ini tidak membutuhkan modal besar karena bisa dilakukan dari rumah, kamu tetap harus mempersiapkannya dengan matang. Dalam hal ini, kamu harus paham mengenai dua jenis modal, yakni investasi dan operasional. 

Modal investasi adalah besaran dana yang harus dikeluarkan untuk membeli peralatan utama seperti mesin, etalase, atau lainnya yang umumnya hanya perlu dibayarkan sekali. Berbeda halnya dengan modal operasional yang harus dikeluarkan rutin untuk kebutuhan bisnis. Misalnya saja seperti biaya belanja bahan, sewa lokasi, uang listrik & air, dan lainnya. Petakan kedua jenis modal tersebut sesuai kebutuhan, agar memudahkan kamu dalam hal perencanaan keuangan. 

Read more: 9 Tips Jadi Pengusaha Sukses dengan Modal Kecil

2. Tentukan Makanan Ringan yang Hendak Dijual

Selanjutnya, penting untuk menentukan jenis makanan ringan apa yang ingin dijual. Di sini, ada baiknya jika kamu melakukan riset terlebih dulu guna mengetahui seperti apa kondisi pasar. Dari hasil riset tersebut, pandai-pandailah mengambil celah dan peluang dengan memilih jenis makanan ringan yang belum banyak pesaing. Kemudian, kreasikan menu agar lebih variatif dan unik, serta sesuai dengan pangsa pasar yang dituju. 

3. Pilih Suplier yang Tepat

Demi kelancaran proses produksi, kamu tentu harus memastikan ketersediaan pasokan bahan baku beserta kualitasnya. Itulah mengapa penting untuk memilih suplier yang tepat, baik dari segi kualitas maupun harga. Bangunlah kerja sama yang baik karena bagaimanapun seorang pengusaha tidak akan bisa menghasilkan produk tanpa bantuan pemasok atau suplier. 

4. Gunakan Strategi Pemasaran sesuai Target Pasar

Langkah selanjutnya adalah tentang bagaimana membuat orang bisa mengenal produk cemilanmu. Dalam tahap ini, penting untuk merancang strategi pemasaran secara optimal agar target penjualan bisa tercapai. 

Kamu bisa melakukan promosi melalui media sosial agar lebih mudah menjangkau banyak orang. Kemudian, bisa juga dengan memberi sampel produk gratis untuk menggaet perhatian calon konsumen. Cara lain, bisa juga dengan memberi promo/diskon di momen-momen tertentu untuk menyenangkan konsumen dan pelanggan setia. 

5. Catat dan Atur Keuangan dengan Baik

ide nama usaha cemilan

Sebagai pebisnis, kamu harus paham pentingnya mengatur keuangan dengan baik. Satu hal penting yang harus diingat, ‘tak peduli sekecil apapun bisnis, itu tetap membutuhkan catatan keuangan atau pembukuan yang baik’. 

Karenanya, catat semua pengeluaran dan pemasukan secara rinci. Bagi pemula, arus kas ini bisa dicatat dengan model pembukuan sederhana. Baru ketika usaha semakin besar, kamu bisa menggunakan excel atau aplikasi lain guna memudahkan proses pembukuan keuangan secara menyeluruh. 

6. Ciptakan Inovasi dan Kreasi Baru

Sebagai pebisnis, jangan pernah lelah untuk terus berinovasi. Inovasi ini penting agar konsumen tidak bosan dengan produk yang dijual. Karenanya, tak ada salahnya jika kamu senantiasa  berkreasi, entah dari segi rasa, tampilan, atau packaging. Ini tentu akan menjadi ciri khas tersendiri dan akan membuat orang semakin penasaran. 

Tak hanya itu, kamu  juga bisa melakukan inovasi dalam hal lain, seperti teknik promosi atau metode pembayaran. Dalam hal ini, kamu  bisa menggunakan aplikasi Juragan DOKU yang akan membuat bisnismu Go Digital. 

Dengan aplikasi ini, kamu bisa menjangkau calon pelanggan secara lebih luas karena tersedia berbagai fitur yang mendukung aktivitas bisnis. Sebut saja seperti fitur Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog agar kamu bisa membuat toko online secara mandiri, serta pelatihan online bisnis gratis. Sangat lengkap dan menguntungkan, bukan? Cara bergabungnya bisa langsung klik di sini sekarang! 

Tips Memilih Ide Nama Usaha Cemilan yang Tepat

Selain kualitas produk, hal lain yang juga tak kalah penting adalah memilih nama usaha. Bagaimanapun, ide nama usaha cemilan yang unik dan menarik tentu akan lebih mudah diingat serta menjadi branding. Nah, berikut beberapa tips memilih ide nama usaha yang tepat agar bisnis bisa eksis dan bersaing. 

1. Cantumkan Jenis Produk

Untuk bisnis kuliner, ada baiknya jika kamu mencantumkan jenis produk pada nama usaha. Hal ini bertujuan agar calon konsumen bisa langsung mengetahui produk yang ditawarkan sejak awal. Jadi, ketika calon konsumen tengah mencari produk tersebut, mereka pun langsung tahu bahwa bisa mendapatkannya di tempat usaha yang kamu dirikan. 

2. Hindari Kata yang Sulit Diingat

Agar usaha cemilan mudah diingat oleh calon konsumen, sebaiknya hindari kata-kata asing yang notabenenya tidak semua orang paham. Pilihlah kata-kata unik dan singkat, dengan satu atau dua suku kata. Kata-kata hiperbolis juga boleh digunakan untuk menambah daya tarik. 

3. Jangan Lupa Cek Nama

Hal penting yang tak boleh dilewatkan adalah mengecek ide nama usaha cemilan. Usahakan cek nama guna memastikan tidak ada pemilik usaha lain dengan nama serupa. Hal ini penting agar kamu tidak dianggap plagiat serta untuk menghindari sengketa di kemudian hari. 

Itulah beberapa hal penting yang perlu diperhatikan ketika akan mendirikan bisnis cemilan. Selamat mencoba dan semoga sukses.