Jastip Artinya Jasa Titip, Bisnis Tanpa Modal dan Menguntungkan

jastip artinya

Apakah kamu tahu jastip artinya apa? Ketahui cara kerjanya, cara memulainya, serta produk jastip apa yang paling diminati!

Apakah kamu mengetahui jastip artinya apa? Jastip artinya jasa titip—merupakan bisnis yang menawarkan jasa untuk membelikan barang untuk orang lain. Lalu, si pemilik jasa akan mendapatkan keuntungan dari selisih harga maupun biaya jasa yang dibebankan kepada calon pembeli.

Masih terbilang baru, jasa titip merupakan salah satu peluang bisnis yang banyak diminati dan dilakoni oleh para generasi muda. Bila kamu berminat untuk menjalankan bisnis jastip, artinya kamu termasuk orang yang mengikuti tren bisnis dan tahu cara memanfaatkan peluang bisnis.

Bisnis jastip memiliki prospek yang cukup baik. Pasalnya, bisnis ini memberikan kemudahan bagi calon pembeli yang menginginkan barang tanpa harus bepergian ke mana saja. Selain itu, memulai bisnis jastip pun tidak membutuhkan modal besar. Hanya berbekal smartphone dan koneksi internet yang stabil, kamu sudah bisa memulai bisnis ini.

Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai bisnis jastip, yuk, simak artikel berikut ini. Dengan begitu, kamu tak hanya mengetahui jastip artinya apa, tetapi juga mengetahui cara kerja jastip dan cara memulainya.

Read More: 7 Ide Usaha Sampingan yang Cocok untuk Karyawan

Apa Itu Jastip?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jastip artinya jasa titip, yang merupakan bisnis jasa yang menawarkan bantuan untuk membelikan barang untuk mereka yang membutuhkan atau ingin membeli barang tetapi tidak bisa bepergian.

Misalnya, kamu akan bepergian ke luar kota atau luar negeri, kamu bisa menawarkan jasa titip membeli produk atau oleh-oleh khas dari kota atau dari negara itu. Terlebih lagi, bila kamu merupakan orang yang senang bepergian dan berbelanja, bisnis ini tentu akan sangat menyenangkan sekaligus menguntungkan.

Bisnis jastip ini biasanya ditawarkan di media sosial seperti Instagram atau Twitter dan menawarkan produk dari luar negeri. Namun saat ini, bisnis jastip hanya terbatas untuk menawarkan jasa pembelanjaan di luar negeri saja, tetapi juga di dalam negeri. Hal ini biasanya dilakukan saat orang ingin membeli barang diskon, barang branded, oleh-oleh, dan lain sebagainya.

Bagaimana Cara Kerja Jastip?

Meskipun terlihat mudah dan menyenangkan, menjalankan bisnis jastip artinya kamu harus siap untuk berkomitmen untuk dapat mengatur waktu sebaik mungkin. Hal ini meliputi waktu promosi, pembelian produk, hingga pengiriman produk ke pelanggan.

Oleh karena itu, sebelum menjalankan bisnis ini, ada baiknya bila kamu  mengetahui bagaimana cara kerja jastip:

  1. Tentukan apakah jasa titip kamu menggunakan sistem pre-order atau ready stock. Umumnya, produk ready stock dari sebuah jastip merupakan barang diskon yang memiliki demand tinggi. Dengan begitu, kecil kemungkinan kamu mengalami kerugian.
  2. Melakukan promosi di sosial media sebelum melakukan perjalanan ke kota atau negara tertentu.
  3. Mem-posting gambar produk yang akan dibeli di kota atau negara tujuan beserta harga jasa titip. Kamu bebas menentukan biaya jasa titip yang diinginkan, asalkan calon pembeli kamu sepakat untuk membayar harga tersebut.
  4. Membuat daftar pemesan dan produk-produk yang dipesan.
  5. Setelah membeli produk di kota atau negara tujuan, beritahukan pelanggan harga barang yang dibeli serta menambahkan biaya jasa titip tersebut.
  6. Lakukan pengiriman barang jastip ke alamat pelanggan.

Cara Memulai Bisnis Jastip

Dengan menjalankan bisnis jastip artinya kamu bisa memanfaatkan peluang untuk mendapatkan keuntungan dari hobi jalan-jalan dan belanja kamu. Namun, untuk menjalankannya, kamu membutuhkan beberapa persiapan.

Berikut ini adalah cara memulai bisnis jastip yang perlu kamu perhatikan:

Melakukan Riset Pasar

Hal pertama yang bisa kamu lakukan sebelum menjalankan bisnis jastip adalah dengan melakukan riset pasar terlebih dahulu. Sebab, tidak semua orang tertarik membeli produk melalui jasa titip. 

Umumnya, hanya orang-orang dengan minat terhadap produk dari kota atau barang tertentu saja yang tertarik untuk menitip produk melalui penyedia jastip. Oleh karena itu, sebelum memulai bisnis ini, pastikan apakah kota atau negara tujuanmu memiliki produk yang banyak diminati.

Siapkan Foto atau Gambar Produk 

Mengingat kamu akan mempromosikan bisnis jastip melalui media sosial, pastikan kamu harus menyiapkan foto maupun gambar produk yang akan kamu beli di kota atau negara tujuan.

Tetapkan Biaya Jastip

Langkah berikutnya adalah menetapkan biaya jastip yang masuk akal, terutama bila produk jastip yang kamu tawarkan berasal dari luar negeri. Kamu bisa melakukan riset terhadap bisnis jastip tepercaya untuk mengetahui berapa biaya jastip yang mereka tawarkan.

Atur Waktu dengan Baik

Melakukan bisnis jastip artinya kamu juga harus bisa mengatur waktu dengan efisien. Misalnya dengan membuat jadwal atau timeline mulai dari melakukan kegiatan promosi, keberangkatan, berbelanja, hingga melakukan pengiriman ke pelanggan.

Kamu juga harus meluangkan waktu untuk membalas semua chat dari calon pelanggan. Dengan begitu, pelanggan merasa nyaman dan percaya untuk menggunakan jasa titip kamu.

Informatif dan Helpful

Bila kamu ingin menjalankan jastip artinya kamu juga harus menjadi seorang pebisnis dengan kemampuan komunikasi yang baik dengan calon pelangganmu. Artinya, kamu bisa menghadapi pertanyaan, memberikan penjelasan, serta membantu calon pelanggan kamu dengan ramah dan sopan.

Produk Jastip Yang Paling Diminati

Setelah mengetahui jastip artinya apa, kamu bisa memilih beberapa produk jastip yang paling diminati orang-orang untuk ide bisnismu nanti.

Jastip Skincare dan Makeup

Produk jastip pertama yang paling diminati adalah produk skincare dan makeup, terutama dari negara seperti Jepang maupun Korea Selatan. Harga skincare dan makeup tersebut umumnya lebih murah bila dibeli di negara asalnya. 

Jastip Makanan

Produk kedua yang diminati adalah makanan atau camilan. Makanan ini merupakan makanan khas dari kota atau negara yang banyak diminati oleh siapa pun. Makanan tersebut bisa berupa kue kering, cokelat, permen, hingga makanan bayi.

Jastip Buku

Produk jastip lainnya yang bisa menjadi ide bisnis kamu adalah buku. Biasanya, jastip buku ini bisa dijumpai ketika ada event book fair. Namun, kamu juga bisa menawarkan jastip buku bila bepergian ke luar negeri karena cukup banyak peminatnya.

Jastip Baju, Sepatu, atau Tas

Jastip barang-barang fashion sudah tidak asing lagi. Kamu bisa menawarkan jastip produk dari merek-merek populer atau merek yang hanya ada di luar negeri yang paling banyak diminati. 

Namun, kamu juga bisa melakukan jastip barang fashion tanpa harus ke luar negeri lho. Misalnya, ketika sedang ada diskon besar-besaran di toko tertentu, kamu bisa menawarkan bisnis jastipmu untuk membantu membelikan barang yang sedang diskon tersebut.

Menjalankan bisnis jasa titip atau jastip artinya kamu dapat menjalankan hobi traveling sekaligus mendapatkan keuntungan yang cukup menggiurkan. Selain itu, banyak orang menggunakan jastip untuk membeli produk yang diinginkan tanpa perlu pergi ke toko offline.

Kamu punya bisnis? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!