Ini Dia Keuntungan Menjadi Pengusaha yang Perlu Kamu Tahu

keuntungan menjadi pengusaha adalah

Jadi pengusaha atau karyawan ya? Nah kalo keuntungan menjadi pengusaha adalah bisa kerja sesuai passion mau coba jadi pengusaha juga?

Menjadi karyawan yang punya pendapatan yang pasti setiap bulannya mungkin adalah cita-cita bagi sebagian orang. Namun, salah satu keuntungan menjadi pengusaha adalah justru ketidakpastian itu sendiri. Pasalnya, bisa jadi jika dibandingkan dengan pemasukan karyawan dalam setahun akan jauh lebih tinggi pemasukan seorang pengusaha.

Apa kamu sendiri sedang mempertimbangkan antara tetap menjadi karyawan atau beralih menjadi seorang pengusaha? Nah, supaya niatmu makin mantap, coba ni disimak keuntungan menjadi pengusaha yang perlu kamu tahu berikut ini.

Jam Kerja Fleksibel

keuntungan menjadi pengusaha adalah

Bisa dibilang yang pertama kali terpikir dari keuntungan menjadi pengusaha adalah jam kerja yang fleksibel. Jika seorang karyawan harus bekerja dari pukul 8 hingga 5 sore, seorang pengusaha bisa mengatur sendiri kapan ia akan bekerja.

Jam kerja yang fleksibel ini bisa menjadi nilai yang plus juga untuk kamu yang sudah berkeluarga. Sebab, kamu bisa mengatur sendiri jam kamu bekerja sehingga jika ada keperluan keluarga tentunya akan lebih mudah difasilitasi ketimbang karyawan yang harus meminta izin pada atasannya terlebih dahulu.

Walau begitu, jam kerja yang fleksibel juga berarti bahwa kamu bisa jadi masih bekerja ketika seorang karyawan sedang masa libur. Tidak menggunakan kalender umum dan jam kerja yang baku berarti kamu juga harus memiliki manajemen waktu sendiri yang baik.

Bebas Mengejar Passion

Jika menjadi karyawan harus bekerja sesuai tuntutan deskripsi pekerjaan, seorang pengusaha bebas mengejar passion miliknya. Seperti Bill Gates yang menyukai komputer sejak masa sekolahnya dan akhirnya mendirikan raksasa Microsoft dengan Windows dan beragam produknya yang lain. 

Banyak sekali contoh jenama-jenama ternama yang menjadi besar karena pemiliknya fokus mengembangkan apa yang menjadi passion mereka. Sebut saja Niluh Djelantik yang punya passion kuat di bidang sepatu. Jenama sepatu hak tinggi miliknya tersebut kini sudah menjadi favorit banyak artis Hollywood.

Niluh Djelantik memulai usaha sepatunya itu didorong oleh keinginannya yang kuat untuk menghasilkan sepatu yang cantik dan tetap nyaman di kaki. Berbekal dari berbagai pengalamannya bekerja sebelumnya, ia pun mendirikan sendiri usaha sepatunya bersama pengrajin di Bali.

Bisa Menentukan Target Sendiri

Yang ketiga dari keuntungan menjadi pengusaha adalah kamu bisa menentukan target sendiri yang ingin kamu capai. Berbeda dengan menjadi seorang karyawan, di mana kamu harus memenuhi tuntutan target yang ditetapkan oleh perusahaan.

Bisa menentukan target sendiri ini juga berarti kamu bebas menentukan tujuan akhir dari usaha yang ingin kamu lakukan tanpa perlu membanding-bandingkan diri dengan orang lain. Kamu bisa menyesuaikan tempo kamu bekerja sesuai dengan karaktermu sendiri dan bidang yang kamu pilih untuk tekuni.

Bekerja dengan target sendiri juga bisa memberikan kepuasan batin yang berbeda dengan bekerja di bawah target orang lain. Berhubung yang menentukan targetnya adalah diri sendiri, ada dorongan yang lebih kuat untuk mencapainya ketimbang target dari orang lain.

Membuat Wawasan Bertambah

Kehidupan seorang pengusaha akan ‘memaksamu’ untuk memperluas wawasan agar bisa menjalankan bisnis dengan lancar. Baik wawasan tentang cara berbisnis itu sendiri atau mengenai bidang yang digeluti, menjadi pengusaha membuat wawasan mengenai ini bertambah seiring pengalaman menjalaninya.

Kamu tidak hanya akan menambah pengetahuan tentang manajemen tetapi juga tentang komunikasi, pemasaran, dan bahkan cara mengenali mana orang-orang yang akan membantu, dan mana yang akan menjerumuskanmu. Kamu juga akan belajar hal-hal seperti pengelolaan keuangan, pajak, juga mengenai tetek bengek seperti keselamatan kerja.

Menempa Mental

Tidak ada jaminan kamu akan menjadi seorang pengusaha sukses ketika baru memulai usaha. Tapi, orang yang tidak pernah mencoba tidak akan tahu hasilnya bukan? Maka dari itu, dengan menjadi seorang pengusaha, mentalmu akan ditempa untuk berani mengambil keputusan dan memitigasi risiko. 

Perjalanan menjadi pengusaha akan penuh naik turun seperti wahana roller coaster. Akan ada banyak tantangan tak terduga yang mungkin muncul dengan berbagai intensitasnya. Hal ini tentunya akan melatih mental untuk tetap berkomitmen mengejar tujuan dan menemukan solusi yang tepat.

Bagi sebagian orang mungkin ini menjadi kekurangan, karena akan terasa lebih menyulitkan dibanding kemapanan dan kestabilan yang ditawarkan kehidupan karyawan. Namun, jika kamu berhasil melewati jatuh bangun sebagai pengusaha, kamu akan memiliki mental baja yang kuat menghadapi badai kehidupan.

Melatih Kemampuan Memimpin

Pemimpin yang efektif dan adaptif adalah salah satu faktor pendukung keberhasilan usaha. Oleh karenanya, salah satu ‘efek samping’ alias keuntungan menjadi pengusaha adalah melatih kemampuan memimpin tersebut. 

Saat menjalankan usaha, kamu akan terlatih mengambil keputusan, mengelola karyawan dan partner bisnis, serta membangun atmosfir yang tepat untuk bisnismu. Makanya, setelah beberapa lama merasakan menjadi seorang pengusaha, kamu pasti akan merasakan perubahan dalam kemampuan memimpin yang kamu miliki.

Read more: Pemilik Perusahaan Disebut Apa Saja? Serba-Serbi Dunia Bisnis yang Harus Kamu Tahu

Mengoptimalkan Potensi

Memang potensi yang kita miliki tidak melulu tidak bisa muncul jika menjadi seorang karyawan. Walau begitu, dengan menjadi pengusaha, kamu bisa mengoptimalkan potensi yang kamu punya, yang mungkin tidak punya ruang untuk dikembangkan jika tetap menjadi seorang karyawan.

Saat menjadi pengusaha, kamu punya kebebasan mengeksekusi ide-ide dan inovasi yang mungkin sudah lama bercokol di kepalamu. Kebebasan seperti ini tentunya jarang didapatkan oleh seorang karyawan atau pegawai.

Membuka Lapangan Pekerjaan

Sebuah bisnis baru tentunya akan membutuhkan tim yang baik untuk mengembangkannya. Dengan membuat sebuah usaha, kamu dengan sendirinya sudah berkontribusi untuk membuka lapangan kerja dan memperbaiki taraf ekonomi masyarakat.

Seiring skala bisnismu yang semakin berkembang, tentunya akan semakin banyak pula orang yang akan mendapatkan rezeki dari lapangan kerja yang kamu buka. Kontribusi pada perekonomian secara langsung seperti ini merupakan salah satu keistimewaan seorang pengusaha.

Jika dilihat dari daftar di atas, bisa dirangkum bahwa  keuntungan menjadi pengusaha adalah memberikan kesempatan pada kamu untuk berkembang optimal sekaligus membuka pintu rezeki bagi diri sendiri dan orang lain. Bagaimana? Apa kamu semakin tertarik menjadi pengusaha?

Apa malah ternyata kamu sudah punya bisnis sendiri? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat? Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR, atau donwload Aplikasi Juragan DOKU yang bisa terima pembayaran dalam satu aplikasi.

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu donwload via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, gabung dengan DOKU, Sekarang!