7 Kiat Sukses Usaha Warmindo; Minim Modal, Untung Maksimal!

usaha warmindo

Usaha Warmindo memang tiada matinya. Bahkan sekarang ada di mana-mana. Hal ini menunjukkan bahwa minat masyarakat terhadap Warmindo masih cukup tinggi. Nah, bagi orang-orang yang jeli, kondisi ini bisa dimanfaatkan untuk memulai usaha. Kamu bisa membuka Warmindo di tempat-tempat yang strategis atau ramai.

Namun sebelum itu, perlu diketahui dulu apa itu Warmindo? Barangkali, masih banyak orang yang belum mengetahuinya. Warmindo merupakan akronim dari Warung Makan Indomie.

Konsep warung ini sudah mulai berkembang sejak lama, dan umumnya memang menjual produk mi instan bermerek Indomie. Namun demikian, kini sudah mulai banyak Warmindo yang tidak sekadar menjual Indomie, tetapi juga mi instan merek lainnya.

Bahkan, kebanyakan Warmindo juga menawarkan menu selain mi instan. Ada pula bubur kacang hijau, nasi sarden, nasi telur, berbagai macam minuman, dan sebagainya. Nah, buat yang ingin memulai usaha ini, berikut tujuh kiat sukses usaha Warmindo yang bisa diterapkan. Modal minim pun bisa menghasilkan keuntungan yang maksimal.

Kiat Sukses Usaha Warmindo

1. Siapkan Modal yang Cukup

usaha-warmindo

Untuk memulai usaha Warung Makan Indomie alias Warmindo, kamu harus mempersiapkan modal yang cukup. Walau di zaman sekarang modal bukan hal utama yang harus dipikirkan ketika mengawali usaha, tetapi hal tersebut tidak berlaku untuk usaha warung makan. Jenis usaha ini tetap memerlukan modal di awal.

Di rangkum dari berbagai sumber, usaha Warmindo sederhana bisa dimulai dengan modal antara Rp6 juta hingga Rp10 juta. Modal ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan berbagai bahan baku, juga perlengkapan masak dan makan.

Jika kamu perlu menyewa tempat untuk menjalankan usaha ini, modal tersebut belum mampu mencukupi. Apalagi jika kamu berencana untuk membuka Warmindo dengan konsep kekinian, kebutuhan modal harus ditambah lebih banyak lagi. Oleh sebab itu, sesuaikan rencana usaha dengan kondisi keuangan. Jangan sampai boncos di awal.

2. Cari Lokasi Usaha yang Strategis

Demi mendapatkan banyak pelanggan, Warmindo harus dibuka di lokasi yang strategis atau ramai. Tidak bisa di sembarang tempat, apalagi tempat yang tersembunyi dan sepi. Sebagai contoh, kamu bisa membuka Warmindo di area sekitar kampus, kos-kosan, food court pusat perbelanjaan, dan sebagainya.

Pemilihan lokasi usaha Warmindo ini sangat penting untuk dilakukan. Selain akan berpengaruh pada jumlah pelanggan, lokasi usaha juga menjadi penentu harga untuk setiap menu yang disajikan.

Coba perhatikan berbagai jenis usaha lainnya! Usaha yang dibuka di tempat elite, harganya tentu akan berbeda dengan usaha di tempat biasa, meski produk yang dijual sama. Begitu pula dengan Warmindo, warung di mall tentu harganya akan berbeda dengan warung di sekitar kos-kosan.

3. Usung Konsep yang Unik

Saat ini sudah ada banyak usaha Warmindo yang dijalankan, sehingga persaingan bisa dibilang cukup ketat. Maka, jika kamu ingin terjun di bisnis ini juga, kamu mesti mempersiapkan konsep unik yang berbeda dari biasanya.

Jangan sampai membuka Warmindo tanpa ada ciri khas yang membedakan warungmu dari Warmindo lainnya. Jika demikian, kecil kemungkinannya untuk bisa berkembang lebih jauh.

Untuk menemukan referensi konsep Warmindo yang unik, kamu bisa menerapkan teknik ATM dari usaha warung makan berkonsep unik lainnya. ATM maksudnya adalah Amati, Tiru, dan Modifikasi sesuai dengan tipe usaha kamu.

4. Riset Menu dan Belajar Masak

Kiat sukses untuk memulai usaha Warmindo selanjutnya ialah melakukan riset menu serta belajar memasak. Seiring berkembangnya zaman, menu-menu yang ditawarkan di Warmindo pun kian beragam. Maka, kamu juga perlu menyesuaikan. Pilih menu-menu yang memiliki banyak penggemar, lalu jadikan sebagai menu andalan di Warmindo kamu.

Riset menu di sini harus dilakukan secara tepat. Kamu harus mempertimbangkan lokasi dan karakteristik pelanggan. Misal menu paling digemari di Warmindo A yang berada di dalam mall adalah olahan mi instan dengan topping keju, maka jangan langsung mengadopsi menu tersebut di Warmindo yang kamu buka di daerah dekat kos-kosan.

Kedua tempat tersebut memiliki karakteristik pelanggan yang berbeda. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu melakukan riset menu di tempat yang memiliki pelanggan dengan karakteristik sama dengan target marketmu. Bisa di Warmindo juga, maupun warung makan lainnya.

Setelah itu, jangan lupa untuk belajar memasak menu-menu yang telah dipilih tersebut. Usaha Warmindo yang masih baru biasanya dijalankan sendiri, tanpa harus menggaji seorang koki. Maka, wajib hukumnya bagi kamu untuk bisa memasak menu-menu Warmindo dengan teknik yang tepat.

Jika kamu punya budget untuk membayar koki pun, tidak ada salahnya jika pemilik usaha juga punya kemampuan memasak menu yang dijualnya. Pastinya ini akan memberikan nilai lebih untuk usahamu.

Read More: Tetap Produktif, Ini 9 Ide Usaha Ibu Rumah Tangga yang Punya Bayi

5. Pastikan Harga Bersaing

Kamu bebas untuk menawarkan konsep yang lain daripada yang lain pada bisnis Warmindomu. Namun, pastikan harganya tetap bersaing. Jangan karena konsep yang wah, lalu kamu menaikkan semua harga menu yang ditawarkan. Hal seperti ini kurang direkomendasikan.

Alasannya jelas, Warmindo adalah warung makan yang punya banyak pelanggan karena menu-menu di sana harganya ramah di kantong. Jadi, kalau usaha Warmindo kamu tak bisa bersaing dalam urusan harga, besar kemungkinannya akan ditinggalkan para pelanggan.

Namun, jika kamu bisa menghadirkan konsep unik dengan harga yang tetap terjangkau, itulah yang akan menjadi nilai plus bagi usaha yang kamu jalankan. Untuk menggaet pelanggan pun akan lebih mudah dilakukan.

6. Lakukan Promosi Secara Masif

Sebaik apa pun kamu membangun sebuah usaha, jika tidak diiringi dengan promosi yang menarik, usahamu tak akan dikenal banyak orang. Maka, setelah kamu menjalankan usaha Warmindo dengan segala konsep yang ditawarkan, jangan lupa untuk melakukan promosi secara masif.

usaha-warmindo

Saat ini, promosi cukup mudah untuk dilakukan. Kamu bisa memanfaatkan keberadaan berbagai media sosial untuk menjaring pelanggan. Buat promosi semenarik mungkin. Jika perlu, berikan diskon atau cashback atau hal lain yang bisa menarik minat pelanggan. Promosi yang dilakukan secara masif akan membuat usaha cepat dikenal publik.

7. Berikan Pelayanan Terbaik

Last but not least, selalu berikan pelayanan yang terbaik kepada para pelanggan. Ini adalah hal mendasar dalam kegiatan usaha berbasis hospitality seperti hotel, restoran, maupun tempat makan lainnya. Usaha Warmindo termasuk salah satu di dalamnya.

Dalam hal ini, perlakukan pelanggan benar-benar seperti raja. Bersikaplah ramah dan berikan service excellent kepada mereka. Upaya ini perlu dilakukan demi menjaga pelanggan agar nyaman dan tidak beralih ke tempat lain.

Selain itu, pelayanan yang baik juga memungkinkan Warmindo menjadi semakin diminati. Hal itu karena setiap orang yang mendapat pelayanan baik bisa menjadi “agen” yang secara tidak langsung mempromosikan usaha kamu kepada koleganya ketika menceritakan kepuasan mereka terhadap pelayanan yang diberikan.Itulah tujuh kiat untuk memulai usaha warmindo dengan modal minimal, tetapi bisa menghasilkan keuntungan yang maksimal.

Selanjutnya, untuk mendukung aktivitas transaksi usaha ini, kamu bisa memanfaatkan DOKU sebagai platform pembayaran.

Pilih DOKU Agar Bisnis Lebih Sukses

Kamu punya bisnis? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!