7 Manfaat Transaksi Online Untuk Perkembangan Bisnismu

manfaat transaksi online

Manfaat transaksi online bukan hanya soal kepraktisan. Inilah 7 manfaat yang sesuai buat pemilik usaha yang ingin bisnisnya tumbuh besar.

Hampir semua bisnis menawarkan transaksi online di zaman sekarang, bahkan bisnis kecil. Sayangnya, banyak yang masih mengira kalau transaksi online hanya soal kepraktisan atau memenuhi tuntutan pelanggan. Padahal, manfaat transaksi online sangat luas.

Selain soal kepraktisan, menyediakan transaksi online berkualitas bisa membantumu mengembangkan usaha, lho. Manfaat ini bahkan meliputi beberapa aspek, mulai dari kepuasan pelanggan hingga pembuatan strategi bisnis yang efisien.

Apa saja keuntungan menyediakan transaksi daring berkualitas buat bisnismu? Inilah 7 alasan paling top yang bakal bikin usahamu sukses.

Read More: Cara Mencari Modal Awal: Solusi Terbaik untuk Pelaku Bisnis yang Siap Berkembang

1. Mendukung Aspek Kepuasan Pelanggan 

Kepuasan pelanggan alias customer service adalah kunci mempertahankan bisnis. Semua jenis usaha sukses pasti didukung pelanggan setia yang tidak keberatan menghabiskan anggaran mereka untuk produk atau jasa tersebut.

Ada banyak hal yang bisa bikin pelanggan puas, tetapi menyediakan transaksi online adalah salah satu penyebab terbesar. Hal ini karena pelanggan masa kini menghargai kepraktisan dan kenyamanan. Mereka juga cenderung lebih menuntut dan mudah pindah ke merek lain.

Dengan menyediakan sarana pembayaran daring, kamu bisa meningkatkan kepuasan pelanggan dalam hal kemudahan pembayaran. Kamu juga mampu menyediakan berbagai layanan dengan dukungan platform transaksi online.

2. Meningkatkan Kepercayaan dan Reputasi 

Manfaat transaksi online yang jelas terasa adalah meningkatnya kepercayaan pelanggan terhadap nama bisnismu. Kegiatan finansial seperti belanja online harus berlangsung cepat dan aman agar pelanggan percaya. Inilah tujuan yang harus kamu raih.

Dengan menyediakan layanan pembayaran daring bermutu, kamu bisa meyakinkan pelanggan untuk berani belanja di tempatmu. Kamu harus membuat mereka yakin bahwa transaksi di tempatmu aman. Hal ini berkontribusi pada reputasi bisnismu.

3. Hemat Waktu, Tenaga, Biaya

Tahu nggak kalau menyediakan sarana transaksi daring bisa membantu bisnismu menghemat waktu, tenaga, dan biaya? Inilah beberapa contohnya:

  • Mengurangi Hitung-hitungan Manual

Fitur pembayaran daring bikin kamu nggak perlu menghitung belanjaan secara manual. Sistemnya secara otomatis menjumlahkan total transaksi setiap kali ada barang masuk ke keranjang belanja.

  • Mempercepat Proses Penghitungan Ongkir

Kalau kamu punya pelanggan di berbagai daerah di Indonesia, menghitung ongkos kirim ke setiap daerah pasti capek. Sistem transaksi online bisa dimodifikasi agar setiap calon pembeli bisa mendapat perkiraan ongkir ke daerah mereka.

  • Tidak Perlu Buat Terlalu Banyak Rekening Bank

Kamu tidak perlu lagi mendaftar untuk banyak rekening bank. Sistem pembayaran online menggunakan platform digital bisa mengakomodasi rekening semua nasabah bank. Lewat sarana pembayaran seperti DOKU, semua pengguna rekening bisa bertransaksi denganmu.

  • Membantumu Fokus ke Aspek Bisnis Lain

Mengelola aspek keuangan seperti transaksi bisa cukup merepotkan, apalagi di periode sibuk atau ketika ada banyak orang belanja. Dengan sistem pembayaran daring, kamu bisa menyisihkan waktu buat mengurus aspek bisnis lainnya sehingga semakin sukses.

  • Mengurangi Frekuensi Kesalahan

Dalam proses transaksi manual, human error bisa memengaruhi caramu mengelola bisnis serta respons pelanggan. Dengan sistem pembayaran daring, kamu bisa membuat frekuensi kesalahan turun drastis.

Ketika kamu tidak lagi sering-sering melakukan kesalahan, waktumu tidak akan terbuang hanya untuk memperbaikinya. Kamu bisa fokus ke aspek bisnis lain sehingga waktumu lebih produktif.

Berkurangnya kesalahan juga bermanfaat dalam pengelolaan restoran. Semakin sedikit kesalahan, semakin mudah pengelolaan usaha. Kamu pun bisa santai dan fokus pada cara mengembangkan usaha.

4. Memperluas Jangkauan Usaha 

Terkait poin sebelumnya, kamu bisa menggunakan transaksi online untuk menambah jangkauan usahamu. Semua orang, termasuk pengguna berbagai rekening bank, bisa belanja di tempatmu dan membayar dengan mudah.

Hebatnya lagi, kamu bahkan bisa melayani konsumen di luar negeri. Platform pembayaran online membantu pemilik usaha di Indonesia, bahkan usaha kecil, untuk langsung melayani konsumen luar negeri.

5. Mendukung Konsep Paperless dalam Bisnis 

Apakah kamu termasuk salah satu pemilik usaha yang ingin menerapkan konsep “hijau” dalam usaha? Jika ya, manfaat transaksi online bisa membantumu mencapai cita-cita tersebut. Hal ini karena konsepnya paperless, tanpa kebutuhan nota atau cek.

Dengan transaksi daring, kamu telah berkontribusi untuk menerapkan lingkungan bebas sampah kertas yang terlalu banyak. Langkah kecil ini bisa menjadi batu loncatan, terutama jika kamu dari awal memang punya mimpi membuka usaha ramah lingkungan.

6. Memudahkan dalam Evaluasi, Analisis Data, dan Pelaporan 

Apa kesamaan setiap bisnis sukses?

Semuanya punya sistem evaluasi, analisis data, dan pelaporan yang rapi. Kamu hanya bisa melakukannya jika punya sistem pembayaran yang memudahkan ketiganya. Platform transaksi daring adalah salah satunya.

Dengan platform pembayaran daring, kamu bisa melacak proses transaksi di tanggal mana saja dengan cepat. Sangat berguna untuk melakukan evaluasi, transfer informasi, dan membuat laporan keuangan.

Data yang tersimpan rapi di dalam sistem juga memudahkanmu melakukan analisis data. Dengan membandingkan jumlah transaksi dalam periode tertentu, misalnya, kamu bisa menemukan data transaksi terbanyak dan paling sedikit.

7.Kontribusi ke Cashless Society

Menawarkan sistem pembayaran daring berarti berkontribusi dalam sosialisasi cashless society. Kamu bisa menawarkan metode pembayaran secara digital tanpa harus menyiapkan uang tunai. 

Kamu bisa menghadirkan beberapa saluran pembayaran untuk semakin memberi banyak pilihan. Pastikan para pelangganmu tahu bahwa transaksi daring di tempatmu mudah, cept, dan aman.

Read more: Payment Gateway: Pengertian, Cara Buat, dan Manfaatnya

Platform Apa yang Cocok?

Kamu hanya bisa mendapatkan manfaat transaksi online jika memilih platform pembayaran digital terbaik. Bersama DOKU, kamu sudah mendapat semua dampak positif di atas. Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!